12 Kelemahan paling Buruk dan Menyebalkan pada Ponsel Xiaomi (nofans)

kelebihan dan kekurangan pada ponsel xiaomi, apakah cepat rusak?
Apa yang kamu rasakan ketika pakai ponsel Xiaomi?
Mungkin banyak dari kalian yang sudah tahu, bahwa ponsel Xiaomi saat ini telah menjadi salah satu merk smartphone tersohor, dan juga paling diminati oleh banyak orang, terutama bagi yang menyandang gelar “Kere Horee”.

Tips: Udah Tau 8 Kelemahan Xiaomi Pocophone F1 Belum??? (cepetan masuk!!)

Yap, baru sekitar 1 bulan saya menggunakan Redmi 2 (biasa, bukan Prime), dan seiring dengan berjalannya waktu, kini mulailah terasa suka/duka ketika menggunakan HP murah bernama Xiaomi ini.

Perlu di ingat, ini bukanlah review, tetapi lebih ke opini pribadi sebagai konsumen. Benar-benar murni, apa yang saya SUKA dan apa yang saya BENCI dari produk smartphone dari Xiaomi.

Pertama, bahas KELEBIHAN...

Tapi tidak enak rasanya jika hanya mengungkapkan KEKURANGAN, atau KELEMAHAN yang ada pada ponsel Xiaomi. (Biasanya bakal banyak Mi Fans yang protes & gak setuju dengan apa yang saya tulis)

Agar lebih adil, sebelum membahas 12 Hal Menyebalkan dari ponsel Xiaomi, ada baiknya saya berikan terlebih dahulu beberapa KELEBIHAN yang saya rasakan ketika memakai ponsel Xiaomi. (Jumlahnya ada 10)

Yok, disimak dulu yok... (10 KELEBIHAN / Nilai Plus)

1. Peforma baterai, cukup IRIT / AWET

Yang utama & paling saya sukai pada ponsel Xiaomi adalah daya tahan baterai relatif lebih tangguh, dibanding ponsel merk lain dengan spesifikasi yg hampir “sama/mirip”. (Dengan kapasitas baterai yang sama juga)

Ada yang bilang, peforma baterai yang “bagus” tersebut dikarenakan system MIUI yang telah di sematkan pada seluruh ponsel milik Xiaomi. (Optimasi hardware melalui fitur yang ada pada software)

Baterai kalian akan relatif lebih aman dari kejadian melembung akibat terlalu sering charger HP / over charge. (sering kehabisan baterai)

2. Hardware spek DEWA / Sultan

Hampir seluruh produk smartphone buatan Xiaomi memberikan spesifikasi yang cukup TINGGI dengan harga yang lebih murah dibanding kompetitor. Murahnya pun bukan “murahan”, namun tetap mengedepankan KUALITAS.

Jenis CPU pada ponsel Xiaomi juga rata-rata menggunakan processor Qualcom yang terkenal lebih “adem”. (paling tidak, lebih adem dibanding Intel Atom milik Zenfone 4, 5, 6 yang pernah saya gunakan)

3. Kualitas hasil kamera, bisa di andalkan

Menurut kabar & beberapa review artikel yang pernah saya baca, bahwa produk smartphone Xiaomi mengadopsi komponen kamera buatan/milik vendor SONY.

Mungkin karena itulah, teringat sejak awal-awal kemunculan Redmi 1S terdahulu, kualitas kamera yang dihasilkan bikin terheran-heran. (produk smartphone dari cina, kebanyakan di remehkan)

4. Memang MURAH, tapi nggak MURAHAN

Sekali lagi, harga yang di tawarkan sangat MURAH MERIAHH, namun tetap mengedepankan segi “Kekuatan” dan juga “Kualitas” produk yang tidak murahan. (sangat cocok untuk rakyat Indonesia)

Dan tentunya juga sangat PAS & BERSAHABAT di kantong.

5. Memiliki User Interface yang Elegan, bernama MIUI

Pernah juga saya mendengar “kata orang”, bahwa tampilan dari MIUI Xiaomi tersebut mencontek / meniru dari produk Apple iPhone.

Dan jika dilihat-lihat dari segi tampilan, agak mirip & hampir sama seperti “apel digigit”, yaitu iPhone . Memang mirip sih, tapi tetap memiliki “karakter” tersendiri, bahwa ponsel tersebut merupakan ponsel “Xiaomi”.

6. Fitur layanan MiCloud, mirip iCloud

Hampir sama seperti nomor 5 tadi, bahwa ponsel Xiaomi memiliki layanan MiCloud (awan) yang lagi-lagi sangat mirip seperti kepunyaan iCloud milik Apple iPhone. (Yang penting, fitur ini sangat membantu)

7. Sering adanya update software. (MIUI 6, 7, 8, 9, dst)

Yang satu ini cukup menarik...

Setiap produk smartphone Xiaomi kemungkinan besar akan mendapatkan update software (MIUI) terbaru demi menunjang peforma & fungsionalitas smartphone ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

Kegiatan update / downgrade itulah yang (bagi saya) membuat ponsel buatan Xiaomi terasa lebih SERU & MENANTANG!!! (Kata orang, berjiwa oprekers sejati)

8. Dukungan theme yang sangat MEMBLUDAK!!!

Sudah tak terpungkiri lagi bahwa variasi pilihan tema / theme pada ponsel Xiaomi terbilang sangat banyak dan berkualitas. Kemungkinan besar jumlah tema ini pun akan terus bertambah hingga masa yang akan datang.

Coz, banyak juga developer yang tertarik untuk menciptakan theme khusus ponsel Xiaomi. (sepertinya, seperti itu)

9. Komunitas Mi Fans sangat BANYAK!!!

Dengan banyaknya komunitas dan fans pengguna ponsel Xiaomi, tentu saja hal ini akan berdampak POSITIF bagi kamu yang menggunakan ponsel Xiaomi.

Contohnya, kegiatan modifikasi/oprek akan jauh lebih mudah, bervariasi, dan menyenangkan karena besarnya komunitas Mi Fans di seluruh dunia.

10. Punya pendapat KELEBIHAN lain???

Kesembilan daftar di atas merupakan opini pribadi dari saya, mungkin akan berbeda dengan kalian.

Jika punya unek-unek & pendapat lain mengenai KELEBIHAN semasa menggunakan ponsel Xiaomi Redmi 1S, 2, 3, 4, dst ini, boleh kalian tulis di komentar. (biar semua tahu & tempe)

Lanjut ke, 12 Hal MENYEBALKAN pada Ponsel Xiaomi!!!

Nah ini dia, sudah tibalah saatnya saya ungkapkan beberapa hal MENYEBALKAN sekaligus menjadi KELEMAHAN yang saya rasakan ketika menggunakan ponsel dari Produk Xiaomi. (alasan yang membuat Xiaomi jelek)

Kelemahan ini sebenarnya bukan murni dari kesalahan Xiaomi. Ada beberapa pihak yang memanfaatkan popularitas Xiaomi tersebut, tapi justru malah akan membuat jatuh nama produk Xiaomi itu sendiri.

Ok, yang pertama adalah...

1. Beberapa ada yg berstatus ROM abal-abal

Bagi pengguna “baru” pasti sebagian ada yang bertanya, sebenarnya ROM Official Stable Global, Official Stable China dan Official Developer, dan Distributor, pada ponsel Xiaomi itu apa sih?

Penjelasan singkat!

Official Stable Global: Versi ROM ini sudah tergolong “stabil” dan RESMI/Official dari Xiaomi untuk Global. (Bisa update MIUI, tersedia Bahasa Indonesia, tersedia Playstore, sedikit bug/hampir sempurna/versi final)

Official Stable China: Versi ROM ini juga tergolong sudah “stabil” dan RESMI/Official dari Xiaomi China. (Bisa update MIUI, tidak tersedia Bahasa Indonesia, tidak tersedia Playstore, sedikit bug)

Official Developer: ROM ini bisa disebut juga “versi BETA” dikarenakan masih dalam pengembangan/penyempurnaan, dan ini Resmi/Official dari Xiaomi Global/China. (Sering dapat update MIUI, sering/banyak bug, dll)

Distributor: Versi ROM MIUI yang sudah di modifikasi oleh pihak tertentu. (Tidak bisa update MIUI, banyak iklan, banyak aplikasi “sampah” yang bertebaran di home screen)

Custom: Sedangkan untuk ROM ini adalah versi “kostumisasi” dari pihak ketiga, dengan cara menambahkan beberapa fitur khusus yang tidak/belum ada di versi Resmi/Official. (Misal, CyanogenMod, Viper, dll)

Saat artikel ini ditulis, ROM abal-abal / Distributor semakin menjamur di Indonesia sejak munculnya peraturan pemerintah yang mengharuskan ponsel 4G dari vendor luar untuk memenuhi kandungan lokal sebanyak 30%.
”Maksudnya apa tuh masbro, kandungan lokal sebanyak 30%???”
Entahlah, silahkan googling sendiri ya masbro...

(sama gak paham jg)

2. Banyak produk Xiaomi dengan garansi distributor.

Biasanya, untuk melakukan klaim garansi distributor itu tergolong sulit & rumit. Inilah yang membuat saya agak khawatir. (Lebih baik pilihlah ponsel dengan bergaransi resmi saja)

3. Service Center belum tersebar di banyak kota

Dikarenakan brand Xiaomi tergolong “baru” dalam dunia ponsel, jadi pusat servisnya pun masih “belum” banyak di kota-kota Indonesia. (Kedepannya sudah pasti akan bertambah seiring berjalannya waktu)

4. Tombol Kapasitif tidak menyala

Sebagian besar produk smartphone Xiaomi (saat ini, pada seri Redmi) tidak menambahkan lampu led pada tombol kapasitif ponselnya. Padahal, hal “sepele” ini sangat membantu penggunaan ponsel dalam keadaan gelap-gelapan.

5. Management RAM yang sangat buruk

Untuk yang satu ini, pasti banyak dari kalian yang setuju. Bahwa manajemen RAM pada MIUI tergolong sangat buruk, demi menunjang peforma baterai yang mumpuni. (Cepat penuh)

Misalnya saja, aplikasi yang di buka melalui “recent app” sering sekali kejadian “memuat ulang” dari awal ketika kembali di buka. (Padahal, app yang di minimize tidak terlalu banyak)

Semoga cepat di perbaiki di masa mendatang, pada versi MIUI yang terbaru.

6. TWRP mudah hilang / lenyap entah kemana

Bagi kamu yang menyukai “oprek” android, pasti paham.

TWRP pada ponsel Xiaomi, biasanya sering hilang setelah melakukan install / flashing ROM/ZIP melalui TWRP/CWM. (Terutama pada ponsel Redmi 2)

7. Biasanya timbul permasalahan 4G hilang/tidak muncul

Penyakit khusus yang dimiliki oleh produk smartphone Xiaomi adalah, sinyal 4G terkadang hilang / tidak muncul setelah melakukan update MIUI, install ROM, install ZIP. (Solusi, flash modem NON-HLOS)

8. Harga baru/seken cepat turun

Vendor Xiaomi dikenal sangat rajin merilis keluaran terbaru dari produk smartphone Xiaomi mereka dalam jangka waktu dekat. Hal tersebut tentu saja akan menurunkan harga seri yang terdahulu, relatif lebih cepat juga.

9. Notifikasi dari Sosial Media sering TERLAMBAT

Nah ini dia yang (bagi saya) sangat-sangat MENYEBALKAN dari smartphone Xiaomi, notifikasi sering TERLAMBAT bahkan TIDAK MUNCUL sebelum aplikasi di buka terlebih dahulu. (Misal, Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, dll)

Mungkin, hal ini ada kaitannya dengan kemampuan management RAM yang buruk tadi. Atau, bisa saja ini di sengaja “karakternya” seperti itu agar bisa menghemat daya baterai pada ponsel Xiaomi.

Menurutmu, apakah ini termasuk sebagai kekurangan???

10. Sering muncul notifikasi activation SIM Card

Bagi sebagian orang, mungkin hal sepele ini tidak di anggap sebagai masalah. Namun apabila di abaikan, ternyata hal tersebut juga bisa bikin JENGKEL & MENYEBALKAN saat seringnya muncul notifikasi “SIM Card is Not Activated”.

Padahal jelas-jelas SIM Card yang saya gunakan sudah aktif. Lalu, kenapa notifikasi ini masih saja selalu muncul secara tiba-tiba?

Kata orang sih, notifikasi tersebut di kerenakan SIM Card yang di pakai belum melakukan verifikasi nomor telepon pada MiTalk. (Mi Account)

11. Pemutar musik, terkadang menutup sendiri

Kejadian ini dimulai ketika malam hari, di saat saya sedang mendengarkan musik melalui headphone pada ponsel Xiaomi. Nah ini dia, kejadian konyol pun mulai terjadi...

Pemutar Musik yang saya biarkan berjalan memutar lagu di “background”, terkadang menutup sendiri dalam jangka waktu 20 - 30 menit. (Layar dalam keadaan tidak menyala / mode off / mode mati)

Usut punya usut, lagi-lagi saya berasumsi bahwa hal tersebut dikerenakan saking KETATnya management aplikasi di MIUI. (Memori RAM)

Menurutmu, apa benar seperti itu?

12. Kekurangan pada ponsel Xiaomi, punya pendapat lain?

Selain yang saya sebutkan diatas, belum ada lagi hal buruk, menjengkelkan dan menyebalkan yang saya temui pada produk smartphone Xiaomi. (Masih ada beberapa, namun belum layak untuk di tulis)

Jika punya unek-unek & pendapat lain mengenai KELEMAHAN & KELEBIHAN semasa menggunakan ponsel Xiaomi Redmi 1S, 2, 3, 4, dst ini, kenapa nggak kamu tulis saja di komentar??? (kalo ada)

Bisa saja komentarmu itu sangat berguna bagi orang lain.

Tambahan...

Sebenarnya masih ada beberapa hal lain tentang ponsel merk Xiaomi yang tidak bisa saya tulis semuanya disini.

Dan 1 hal yang perlu kamu ketahui, bahwa poin-poin yang telah saya paparkan di atas tidaklah “asal” tulis. Saya membeli sebuah produk, dan kemudian hal itulah yang saya rasakan ketika menggunakannya. (+/-)

Tujuan saya dalam menulis artikel ini adalah berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai konsumen yang membeli produk smartphone dari Xiaomi. (Kelebihan & Kekurangan yang di bawa ponsel)

Seperti itu...

Update: 3 Januari 2019

HP Xiaomi yang sekarang ada iklannya!

Iklan tersebut tidak serta merta tiba2 nongol dan mengganggu seperti aplikasi gratisan jika download dari Playstore.

Iklan ini hanya muncul di layar home sebelah kiri, dan juga aplikasi pembersih bawaan Xiaomi. Sedangkan iklan yang lain, sejauh ini belum saya temukan.

Catatan...

Sedikit catatan, untuk pembaca...

Terkadang, salah satu dari kalian yang membaca artikel ini biasa ada yang balik bertanya kepada saya seperti ini:
”Hey kamu!!!”
”Kerjaannya cuma jelek-jelekin karya orang lain, emangnya kamu udah bisa buat HAPE bagus seperti mereka apa?”
Lagi-lagi, pertanyaan klasik ini akan muncul ketika kamu menyampaikan sebuah pendapat / opini pribadi.

Sebagai manusia biasa, jawabannya cukup sederhana:
”Kamu tidak harus menunggu dirimu itu sempurna, untuk bisa menilai (seberapa bagus) suatu karya milik orang lain”
Kalimat/ucapan/jawaban tersebut pernah saya dengar dari pemuda keren bernama Agung Hapsah. (Channel Youtube ada disitu: Agung Hapsah)

Sekian...

Itulah artikel mengenai 12 Hal Paling Buruk & Menyebalkan pada Ponsel Xiaomi. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Dari pada buang-buang duit, mending Xiaomi aja”