advanced web statistics 13 Cara AMPUH Menghemat Kuota Internet Windows 10 yang BOROS - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

13 Cara AMPUH Menghemat Kuota Internet Windows 10 yang BOROS

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Dengan malakukan cara ini, maka Windows 10 kamu tidak akan boros kuota lagi.
Dengan malakukan cara ini, maka Windows 10 kamu tidak akan boros kuota lagi.
Pernahkah kalian merasakan ketika memakai OS Windows 10 kecepatan internet kalian rasa-rasanya melambat, di sertai dengan borosnya kuota hingga tiba-tiba paket internet pun membengkak?

Kalian bisa bernafas lega, karena masalah tersebut ternyata juga dirasakan oleh sebagian besar (pengguna Windows 10). Banyak sekali di luar sana, para kesatria "irit kuota" yang mengeluh akan salah satu kelemahan Windows 10 ini.

Lalu pertanyaanya, apa sih yang menyebabkan kecepatan internet yang melambat di sertai dengan kuota yang cepat habis pada Windows 10 tersebut?

Ternyata ini lho bos, jawabannya...

Sistem operasi terbaru yang bernama Windows 10 ternyata benar-benar "berbeda" dengan versi Windows yang sebelumnya. (sudah jelas, ya memang beda)

Perbedaan yang menjadi "faktor utama" penyebab borosnya kuota internet tersebut di karenakan adanya beberapa komponen "baru" yang di sematkan pada Windows 10.

Komponen apa itu bos?

Ini lho bos, fitur bawaan Windows 10!

Komponen atau fitur bawaan Windows 10 yang saya maksud itu adalah...

  • Windows "AutoUpdate" (tidak ada pengaturan untuk "disable")
  • Microsoft "OneDrive" (fitur penyimpanan "awan/cloud")
  • Microsoft "Modern App" (Email, Weather, Xbox, Maps, dll)
  • Peer to Peer Update (Fitur layaknya sistem torrent)
  • Dan lain sebagainya... (Masih ada faktor lain)

Semua komponen di atas secara default sudah di atur sedemikian rupa agar aktif saat pertama kali Windows 10 terinstall yang artinya, para pengguna awam kemungkinan besar tidak akan mengetahui sistem tersembunyi yang menguras kuota internet tersebut.

Sebenarnya masih ada lagi komponen Windows yang bersifat "mistis" lainnya yang mungkin saja bisa menyebabkan penggunaan kuota internet berlebih. (hanya Tuhan dan Microsoft yang tahu)

Lalu, Apa yang harus saya lakukan?

Setelah berpetualang di "lautan informasi" milik mbah Google. Akhirnya saya menemukan beberapa referensi tentang cara mencegah penggunaan internet yang berlebih pada Windows 10.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, kalian bisa melakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini.

1. Mematikan Fitur Windows Auto Update

Automatic Update Windows 10
Fitur Windows Update sebenarnya sudah ada pada versi windows yang sebelumnya. Yang menjadi perbedaan pada versi Windows 10 ialah, pengaturan untuk "disable" windows Update telah di hilangkan.

Cukup aneh memang. Padahal, tidak semua pengguna Windows 10 membutuhkan update secara rutin. (terutama pengguna di Indonesia)

Maka dari itu, untuk bisa mematikan fitur autoUpdate ini kalian harus melakukannya secara manual, yaitu dengan menggunakan "Services.msc". Sebab jika di biarkan, maka fitur ini justru akan menyedot kuota internet kalian.

Lalu, bagaimana caranya?

Jika kalian ingin tahu mengenai cara disable auto Update menggunakan "services.msc", silahkan baca referensinya melalui artikel saya yang satu ini, 20 Services Windows yang Aman untuk di Hentikan!

2. Mematika Fitur Windows Cloud

One Drive pada Windows 10
Salah satu fitur Cloud yang saya maksud ialah "One Drive". Silahkan disable Fitur "One Drive" ini agar file-file kalian seperti foto, video, dll tidak otomatis upload ke server microsoft.

Selain menguras kuota internet, fitur Windows “One Drive” ini juga bisa mengurangi peforma komputer kalian. Sebab, jika One Drive aktif, maka servicesnya pun akan aktif di latar belakang juga.

3. Uninstall/Hapus "Modern App" Windows

Windows 10 Modern App
Poin nomor 3 ini menurut saya cukup extreme karena jika kalian ingin menghemat kuota internet kalian, hapuslah "Modern App" seperti Email, Weather, Xbox, Maps, Facebook, Messanger, Line, News, dll.

Untuk poin nomor 3 ini tidak saya lakukan, karena jika di lakukan, hal tersebut sekaligus akan menghilangkan "sensasi" (nilai utama) (aplikasi kotak-kotak) pada Windows 10 itu sendiri.

Pilihan ada di tangan kalian.

4. Mengaktifkan "Metered Connection"...

Windows 10 Metered Connection
Dan yang terakhir, mengaktifkan mode "Metered Connection". Menurut beberapa referensi yang saya baca di internet, dengan mengaktifkan mode "Metered Connection", maka penggunaan kuota internet pada Windows 10 akan terkendali.

5. Matikan Peer-to-Peer Update

Matikan fitur peer to peer yang ada pada Windows 10 penting
Matikan fitur peer to peer yang ada pada Windows 10
Fitur Peer to Peer ini membuat seluruh pengguna Windows 10 di dunia untuk saling berbagi file update. Tujuannya apa? Ya supaya proses update dapat berjalan lebih cepat dan efisien, kerena tidak hanya bergantung pada server Microsoft saja.

Sedangkan dampak negatifnya, maka setiap pengguna Windows 10 akan melakukan upload massal demi membantu pengguna Windows 10 lainnya. (jarak terdekat, layaknya sebuah torrent)

Jika ingin berhemat kuota pada Windows 10, matikan saja fitur ini.

6. Matikan Cloud Based Protection & Sample Submission

Disable fitur Cloud Based Protection pada Windows 10 hemat kuota
Disable fitur Cloud Based Protection pada Windows 10
Cara yang satu ini sebenarnya tidak saya rekomendasikan untuk kamu lakukan. Sebab, dengan mematikan fitur ini, maka keamanan pada Windows 10 akan "menurun" di bandingkan dengan preset default-nya.

Fungsi utama dari Cloud Based Protection yaitu untuk mengirim info masalah keamanan pada Windows 10 yang (bisa jadi) sedang kamu alami.

Dengan bantuan Cloud Based Protection ini, maka proses perbaikan kerusakan system dapat di tangani oleh pihak Microsoft relatif lebih cepat.

Sedangkan untuk Sample Submission, bertujuan untuk mengirim sample malware yang telah/pernah di deteksi oleh OS Windows 10.

Intinya adalah, kedua fitur ini bisa di bilang cukup penting untuk menjaga keamanan Windows 10 dalam penggunaan sehari-hari.

7. Matikan Sinkronisasi OneDrive

Matikan fitur sinkronisasi onedrive pada Windows 10
Matikan fitur sinkronisasi onedrive
One Drive memiliki fitur yang hampir sama seperti Google Drive, yaitu untuk penyimpanan data/file secara online pada server terkait.

Dengan aktifnya fitur Sinkronisasi pada OneDrive, beberapa file foto, musik, dan file lainnya akan tersimpan juga di media penyimpanan awan Microsoft.

Saran saya, lebih baik matikan saja fitur ini.

8. Matikan Sync Settings

Matikan sync setting jika memang tidak di perlukan oleh beberapa orang
Matikan sync setting jika memang tidak di perlukan
Fitur Sync Setting berfungsi sebagai penyimpan pengaturan pribadi yang sebelumnya pernah di lakukan pengguna di perangkat lain.

Jadi ketika kamu pernah atur-mengatur Windows 10 pada komputer lain, maka pengaturan tersebut akan tersimpan di akun outlook ketika kamu melakukan login kembali di komputer lain. (PC, Laptop, Tablet, dll)

9. Mematikan Update Otomatis pada setiap Aplikasi

Cek beberapa aplikasi terinstall yang memiliki fitur otomatis update pada Windows 10
Cek beberapa aplikasi terinstall yang memiliki fitur otomatis update
Setiap aplikasi yang terinstall di Windows, biasanya memiliki "update otomatis" pada pengaturan aplikasinya. Update ini biasanya untuk memperbaiki bug-bug atau penambahan fitur yang belum ada pada aplikasi.

Jika ingin berhemat kuota, lebih baik cek satu per satu aplikasi yang memiliki fitur update otomatis. (Misal: Modern App, Adobe, FFactory, Mozilla Firefox, Chrome, dll)

10. Selalu Pantau Penggunaan Data pada Aplikasi di Windows 10

Untuk meyakinkan bahwa penggunaan kuota internet Windows 10 tetap aman terkendali, maka perlu di lakukan juga pemantauan.

Pemantauan yang saya maksud ialah, lakukan pengecekan seberapa banyak kuota internet yang telah kamu habiskan dalam 1 hari/minggu.

Dengan melakukan hal ini, tentu akan memberikan dampak positif dalam proses hemat kuota pada Windows 10. (walaupun agak sedikit repot)

11. Disable/Matikan fitur Cortana

Disable fitur cortana pada Windows 10 jika memang tidak di perlukan
Disable fitur cortana pada Windows 10
Fitur Cortana yang ada pada Windows 10 memang keren dan kekinian.

Akan tetapi, segala fitur mengagumkan yang di bawanya tersebut masih bergantung banyak pada koneksi internet. Hal tersebut tentu akan menggunakan sejumlah kuota yang kamu miliki, di banding Windows 8 yang pada saat itu belum ada Cortana.

Kalau saya, mending matikan saja Cortana.

12. Mematikan Live Tile

Windows 10 live tiles agar tampilan lebih cantik
Windows 10 live tiles
Hanya sebagai tambahan saja...

Walaupun hanya mengambil "sedikit" kuota internet yang ada, fitur ini juga sebenarnya menyedot kuota internet yang ada. (Windows 7 belum ada hal semacam itu)

Segera matikan, jika kamu memang lebih mengutamakan "irit kuota" di bandingkan dengan "tampilan" yang cantik.

13. Punya tambahan lain?

Apakah kalian memiliki saran tersendiri (lain) untuk menghemat kuota internet di Windows 10?

Jika iya, maka tidak ada salahnya untuk berbagi informasi dan melengkapi langkah sederhana nomor 13 ini. (biar tambah lengkap dan buanyak)

Jika tidak, ya nggak apa-apa...

Catatan...

13 poin di atas merupakan cara umum untuk menghemat kuota internet pada Windows 10 (blog-blog lain juga sudah membahasnya).

Dan setelah melakukan 13 poin di atas, menurut saya pribadi penggunaan internet pada Windows 10 tetap saja masih bisa di katakan "lebih boros" di bandingkan dengan Windows sebelumnya.

Mungkin saja ada komponen lain yang belum saya sebutkan di atas yang bisa menjadi pemicu penggunaan kuota internet yang berlebih pada Windows 10.

Jadi, menurut kalian apa sih yang menyebabkan kuota internet di Windows 10 bisa cepat habis?

Apakah kalian mengetahui faktor yang lain?

Kesimpulan...

Perlu kalian ketahui bahwa "default sistem" pada Windows 10 saat ini mengharuskan kalian untuk menggunakan kuota yang "lebih" di bandingkan dengan versi windows sebelumnya.

Maka dari itu kalian harus mengubah "default sistem" Windows 10 ini ke arah yang lebih baik (paling tidak, bisa lebih hemat) walaupun cara tersebut tidak bisa 100% menjadikan Windows 10 kalian tersebut lebih hemat dari Windows yang sebelumnya.

Masih ada banyak hal yang belum kita ketahui, terutama pada strategi bisnis si Microsoft ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 13 Cara AMPUH Menghemat Kuota Internet Windows 10 yang BOROS. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

35 Komentar

  1. Saya Setuju dengan mematikan Windows auto update gan karena itu sangat menyita kuota

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. saran saya, coba beralih ke Windows 8 saja gan.... mnurut saya lebih ok pformanya...

      Hapus
  3. Balasan
    1. oke gan,,, trima kasih atas kunjungannya...

      Hapus
  4. matap gan bw jga ya hermantechnic.blogspot.com :)

    BalasHapus
  5. pantesan pc saya pake windows 10 boros kuotanya makasih infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan.. trima kasih atas kunjungannya...

      Hapus
  6. Membantu sekali gan, karena memang biasanya setelah download win10 kuota jadi boros. Salam n sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas Sahyul Padarie... Salam sukses jg...

      Hapus
  7. pantesan windows 10 ane sering lag n abis kota cepat, ternyata itu penyebabnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, tntunya masih ada pnyebab lain yang belum saya ketahui selain poin-poin di atas...

      Hapus
  8. Nice gan artikelnya, nambah pengetahuan juga nih :). Kunbalnya gan ke www.tutorialika.id

    BalasHapus
  9. sangat bermanfaat jangan lupa kunjungan baliknya !! wille mrsd

    BalasHapus
  10. Makasih infonya gan.��
    Kunbal gan di blog saya http://cinemafilm27.blogspot.co.id

    BalasHapus
  11. Masih make windows 7 min. Windows 10 mahal. Lagian windows 7 masih bisa bekerja dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar pun Windows 7 sudah ktinggalan, yang penting masih tetap brmanfaat...

      Hapus
  12. bukannya windows updte itu pnting ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk pengguna Windows Ori, windows update memang trgolong pnting mas Rendi Gaming...

      tapi beda lg critanya kalo si pengguna pake vrsi Tani + mengutamakan pforma MAX...

      Hapus
  13. nomor 1 dan dua udah ane terapin gan, yg tips lainnya ane coba dulu.
    biar makin hemat kuota

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas...

      smoga artikel ini bermanfaat bagi mas Rizky dan juga yang lainnya...

      Hapus
  14. Saya jarang Makai kuta karna udah make wifi terus tiap hari :D

    BalasHapus
  15. Tips-tips ini harus dicoba gan.. supaya tahu bagaimana kinerja Windows 10 ini sebenarnya. Karena kalau tidak di analisa juga tidak akan tahu performanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. btul sekali mas...

      hrus menganalisa segala suatu hal, agar tmbah ilmu & pnglman...

      Hapus
  16. Mantap gan tutorialnya lengkap...

    BalasHapus
  17. semenjak pake windows 10 emang gitu boros kuota... untung udah pake Wifi dirumah

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.