5 Cara Mudah Memperoleh Saham Terbaik, Ini Rahasianya! πŸ‘Œ

Lebih baik lakukan tips ini sebelum membeli saham!
Lebih baik lakukan tips ini sebelum membeli saham!
Pada dasarnya, untuk memilih saham yang berkualitas diperlukan kemampuan analisis, entah analisis fundamental atau pun teknikal. Ada begitu banyak investor pemula yang terjebak melakukan transaksi saham hanya karena merasa sudah melakukan analisis teknikal.

Investasi hanya dengan melihat naik dan turunnya saham begitu berisiko.

Menabung saham efektif!

Berikut beberapa cara menabung saham yang efektif dilakukan, antara lain:

1. Melihat Kapitalisasi Pasar

Sebelum melakukan berbagai macam langkah, ada baiknya kamu lihat dulu seperti apa kapitalisasi pasar. Kapitalisasi pasar adalah harga saham dikali dengan jumlah total saham yang diterbitkan oleh emiten serta tercatat di BEI.

Kapitalisasi ini sangat penting karena nantinya dapat melihat potensi perusahaan kedepannya. Selain itu, bisa juga kamu gunakan untuk mengetahui besarnya kepemilikan publik pada emiten tersebut, hingga memberi informasi volatilitas saham.

Kamu juga harus mencari tahu, apakah saham tersebut sudah cukup likuid? Saham yang harus dipilih adalah saham yang memiliki sifat likuid, karena saham tersebut diperjual belikan dengan frekuensi tinggi.

2. Amati Pendapatannya

Keuangan perusahaan bisa dilihat dengan mudah pada dashboard pasar modal. Jika ingin memilih saham berkualitas, kamu harus melakukan sejumlah pengamatan pada pendapatan yang dimiliki perusahaan.

Lakukan cek pendapatan selama beberapa tahun belakangan ini, selain itu cek juga perbandingan pendapatan yang berada di laporan kuartal.

3. Tingkat Persaingan serta Industri Tersebut Kedepannya

Perkembangan teknologi yang begitu cepat sering membunuh perusahaan yang kurang siap. Jangan sampai kamu juga demikian, sehingga membeli saham perusahaan yang kurang peka pada perubahan.

Sebisa mungkin, lakukan perbandingan antara satu perusahaan dengan perusahaan lain dengan cara mengukur seberapa besar pangsa pasar produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

4. Pahami Risiko Pembelian Saham Tersebut

Pada Dasarnya setiap industri memiliki tingkat risiko berbeda-beda. Bila melakukan investasi di pasar modal, tentu kamu mengetahui terdapat potensi risiko dan profit.

Sebisa mungkin, pahami dua sisi tersebut dengan tepat.

5. Belum ada tambahan...

Sejauh ini, cukup lakukan 4 tips utama di atas.

Banyak faktor yang harus diperhatikan!

Menabung saham tidak hanya bisa dilakukan dengan melihat pergerakan harga saham dari sebuah perusahaan. Ada berbagai macam faktor yang harus diperhatikan.

Jika Anda berminat melakukan investasi saham maupun Obligasi Ritel Indonesia, Tanamduit bisa dijadikan sebagai pilihan platform keuangan Anda.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 5 Cara Mudah Memperoleh Saham Terbaik, Ini Rahasianya! πŸ‘Œ. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”