advanced web statistics Cara Memperbaiki Health Hardisk Menurun, Pakai HDD Sentinel (100%) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email...?

Cara Memperbaiki Health Hardisk Menurun, Pakai HDD Sentinel (100%)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Ingin mengembalikan kesehatan hardisk? Pakai cara ini saja!
Ingin mengembalikan kesehatan hardisk? Pakai cara ini saja!
Sesuai judul diatas ya gan, dimalam jumat kali ini saya akan membagikan sebuah trik sederhana dalam memperbaiki / menambah kesehatan (%) hardisk menggunakan bantuan software HDD Sentinel.

Trik ini saya jamin 100% work, jika persenan hardisk milik kalian statusnya sudah berkurang. (bukan karena faktor fisik/kerusakan berat lain)

Hardisk eksternal, bekas PS3... (40GB)

Cara ini tidak sengaja saya temukan, ketika hendak mencopot hardisk tua bekas PS3 berukuran 40GB yang ingin saya jadikan HDD eksternal.

Jadi kala itu saya sudah membeli alat tambahan pendukung berupa HDD enclosure merk ORICO yang saya beli di Shopee dengan harga 50 ribu.

Nah singkat cerita, betapa kagetnya saya ketika mencolokan HDD tersebut ke PC dan ternyata... kesehatan hardisk tua tersebut cuma tersisa 9% saja. πŸ˜₯
Health = Critical
Kalo di pikir-pikir sepertinya memang wajar tinggal segitu, karena hardisk ini sudah berumur tahunan. Umur hardisk ini terhitung sejak pertama kalinya rilis PS3 Slim dulu. Dan itupun masih di pakai sampai sekarang tahun 2019.

Cara perbaiki kesehatan hardisk menurun, pakai HDD Sentinel

Langsung aja ya gan, jika persenan hardsik-mu sudah menurun seperti milik saya di atas, cobalah untuk melakukan trik sederhana ini. (menambah jumlah persenan health hardisk, pakai HDD Sentinel)

Begini caranya...

  1. Install software bernama HDD Sentinel, download di website resminya.
    download di website resminya saja
  2. Jika sudah di install, tentu saja buka software-nya dan perhatikan kondisi hardisk-mu. (jangan lupa pilih hardisk mana yang mau di cek)
    buka software-nya
  3. Pada tampilan kondisi kesehatan hardisk, klik menu S.M.A.R.T
    klik menu S.M.A.R.T
  4. Pada menu S.M.A.R.T tersebut cari atribut yang error berwarna kuning/merah.
    cari atribut yang error berwarna kuning/merah
  5. Jika sudah ketemu atribut mana yang error, klik kanan, pilih "Decimal Data Field"
    klik kanan, pilih "Decimal Data Field"
  6. Setelah "Decimal Data Field" tadi di klik, maka nilai yang berupa hexadecimal akan berubah menjadi angka decimal. (tujuan pengubahan hexa ke decimal ini, agar lebih mudah ketika hendak ubah nilai angka offset.
    hexadecimal akan berubah menjadi angka decimal
  7. Setelah melakukan poin nomor 6, selanjutnya tinggal klik angka "0" untuk ubah nilah offset.
    klik angka "0" untuk ubah nilah offset
  8. Pada nilah offset ini, ubah angkanya sesuai dengan nilah yang tertampil , dan tambahkan juga "-". (negatif) sebelum angka.
    tambakan strip "-" (negatif) di awal angka

    Contoh: angka di hardisk saya tertulis "4294967295", jadi pada nilah offsetnya saya tulis "-4294967295". (ada penambahan "-" pada awal angka)

    Setelah itu OK.
  9. Tunggu beberapa saat, maka tanda seru kuning akan berubah menjadi Hijau.
    klik OK, maka tanda kuning akan berubah menjadi Hijau
  10. Lakukan hal yang sama pada error lain, hingga tanda seru/kuning benar-benar habis.
    lakukan hal yang sama pada error kuning lain
  11. Setelah tanda kuning habis/tidak ada lagi, silahkan cek di bagian overview. (kesehatan HDD sudah bertambah jadi 97%)
    kesehatan HDD sudah bertambah jadi 97%
  12. Selesai...

Saran saya, pahami betul-betul pada poin nomor 7 dan 8. (intinya, tulis nilai offset sesuai dengan angka yang tertera pada bagian "Data" + tambahkan juga "negatif" di awal angka)

Cara di atas sudah saya coba di hardisk milik saya (40GB) dan memang berhasil. (health yang awalnya critical 9%, bertambah jadi 97%)

Bagi yang mau coba langkah di atas, silahkan... (kalo mau)

Tambahan...

Walaupun kesehatan sudah bertambah, tetaplah berhati-hati dalam menggunakan hardisk tersebut. Sebab, jika hardisk tersebut pada dasarnya sudah tua, maka pilihan yang paling bijak adalah melakukan backup data. (untuk jaga2)

Oke itu saja, sekian...

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Memperbaiki Health Hardisk Menurun, Pakai HDD Sentinel (100%). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Jika ada hal penting yang mau ditanyakan, silahkan PM saya di media sosial / halaman about. 🀝 Ingin kerjasama??? Silahkan contact admin reza.nauma@gmail.com ✅

10 Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi...
πŸ˜¬πŸ˜¬πŸ˜¬πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘☕☕☕☕