10 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Install Ulang OS Windows

Beberapa persiapan sebelum melakukan install ulang OS Windows
Beberapa persiapan sebelum melakukan install ulang OS Windows
Persiapan yang saya tuliskan ini bisa juga kamu terapkan ketika ingin melakukan install ulang pada Windows XP, 7, 8, maupun juga OS terbaru yaitu Windows 10. Karena memang sebenarnya hampir sama dan tidak terlalu berbeda jauh.

Sebelum melakukan install OS Windows, lebih baik kamu membaca dulu artikel ini sampai selesai. (sangat-sangat di rekomendasikan)

Tujuannya agar kamu benar-benar yakin, bahwa keseluruhan persiapan maupun langkah dalam proses penginstallan, dapat berjalan dengan semestinya tanpa kendala apapun yang berarti.

Oke, silahkan kamu simak baik-baik.

Persiapan paling awal (install ulang)

Melakukan sebuah persiapan (bagi saya) merupakan tahap yang paling penting dan krusial. (mungkin akan berbeda pada sebagian orang)

Alasannya, jika persiapan kamu sudah “100% sempurna” dan terencana dengan baik, maka tentu saja prosesnya pun akan berjalan dengan lancar (kemungkinan gagal relatif kecil)

Bukan hanya itu, dengan adanya persiapan yang matang (dasar yang kuat), maka nantinya akan membuatmu yakin, tanpa di hantu prasaan yang ragu. (takut akan kegagalan)

1. Siapkan mental & pengetahuan yang kuat

belajar “dasar-dasar installasi” terlebih dahulu
belajar “dasar-dasar installasi” terlebih dahulu
Maksudnya begini, pelajarilah ilmu teknologi tentang “Bagaimana proses menginstall suatu OS” yang benar. Sebab, tidak mungkin kan, kamu langsung bisa melakukannya tanpa di sertai belajar “dasar-dasar installasi” terlebih dahulu?

Maka dari itu, banyak-banyaklah membaca melalui artikel maupun tutorial berupa video di Youtube, agar pengetahuanmu dalam melakukan pemasangan sistem operasi semakin meningkat.

Selain itu, mantapkanlah mentalmu ketika pertama kali melakukan install/upgrade “Sistem Operasi”. Yakinkanlah bahwa dirimu bisa melakukannya dengan sebaik-baiknya.

2. Siapkan PC/Laptop (sudah jelas)

siapkan laptopmu
iya lah, sudah jelas!
Sudah tentunya, kamu harus menyiapkan perangkat manakah yang akan kamu install/upgrade “sistem operasi”.

Apakah sebuah Komputer?

Ataukah sebuah Laptop?

Tablet mungkin?

3. Siapkan file ISO Windows XP/7/8/10

siapkan file ISO Windows 10
siapkan file ISO Windows 10
Jika kamu ingin melakukan install/upgrade ke Windows 10, maka sudah pastinya kamu harus mempunyai file ISO dari Windows 10 terlebih dahulu. Sedangkan untuk yang ingin Windows yang agak lama seperti Windows XP/7/8, tentu harus di siapkan juga. (tergantung kebutuhan)

Persiapkan kuota internet yang “cukup” untuk mengunduh file ISO Windows 10. Unduh langsung dari website Microsoft juga bisa. (XP/7/8 juga sama saja)

4. Siapkan ruang HDD (30GB - dst)

siapkan ruang partisi hardiskmu (minimal 30GB)
siapkan ruang partisi hardiskmu (minimal 30GB)
Perhatikanlah sisa ruang yang ada pada HDD (Hardisk) pada PC/Laptop kamu. Apakah sudah memiliki ruang yang cukup untuk menampung seluruh komponen Windows 10?

Saya sarankan, minimal 30GB - dst untuk 1 Partisi. (Local Disk C)

5. Siapkan DVD/Flashdisk (bootable)

aplikasi pembuat bootable Windows. (rufus.exe)
Buatlah sebuah bootable (Windows 10) pada Media Penyimpanan umum yang masih di gunakan hingga saat ini.

Bisa menggunakan DVD, atau USB Flashdisk.

Pilihan ada di tanganmu. (USB lebih baik)

Sedangkan untuk software pembuat bootable nya, biasanya saya menggunakan Rufus.exe

6. Siapkan waktu (untuk menunggu proses upgrade)

Jangan panik, ketika melakukan proses penginstallan OS Windows XP/7/8/10.

Pada beberapa komputer yang masih menggunakan Hardisk jenis lama, biasanya akan memakan waktu yang cukup lama. (bisa 30mnt - 1jam)

Sedangkan untuk komputer yang sudah menggunakan SSD, bisa memakan waktu yang relatif lebih cepat di banding Hardisk.


7. Jangan lupa untuk BACKUP data


File-file pribadi biasanya ada di sana. (termasuk video uhuk2)
File-file pribadi biasanya ada di sana. (termasuk video uhuk2)

Bagian ini menurut saya yang paling PENTING dan tidak boleh di pandang sebelah mata, yaitu
melakukan BACKUP data terlebih dahulu.

Jangan sampai kamu kelupaan untuk mengamankan seluruh data yang kamu simpan di drive / local disk C.

File-file penting yang ada di drive C itu biasanya berlokasi di folder Desktop, Dokumen, Download, Musik, Video, dll. Nah disanalah tempat-tempat bersarangnya file pribadi yang telah terkumpul selama pemakaian si PC / Laptop pengguna.

8. Siapkan aplikasi WAJIB

aplikasi yang terbilang WAJIB di install. (menurut saya)
aplikasi yang terbilang WAJIB di install. (menurut saya)
Selanjutnya yang harus kamu pikirkan adalah menyiapkan aplikasi-aplikasi wajib yang harus ada pada sebuah komputer, bisa berupa video player, browser, file converter, dll. Beberapa aplikasi WAJIB yang saya maksud sudah di tulis pada artikel lain di blog ini.

9. Siapkan DRIVER OS Windows

siapkan juga DRIVER sesuai OS dan tipe hardware
siapkan juga DRIVER sesuai OS dan tipe hardware
Nah yang ini juga PENTING, siapkan juga DRIVER sesuai OS dan tipe hardware apa yang kamu gunakan pada PC / Laptop.

Jika perangkat yang kalian gunakan itu sebuah "laptop", maka proses pencarian driver relatif lebih mudah. Tinggal tulis tipe laptop + merk di google, maka semua driver sudah di sediakan oleh pihak vendor terkait. (Asus, Lenovo, Acer, Dell, dll)

Sedangkan untuk pengguna PC, harus tahu dulu tipe processor, VGA, dan motherboard apa yang di gunakan.

Misalkan jika VGA yang kalian gunakan itu Nvidia GTX 1050 TI, maka tulis saja di google "download driver nvidia". Untuk pengguna AMD hampir sama, yaitu "download driver amd". (sesuaikan juga tipe dari VGA yang kalian pakai)

10. Koneksi internet (untuk update minor)

Windows 10. (sangat di rekomendasikan untuk update)
Windows 10. (sangat di rekomendasikan untuk update)
Untuk poin nomor 10 ini hanya bersifat "optional", yang artinya boleh di lakukan, boleh juga tidak. Jadi setelah proses install dilakukan, saran saya langsung saja melakukan update. Tujuannya agar OS Windows tersebut sudah dalam kondisi terbaru dan terupdate.

Apalagi jika OS nya itu Windows 10. (sangat di rekomendasikan untuk update)

Proses install Windows 10

Bagi kamu yang belum mengetahui langkah-langkah dalam melakukan install Windows 10, bisa melihatnya pada artikel yang satu ini, 20 Langkah Mudah Install Windows 10, Unduh Langsung dari Web Microsoft!

Artikel tersebut menjelaskan bagaimana langkah yang benar dalam proses install Windows 10. (bagi saya, itulah yang terbaik)

Dan kedepannya mungkin akan saya tambahkan beberapa hal lain jika memang ada pembaruan aplikasi, ataupun jika saya menemukan sebuah software unik lainnya yang memang pantas untuk di tambahkan pada daftar poin penting sebelum melakukan install ulang windows.

Jika kalian memiliki pertanyaan ataupun saran lain mengenai tulisan saya di atas, silahkan komen aja di bawah... Oke, itu saja dulu...

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 10 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Install Ulang OS Windows. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”