advanced web statistics 12 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office, Tentunya Ini GRATIS - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

12 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office, Tentunya Ini GRATIS

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
12 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office, Tentunya Ini Gratis!
Sebagai "acuan" untuk membuatmu segera berhenti menggunakan software BAJAKAN
Bagi kamu yang ingin segera bertaubat dan ingin juga beralih menggunakan software secara legal, kalian bisa menggunakan software pengolah dokumen alternatif yang tak kalah powerfull dengan Microsoft Office.

Tips : 10 Software Bajakan Ini Sangat Pupuler, Mengherankan Bukan?

Walaupun menyandang gelar “FREE”, namun aplikasi-aplikasi alternatif Microsoft Office ini tidak kalah powerfull untuk menunjang aktifitas umum kalian seperti Blogging, Tugas Sekolah, Pekerjaan, dan lain lain.

Silahkan kalian simak pelan-pelan,

12 Aplikasi Alternatif Microsoft Office...

Daftar software yang saya tuliskan di bawah ini merupakan saran aplikasi alternatif yang bisa kalian gunakan untuk menggantikan Microsoft Office. Dan juga yang tidak kalah penting, aplikasi ini GRATIS!

1. WPS Office...

Aplikasi pengolah dokumen yang satu ini sangat saya sarankan untuk kalian yang ingin mencari pengganti Office milik Microsoft. Mengapa? Sebab, hampir seluruh tampilan dari WPS Office ini sama persis dengan Microsoft Office.

Mulai dari tampilan icon tool, penempatan tool, keyboard shortcut, dan lain sebagainya memiliki tampilan yang sangat-sangat identik dengan Microsoft Office.

Tampilan WPS Office,

WPS Writer
WPS Writer

WPS Presentation
WPS Presentation

WPS Spreadsheet
WPS Spreadsheet

2. Open Office...

Aplikasi Open Office di sebut sebagai pengolah dokumen gratis yang veteran karena kepopulerannya yang cukup lama sebagai salah satu pengolah dokumen gratis yang cukup baik.

Tampilan Open Office,

Open Office Calc
Open Office Calc

Open Office Impress
Open Office Impress

Open Office Writer

Berbeda dengan WPS Office, tampilan tool yang ada pada Open Office ini cukup berbeda dengan dengan Office milik Microsoft. Kalian harus membiasakan diri untuk menggunakan tool-tool yang ada.

3. Libre Office...

Aplikasi bernama Libre Office merupakan software gratis yang di kembangkan oleh The Document Fondation dan juga merupakan cabang dari Open Office. Itulah mengapa antara Libre Office dengan Open Office memiliki tampilan yang relatif sama.

Tampilan dari Libre Office,

Libre Office Calc
Libre Office Calc

Libre Office Impress
Libre Office Impress

Libre Office Writer
Libre Office Writer

4. Google Docs...

Sesuai dengan namanya, program ini merupakan pengolah dokumen yang di kembangkan oleh Google.inc. Adapun pengolah dokumen yang di tawarkan oleh Google Docs yaitu,

Google Document
Google Document

Google Spreadsheets
Google Spreadsheets

Google Slides
Google Slides

Google Forms
Google Forms

Program editing dokumen yang satu ini menurut saya sangat cocok untuk kalian yang yang saat ini menjadi seorang Blogger. Dimana Google Docs ini memiliki kemampuan Share dan Fitur Online lainnya yang akan menunjang kebutuhan seorang Blogger.

5. Neo Office...

Lagi-lagi, Neo Office juga merupakan salah satu “cabang” dari program Open Office. Namun, sebelum Libre Office dan Open Office tercipta, program Neo Office ini sudah lebih dahulu ada.

Aplikasi Neo Office ini hanya mendukung untuk sistem operasi Apple Mac. Oleh karena itu, aplikasi ini sudah tidak di ragukan lagi akan compatibilitas terhadap sistem operasi produk Apple tersebut.

Tampilan Neo Office,

Neo Office
Neo Office

6. Free Office...

Saya sendiri belum pernah mencoba aplikasi Free Office ini di karenakan tampilannya yang bagi saya kurang kekinian.

Tampilan Free Office,
Free Office

Kalian bisa memberikan dukungan untuk developer “Free Office” berupa donasi kepada mereka. Agar, pengembangan aplikasi Free Office ini bisa berlanjut di masa mendatang dan tetap bisa bersaing dengan pengolah dokumen lainnya.

Terutama pengembangan dalam hal tampilan yang lebih modern.

7. KOffice...

Program pengolah dokumen bernama KO Office ini di tujukan hanya untuk pengguna Linux dengan desktop KDE saja. Jadi, bagi kalian yang saat ini menggunakan Linux bisa mencicipi peforma dan kenyamanan aplikasi ini.

Tampilan KOffice,
KOffice

8. Abi Word...

Hampir sama dengan Free Office, aplikasi bernama Abi Word ini memiliki tampilan yang menurut saya cukup jadul di karenakan pengembangan oleh developernya sendiri yang sudah lama tidak di lanjutkan lagi.

Tampilan Abi Word,
Abi Word

9. Thinkfree Office...

Tidak banyak hal yang bisa saya beritahukan kepada kalian tentang peforma dan kenyamanan dalam menggunakan aplikasi bernama Thinkfree Office ini, karena saya sendiri pun belum pernah mencobanya.

Tampilan Thinkfree Office,
Thinkfree Office

Kalian juga bisa menggunakan Thinkfree secara online dengan cara mendaftar terlebih dahulu untuk menjadi member di Website Resminya. Member.thingfree.com/member/goLandingPage.action

10. Zoho Online...

Hampir Sama dengan pengolah dokumen milik Google Docs, kalian harus online apabila ingin menggunakan pengolah dokumen ini secara gratis.

Tampilan Zoho Online,
Zoho Online

11. Etherpad...

Etherpad, memiliki tampilan antarmuka yang saat ini bisa dikatakan tergolong jadul. Namun tetap memiliki fitur umum sebagai pengolah dokumen yang bisa kamu andalkan.

Tampilan Etherpad,
Etherpad

Kalian bisa mencoba Eterpad pada link disini.

12. Word Pad...

Program yang satu ini merupakan aplikasi bawaan dari Microsoft Windows (Windows XP, 7, 8, 10), yang artinya kalian tidak perlu repot-repot untuk mengunduhnya terlebih dahulu.

Saya sendiri pada awalnya masih menggunakan Word Pad ketika masa-masa peralihan dalam mencari aplikasi yang pas untuk menggantikan Microsoft Office Bajakan.

Tampilan Word Pad,
Word Pad

Menurut saya pribadi, aplikasi Word Pad ini sudah lebih dari cukup jika hanya digunakan untuk sekedar menulis beberapa teks artikel blog yang sedang kalian bangun.

Catatan...

Sebagai info saja, dari keseluruhan pengolah dokumen yang saya sebutkan di atas, WPS Office lah yang menurut saya paling nyaman di gunakan.

Hal tersebut di karenakan tampilan “Workspace” yang sama persis dengan pengolah dokumen Microsoft Office, sekaligus juga peforma yang sangat baik untuk sekelas aplikasi GRATIS!

Kesimpulan...

Hampir semua program aplikasi pengolah dokumen itu sebenarnya memiliki fitur-fitur umum yang sama. Yang kalian butuhkan hanyalah keterbiasaan dalam menggunakan aplikasi alternatif tersebut.

Selain itu, semua sama saja. Yang terpenting ada niatan untuk mempelajari perbedaan yang ada pada aplikasi tersebut, maka pekerjaan (Blogger, Sekolah, dll) kalian akan berlangsung dan terlaksana dengan semestinya.

Sumber inspirasi...

Tulisan saya di atas merupakan hasil referensi yang pernah saya baca dari 2 situs yang cukup besar, yaitu JagatReview dan DavidPrasetyo

Sekian...

Itulah beberapa program aplikasi alternatif pengganti Microsoft Office yang bisa kalian coba. Semoga artikel yang saya tuliskan di atas bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih.

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

9 Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.