advanced web statistics 12 Kelemahan yang Membuat Windows 10 itu JELEK, BENGET (opini) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

12 Kelemahan yang Membuat Windows 10 itu JELEK, BENGET (opini)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
8 Hal yang Membuat Windows 10 itu Jelek, Banget!
Bagian inilah yang tidak saya suka dari Windows 10
Apakah saat ini kalian sedang mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangan dari OS terbaru dari Microsoft, yaitu Windows 10?

Jika memang iya (nyari informasi) dan masih bimbang ingin migrasi ke Windows 10 atau tidak, maka selamat! Sebab, saat ini kamu sedang membaca sebuah artikel lain dari pada yang lain. Sekaligus juga (bagi saya) cukup anti-mainstream di banding blog-blog lain.

Maka dari itu, segera baca artikel ini sampai tuntas...

Karena di bawah nanti, akan saya berikan beberapa kelemahan yang membuat Windows 10 itu terlihat JELEK dalam penggunaan sehari-hari. (hanya opini)

Yang pertama, bahas kelebihannya dulu...

Di bawah ini merupakan kelebihan dari Windows 10 di banding OS sebelumnya. (Windows 7 dan Windows 8) Sedangkan untuk kelemahannya akan di bahas setelahnya. (di bagian paling bawah)

Jumlahnya ada 12 kelebihan...

1. Fitur windows 10 lebih banyak dan lengkap

Salah satu kelebihan yang mungkin semua orang sudah tahu, bahwa jelas sekali Windows 10 menawarkan berbagai fitur baru di dalamnya.

Mulai dari Cortana, DirectX 12, Microsoft Edge, Virtual Desktop, Gaming Mode, dll semuanya benar-benar baru dan belum pernah ada di Windows sebelumnya. (Win 7 dan 8, apalagi XP)

2. Start Menu ciri khas Windows 7, telah kembali

Ada yang bilang, kegagalan yang terjadi pada Windows 8 itu akbibat di hilangkannya ciri khas berupa Start Menu bawaan pada Windows 7.

Beberapa orang yang sudah terbiasa dan terbantu dengan Start Menu ini tentu akan merasa kehilangan.

Oleh karena itu, kini Microsoft telah menghadirkannya kembali pada Windows 10 dengan tampilan yang lebih modern. (gabungan antara Windows 7 dan 8, keren)

3. Tampilan desain UI lebih keren dan kekinian

Bagi kamu yang menyadarinya, saat ini tampilan UI dari suatu OS di buat sesederhana mungkin dan juga terkesan warna-warni.

Sebagai contoh, sebut saja OS Mobile Android.

Semakin baru versi androidnya, maka akan semakin sederhana dan minimalis juga tampilannya. Selain itu juga desain warna-warni juga sedang ngetrend dan sering di temui di berbagai platform.

Windows 10 pun rupanya tidak ingin kalah, dengan ikut serta memamerkan desain flat kotak-kotaknya sebagai ciri khas, bahwa itu merupakan karakter dari produk Microsoft.

4. Di sediakan upgrade GRATIS, bagi pengguna Win 7/8

Suatu kabar yang menggembirakan bagi pengguna Windows 7 dan 8 Original, karena Microsoft memberikan upgrade ke Windows 10 GRATIS bagi pemiliknya.
Jadi kalian tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang lagi, hanya untuk sekedar melakuakn migrasi ke OS yang lebih baru.

Hal ini merupakan cara promosi yang tepat, untuk memperkenalkan Windows 10, sekaligus mengajak para user untuk segera beralih ke OS tersebut.

5. Di kembangkan Microsoft dengan Tenaga Penuh

Sedikit berbeda dengan versi Windows yang sebelumnya. Kali ini Microsoft benar-benar niat dalam mengurus kelangsungan ekosistem dan masa depan Windows 10.

Hal ini di buktikan dengan terus adanya update rutin yang akan memperbaiki segala celah yang ada pada Windows 10.

Jadi jangan heran jika perkembangan Windows 10 tergolong cukup cepat dalam hal perubahan peforma dan UI yang lebih baik.

6. Dilengkapi dengan DirectX 12

Mungkin beberapa orang ingin mencoba Windows 10 di karenakan adanya fitur berupa DirectX 12.

Fitur ini di kabarkan akan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya hardware yang jauh lebih baik di banding DirectX 11.

Hasilnya, kemampuan dalam gaming akan lebih powerfull. (jika hardware mu juga mendukung DirectX 12 juga)

Gamer mana yang tidak di buat tertarik dengan hal ini.(DirectX 12)

7. Keamanan lebih tinggi (Windows Defender)

Bukan hanya baru dalam hal fitur dan tampilan yang kekinian. Windows 10 juga meberikan keamanan yang tentu lebih baik di banding Windows 7 dan 8 yang terdahulu.

Bagi kamu yang sudah upgrade ke Windows 10, spertina cukup menggunakan antivirus bawaan (Defender) saja sudah cukup untuk menjaga keamanan komputer dari serangan malware.

8. Proses aktivasi cukup praktis

Ketika kamu menghubungkan Windows 10 Original mu ke dalam akun Outlook, maka lisensinya pun akan ikut tersimpan ke dalam akun dalam bentuk Digital Entitlement License.

Jadi kamu tidak perlu repot-repot lagi memasukan key atau aktivasi secara manual ketika selesai melakuak install ulang OS Windows.

9. Tersedia Microsoft Store yang lebih lengkap

Pada Windows 8 sebenarnya juga sudah di lengkapi dengan toko aplikasi, namanya adalah Windows Store.

Namun, pada Windows 10 namanya kini telah berubah menjadi Microsoft Store yang tentunya lebih lengkap (kaya aplikasi) dan juga tampilan lebih user frendly dalam memudahkan penggunaan user.

10. Dukungan touchscreen secara maksimal

Sejak era Windows 7, sebenarnya Microsoft telah menyematkan dukungan layar sentuh (touchscreen) pada OS Windows, namun belum maksimal.

Kemudian di lanjutkan dengan hadirnya Windows 8 yang lebih full touch, namun juga gagal. (gagal karena pengguna lama, tidak biasa dengan hilangnya tombol Start Menu)

Setelah itu, barulah datang Windows 10 yang akan memperbaiki segala kesalahan yang pernah di lakukan Microsoft.

Ciri khas “Start Menu” Windows 7 dan “Start Screen” pada Windows 8 kini telah di gabungkan, tentunya dengan dukungan touch screen yang lebih baik lagi.

11. Compatible dengan semua resolusi layar

Windows 10 tidak hanya di peruntukan bagi pengguna PC, Notbook, Netbook dan Laptop saja. Faktanya, Windows 10 juga di rancang untuk perangkat mobile seperti tablet dan smartphone.

Jadi, jika kamu ingin tetap berkomputasi layaknya sebuah PC pada layar tablet/smartphone, cukup gunakan OS Windows 10 saja.

Tentunya harus menggunakan tablet / smarphone yang mendukung dualboot Windows 10 dan Android. Contohnya, seperti tablet di bawah ini...

Masih banyak contoh yang lain, silahkan cari sendiri... (jangan malas)

12. Cortana, asisten digital yang sangat membantu

Bagi yang sudah terbiasa dengan aplikasi milik Google, pasti juga akan merasa terbantu dengan di hadirkannya fitur yang agak mirip bernama Cortana.

Beberapa hal sederhana, namun sangat membantu seperti mencari informasi yang dibutuhkan, menyusun jadwal, memberikan pengingat, mencari dokumen, bisa di lakukan oleh Cortana dengan perintah suara.

Oke cukup, sekarang akan dilanjutkan pada bagian kelemahan...

Yok, baca lagi yok...

Kelemahan, yang membuat windows 10 jadi JELEK

Yap, beberapa hal lanjutan yang akan saya tulis di bawah nanti ini berisikan berbagai keluhan dan beberapa hal yang tidak saya sukai pada Windows 10, sekaligus menjadi kelemahan. (paling tidak, untuk saat ini)

Sebelum itu, dengan tegas saya katakan bahwa saya tidaklah membenci Windows 10. Tujuan utama dari artikel ini hanya untuk mengutarakan pendapat pribadi saya sebagai pengguna Windows 10.

Silahkan bersantai, kemudian lanjutkan untuk membaca sampai selesai.

Apa iya Windows 10 Jelek, pake Banget?

Saya tahu kok, pasti banyak dari kalian yang tidak setuju dengan beberapa pendapat yang akan saya tuliskan di bawah ini nanti. Tapi yah, mau gimana lagi...

Kebebasan berpendapat itu boleh kan?

(jumlahnya ada 12 kelemahan)

1. Aplikasi default, terkadang berubah otomatis!

Aplikasi default, terkadang berganti dengan otomati
Aplikasi default, terkadang berganti dengan otomati
Pernahkah kamu mengalami di saat penggunaan normal, tiba-tiba muncul notifikasi yang menyatakan bahwa “Aplikasi Default Telah di Reset”?

Jujur, saya sering mengalami hal tersebut.

Beberapa aplikasi default seperti GOMPlayer, Mozilla Firefox, PhotoViewer, dan Music Player yang sudah saya atur sedemikian rupa, entah kenapa berubah secara otomatis menjadi aplikasi bawaan Windows 10. (Edge, Foto, Film & TV)

Dan ini terjadi tidak hanya 1 atau 2 kali saja. (Saya mengalaminya sekitar 5x, saat ini dan kemungkinan akan terus bertambah)

Entah apa motif di balik semua ini. Karena seingat saya, pada Windows sebelumnya saya tidak pernah mengalami kejadian konyol seperti ini.

Seolah-olah memaksa penggunanya untuk menggunakan aplikasi default Windows 10. (Microsoft Edge, Film & TV, Foto, dll)

Tentu saja ini sangat-sangat menjengkelkan ketika saya harus mengubahnya kembali ke pengaturan semula. (GOMPlayer, Mozilla Firefox, PhotoViewer)

2. Semuanya serba putih, bikin sakit mata!

Terlalu banyak warna putih, terlalu terang, bikin sakit mata
Terlalu banyak warna putih, terlalu terang, bikin sakit mata
Si Bill Gates (Microsoft) ini sebenarnya ngidam apa ya, kok bisa dia mempunyai ide yang seperti itu. Sebenarnya apa rencana dia kedepannya sehingga membuat Windows 10 saat ini lebih dominan ke warna putih?

Ada apakah dengan warna putih?

Untuk menambah kesan mewah kah? Atau karena alasan lain?

Entahlah... yang pasti, beberapa orang mungkin tidak menyukai dominan warna putih ini. (Saya juga termasuk, walaupun tidak terlalu)

3. Penggunaan baterai terasa lebih boros!

Windows 10 will reduce baterry peformance
Windows 10 will reduce baterry peformance
Di saat baru saja selesai proses menginstall Windows 10 kemudian masuk ke tampilan desktop, kamu pastinya melihat tampilan seperti di atas, yang memberitahukan bahwa,
“Jika PC/Laptop yang kamu gunakan saat ini belum menemukan driver yang cocok/compatible, maka kemungkinan peforma baterai tidak akan berjalan dengan semestinya/Optimized”
Dengan melihat pemberitahuan tersebut, pastinya akan menjadi mimpi buruk bagi pengguna PC/Laptop yang memiliki spek yang pas-pasan. (Driver tidak berjalan dengan Optimal, Efisien, dan lain sebagainya)

4. Tampilan yang Flat, bikin cepat bosan!

Bagi sebagian orang, tampilan yang datar itu capat bosan
Bagi sebagian orang, tampilan yang datar itu capat bosan
Awal-awal melihat tampilan yang Flat pada Windows 10, jujur saya memang lumayan merasa terkagum-kagum dengan inovasi baru ini.

Tapi lama kelamaan, saya merasa bosan dengan tampilan datar ini.

Apakah kamu merasakan hal yang sama juga?

5. Memakan banyak kuota internet!

Coba kamu lihat Data Usage
Coba kamu lihat Data Usage
Sudah tak terbantahkan lagi, bahwa penggunaan kuota internet pada Windows 10 memang lebih banyak jika di bandingkan dengan OS Windows yang sebelumnya. (Terutama yang menggunakan Modem)

Berbagai aplikasi & fitur bawaan Windows 10 mengharuskan kamu untuk menggunakan koneksi internet yang berlebih. Terutama pada aplikasi Email, Cuaca, Bursa, Peta, Xbox, dan fitur “tersembunyi” lain yang mungkin saja kamu tidak mengetahuinya.

Selebihnya, kamu bisa membaca artikel ini, Setelah Install Windows 10, Kok Kuota Jadi Boros?

Uninstall Modern App?

Metered Connection?

Hentikan services?

Matikan update?

6. Penggunaan memori lebih besar! (lihat task manager)

Penggunaan memori pada Windows 10, relatif lebih banyak
Penggunaan memori pada Windows 10, relatif lebih banyak
Singkat saja, cobalah untuk membandingkan penggunaan memori pada Windows 10 dengan Windows 7/8.1. (Pure Windows 10, 7, 8.1)

Apakah ada perbedaan mencolok pada penggunaan memori?

7. Tampilan window/jendela, kurang Greget!

Desain dari windowsjendela kurang greget (seperti kertas tipis yang berwarna putih)
Desain dari windowsjendela kurang greget (seperti kertas tipis yang berwarna putih)
Hampir ada kaitannya dengan tampilan dominan warna putih tadi. Windows 10 membawa desain window/jendela yang sangat-sangat simpel & datar. (Seperti kertas putih yang tipis)

Apakah kamu menyukai jenis tampilan window/jendela yang seperti itu?

8. Sering terjadi delay, pada respon perintah!

Masalah delay, masih ada (walaupun tidak terlalu)
Masalah delay, masih ada (walaupun tidak terlalu)
Akan saya sebutkan, beberapa kejadian delay saat kamu melakukan sebuah perintah sederhana pada Windows 10.

  • Membuka/klik icon Volume (delay)
  • Membuka/klik icon Jam/Tanggal (delay)
  • Membuka/klik icon Notifikasi (delay)
  • Membuka/klik icon Home (delay)
  • Membuka/klik icon Baterai (delay)
  • Dan beberapa tombol/aplikasi lainnya.

Saya tekankan sekali lagi, bahwa delay yang sangat “singkat” ini tentu saja tidak akan kamu rasakan jika spesifikasi PC/Laptop kamu sudah cukup mumpuni. (Misal i3/i5/i7 + VGA External)

Nah, saya yang saat ini masih menjadi salah satu pengguna Low Spec, merasakan “Perbedaan” tersebut, dan sepertinya memang tidak ada salahnya untuk saya beri tahukan kepada kamu-kamu yang terlalu mengagung-agungkan Windows 10.

9. Memiliki sistem yang agak licik!

Hal sepele ketika hendak mengganti aplikasi default, misalnya saja Microsoft Edge yang ingin kamu ganti dengan Chrome. Maka akan muncul dialog box yang bertuliskan "give Microsoft Edge a shot". (kedepannya, mungkin akan berubah)
OS Windows 10 "berusaha" mengajak pengguna untuk gunakan Edge saja.
Dialog tersebut adalah suatu opsi untuk "tidak mengubah Edge" menjadi aplikasi browser lain. Kamu di haruskan untuk masuk ke pengaturan "lebih dalam" lagi untuk bisa mengaturnya secara manual.

Ada satu hal lagi... (agak licik)

Microsoft juga memblokir/tidak mengijinkan penggna untuk mengubah browser default Cortana. Jadi, mau tidak mau pengguna harus membuka Edge untuk menampilkan hasil pencarian yang dilakukan oleh Cortana.

Selain itu, si Edge ini juga terkadang menampilkan hasil penelusuran yang tidak di inginkan melalui Bing! (Padahal URL sudah yakin benar, dan default sudah di atur ke google.com)

Microsoft sedikit cerdik memang, dalam upaya meningkatkan "jumlah" trafik kunjungan pada mesin pencari mereka. (kedepannya, mungkin "keGANASan" ini akan segera diperbaiki)

10. Notifikasi yang agak ngawur & kesannya curang!

Disaat sedang berinternet menggunakan aplikasi browser Chrome, maka terkadang akan muncul notifikasi/peringatan yang menyatakan bahwa Chrome lebih cepat menguras baterai PC/Laptop kita.
microsoft edge lebih baik, benarkah?
Chrome membuat baterai berkurang lebih cepat, yakin?
Intinya, peringatan tersebut menyuruh kita untuk kembali menggunakan browser bawaan Windows 10. Dan ketika notif itu di klik, maka tentu saja aplikasi default akan tergantikan oleh Microsoft Edge, again!

Mungkin akan beda pendapat oleh sebagian orang, namun bagi saya hal tersebut kesannya agak cerdik dan lick. Mohon maaf yang sebesar-besarnya!

11. Tidak akan pernah final

Pada era Windows 7 atau 8 yang terdahulu, kedua OS tersebut bisa di bilang memiliki versi finalnya.

Berbeda dengan Windows 10, yang kesannya tidak pernah sampai pada versi finalnya.

Dapat di patikan, akan selalu ada fitur baru yang di rilis, perubahan tampilan, serta perbaikan sana sini yang lambat laun tentu akan merombak design dan UI dari Windows 10.

hal tersebut sesuai dengan sebutan "Windows-as-a-Service", Windows 10 tidak akan pernah final.

12. Belum ada... Punya pendapat lain???

Sejauh ini, belum ada keluhan lain yang bisa sampaikan ketika menggunakan OS Windows terbaru ini. Kedepannya, mungkin akan saya tambahkan. (Jika ada, dan memang perlu di tuliskan)

Fanboy, teriak Fanboy...

Biasanya setelah saya menulis sebuah artikel yang anti-mainstream seperti ini, ada beberapa orang yang tidak setuju, dan dengan PDnya mereka mengatakan bahwa saya ini adalah “FanBoy”. (atau apalah istilah lainnya)

Salah satu dari kamu, pasti ada yang balik bertanya kepada saya seperti ini:
“Hey kamu!!!”
“Kerjaannya cuma jelek-jelekin karya orang lain, emangnya kamu udah bisa buat OS seperti mereka apa?”
Sebuah pertanyaan klasik, yang sering di lontarkan oleh para komentator di “Dunia Maya”, sekaligus mngajak adu argument. Mereka hanya tidak terima jika saya berkata jelek pada suatu karya dari idolanya (Bill Gates : Microsoft)

Sebagai manusia biasa, tentu saya pun mencoba untuk menjawabnya seperti ini:
“Kamu tidak harus menunggu dirimu itu sempurna, untuk bisa menilai (seberapa bagus) suatu karya/hal milik orang lain.
Selama penilaian kamu tersebut memang benar adanya (sesuai), sekaligus membangun.

Tentu saja itu di perbolehkan, tanpa harus ada perkataan "FanBoy" atau semacamnya. Terlanjur Fans/Cinta dengan Windows 10 boleh, tapi jangan sampai menjadi cinta buta. (Menutup mata dari Realita)

Nah sekarang, andai saja kamu di beri pertanyaan seperti itu, jawaban apa yang akan kamu berikan kepada orang lain yang tidak sependapat dengan kamu tersebut?

Catatan...

Bagi kamu yang fans berat akan Bill Gates, Microsoft, Windows 10 harap tenang. Sebab, hal-hal yang saya tuliskan di atas hanyalah opini semata dari hati si penulis, yaitu saya sendiri.

Jika kamu mempunyai argumen ataupun pendapat yang berbeda, itu tidak masalah. (Perbedaan pendapat itu hal yang sangat wajar)

Mau bertanya? Silahkan...

Debat Online? Oke Siap!

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, OS Windows 10 memang belum sempurna. Hal tersebut terbukti dengan adanya berbagai keluhan yang di lontarkan oleh para konsumen/penggunanya. (termasuk saya juga)

Kita sebagai manusia biasa, di perbolehkan untuk mengkritik ataupun menganggap “jelek” beberapa hal yang ada di dunia ini. Dan tentunya kritik tersebut harus di perkuat dengan alasan yang logis juga.

Begitulah kira-kira...

Sumber...

Beberapa sumber yang pernah saya baca berasal dari artikel WinPoin.

Selebihnya, merupakan pengalam pribadi.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 12 Kelemahan yang Membuat OS Windows 10 itu JELEK, BENGET. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata, karena saya hanyalah manusia biasa.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih
Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

158 Komentar

  1. top dah gan, ane kembali lagi ke windows 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kembali, jika memang mnurut agan itu pilihan yang terbaik...

      Hapus
  2. iya, kadang2 ngeberatin.
    tapi win10 utk gaming lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 10 untuk gaming memang "lumayan" bagus gan...

      saya stuju...

      Hapus
  3. Well, ada alasan kenapa laptop dengan spesifikasi segitu tidak dibundle dengan Windows. Peasant.

    BalasHapus
  4. Saya lebih setia di Windows Classic atau Win7 :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggk pp gan, sesuaikan kebutuhan + kemampuan aja...

      Hapus
  5. Tapi ada yang bilang kalau windows 10 . Terselip software yang dapat melihat aktifitas kita .. dan mengirimnya ke microsoft

    BalasHapus
    Balasan
    1. data pribadi yang di kirim ke Microsoft pun data yg seperti apa, jujur saya juga kurang tau gan...

      tp untuk proses "tersembunyi" tersebut memang benar adanya gan...

      Hapus
    2. kalo masalah ini, ada kalanya sedikit membaca di setting awal saat instalasi, disitu klo samean setting nya customize, bisa dimatikan itu.

      yang dimaksud mengirimkan ke Microsoft itu kayak startup awal di Android, apakah anda akan memberikan pengalaman penggunaan secara otomatis atau tidak, setauku gitu gan :)

      nah klo salah silahkan reply komen ini, makasih, sedikit ngasih tau :)

      Hapus
    3. saat pertama kali OS Windows 10 di hidupkan (setelah Instll ulng), kemudian user akan di berikan pilihan "pengalaman penggunaan scra otomatis/tidak" itu memang benar gan.

      agan tidak salah...

      nah TAPI,

      biarpun pilihan di awal/pertama kali semunya di "OFF", proses "tersembunyi" tersebut sbnenarnya masih ada. (paling tidak, masih ada yg lain)

      user yg trgolong msih awam/tinggal make, kmungkinan besar blm mngetahuinya gan... (tidak di hiraukan)

      "ngambil barang pribadi, tapi minta ijin dulu"

      (saya juga manusia, mungkin ada ksalahan)

      Hapus
  6. Yaudah Lu Pake Aja Windows XP Susah Amat Dah

    BalasHapus
  7. untung nya ane gak punya pc atau laptop jadi ngerti dah penderitaan yang ente alami. sekian dan terima gajih :V

    BalasHapus
    Balasan
    1. penderitaan, akan memperkuat dirimu kok gan...

      (kata org2)

      Hapus
  8. Kalo saya si sejak lahir menggunakan Windows 7, teman2 saya yang menggunakan Windows10. Lihat dari tampilan menu nya aja udah ribet, banyak aplikasi yang tidak kita instal tapi muncul di menu. Contohnya kaya xbox, Minecraft Dll...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo soal aplikasi "ModernApp", saya tidak terlalu mmpermasalahkan "fitur tambahan" tersebut kok gan...

      (biar lebih kaya)

      Hapus
  9. iya gan bener, kuota cepet abis deuh, dan banyak bugnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. smakin kedapan, masalah BUG sudah di perbaiki secara bertahap kok gan... (aman)

      Hapus
  10. memang gan, saya setuju dengan agan, ane nggak suka kalau makek windows 10, udah berat, makan banyak memori lagi, mending windows 7

    BalasHapus
  11. sip gans, jadi lebih tau tentang kekurangan windows 10

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip...

      terima kasih telah menyempatkan diri untuk berkomentar...

      Hapus
  12. Iya sih gan, buat spek rendah emang sering kerasa loss alias delay. Maklum. Ane aja nyaman pake windows 7. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika agan udah nyaman pke Win 7, ya gak masalah gan...

      sesuai kebutuhan...

      Hapus
  13. Bilang aja klo pc lu spesifikasinya kurang buat OS itu. makanya lu cuma bisa jelekin karya orang lain, apa berani lu kirim pesan kayak gini ke microsoft? Munafik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan sudah saya jelaskan pada artikel di atas gan... :/

      klo agan menganggap windows 10 itu udah bagus/sempurna, gak masalah kok...

      kita cuma berbeda pendapat, ya mau gimana lagi...

      Hapus
    2. budayakan membaca sampai selesai, wkwkwk

      Hapus
  14. ane pernah pakek windows 10 tapi gak bisa koneksi ke wifi, ane balik lagi ke windows 8

    BalasHapus
    Balasan
    1. Driver WLAN udah agan cek 100% terinstall belom?

      tp kbnyakan lptop jaman sekarang, fitur Wifi udah otomatis "working" jika mnggunakan Windows 8 keatas gan...

      mnkin hw lptop agan "kurang" compatible. (mungkin)

      Hapus
  15. Ganti wallpapernya jadi wallpaper winXp mungkin bisa menghilangkan sakit mata gan. Hehe

    BalasHapus
  16. Putih ? Itu karena ente blum Update gan . Skrg Windows 10 tampilannya lebih Kren ko , Ngga ada Putih" smua yang kata agan ,
    spek Laptop saya , i3 ram 2gb ,
    Pakai Win 10 64 Ori ,, Lancar jaya , Delay Itu memang ada masih , tapi tidak terlalu lama ,
    Itu pendapat saya aja

    BalasHapus
  17. kalo saya mah suka dan lancar2 aja make windows 10.

    BalasHapus
    Balasan
    1. spesifikasimu udah lumayan mumpuni ya gan?

      Slamat! :D

      Hapus
  18. ane belm pernah make windows 10 gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan coba gan, dan rasakan "perbedaannya"... :D

      gak usah ragu klo spek agan udah "mumpuni"...

      Hapus
  19. Masih setia dengan Windows 8. Mungkin beberapa waktu yang akan datang saya akan mencoba Windows 10.

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo emang spek agan udah "lumayan", gak usah ragu untuk beralih ke Windows 10 gan...

      Directx 12 nya oke banget, untuk gaming...

      Hapus
    2. T etape saja ane game pake direct 9c gak guna tuh direct 12nya sue

      Hapus
  20. Setelah booting,kayak ada pemanasan dulu di Win 10. Jadi cursor buat ngeklik masih muter 1 menitan. Tp msh nyaman di Win 10.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pnyebabnya karena aplikasi "start up" agan terlalu banyak.

      saran, kurangi aplikasi "start up" yg gak terlalu penting gan...

      Hapus
  21. windows 7 tetap yg terbaik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mnurutmu sprti itu, gak mslah kok gan...

      (nmanya jg manusia)

      Hapus
  22. ohhh kirain bagus win 10 -_-, ternyata gini yah, makasi infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus atau tidaknya itu tergantung penilaian masing2 gan...

      mnurut saya jelek, tp bisa aja bagi agan Win 10 itu "BAGUS"...

      Hapus
    2. tapi windows 7 pas booting nya lama. tapi gw suka ama win7. tapi gw terlalu suka dengan win8 karna agk berat. mending windows 10. win7 simple dan sederhana. sedangkan win10 tampilan nya metro, keren, kece, dan agak modern. tapi gw masih suka win7 walaupun juga suka win10

      Hapus
    3. jadi, intinya yg mnurut agan bagus itu yang mana y?

      (agak bingung)

      Hapus
  23. Iya benar gan , saya user Windows 10 Pro (1 tahun) dan baterai laptop cuma kuat 3 jam an cuma untuk nonton film (windows 7 pro sebelumnya bisa kuat 4 jam lebih pemakaian) , kalau masalah tampilan yang flat saya suka karena simple , delay juga terasa kalau buka aplikasi 2 atau lebih berbarengan (tergantung aplikasi apa) , memori juga nyentuh 40% saat pertama booting (windows 7 pro dulu 12% aja). Intinya saya pakai windows 10 cuma karena tampilan retronya & keperluan game (katanya main game di windows 10 lebih enteng)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali gan...

      Windows 10 memang "kaya" akan fitur baru... (& masih terus di lakukan pengembangan)

      kdepannya udah "pasti" akan jauh lebih OKE lagi si Windows 10 ini...

      Hapus
  24. Kebetulan saya pengguna Windows 10 tapi menggunakan PC, saya baru tahu ini kekuranganya, cuman buat game misal FIFA17 rasanya ringan w10 daripada w7 ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dgn agan.

      Windows 10 klo untuk gaming memang paling "Optimized" (untuk saat ini dan kedepannya)

      Hapus
  25. ane setuju banget gann, batere cepet abis , makan banyak ram , tampilannya delay bangett apalagi pas buka batere sama wifi delayynyaa lamaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa org memang merasakan delay tersebut gan. (termasuk saya sendiri)

      "spesifkasi kurang cocok"

      Hapus
  26. Udah tau spek gak mumpuni untuk Windows 10 ngapain dipakek, tolol! Dimana-mana kalo spek gak mumpuni baik software apapun yang laen ya bakalan banyak kendala. Kalo mau protes tu yang pinter, jangan goblok!

    BalasHapus
  27. Dark mode udah lama ada di windows 10, Makanya banyak banyak baca jangan cuman kritik. http://windowsreport.com/dark-mode-in-windows-10/

    BalasHapus
  28. Saya tetap setiap sama windows 7 :D hehe

    BalasHapus
  29. Mkasih om artikelnya Sekarang saya lebih tau soal windows 10

    BalasHapus
  30. Makasih info nya...
    Udah niat mau pake win 10
    Tapi diliat mending win 7 aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo spesifikasimu udah cukup "mumpuni", ya gak usah ragu untuk pake Windows 10 gan...

      Hapus
  31. ahh masa, gw sih malah lebih lancar pake win 10.. cortana gw disable, masalah selesai

    BalasHapus
    Balasan
    1. tnggal disable Cortana, mslah lngsung selesai...
      semudah itu ya gan? :)

      Hapus
  32. sangat amat bermanfaat ni postingan.

    BalasHapus
  33. laptop nggak mumpuni sok instal windows 10. daripada lu banyak bacot. bilang developernya ginilah gitulah. yang bilang bill gates nggak ginilah. tapi lu masih tetep aja tuh pake windows. kalo tau spek rendahan kayak gitu mending lu pake Linux aja sob
    #ngakak ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo gan, :D silahkan ngakak sepuasnya...

      Hapus
  34. linux lebih oke kayaknya alo cuma buat browsing. dual boot sama windows. jadi kalo bisan bisa ganti2. kebetulan saya pribadi agak kecewa dengan performa windows 10. bukan karna speck laptop. saya sudah pake core i3. tapi karna memang terlalu banyak cacatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 10 memang membawa fitur "baru" yg cukup banyak + msih tahap pengembangan gan.

      itulah alasan mengapa bisa membuat beberapa laptop/PC cepet "ngos-ngosan"... (terutama medium - Low Spec)

      Hapus
  35. Ane msh setia pke win 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan, gak ada yg melarang untuk setia kok gan...

      Hapus
  36. Balasan
    1. oke gan...

      terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkomentar.

      Hapus
  37. 1. Aplikasi Default berubah otomatis > ga pernah ngalamin
    2. Semua serba putih > bisa di ubah jadi dark di setting, ane pakai
    3. Boros Baterai > Ane pakai PC :v
    4. Tampilan Flat > ane doyan flat design yg terlihat modern dan simple
    5. Banyak Makan Kuota > Ane makai ga pernah lewat FUP/bulan
    6. Penggunaah memori lebih besar > Iya anjer, tapi untung memori ane mayan gede jadi ga masalah :v
    7. Window gurang greget > Setuju sih, udah gitu stack ama side by side windows ga full ga kayak di windows 8.1
    8. Delay respon perintah > ga pernah ngalamin, kecuali cortana, tapi maklum lah karena search di File Explorer aja lama, cortana malah lebih cepet :v

    Kesimpulan = Jeleknya Windows 10 relatif tergantung PC/Laptop dan pengguna, buktinya banyak aja yg make termasuk ane ~. Tapi jujur ane ogah banget install Win10 di laptop, soalnya laptop butut :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesimpulanmu btul skli gan... (hrus sesuai spek)

      Dan itupun sudah di bahas/jelaskan pada artikel trsebut.

      Hapus
  38. Fyi... Bill Gates sudah tidak berkecimpung lagi di dunia IT jdi dia hanya nerima duitnya wae

    Top info dah gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok gan, terima kasih atas informasinya...

      Hapus
  39. yakin seburuk itu? kwkwkw http://techno.okezone.com/read/2017/01/04/207/1582922/pengguna-steam-paling-banyak-gunakan-windows-10 , rajin rajin update driver sama windowsnya juga biar enak , usahakan pake windows original biar di support terus sama microsoft

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakin gak yakin... (namanya jg opini pribadi)

      Hapus
  40. yaelah bikin OS sendiri aja pak kalo mau yg sempurna hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. haruskah saya membuat OS terlebih dahulu, agar bisa menilai (seberapa bagus) karya milik orang lain gan?

      Hapus
  41. Ane terima apa adanya aja deh gan :)

    BalasHapus
  42. ane cuma mau menekankan ke poin no. 8, sebenarnya Om Microsoft itu kan udah memberi spesifikasi minimal buat menjalankan OS miliknya, kalo memang user'nya memakai tanpa mengetahui itu. maka yang salah ya user'nya. ane tau kalo memenuhi spesifikasi itu saja masih belum cukup untuk optimalin OS'nya, tapi paling tidak ya itu pemikiran dari pembuatnya sendiri.

    lebih baik pakai OS sesuai kemampuan kompi/lepinya saja kalau memang mau menghindari namanya delay/lag

    BalasHapus
    Balasan
    1. btul bnget gan.

      itulah mengapa saya mengatakan bahwa ada "perbedaan peforma"
      antara Windows 10 dengan Windows yang sebelumnya.

      "perbedaan"nya sudah saya sebutkan pada artikel di atas.

      (delay)

      Hapus
  43. Klo ngmgin soal sempurna didunia ini g ada yang sempurna gan, Mau si Bill Gate bikin ampe win 1 juta jg pasti g akan sempurna. Btw procc jaman skrg wajib win 10 sedih gan, apalagi pengguna kuota juga kelar sudah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada artikel di atas, tujuannya untuk mmberitahukan bahwa Windows 10 yg "saat ini" masih terdapat kelemahan2 "kecil". (kelemahan sudah di sebutkan di artikel)

      di dunia ini tidak ada yg sempurna? iya memang... (hmpir smua org juga tau itu)

      Hapus
  44. sebernernya ane sih kalo suruh pilih win 7 atau 10 pilih 7, kenapa ? karena fitur-fitur win7 jauh lebih banyak ngalahin win10

    BalasHapus
  45. saya belum pernah menggunakan win 10, tapi biasanya ada perbaikan berkala untuk bugs tersebut atau versi-versi terbaru lainnya. Karena win 10 is still to young to be settle.

    BalasHapus
    Balasan
    1. btul banget gan...

      smoga "kelemahan" tersebut akan di segera di perbaiki di masa mendatang...

      Hapus
  46. gimana kalau win 10 nya itu bajakan gan? saya pakai win 7 , corei5, ram 2gb, tpi pas liat task manager kemakan banyak, mau upgrade win 10 tpi bajakan gan, soalnya gak ada dana :'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. win 10 bajakan ama ORI itu hmpir gk ada bedanya gan...

      prbedaannya klo bajakan cuma trletak pada "licensi"nya aja (hasil crack/virus/skip,dll)

      tp untuk pforma, mnurut saya hmpir gak ada bedanya....

      trgntung agan "ngebajak"nya pake crack/loader yg mana.

      Hapus
    2. win 10 bajakan ama ORI itu hmpir gk ada bedanya gan...

      prbedaannya klo bajakan cuma trletak pada "licensi"nya aja (hasil crack/virus/skip,dll)

      tp untuk pforma, mnurut saya hmpir gak ada bedanya....

      trgntung agan "ngebajak"nya pake crack/loader yg mana.

      Hapus
  47. Makasih banyak gan infonya! Laptop ane core i5 ram 4gb juga sering delay waktu buka folder atau browser. Baterai juga jadi lebih boros. Kira" ada solusinya nggak nih gan?

    BalasHapus
  48. Makasih banyak gan infonya! Laptop ane core i5 ram 4gb juga sering delay waktu buka folder atau browser. Baterai juga jadi lebih boros. Kira" ada solusinya nggak nih gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurangi app tidak penting yg aktif di latar belakang...

      Gunakan OS (Win10) versi update yang paling baru. kmungkinan udah di perbaiki microsoft (mungkin)

      Hapus
  49. Makasih banyak gan infonya! Laptop ane core i5 ram 4gb juga sering delay waktu buka folder atau browser. Baterai juga jadi lebih boros gan. Kira"ada solusinya nggak gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Delay: kurangi app tidak penting yg aktif di latar belakang

      2. Baterai: Gunakan OS (Win10) versi update yang paling baru. kmungkinan udah di perbaiki microsoft. (mungkin)

      Hapus
  50. yg nyinyir biarin aja lah...
    menurut sy sih si agan ini sangat inspiratif sekaligus kreatif (memanfaatkan sumber daya yg ada)...bayangkan dgn spek low end berani ber eksperimen...ada yg sudah coba yg lebih ekstrim??? akhirnya semua yg membaca artikel ini jadi tau dan dapat pencerahan kan!!!!!
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. trima kasih banyak, atas komentar (positif)mu ini gan...

      ambil positifnya, buang sisi buruknya (negatif)

      Hapus
  51. untuk lepi spec lama memang sedikit delay om ...

    BalasHapus
  52. Ada kelebihan kekurangan sih semua. Windows7 emang lebih simpel dan mudah diutak atik (setelah baca komen2, kyknya banyak yg pake w7 ya). Tapi windows10 oke juga sih, terutama kalo sesuai sm spesifikasi yg disyaratkan dan kitanya pake wifi hehe, jadi kerasa biasa aja, ga lemot/ngeberatin, tampilan juga lebih baik. Tapi aku suka dua-duanya :v .

    BalasHapus
  53. Kesal banget dengan windows 10. Aku mau ngeprint jadi susah dsb. Aku lebih suka sm windows 7 sebenernya. T_T

    BalasHapus
  54. Mantap (o) dan mudah dipahami... :>)
    Serta memberikan wawasan dari :-?
    8 Hal yang Membuat Windows 10 itu Jelek, Banget! @-)

    BalasHapus
  55. pengalaman di ane adalah untuk gaming oke lah, untuk menjalankan aplikasi lainnya kadang crash,, diskk performace sering 99%an.. padaahl spek pc uda lumayan lah 8gb ram masa masih lag.. kan nggak masuk akal.. ane mau ganti lagi lah ke windows 7/8.1 aja tapi setelah download game dolo :v hehe

    BalasHapus
  56. Pengalaman saya di windows 10 ketika saya sedang bermain GTA Extreme di adegan tembak menembak tiba-tiba terjadi "gta san andras has stopped working" dan akhirnya keluar sendiri. terpaksa mulai dari awal lagi. apakah itu yang dinamakan pengalaman gaming yang menarik di windows 10???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaelah gan , stop working saat bermain game sudah biasa , windows XP , Windows 7 & Windows 8 saja masih bisa stop working saat bermain game.

      Hapus
    2. Beberapa file yg ada di game gta nya mungkin ada yg rusak/corrupt 😶

      Hapus
  57. Yang Paling Gua Malas Di Windows 10,Buka Search Selalu Delay,Buka Web Selalu Hang,Penggunaan Disk Selalu 100,Maklumlah Spek Gua Low

    Proccesor:i3 2330M 2.20 GHz
    Ram:2 Gb
    VGA:(Paling Parah) Intel HD 3000 128MB(VRAM)
    HDD:500 GB
    Windows:10 Pro 64 Bit

    Laptop Gua Acer Aspire 4752 Yang Udah Tua (Sekitar 3 Tahun Lebih Kalau Gak Salah)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar sih kalau begitu gan , komputer yang spesifikasi diatas agan saja masih bisa ngerasain.

      Hapus
    2. Kalo ram 2gb harusnya pasang windows 10 32bit, semua windows 64bit umumnya make ram minimal 4gb

      Hapus
    3. Apalagi klo msih pke Core 2 Duo 😶

      Lbih jadul...

      Hapus
  58. Ram 2 gb dipasang 64bit ya begitu. Latpoku ram 2 gb dipasang windows 10 32bit bagus2 aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 10 terasa bagus2 aja, bagi org2 yg udah mrasa cukup...

      Kata "bagus", tiap org bisa beda...

      Hapus
  59. Terlalu banyak update gan . Ketika lagi di butuhin malah update . Mana lama updatenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 10 "saat ini" blm smpurna...

      Cpet2 di rilis, biar pngguna nggk pada kabur gara2 kgagalan windows 8 😬

      Mungkin...

      Hapus
  60. Yaa.. ada benernya lah.. klo pke Win10 itu ngelagnya ampun bgt dah.. walau i3 seri 4 , ram 4GB. Makanya saya balik ke Win 8.1

    Klo yg Win 10 serba putih , skrg ( khusus Settings doang kyknya ) bisa diganti ke hitam , sy sarankan , klo ke win10 , kurangi brightness Laptop / PC , silau emg.

    Moga2 nanti update next bisa lebih bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja...

      Biar bisa segera nyaman wkt di pake jd OS utama. (windows 10)

      Hapus
  61. Hahahaha klo sya user win 10...kekurangan dn kelebihan itu pasti ada..tpi kita hrs ikut kemajuan teknologi bro..masa mau di mode clasic mulu..halloooooo...

    BalasHapus
  62. Saya pake ASUS ROG Processor i7 RAM Upgraded to 32Gb dan Instal Windows 10 Pro Fall Update (Original), Untuk gaming Win 10 Oke banget apalagi pake ASUS ROG makin lancar. Tapi ketika buka aplikasi Design kayak Adobe, Sketch Up, 3D Max. Directx 12 jadi seperti gak ada gunanya, padahal sudah SPEK diatas rata-rata. Masalah LAG masih mending, tapi kalau FREEZE itu yg menyusahkan. Hasil kerja yang sudah dibuat harus sirna dengan 1 Tombol Power yang ditekan lama "Shit". Intinya Win 10 untuk sekarang okelah untuk GAMING, tapi untuk Kerja "SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKAN". fanBOY Windows itu rata-rata GAMERS, jadi mereka selalu puas dengan performa Windows, coba kalau dipake buat bikin Game / design. Sangat tidak recomended. Kalau ada fanBOY bla-bla, saya cuma mau bilang "SITU UDAH PAKE WINDOWS YANG ORIGINAL BELOM...?" jgn koar-koar bela Microsop kalo masih pake yang BAJAKAN

    BalasHapus
  63. saya pake win10 krn default dari Laptop terbaru (beli awal tahun 2018) (DEll 13.3" intel i7 -2017 8GB Ram, 256GB SSD). tapi sring hang/delay bsa smpai 30 detik pada saat buka aplikasi apa saja termasuk ms office & ber internet. Bahkan benar2 hang dan perlu re-start manual. apakah tmn2 lain jg mengalaminya? ato Hardware nya yg kurang bagus ya? pdhl scr Hardware spec cukup tinggi kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. update Windows 10 nya ke versi paling baru...

      cek jg aplikasi tdk pnting yg aktif di latar belakang...

      Hapus
  64. Kali ini terpaksa, mau tidak mau instal w10. Salah beli mobo h310, tdk bisa sy pasang w7. Sedih. Dulu pernah pake w10 tapi sy sering pusing, karena tulisan blur, tdk setajam d w7 menurut sy. Akhirnya kembali k w7.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulisan blur tidak stajam Windows 7, mungkin karena driver VGA nya blm agan install...

      Hapus
  65. Admin yang baik hati dan tidak sombong, mau tanya Laptop ponakan saya HP 14-g102AU 1.5 GHz AMD Quad-Core A4-5000 APU with Radeon HD 8330 Graphics 2 GB RAM (mayan jaduul). Saat ini pakai W10 64 bit dan layarnya blank hitam dengan pointer mouse. Sudah masuk ke safe mode dan masih loading sangat berat. ditinggal 1 jam baru bisa diklik sana-sini. Kemungkinan sih corrupt/driver VGA nya error. Baiknya pindah ke W7 32 bit (laptop saya pakai itu soalnya dan nyaman-nyaman saja) atau coba perbaiki errornya? kebutuhannya sekolah di multimedia. Hatur Nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. - masuk save mode ->> uninstall driver VGA ->> restart ->> reinstall driver VGA versi PALING BARU...

      - Install/Update Windows 10 ke ke versi/build PALING BARU...

      - Opsi terakhir, install/balik lagi ke Windows 7...


      skedar info:

      layar blank (cuma tampil cursor) biasanya jg terjadi di CPU/GPU tipe terbaru, contoh Ryzen 3 2200G. (pngalaman pribadi)

      Yg sy lakukan:

      update Windows 10 + driverVGA ke versi "paling baru", mslh lngsung BERES... (smpai skrng blm prnah ngalamin lg)

      smoga mmbantu...

      Hapus
    2. hatur nuhun pisan. saya coba dulu :)

      Hapus
  66. Kalau saya alasan utama tidak suka win 10 adalah di tapilannya. Terasa standar baget kotak2 ga elegan. Tetep sreg di hati yg tampilan win 7 aero glass transparent gitu.
    Tp itu bkn alasan saya ga pake win 10 (untuk saat ini). Karna saya coba pake win 10 buat game sering banget terjadi BSOD, padahal driver2 smacam vga dll udah saya update ke ver paling baru. Googling tentang BSOD saat gaming ternyata ga cuman saya sendiri, banyak yg ngalamin. coba fix ini itu tetep ga ada hasil. dan alhasil 2 hari nyoba win10 hijrah lg ke win 7.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hardware jadul biasanya kurang compatible dgn Windows 10 versi terbaru...

      Hapus
  67. setuja,lebih nyaman dengan win 7 gan ane pribadi sih

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.