PS3 di Nyalakan Sebentar, Tiba" Mati Sendiri Saat Main Game? πŸ˜₯

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Pernah mengalami PS3 tiba" mati sendiri? Coba pakai cara ini aja
Pernah mengalami PS3 tiba" mati sendiri? Coba pakai cara ini aja
Mau share pengalaman aja sih sebenernya gan, yaitu gimana sih cara mengatasi PS3 yang tiba-tiba mati sendiri, padahal baru aja di nyalakan.

Entah itu PS3 FAT, SLIM, SUPER SLIM semua bisa aja mengalami masalah yang satu ini. Tapi biasanya, yang paling sering dapat masalah seperti ini (sepengalaman saya) sih PS3 yg seri FAT.

Sedangkan yang seri SLIM dan SUPER SLIM termasuk jarang. Walaupun ya sebenarnya bisa juga terkena masalah tiba-tiba mati/off seperti yang akan di bahas kali ini..

Penyebab PS3 tiba" Mati

PS3 Super Slim yang saya beli seharga 800rb... (2 Februari 2020)
PS3 Super Slim yang saya beli seharga 800rb... (2 Februari 2020)
Ada 2 penyabab yang sejauh ini sering saya alami ketika menemui PS3 yang tiba-tiba mati sendiri.

Yang pertama adalah...

1. Overheat!

Paling sering dan kemungkinan besar terjadi yaitu gara-gara si PS3 mengalami overheat / suhu melebihi batas pengooerasian normal.

Kalau di dunia PC, suhu antara 70 - 80° itu masih di anggap normal dan wajar.

Tapi kalo untuk mesin PS3 jika suhu sudah mencapai di atas 70 - 78°, para teknisi menganjurkan untuk segera ganti pasta processor si PS3.

Entah ini cuma akal-akalan si tukang servis, atau memang begitu adanya ya gak tau...

Info ini saya dapatkan di grup-grup FB "PS3 Indonesia", sering banget tuh jawabannya suruh ganti pasta kalo kaitannya dengan pertanyaan "suhu" dari CPU/GPU konsol PS3/PS4. (PS5 bentar lagi keluar)

Btw saya bukan teknisi ya, makanya berani ngomong kayak gitu... Jadi ya cuma sekedar hobi aja bongkar/pasang/perbaiki barang elektronik. (profesi utama bukan teknisi)

Sekarang lanjut, penyebab kedua yaitu:

2. Firmware corrupt/rusak

Sesuai pengalaman, pernah saya membeli sebuah PS3 super slim yang ketika dimainkan tiba-tiba mati sendiri pada saat gameplay.

Nah tapi anehnya, ketika di cek suhu menggunakan aplikasi Webman, ternyata masih sangat adem di angka 64 - 68° celcius saja.

Sempat berfikir bahwa ini jangan-jangan yang bermasalah bagian mainboard PS3nya yang sudah K.O. (angkat tangan, kalo udah gini udah nggak bisa ikut campur, auto lempar teknisi sesungguhnya aja)

Hampir putus asa dan pasrah, akhirnya selang beberapa hari kemudian entah kenapa kok kepikiran ingin melakukan yang namanya update software/firmware.

Jadi posisi awal firmware yang di pakai itu OFW HAN 4.84. Kemudian saya update ke versi lebih baru, tapi kali ini agak di MODIFIKASI yaitu HFW HEN 4.85.

Bedanya di HFW ini yaitu sudah mendukung aplikasi "Multiman" yang bisa dengan mudah di install melalui "Install Package".

Singkat cerita... (biar nggak kelamaan)

Akhirnya si PS3 yang sudah saya update tersebut, TERNYATA langsung normal dan tidak mati secara tiba-tiba lagi gannn... 😌

Jadi kesimpulannya, firmware yang mengalami corrupt/rusak juga bisa menjadi penyebab terjadinya PS3 yang tiba-tiba mati sendiri.

Bukan cuma gara-gara overheat!! Si PS3 masih bisa hidup, cuma di beberapa fungsi bakal error/bug. (contoh yang seperti saya alami, PS3 sering mati secara tiba-tiba)

Sekian dulu ya...

Oke gan, gitu aja ya informasi kali ini... Soalnya capek juga nulis artikel lewat HP kayak gini. (Internet rumah lagi putus, gak bisa nulis di PC/Laptop p pakai keyboard beneran) 😒

Kalo ada yang mau nanya silahkan komen gan... Walaupun sebenernya udah tau juga sih, kecil kemungkinannya bakalan ada yang komen di artikel pendek yang kurang berkualitas kayak gini.

Moga aja Google lagi khilaf, tau" nih artikel bisa nangkring di halaman pertama Google...! 🀣 Lumayan juga kan, klo ada orang yang kesasar di artikel singkat kayak gini.

Oke dah, sampai jumpa di lain waktu...

Ditulis menggunakan "Xiaomi Redmi 5 Plus"

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai PS3 di Nyalakan Sebentar, Tiba" Mati Sendiri Saat Main Game? πŸ˜₯. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”