advanced web statistics 12 Kelemahan paling Buruk dan Menyebalkan pada Ponsel Xiaomi (nofans) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

12 Kelemahan paling Buruk dan Menyebalkan pada Ponsel Xiaomi (nofans)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
kelebihan dan kekurangan pada ponsel xiaomi, apakah cepat rusak?
Apa yang kamu rasakan ketika pakai ponsel Xiaomi?
Mungkin banyak dari kalian yang sudah tahu, bahwa ponsel Xiaomi saat ini telah menjadi salah satu merk smartphone tersohor, dan juga paling diminati oleh banyak orang, terutama bagi yang menyandang gelar “Kere Horee”.

Yap, baru sekitar 1 bulan saya menggunakan Redmi 2 (biasa, bukan Prime), dan seiring dengan berjalannya waktu, kini mulailah terasa suka/duka ketika menggunakan HP murah bernama Xiaomi ini.

Perlu di ingat, ini bukanlah review, tetapi lebih ke opini pribadi sebagai konsumen. Benar-benar murni, apa yang saya SUKA dan apa yang saya BENCI dari produk smartphone dari Xiaomi.

Pertama, bahas KELEBIHAN...

Tapi tidak enak rasanya jika hanya mengungkapkan KEKURANGAN, atau KELEMAHAN yang ada pada ponsel Xiaomi. (Biasanya bakal banyak Mi Fans yang protes & gak setuju dengan apa yang saya tulis)

Agar lebih adil, sebelum membahas 12 Hal Menyebalkan dari ponsel Xiaomi, ada baiknya saya berikan terlebih dahulu beberapa KELEBIHAN yang saya rasakan ketika memakai ponsel Xiaomi. (Jumlahnya ada 10)

Yok, disimak dulu yok... (10 KELEBIHAN / Nilai Plus)

1. Peforma baterai, cukup IRIT / AWET

Yang utama & paling saya sukai pada ponsel Xiaomi adalah daya tahan baterai relatif lebih tangguh, dibanding ponsel merk lain dengan spesifikasi yg hampir “sama/mirip”. (Dengan kapasitas baterai yang sama juga)

Ada yang bilang, peforma baterai yang “bagus” tersebut dikarenakan system MIUI yang telah di sematkan pada seluruh ponsel milik Xiaomi. (Optimasi hardware melalui fitur yang ada pada software)

Baterai kalian akan relatif lebih aman dari kejadian melembung akibat terlalu sering charger HP / over charge. (sering kehabisan baterai)

2. Hardware spek DEWA / Sultan

Hampir seluruh produk smartphone buatan Xiaomi memberikan spesifikasi yang cukup TINGGI dengan harga yang lebih murah dibanding kompetitor. Murahnya pun bukan “murahan”, namun tetap mengedepankan KUALITAS.

Jenis CPU pada ponsel Xiaomi juga rata-rata menggunakan processor Qualcom yang terkenal lebih “adem”. (paling tidak, lebih adem dibanding Intel Atom milik Zenfone 4, 5, 6 yang pernah saya gunakan)

3. Kualitas hasil kamera, bisa di andalkan

Menurut kabar & beberapa review artikel yang pernah saya baca, bahwa produk smartphone Xiaomi mengadopsi komponen kamera buatan/milik vendor SONY.

Mungkin karena itulah, teringat sejak awal-awal kemunculan Redmi 1S terdahulu, kualitas kamera yang dihasilkan bikin terheran-heran. (produk smartphone dari cina, kebanyakan di remehkan)

4. Memang MURAH, tapi nggak MURAHAN

Sekali lagi, harga yang di tawarkan sangat MURAH MERIAHH, namun tetap mengedepankan segi “Kekuatan” dan juga “Kualitas” produk yang tidak murahan. (sangat cocok untuk rakyat Indonesia)

Dan tentunya juga sangat PAS & BERSAHABAT di kantong.

5. Memiliki User Interface yang Elegan, bernama MIUI

Pernah juga saya mendengar “kata orang”, bahwa tampilan dari MIUI Xiaomi tersebut mencontek / meniru dari produk Apple iPhone.

Dan jika dilihat-lihat dari segi tampilan, agak mirip & hampir sama seperti “apel digigit”, yaitu iPhone . Memang mirip sih, tapi tetap memiliki “karakter” tersendiri, bahwa ponsel tersebut merupakan ponsel “Xiaomi”.

6. Fitur layanan MiCloud, mirip iCloud

Hampir sama seperti nomor 5 tadi, bahwa ponsel Xiaomi memiliki layanan MiCloud (awan) yang lagi-lagi sangat mirip seperti kepunyaan iCloud milik Apple iPhone. (Yang penting, fitur ini sangat membantu)

7. Sering adanya update software. (MIUI 6, 7, 8, 9, dst)

Yang satu ini cukup menarik...

Setiap produk smartphone Xiaomi kemungkinan besar akan mendapatkan update software (MIUI) terbaru demi menunjang peforma & fungsionalitas smartphone ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

Kegiatan update / downgrade itulah yang (bagi saya) membuat ponsel buatan Xiaomi terasa lebih SERU & MENANTANG!!! (Kata orang, berjiwa oprekers sejati)

8. Dukungan theme yang sangat MEMBLUDAK!!!

Sudah tak terpungkiri lagi bahwa variasi pilihan tema / theme pada ponsel Xiaomi terbilang sangat banyak dan berkualitas. Kemungkinan besar jumlah tema ini pun akan terus bertambah hingga masa yang akan datang.

Coz, banyak juga developer yang tertarik untuk menciptakan theme khusus ponsel Xiaomi. (sepertinya, seperti itu)

9. Komunitas Mi Fans sangat BANYAK!!!

Dengan banyaknya komunitas dan fans pengguna ponsel Xiaomi, tentu saja hal ini akan berdampak POSITIF bagi kamu yang menggunakan ponsel Xiaomi.

Contohnya, kegiatan modifikasi/oprek akan jauh lebih mudah, bervariasi, dan menyenangkan karena besarnya komunitas Mi Fans di seluruh dunia.

10. Punya pendapat KELEBIHAN lain???

Kesembilan daftar di atas merupakan opini pribadi dari saya, mungkin akan berbeda dengan kalian.

Jika punya unek-unek & pendapat lain mengenai KELEBIHAN semasa menggunakan ponsel Xiaomi Redmi 1S, 2, 3, 4, dst ini, boleh kalian tulis di komentar. (biar semua tahu & tempe)

Berlanjut ke, 12 Hal MENYEBALKAN pada Ponsel Xiaomi!!!

Nah ini dia, sudah tibalah saatnya saya ungkapkan beberapa hal MENYEBALKAN sekaligus menjadi KELEMAHAN yang saya rasakan ketika menggunakan ponsel dari Produk Xiaomi. (alasan yang membuat Xiaomi jelek)

Kelemahan ini sebenarnya bukan murni dari kesalahan Xiaomi. Ada beberapa pihak yang memanfaatkan popularitas Xiaomi tersebut, tapi justru malah akan membuat jatuh nama produk Xiaomi itu sendiri.

Ok, yang pertama adalah...

1. Beberapa ada yg berstatus ROM abal-abal

Bagi pengguna “baru” pasti sebagian ada yang bertanya, sebenarnya ROM Official Stable Global, Official Stable China dan Official Developer, dan Distributor, pada ponsel Xiaomi itu apa sih?

Penjelasan singkat!

Official Stable Global: Versi ROM ini sudah tergolong “stabil” dan RESMI/Official dari Xiaomi untuk Global. (Bisa update MIUI, tersedia Bahasa Indonesia, tersedia Playstore, sedikit bug/hampir sempurna/versi final)

Official Stable China: Versi ROM ini juga tergolong sudah “stabil” dan RESMI/Official dari Xiaomi China. (Bisa update MIUI, tidak tersedia Bahasa Indonesia, tidak tersedia Playstore, sedikit bug)

Official Developer: ROM ini bisa disebut juga “versi BETA” dikarenakan masih dalam pengembangan/penyempurnaan, dan ini Resmi/Official dari Xiaomi Global/China. (Sering dapat update MIUI, sering/banyak bug, dll)

Distributor: Versi ROM MIUI yang sudah di modifikasi oleh pihak tertentu. (Tidak bisa update MIUI, banyak iklan, banyak aplikasi “sampah” yang bertebaran di home screen)

Custom: Sedangkan untuk ROM ini adalah versi “kostumisasi” dari pihak ketiga, dengan cara menambahkan beberapa fitur khusus yang tidak/belum ada di versi Resmi/Official. (Misal, CyanogenMod, Viper, dll)

Saat artikel ini ditulis, ROM abal-abal / Distributor semakin menjamur di Indonesia sejak munculnya peraturan pemerintah yang mengharuskan ponsel 4G dari vendor luar untuk memenuhi kandungan lokal sebanyak 30%.

”Maksudnya apa tuh masbro, kandungan lokal sebanyak 30%???”

Entahlah, silahkan googling sendiri ya masbro...

(sama gak paham jg)

2. Banyak produk Xiaomi dengan garansi distributor.

Biasanya, untuk melakukan klaim garansi distributor itu tergolong sulit & rumit. Inilah yang membuat saya agak khawatir. (Lebih baik pilihlah ponsel dengan bergaransi resmi saja)

3. Service Center belum tersebar di banyak kota

Dikarenakan brand Xiaomi tergolong “baru” dalam dunia ponsel, jadi pusat servisnya pun masih “belum” banyak di kota-kota Indonesia. (Kedepannya sudah pasti akan bertambah seiring berjalannya waktu)

4. Tombol Kapasitif tidak menyala

Sebagian besar produk smartphone Xiaomi (saat ini, pada seri Redmi) tidak menambahkan lampu led pada tombol kapasitif ponselnya. Padahal, hal “sepele” ini sangat membantu penggunaan ponsel dalam keadaan gelap-gelapan.

5. Management RAM yang sangat buruk

Untuk yang satu ini, pasti banyak dari kalian yang setuju. Bahwa manajemen RAM pada MIUI tergolong sangat buruk, demi menunjang peforma baterai yang mumpuni. (Cepat penuh)

Misalnya saja, aplikasi yang di buka melalui “recent app” sering sekali kejadian “memuat ulang” dari awal ketika kembali di buka. (Padahal, app yang di minimize tidak terlalu banyak)

Semoga cepat di perbaiki di masa mendatang, pada versi MIUI yang terbaru.

6. TWRP mudah hilang / lenyap entah kemana

Bagi kamu yang menyukai “oprek” android, pasti paham.

TWRP pada ponsel Xiaomi, biasanya sering hilang setelah melakukan install / flashing ROM/ZIP melalui TWRP/CWM. (Terutama pada ponsel Redmi 2)

7. Biasanya timbul permasalahan 4G hilang/tidak muncul

Penyakit khusus yang dimiliki oleh produk smartphone Xiaomi adalah, sinyal 4G terkadang hilang / tidak muncul setelah melakukan update MIUI, install ROM, install ZIP. (Solusi, flash modem NON-HLOS)

8. Harga baru/seken cepat turun

Vendor Xiaomi dikenal sangat rajin merilis keluaran terbaru dari produk smartphone Xiaomi mereka dalam jangka waktu dekat. Hal tersebut tentu saja akan menurunkan harga seri yang terdahulu, relatif lebih cepat juga.

9. Notifikasi dari Sosial Media sering TERLAMBAT

Nah ini dia yang (bagi saya) sangat-sangat MENYEBALKAN dari smartphone Xiaomi, notifikasi sering TERLAMBAT bahkan TIDAK MUNCUL sebelum aplikasi di buka terlebih dahulu. (Misal, Facebook, Twitter, Instagram, Whatsapp, dll)

Mungkin, hal ini ada kaitannya dengan kemampuan management RAM yang buruk tadi. Atau, bisa saja ini di sengaja “karakternya” seperti itu agar bisa menghemat daya baterai pada ponsel Xiaomi.

Menurutmu, apakah ini termasuk sebagai kekurangan???

10. Sering muncul notifikasi activation SIM Card

Bagi sebagian orang, mungkin hal sepele ini tidak di anggap sebagai masalah. Namun apabila di abaikan, ternyata hal tersebut juga bisa bikin JENGKEL & MENYEBALKAN saat seringnya muncul notifikasi “SIM Card is Not Activated”.

Padahal jelas-jelas SIM Card yang saya gunakan sudah aktif. Lalu, kenapa notifikasi ini masih saja selalu muncul secara tiba-tiba?

Kata orang sih, notifikasi tersebut di kerenakan SIM Card yang di pakai belum melakukan verifikasi nomor telepon pada MiTalk. (Mi Account)

11. Pemutar musik, terkadang menutup sendiri

Kejadian ini dimulai ketika malam hari, di saat saya sedang mendengarkan musik melalui headphone pada ponsel Xiaomi. Nah ini dia, kejadian konyol pun mulai terjadi...

Pemutar Musik yang saya biarkan berjalan memutar lagu di “background”, terkadang menutup sendiri dalam jangka waktu 20 - 30 menit. (Layar dalam keadaan tidak menyala / mode off / mode mati)

Usut punya usut, lagi-lagi saya berasumsi bahwa hal tersebut dikerenakan saking KETATnya management aplikasi di MIUI. (Memori RAM)

Menurutmu, apa benar seperti itu?

12. Kekurangan pada ponsel Xiaomi, punya pendapat lain?

Selain yang saya sebutkan diatas, belum ada lagi hal buruk, menjengkelkan dan menyebalkan yang saya temui pada produk smartphone Xiaomi. (Masih ada beberapa, namun belum layak untuk di tulis)

Jika punya unek-unek & pendapat lain mengenai KELEMAHAN & KELEBIHAN semasa menggunakan ponsel Xiaomi Redmi 1S, 2, 3, 4, dst ini, kenapa nggak kamu tulis saja di komentar??? (kalo ada)

Bisa saja komentarmu itu sangat berguna bagi orang lain.

Tambahan...

Sebenarnya masih ada beberapa hal lain tentang ponsel merk Xiaomi yang tidak bisa saya tulis semuanya disini.

Dan 1 hal yang perlu kamu ketahui, bahwa poin-poin yang telah saya paparkan di atas tidaklah “asal” tulis. Saya membeli sebuah produk, dan kemudian hal itulah yang saya rasakan ketika menggunakannya. (+/-)

Tujuan saya dalam menulis artikel ini adalah berbagi pengetahuan dan pengalaman saya sebagai konsumen yang membeli produk smartphone dari Xiaomi. (Kelebihan & Kekurangan yang di bawa ponsel)

Seperti itu...

Catatan...

Sedikit catatan, untuk pembaca...

Terkadang, salah satu dari kalian yang membaca artikel ini biasa ada yang balik bertanya kepada saya seperti ini:

”Hey kamu!!!”
”Kerjaannya cuma jelek-jelekin karya orang lain, emangnya kamu udah bisa buat HAPE bagus seperti mereka apa?”

Lagi-lagi, pertanyaan klasik ini akan muncul ketika kamu menyampaikan sebuah pendapat / opini pribadi.

Sebagai manusia biasa, jawabannya cukup sederhana:

”Kamu tidak harus menunggu dirimu itu sempurna, untuk bisa menilai (seberapa bagus) suatu karya milik orang lain”

Kalimat/ucapan/jawaban tersebut pernah saya dengar dari pemuda keren bernama Agung Hapsah. (Channel Youtube ada disitu: Agung Hapsah)

Sekian...

Itulah artikel mengenai 12 Hal Paling Buruk & Menyebalkan pada Ponsel Xiaomi. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Dari pada buang-buang duit, mending Xiaomi aja”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

56 Komentar

  1. mantap gan, informatif dan diselingi humor jadi menarik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trima kasih banyak...

      Smoga brmanfaat...

      Hapus
  2. Ada benarnya, tapi untuk point kelemahan no 1 Udah dijawab sendiri pada point kelebihan no 9.
    Kemudian point kelemahan no 4 hanya pada seri-seri tertentu bukan all xiaomi.
    Point kelemahan no 6 bikin saya bingung (karena saya tidak pernah mengalaminya) kecuali update rom resmi via updater.
    Point no 9 caranya kunci recent app nya dan setting perizinan aplikasinya.
    Point no 10 terjadi saat kita mengganti SIM saja dan pemecahan asalahnya sudah kamu jawab sendiri.
    Untuk point no 11 secara pribadi saya belum mengalami sama sekali. ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trima kasih banyak, atas masukan nya gan... (p)

      Hapus
  3. Penilaian buat redmi 2 sih wjar aja. Coba pakai nya yg flagship kyak mi max atau mi mix. Gk bkal gtu. Lgi pula kbnyakan pngguna xiaomi udh pham sma oprek2 dn tau spek aja. Klo buat pemula psti ngeluh ini itu krna ilmu nya blom nyampe. Be smart user aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. stuju dengan kalimatmu yg terakhir, "be smart user aja"... :-)

      Hapus
  4. Kalau mau hape Xiaomi yg tombol kapasitif nya nyala, beli yang seri Mi. Mi 4c sama Mi 5 ane bisa nyala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapet info baru, trima kasih banyak (o)

      Hapus
  5. jdi gini untuk no 9 bagian min yg notif lambat.. itu salah sendiri.. jgn salahin xiaomi. coba agan buka setelan/perizinan/mulai otomatis trus pilih sosmed yg pengen di ketahui notifnya jdi saia gk nganggep no 9 itu sebagai nilai negatif dri xiaomi.. sekian

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi pngguna yg trgolong "awam" pake Xiaomi, kmungkinan besar psti jg "blm tau" y gan... (sy jg trmasuk)

      trims...

      Hapus
  6. Seri Redmi Note juga nyala kok.. Cuma seri redmi nggak pake note aja yang nggak nyala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dapet info baru lg...

      seri redmi, gak nyala...
      seri note, msih ada harapan...

      trims...

      Hapus
  7. MIUI dengan fitur yang segudang memang terasa berat, bagi xiaomi sendiri hal ini juga terlihat jelas. kalau ingin lebih ringan, pakai AOSP saja, taoi dengan konsekuensi fitur sana sini banyak yang berkurang

    BalasHapus
  8. Saya User xiaomi mi4c, Says ingin katakan bahwa perangkat INI secara hardware tidak buruk dengan processor Snapdragon octacore 1,4 GHz+dual core 1,8 (snapdragon 808 hexaroce)/plus GPU 600mhz TETAPI Dari segi software memang says rasa performance masih buruk dalam beberapa game contohnya mobile legend lag di perangkat INI bahkan sering force closed di MiUi9 walaupun firmware original Dari xiaomi, says Sudan coba Dari Miui 7,8,9 ori maupun EU, sampai custom ROM aosp, serta LoS 15. APA yang saya dapat memang bug disana sini. Tentang notifikasi yang lambat memang saya temui walau di atur sedemikian rupa tetap saja. Ni beneran Miui 9 stable ML force closed! Sedangkan di 8.5 tidak terjadi hanya lag terkadang. PES club manager LAG terkadang, NFS lancar jaya.
    Ni kawan juga pake REDMI NOTE 4 MTK dengan ram 4gb maen game pes2018 selalu hang ketika mau main online match. Memang tidak ada ada yang sempurna, tapi Untuk Hardware setinggi itu seharusnya semua game visa dilibas,/ lag ITU wajar bisa Dari jaringan bisa Dari perangkat. Tapi namanya Hang dang force closed ITU sangat sangat buruk, pasti ada yang salah. Visa hardware bisa jg software saya gak tau hanya seorang user Dan ini. Apakah MIUI BURUK? Secara tampilan iya, performa gak sesuai expektasi. Wes gitu aka, komen panjang panjang gak dibayar hahah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo dri hardware kmungkinan besar "tidak" gan... Krna hsil adopsi dri vendor lain...

      Sbagian besar org lbih curiga trhdap system dri MIUI xiaomi itu sndiri.

      Tambahan:

      Bales komen org panjang2 jg nggk di bayar 😴 (adil)

      Hapus
  9. Saya pengguna mi max 2, setahu saya ram mi max 2 itu 4gb.. tapi kenapa free space ramnya cuma 1,8gb?
    Saya ga pakai banyak aplikasi luar, hanya whats up, line, dan uc browser aja.. semua saya forceclose, tapi cuma jadi 2gb free spacenya..
    Dan update ke andoid oreo, sampai feb 2018 blm bisa auto update.. padahal 2017 dah keluar utk smua xiaomi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. MIUI udh di atur dari sananya untuk memakai space RAM yg rlatif lbih besar di bnding UI yg lain...

      Hapus
  10. Saya dari dulu pake samsung dan ga pernah kecewa karena gampang di flash root & custom rom dan yg paling penting awet bgt. Tapi ane penasaran juga mau coba xiaom & mudah2an tidak mengecewakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ponsel keluaran Xiaomi jg relatif gampang klo soal flashing, modif, dll...

      semua alat & bahan udh di sediakan...

      Hapus
  11. Permisi Temen Temen,Kalo Xiaomi Redmi 4A... Harus Di Oprek Kayak Gimana Yaa Biar Lancar Atau Sebut Saja Supaya Tidak Terjadi Permasalahan Di Di Sebutkan Di Atas.Apakah Harus Di Root?
    Di Ganti Euhh Apayah Itu Tuh Yang Pas Di Nyalain Tampilan'nya Kayak HP Lain..
    Mohon Saran'nya Temen Temen

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak perlu di oprek / di apa2in...

      Root itu trgntung kebutuhan, nggk ngaruh di pforma.

      Cukup kurangi aplikasi tidak pnting yg aktif di latar belakang, maka OS android (MIUI) akan berjalan dgn semestinya...

      Apalagi jika HH Xiaomi nya tergolong "baru" rilis thn ini / thn kemarin...

      begitu gan...

      Hapus
  12. Xiaomi bukan buruk tapi Busuk.
    Xiaomi redmi note 4x iklannya ngaku jago buat gaming, tapi setelah gue beli baru awal tahun ini rupanya main MOBA sering ngelag. Bahkan sudah longgarin memori internal dan pke wifi kencang masih lag !
    Terus kedua, xiaomi gw punya fingerprt scaner tapi aplikasi/launcher/settingan nya lenyap dari hape gw seiring banyak update miui dari awal dibeli. Jadilah scaner ga guna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MOBA sering lag, app latar belakangnya di kurangi coba gan...

      Hapus
  13. Dari beberapa komen diatas, kayaknya kok Bagus OPPO. Cuma harga lebih mahal. Disini saya pakai OPPO A39, PERFORMA BAGUS, Puas banget

    BalasHapus
  14. Ane pakai mi4c baru 2 bulan dah matot... Emmc kayaknya ancur

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo kondisinya HP baru, klaim garansi aja...

      Hapus
  15. di tengah2 org bicara kalo xiaomi itu hp murah dgn spek gahar, dari saya satu kata aja "KAPOK". saya ga lagi2 pake xiaomi stlh mengalami sebagian dari kendala d atas. dan bahkan ada problem yg bener2 lebih dari kendala2 d atas yg saya rasain. Emg kadang kita hrs pinter juga beli barang. Ada harga ada kualitas. Samsung/Oppo aja yg udah jelas & terjamin kualitas dan cara penanganannya melalui service center resmi dan teknisi khusus yg berpengalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. problem yg bener2 lebih dari kendala2 d atas, emang sprti apa cntohnya gan???

      Hapus
  16. Balasan
    1. Menurut saya xiaomi makin kesini makin bagus ah, malahan harga semakin murah. Emg semua smartphone ad plus minusnya. Tpi xiaomi not bad lah

      Hapus
  17. Ada ulasan note 5a prime gan
    Suka duka nya gmane

    BalasHapus
  18. Ada yg pnya ulasan note 5a prime
    Suka dukany gmana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm pernah coba Note 5A prime...

      Hapus
  19. untuk HP Xiaomi Redmi 2 kebawah emang gitu masalahnya.
    tp klo redmi 3 keatas udah lebih baik.

    BalasHapus
  20. Jadi gan lebih baik xiaomi tipe brapa gan? Main game lebih nyaman dan tanpa ada minus yang berlebihan?
    Tolong di bantu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Redmi 3 keatas... (4, 5, dst)

      MIUI = rekomendasi/minimal 2gb RAM

      Hapus
  21. Ane pake baru beli xiaomi 5a prime 2 minggu gan tapi knapa ya touchscreennya terasa aneh?? Contoh saat mengetik sangatlah sulit menekan huruf 'I' karena yg kluar sering kali huruf 'U' atau 'O'.. dan saat bermain game MOBA ada beberapa spot yg sulit ditekan seperti huruf 'I' tadi.. dan banyak kasus serupa saat buka aplikasi lain termasuk saat buka lock patern.. ada yg punya solusi kah atau ada yg mengalami kasus serupa lah?? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kmungkinan besar yg bermasalah bagian touchscreen nya yg error/cacat gan...

      coba bandingin dulu ama HP lain dgn tipe yg sama...
      (rekomended = klaim garansi)

      Hapus
  22. Kekurangan yang paling utama dari SEMUA (ya.. memang semua) produk xiaomi adalah banyaknya Aplikasi/Games yang suka Force Close. Padahal jika Aplikasi/Games tersebut dijalankan di HP Android murahan lancar jaya tanpa ada masalah..
    So Buat apa dibeli kalo tidak bisa dipakai, bagus pakai MITO hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. MIUI nya yg bikin berat...

      RAM 1GB terasa "kurang" di OS MIUI.
      (minimal 2GB baru layak pakai)

      Hapus
  23. Saya niatnya mau beli xiaomi keluaran baru yg redmi note 5 pro dengan ram 3/4gb dengan alasan enak kali ya buat ngegame
    Tapi setelah baca artikel di atas dan komen komennya saya jadi agak ragu buat beli
    Takutnya spek yg ditawarkan tidak sesuai dengan ekspektasi saya, karna harganyapun tergolong murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Redmi 3 keatas, apalagi yg keluaran baru nggk akan ada masalah serius...

      prmasalahan software yg kurang optimal udah di perbaiki ama Xiaomi. (MIUI 9)

      Hapus
    2. Redmi 3 keatas, apalagi yg keluaran baru nggk akan ada masalah serius...

      prmasalahan software yg kurang optimal udah di perbaiki ama Xiaomi. (MIUI 9)

      Hapus
  24. Xiaomi juga cepat panas betul gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tepat...

      (skedar anget wajar)

      Hapus
  25. Saya pengguna redmi5 dengan MIUI Global 9.2 stabil.9.2.3.0 (NDAMIEK),maen game PUBG sering FC(Force close) begitu juga MOBA. Sampe mendingan note 4x gw yg dulu gak separah ini FCnya. Jadi kalo buat pamer boleh tapi bwt game player mending jgn pilih Huawei, oneplus, or Luna aja. Jgn Xiaomi, Samsung, Oppo atau Vivo deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan keadaan OS nya "sehat" (nggk error/corrupt)

      Hapus
  26. Ada yg tau cara matikan pengingat memori redmi 5 plus..sdh d otak Atik dpengaturan pembersih sdh d non aktifkan pengingat nya msh bunyi ini ku alarm..ganggu sekali..nyesel jadinya beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. atur ruang kosong agar tdk trlalu penuh...

      brsihkan scara manual (fileManager) + pakai app cleaner

      Hapus
  27. Permisi Gan w numpang lewat :v ( User Asus Nyimak :v )

    BalasHapus
  28. Liat komen2an di atas saya jadi agak2 gimanaa gitu... Saya baru jadi pengguna xiaomi. Dan sekarang divice yg dipake xiaomi redmi note 5 yg versi 4/64. Kira2 keluhan para user yg di atas akan menimpa saya juga engga yaa ?? 🤔🤔 Semoga ga terjadi apa2 dan semoga awet2 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xiaomi seri 4 keatas, ok2 aja...

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.