advanced web statistics 10 Posisi OS Windows dari yang Terberat Hingga yang Paling Ringan! - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

10 Posisi OS Windows dari yang Terberat Hingga yang Paling Ringan!

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
10 Posisi OS Windows dari yang Terberat Hingga yang Paling Ringan!
Manakah OS Windows yang paling ringan?
Hingga saat ini (artikel ditulis), OS Windows merupakan sistem operasi desktop dengan pengguna yang paling banyak di seluruh dunia. Hampir seluruh kalangan masyarakat lebih dominan menggunakan OS dari Microsoft tersebut. (Jika di bandingkan dengan Mac & Linux)

Akan tetapi, pernahkah terlintas pertanyaan di benak kamu seperti di bawah ini?
Kira-kira, bagaimana sih URUTAN versi OS Windows dari yang terberat hingga yang paling ringan?”
Posisi OS Windows 10 ada di mana ya? Apakah yang paling ringan?”
Versi OS Windows yang paling cocok buat Gaming itu keberapa ya?"
Buat bisnis warnet, mending pake yang mana?" 
Kalo untuk netbook gimana nih?"
Kamu punya pertanyaan seperti itu?

Jika iya, mari lanjut baca sampai tuntas!

Perkiraan, 10 Posisi OS Windows...

Langsung saja, di bawah ini merupakan 10 posisi urutan versi OS Windows dari yang terberat hingga yang paling ringan, menurut opini dari saya sendiri. (Uji coba sederhana)

1. Windows Vista (Terasa Paling Berat)

Windows Vista (Paling Berat)
Windows Vista (Paling Berat)
Windows Vista merupakan OS update terbaru setelah hadirnya Windows XP. Dari segi tampilan, Windows Vista tampak lebih mewah & terlihat lebih canggih jika di bandingkan dengan Windows XP yang terdahulu. (kala itu)

Akan tetapi, desain tampilan yang mewah tersebut ternyata kurang/tidak di barengi juga dengan peforma yang lebih baik dari Windows XP yang justru sudah hadir lebih awal.

Oleh karena itu, beberapa pengguna Windows Vista yang merasa kecewa akan peforma yang tidak lebih baik dari pendahulunya (Windows XP) menganggap bahwa Windows Vista adalah “Produk Gagal

Saya sendiri setelah beberapa jam mencicipi Windows Vista memang merasa “tidak betah” dengan peforma maupun compatibilitasnya terhadap beberapa software.

Untuk aktifitas gaming tentu saja masih bisa, namun silahkan tanggung sendiri akibatnya. (kurang aptimal)

2. Windows 7 (berat, jika Aero Glass aktif)

Windows 7 (berat, jika Aero Glass aktif)
Windows 7 (berat, jika Aero Glass aktif)
Beberapa orang mengira bahwa Windows 7 adalah versi yang memiliki peforma paling "bagus" di banding dengan yang lainnya. Padahal, menurut saya itu kurang tepat (tidak sesuai dengan kenyataan).

Untuk Windows 7 ini, peforma sebenarnya memang “cukup bagus” jika fitur Aero Glass di non aktifkan. Akan tetapi, untuk penggunaan umum dari Windows 7 sendiri biasanya selalu mengaktifkan fitur Aero Glass ini. (transparan).

Belum lagi ketika di gunakan untuk aktifitas GAMING. Peforma dari Windows 7 terasa kurang begitu “Optimize” dalam memanfaatkan seluruh kemampuan yang di miliki suatu hardware komputer.

Jadi, untuk keseluruhan, menurut saya pribadi Windows 7 tergolong cukup berat jika di bandingkan dengan versi OS Windows lain yang akan saya tuliskan di bawah nanti.

Jadi, silahkan baca posisi berikutnya di bawah ini…

3. Windows 10 (ringan sih, tapi delay di mana-mana)

Windows 10 (ringan sih, tapi delay di mana-mana)
Windows 10 (ringan sih, tapi delay di mana-mana)
Setelah beberapa bulan mencoba & merasakan sendiri sensasi Windows 10, saya hanya bisa berkata...
“Peforma memang ringan, tapi justru sering delay saat penggunaan aktifitas komputasi biasa”
Maksudnya begini...

Misalnya kamu menekan tombol “Windows/Start”, maka munculnya tampilan “Windows/Start” ini seolah-olah ada jeda/delay. Hal ini sangat berbeda ketika menggunakan Windows 7 / Windows 8 yang memiliki respon yang cepat.

Perlu kamu ketahui juga bahwa yang saya maksud di sini bukan delay karena adanya transisi baru dari Windows 10 tersebut. Bukan itu! Lebih jelasnya sudah saya tuliskan pada artikel lain yang berjudul Saya Kira Windows 10 Lebih Cepat, Tapi Ternyata...

Itulah keluhan yang “saat ini” saya rasakan ketika menggunakan Windows 10. Semoga kedepannya Windows 10 bisa di perbaiki lagi dalam hal peforma yang delay ketika di gunakan untuk aktifitas biasa tersebut.

Akan tetapi beda lagi ceritanya ketika Windows 10 kamu gunakan untuk kegiatan GAMING. Peforma yang di hasilkan Windows 10 sejauh ini cukup baik dengan hadirnya DirectX 12.

Satu pertanyaan untuk kamu yang membaca poin ini.
Setujukah kamu dengan pendapat bahwa Windows 10 delay tersebut?”
Selebihnya, mending kamu baca dulu artikel ini: 11 Hal yang Membuat Windows 10 itu Jelek, Banget! Dan liat, bagaimana reaksimu...

4. Windows 8.1 (terjadi penurunan peforma di banding sebelumnya)

Windows 8.1 (terjadi penurunan peforma di banding sebelumnya)
Windows 8.1 (terjadi penurunan peforma di banding sebelumnya)
Menurut saya pribadi, versi OS Windows 8.1 ini memang sudah “cukup bagus” dalam hal peforma umum maupun untuk GAMING.

Akan tetapi, versi OS Windows yang sebelumnya (Windows 8.0) justru dapat memberikan peforma yang “sedikit” lebih baik jika di bandingkan dengan versi Windows yang sudah mendapat “UPDATE”. (Windows 8.1 Update)

Pada versi Windows 8.1 Update, sudah tersemat begitu banyak fitur sehingga kemungkinan besar justru akan memperlambat/memperberat kinerja komputer di kelas Low - Medium.

Saya ingatkan sekali lagi, bahwa ini merupakan pendapat pribadi dari penulis.

5. Windows 8.0 (cukup ringan, dan powerfull!)

Windows 8.0 (cukup ringan, dan powerfull!)
Windows 8.0 (cukup ringan, dan powerfull!)
Dari sekian versi Windows yang pernah saya coba, Windows 8.0 inilah yang paling ringan dalam hal keseluruhan. Mulai dari aktifitas komputasi umum, gaming, dll dapat berjalan dengan semestinya.

Hanya 1 keluhan yang sempat muncul dari pengguna Windows 8.0 yaitu karena “di hilangkannya” tombol “start” yang menjadi ciri khas Windows yang sebelumnya. Selain itu, tidak ada keluhan lain dalam hal tampilan & peforma.

Peforma ringan, sekaligus di gabungkan dengan Menghentikan 20 Services Windows yang Aman, maka terciptalah sebuah OS Windows gaming yang ideal. (menurut saya)

6. Windows XP (Peforma WHUZZ-WHUZZ, namun jadul!)

Windows XP (Peforma WHUZZ-WHUZZ, namun jadul!)
Windows XP (Peforma WHUZZ-WHUZZ, namun jadul!)
Bagi kamu yang menginginkan OS Windows dengan peforma yang paling maksimal, namun tetap “User Friendly”, Windows XP merupakan pilihan yang paling tepat. (Sangat-sangat ringan, untuk spesifikasi zaman sekarang)

Ketika menggunakan Windows XP untuk penggunaan komputasi umum, saya hampir tidak menemukan adanya delay, lambat, dan hal aneh lainnya. (Iya memang! OS Jadul!)

Nah, di karenakan OS Windows XP ini jadul, maka tentunya compatibilitas terhadap aplikasi dan game yang terbaru saat ini kurang menjamin akan berjalan sesuai harapan. (DirectX 9, dukungan driver kurang memadai, dll)

Windows XP ini sangat cocok untuk komputasi umum seperti pekerjaan office kantor, desain foto, dll. (NB : Untuk editing video kurang cocok)

7. Windows 2000 (Sederhana + Peforma luar biasa, "Lebih Jadul")

Windows 2000 (Tampilan sederhana + Peforma luar biasa, "Lebih Jadul")
Windows 2000 (Tampilan sederhana + Peforma luar biasa, "Lebih Jadul")
Windows 2000 memiliki tampilan yang sangat-sangat sederhana, dengan mengedepankan fungsi Produktifitasnya. Tergolong cocok untuk mengetik sebuah tulisan menggunakan Software Office.

Lebih baik kamu baca artikel ini juga: 12 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office, Tentunya Ini Gratis! (rekomendasi aplikasi office gratis)

8. Windows 98 (Memang ringan, namun terlalu jadul!)

Windows 98 (Memang ringan, namun terlalu jadul!)
Windows 98 (Memang ringan, namun terlalu jadul!)
Windows 98 memiliki tampilan yang sangat-sangat sederhana dan terlihat lawas (Iya memang).
Dengan tampilan & fiturnya yang tergolong “simple” tersebut, tentunya tidak akan membutuhkan sumber daya hardware yang terlalu besar.

Tapi ingat, untuk zaman sekarang, OS yang satu ini mungkin sudah tidak layak lagi untuk menunjang segala aktifitas kantor atau pun GAMING!

9. Windows 95 (Paling ringan, namun sangat-sangat jadul!)

Windows 95 (Paling ringan, namun sangat-sangat jadul!)
Windows 95 (Paling ringan, namun sangat-sangat jadul!)
Windows 95 hampir tidak ada perbedaan dari segi peforma maupun tampilan jika di bandingkan dengan Windows 98. (Paling ringan, namun JADUL!)

Masih bisa di gunakan untuk office, namun pastinya tidak cocok untuk GAMING!

10. Windows NT – Kebawah (Windows Beta, 1.0, 3.0, dst)

Windows NT – Kebawah (Windows Beta, 1.0, 3.0, dst)
Windows NT – Kebawah (Windows Beta, 1.0, 3.0, dst) - Sumber : Wikipedia.org
Saya tidak mampu berkata banyak-banyak tentang OS yang satu ini.

Tambahan...

Dari beberapa (tidak semuanya) versi OS Windows tersebut, telah saya coba pada spesifikasi komputer di bawah ini.
  • Intel Core2Duo 2.2 Ghz
  • Nvidia GT520
  • 320GB HDD
  • 2GB RAM
“Low Spec? Memang!”

Kesimpulan...

Windows 10 memang dapat memberikan peforma GAMING yang cukup mengagumkan. Namun sepertinya, masih ada permasalahan lain yang saat ini masih turut hadir di versi Windows yang terbaru ini.
Masih ada delay di mana-mana”
Sedangkan untuk nominasi OS yang secara “KESELURUHAN” paling ringan untuk komputasi biasa maupun GAMING, saat ini di pegang oleh Windows 8.0. (OS paling ringan jika di bandingkan dengan Win 7 dan Win 10)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Fans pages masih sepi...

1 buah jempol (like) darimu, sangat berarti.


Sebagai penambah semangat...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 10 Posisi OS Windows dari yang Terberat Hingga yang Paling Ringan. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurut kamu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

128 Komentar

  1. dari semua windows family, cuma pernah pakai xp, vista, windows 7, windows 8,8.1, sama windows 10 terakhir ini, memang ringan sih windows 10 tapi betul sekali terkadang delay kalo saya buka icon windowsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. btul gan, Windows 10 "untuk saat ini" terasa delay gimana gitu...

      beberapa ada yg setuju, ada yg tidak...

      "spec beda2" :D

      Hapus
  2. thx min infonya, tapi kalo saya sendiri sih lebih suka sama windows 8.0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 8.0 = pforma Produktifitas + Gaming = Bisa di andalkan...

      cuma butuh keterbiasaan saja...

      Hapus
  3. Sudah pernah mencicipi Windows Vista dan kapok gak pernah mau lagi gak tau kenapa jadi super lelet. Laptop saat ini masih pakai 8.1 cuma karena belum di-update lagi jd belum menemukan seperti kinerja berat dsb. Hanya tombol di home? (Maaf gak tau namanya yg terdiri dari banyak panel kotak) dirasa kurang berfungsi sih jd lebih suka buka langsung desktop aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika yg di maksud pd bagian "delay" tadi, maka jwbannya "ada di mana2"...

      aplikasi kotak2 di Win 8/10 itu mungkin di tujukan untuk fitur "tambahan" saja... agar lebih "kaya"..

      Hapus
  4. IYEEE GAN WIN 10 SANGATT BERATTT...AMPE LEPTOP ANEE LEMOT BANGETTT

    BalasHapus
    Balasan
    1. SANGAT berat?

      nggk terlalu kok gan...

      Hapus
    2. SPEC LAPTOP LU YANG RENDAH MAKANYA LEMOT BANGET, GUA NYAMAN2 AJA PAKAI WIN 10, CUMA BENAR DELAYNYA YANG MASIH RADA SEKARANG, RATA2 SEMUA PERMASALAHAN SEKARANG PADA WIN 10 DELAY NYA, KALAU LEMOT YAH TERGANTUNG SPEC LAPTOP/KOMPUTER MASING2 LAH

      Hapus
  5. Klo bisa melakukan editing registri saya rasa semuanya bisa diakali gan. Juga harus memastikan spec komputer sesuai dengan windows yg kita pakai. Lagipula sekarang banyak core dan memory yg mudah dibanding beberapa tahun yang lalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang pastinya bisa... "selalu ada jalan" untuk menuju ke hal yg lebih baik... :D

      Hapus
  6. Balasan
    1. bisa iya, bisa tidak...

      ok gan...

      Hapus
  7. Balasan
    1. juara bagian apanya gan Yoga Prasetya?

      Hapus
  8. Sepengalaman saya Malah the best windows untuk gamer sebenarnya Windows 7, karena secara ui yang tidak terlalu berat sehingga peforma komputasi yang lebih optimal.
    lalu untuk OS yang paling fail memang benar Windows Vista, selanjutnya seharusnya diikuti dengan windows 8, karena menurut Power User dan Gamer, windows ini yang menerapkan UI dan fitur yang kurang penting dan malah mengorbankan peformance, makanya ada update Windows 8.1 untuk memitigasi anjloknya pasar Windows 8.

    sebelum Windows 10 muncul, para Power User dan Gamer masih lebih prefer Windows 7 dibanding 8/8.1, Namun setelah di rilis Win 10 yang mempunyai peforma lebih baik, dan fitur" baru termasuk DX 12 yg disebutkan,
    untuk problem win 10 memang terdapat pada Privacy issues, dan juga beberapa Animasi display, yang mungkin membuat User dengan spec PC low end akan terasa, tapi isu-isu tersebut juga dapat dimatikan dengan sedikit set up melalui tampilan display dan services,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. UI Windows 7 gak terlalu berat? Apa iya?

      jangan lupakan "Aero Glass"nya gan...

      selain itu, coba agan bndingkan sndiri FPS Game yang di hasilkan dari Windows 7 dengan Windows 8/10...

      pasti ada prbedaan Frame Rate (win 8/10 lbih unggul)

      Menurut saya pribadi, jika spek yg di miliki si pengguna pada dasarnya sudah tergolong "high", maka memang peforma Windows 7 "SEOLAH-OLAH" ringan & sprti cocok untuk gaming...

      pdhal yg sebenarnya, jika agan mencoba perbandingan antara Win 7 dengan Win 8/10, maka frame rate game yg akan di dapat ketika menggunakan win 8/10 ternyata bisa lebih maksimal... (frame rate bertambah)

      "pendapat seorang manusia biasa"

      Hapus
  9. Saya sendiri pake win 7, belum pernah pake win 8 atau 10. Lancar lancar aja dah :v low spec sih ram 1gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguslah kalo gitu gan... :D

      terima kasih telah menyempatkan untuk berkomentar...

      Hapus
  10. ane make windows 10 aja takut ketinggalan jaman xD

    BalasHapus
  11. win 10 cepat pada awal" ajj
    lama ke lamaan bakalan lemot banget
    pengalman pribadi saya

    `RYant

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah merasakan keadaan "delay" juga mas Ryan?

      Hapus
  12. saat ini sih ane pake win 10 memang bener sih ada delay dimana-mana, bahkan punya ane kadang suka not responding.yah antara OSnya dan spek laptop ane juga sih :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, lagi-lagi spec nya... :D

      Hapus
  13. Bener bnget windows vista abot sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan Eko. Abot sekali :D

      Hapus
    2. mohon bagi pengalaman lagi ya,, Windows Vista nggak berat (abot) malah windows vista sangat ringan, suatu kasus saya nginstall laptop pake Processor N270 dan RAM 1GB, katanya berat, padahal udah pake windows 7,, versi starter lagi. setelah itu saya coba install pake windows vista, ternyata ringan banget dan adem banget gan!! lalu ane coba ke Laptop Portege M200 tahun 2003 ane yang ram nya masih 512MB, ternyata setelah bertahun2 berat pake windows XP,, sekarang jadi ringan dan adem pake Windows Vista!!. ya,, Intinya sih, Windows Vista Lebih ringan dari Windows XP (menurut saya) pada jaman sekarang, soalnya XP udah terlalu banyak tambal sulam (update), tidak seperi windows VISTA. Kalo agan merasa VISTA itu berat?? ya mungkin aja emang PC nya nggak kompatibel atau drivernya nggak cocok?? iya kan??

      Hapus
    3. klo sy malah "Win XP" dibnding "Win Vista" itu prbedaan pformanya cukup "jauh" gan...

      Nah klo Win 7 di bnding Win Vista, cuma beda dikit. (lbih berat Vista)

      bisa jadi Windows XP yg agan pakai wktu itu keadaan file ISO/OSnya nggk "sehat", error, currupt, dll... (mungkin)

      soalnya dri bbrapa smber yg prnah sy baca, sbagian bsar org stuju klo Vista emang produk (OS) pling berat & nggk efisien yg prnah di buat olh Microsoft.

      Hapus
  14. Setelah membaca artikel mengenai windows, sekarang saya jadi pengen upgrade os windows yang masih seri 7 menjadi ke windows 8.0, doakan semoga lancar min :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke gan, semoga lancar proses upgrade...

      Hapus
  15. Saya pake Windows 10 pro 64bit terbaru dengan spek i5 3470, RAM 2*4GB, SSD 750 Evo 120GB ringan aja, problem delay nggak saya alami (Mungkin karena pakai SSD)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bguslah, klo memang agan tdk merasakan "delay" tersebut...

      SSD memang paling cepat untuk saat ini gan...

      Hapus
  16. pengalaman,
    klau pendapat aku sih itu mungkin dari system update yang keseringan dan tidak bisa dimatikan pada win 10 "yang terjadi delay pada win 10", punya.ku sih kembali lagi memakai win 7 yang gk pernah saya update pula, memang sih agak berat pada win 7 tpi jika urusan game editing jarang note reponding malah nggk pernah "yang perlu diingat arsitektur juga mempengaruhi pada win 7".

    BalasHapus
    Balasan
    1. krna di "background" terlalu bnyak app yg aktif, itu memang betul bisa menjadi salah satu pnyebabnya mas...

      Hapus
  17. galau dah galau mo up OS :v
    numpang nanya aja dah ane gan amunisi ram 4gb, asork 3.3ghz nvidia 1 gb mntebnya pake win apa???

    org yg sangat awam butuh pengalaman lebih #mohon bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai Windows 8.1 atau Windows 10 aja gan...

      Windows 10 yg sekarang udah "lumayan" oke kok...

      nggk usah galau...

      Hapus
  18. Wkwkwkw saya pake windows 8.1 enak juga udah hampir setahun saya pake windows 8.1 gak ada masalah sekalipun

    BalasHapus
    Balasan
    1. baguslah, klo mmang nggk ada mslah gan Deni Chandra...

      Hapus
  19. saya rasa makin kesini update Windows 10 jadi lebih bagus dan lebih ringan :)

    Saya pernah pakai Windows 8.1 rada berat dibanding Windows 10 terbaru...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, benarkah itu gan? (Win 8.1 lbih berat di banding Win 10)

      Hapus
  20. bukan nya windows 8/8.1 itu lebih berat ketibang windows 7 & 10, pasal nya banyak gamer yg make w7 & w10 dan jarang skali pake w8

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan salah pngertian dari "kebenaran"...

      pforma Windows 8 sbenarnya lbih ringan dri kdua OS trsebut gan (win 7 & 10)

      kmudian, kenapa bnyak org2 (gamer) yg make Win 7 & 10??? Sebab, mereka nggak trbiasa dgn "perubahan drastis" tampilan dri Win 8/8.1... (tmbol start di hilangkan)

      tpi untuk urusan pforma, aslinya sedikit lbih oke win 8.0... (untuk saat ini)

      Hapus
  21. Sejak pake win 10, performa laptop ane lebih cepat dibandingkan swaktu pake win 7

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo di bandingin dgn Win 7, Win 10 mmang lbih ringan...

      Hapus
  22. Core2Duo e4400
    2gb Ram
    Nvidia gt610m 2gb
    Kira² enaknya pake windows brp ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rekomendasi dari sy, mnding Windows 8 aja gan...

      tp klo mau windows 10 jg boleh2 aja sih...

      pilihan spenuhnya ada di tanganmu...

      Hapus
  23. untuk spec dual core 2.6ghz, ram 4gb tapi tnpa vga, mnding istal win7 32bit apa win7 64bit gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 8 aja gan...

      klo pngen Win 10 sih bisa2 aja, tp dgn konsekuensi "kmungkinan ktemu delay2"

      pilihan ada di tanganmu...

      Hapus
  24. Jadi pengen instal ulang laptop jadi windows 10 deh!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di install, klo emng pngen... (win 10)

      Hapus
  25. semua tergantung dr kebutuhan dan kekuatan PC/LAPTOP(BUDGET JG) kalian.. kl pengen smood ya pake PC/LAPTOP spek dewa.. mau instal windows apa ajah jg tetep lancar..

    BalasHapus
  26. saya mau tanya gan...
    kan laptop saya speknya lumayan lah..
    lenovo idepad 110-14AST AMD A9 ram 4gb hdd 1TB..
    kan saya dapet sudah terinstal win 10.Tapi kk serasa kurang smooth ya..
    direkomendasikan teman sih pakai win 8.1
    apa bener gan win 8.1 lebih ringan..
    kira-kira windows yang cocok untuk di operasikan di laptop saya apa y gan ????
    minta sarannya ya mastah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo spekmu udah trmasuk "lumayan", lebih baik pakai Windows 10 aja... (lebih update)

      app latar belakang yg gak penting nya di kurangi gan...

      Hapus
  27. saya mau tanya gan...
    kan laptop saya speknya lumayan lah..
    lenovo idepad 110-14AST AMD A9 ram 4gb..
    kan saya dapet sudah terinstal win 10.Tapi kk serasa kurang smooth ya..
    direkomendasikan teman sih pakai win 8.1
    apa bener gan win 8.1 lebih ringan..
    kira-kira windows yang cocok untuk di operasikan di laptop saya apa y gan ????
    minta sarannya ya mastah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai windows 8.1 atau windows 10 "aslinya" jg gk mslah kok gan... (spek mu udh mndukung)

      Hapus
  28. Bagaimana untuk urusan pemakaian baterai gan?..untuk notebook dengan pemakaian komputasi+browsing..kira" Os mana yg paling hemat daya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya ini y gan, OS yg paling ringan itu Windows 7 & Windows 8... (untuk saat ini)

      klo Windows 10 terbaru itu mnyimpan banyak fitur2 baru yg aktif di background, shingga btuh sumber daya yg relatif lbih tnggi jg...

      Hapus
  29. Untuk notebook kira" OS mana yg paling hemat daya gan?..
    Tentunya dgn pemakaian yg sama, misalnya hanya komputasi biasa + browsing aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya, mnding pake Windows 8.1

      Hapus
  30. Kalo ane spec nya AMD Athlon X2 240 RAM 8GB HD 500 dipake windows apa ya yg bagus...

    BalasHapus
  31. Mau nanya gan. ane pakek laptop low spec. niat ane beli low spec soalnya cuman buat office dan tugas-tugas kuliah. menurut master2 disini, mending pakek xp atau 8.0

    BalasHapus
    Balasan
    1. skedar untuk office, pake win 7 aja gk mslah gan. (lbih familiar)

      klo win xp, udah trlalu jadul, untuk masa sekarang

      Hapus
  32. udah pernah coba upgrade ke windows10,tapi kok lama bootingnya jadi balik lagi aja ke windows 7 lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnurut sy ini y gan...

      urutan os trcepat saat booting itu:

      1. Win 8
      2. Win 10
      3. Win 7
      4. Win Wista

      Hapus
  33. Gan Ane Spec Rendah Buat Kerja Aja Tapi Bingung Os Apa Bagusnya Yang Mana Ae ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk org dewasa + mngesampingkan pforma, mungkin pke Windows 7 aja udah cukup. (tampilan lebih familiar)

      Hapus
  34. mantafff abiss info nyaaaa

    BalasHapus
  35. Windows 10 saya rasa gak ada delay.. yang delay itu win 8.1 kalau mau off harus kursor ke samping dan itu sering 2 sampai 3x kursor ke samping kiri baru mau muncul tombol off

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda tempat, beda rasa mungkin... :-?

      Hapus
  36. saya mah pakainya win 10.7 agathagaNtar enak banget untuk gameng dll

    BalasHapus
  37. saya mau tanya gan...
    dimana saya bisa download file iso Windows 8.0 yang agan pake?

    BalasHapus
    Balasan
    1. unduh di mana aja gk masalah... yg pnting OSnya msih "pure", alias "gak ada modif" apapun...

      Hapus
  38. Jadi kalo yang lebih bagus untuk gaming + yang paling ringan, win 8 atau 8.1 min ? @-)

    BalasHapus
  39. Jadi kalau untuk gaming + yang paling ringan , pilih 8.0 atau 8.1 min?

    BalasHapus
  40. menurut berita yang pernah saya baca, windows 7 sendiri os yang paling stabil di dunia.
    terlepas dari itu windows 10 memang lebih unggul untuk performanya, tapi windows 10 menuntut hardware yang lumayan agar berjalan layak, misal RAM 4gb baru bisa dibilang layak untuk performa windows 10 sendiri
    kalo dibandingin sama xp kebawah gabisa bicara dengan hardware yang sama, karena os itu diciptakan untuk hardware yang ada pada masa itu
    sedangakn windows 7, 8, 8.1 dan 10 diciptakan (diupdate) dalam kondisi yang sama, mengingat banyaknya user yang masih setia dengan windows 7 meskipun sudah bisa dikatakan jadul

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemikiran yg cerdas gan...

      terima kasih masukannya...

      Hapus
  41. menurut berita yang pernah saya baca, windows 7 sendiri os yang paling stabil di dunia.
    terlepas dari itu windows 10 memang lebih unggul untuk performanya, tapi windows 10 menuntut hardware yang lumayan agar berjalan layak, misal RAM 4gb baru bisa dibilang layak untuk performa windows 10 sendiri
    kalo dibandingin sama xp kebawah gabisa bicara dengan hardware yang sama, karena os itu diciptakan untuk hardware yang ada pada masa itu
    sedangakn windows 7, 8, 8.1 dan 10 diciptakan (diupdate) dalam kondisi yang sama, mengingat banyaknya user yang masih setia dengan windows 7 meskipun sudah bisa dikatakan jadul

    BalasHapus
  42. Barusan upgrade dari 7 ke 10. Emang cepet. Cuma display resolution ga ada yg cocok, dan muncul garis2 samar pada layar. Dan akhirnya restore ke win 7 lagi hikz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Driver VGAmu blm di install itu gan...

      Hapus
  43. Betul gan....win 8 x64 paling ringan saat ini menurut ane....hampir ga ada delay....bahkan dibanding win 8.1 x64 pun ttp ngacir win 8 x64...spec laptop ane biasa aja pdhal i3 2310M,ram 4Gb,vga Intel Hd3000,Hdd 500Gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake Core2Duo, perbedaan nya
      "berasa" banget gan...

      Intel i3 masih mnding...

      Hapus
  44. Minta saran donk, asus e202sa kira2 yg pling ringan kasih windows apa ya, kmarin habis instal win 10 pro trasa sangat lambat akhirnya sya downgrade win 7 64bit dan driver chipset gk support 3, mousepad n brighnest gk bisa. Tolong pencerahannya para suhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake bantuan software "Driverpack" aja...

      gunakan versi terbaru, agar bisa mendukung Win10

      Hapus
    2. wajib pake windows 10, itu SoC intel N3050 hanya ada drivernya di Windows 10. Lambat? memang. tapi itulah konspirasi int*l dan micr*soft.

      sumber : https://www.intel.co.id/content/www/id/id/support/articles/000005526/graphics-drivers.html

      Hapus
  45. semua tergantung ram, arsitektur, jenis hdd serta jenis partisi sistemnya. kalau ram 4gb, x64, ssd, dan gpt ya lancar aja pake win 10, mulai dari office work, gaming sampai browsing, cuman ya itu, disesuaikan dengan jenis aplikasi lainnya yang terinstal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semuanya trgntung/relatif, ok sip...

      Hapus
  46. Nice artikel mas.
    Thanks ya!

    BalasHapus
  47. Laptop saya speknya:
    intel pentium 2.40 GHz
    ram 2gb
    system 32bit
    nvidia 610M

    Lancar aja jalanin windows 10 enterprise.

    BalasHapus
  48. Thanks gan, lumayan bagus infonya

    BalasHapus
  49. windows 10 kan ada gaming mode kalo diwindows 8 saya ga tau, laptop saya low spek mending mana untuk main game?

    mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fitur gaming mode nggk trlalu brpngaruh di pforma. (Hmpir gak terasa)

      Untuk saat ini, mnding windows 8...

      ATAU,

      kalo pngen cobain windows 10 y gak mslah... 👍

      Hapus
  50. kan di windows 10 ada gaming mode sementara di win 8 saya ga tau, mending mana untuk main game?

    laptop low spec mohon pencerahan para suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mnding windows 8 aja... (Klo sy)

      Klo penasaran, cobain aja dua2nya...(8/10)

      Hapus
    2. Setuju, windows 8 lebih powerfull. Tapi saya lebih memilih menggunakan windows 8.1, karena lebih sempurna dalam sekuriti. Windows 10 kurang powerfull, walaupun secara mendasar sangat ringan. sayapun tidak mengerti mengapa demikian

      Hapus
  51. windows 8 s.d. windows 10 membutuhkan resource hardware "HARDISK" yang cukup powerfull. Cukup ganti hardiskmu yang 320 GB ke 500GB slim, performa jauh lebih baik (sekali lagi, ini bukan pendapat penulis, tapi pengalaman yang terbukti berhasil)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hrusnya bukan "size" yg jadi prmslahnya gan... TAPI kcepatan read/write dari si hardisk nya...

      misalnya ganti ke SSD...

      (ukuran/size nggk jadi mslah)

      Hapus
    2. iya betul, tapi hardisk yang ukurannya lebih besar, baca tulisnya lebih cepat,, soalnya hardisk yang ukurannya besar keluarnya lebih baru dari hardisk yang ukurannya kecil. pasti kan lebih canggih dan lebih cepat. itu pengalaman ane sih bang,, selama bolak balik nyervis laptop. asal hardisknya kecil, ganti yang lebih besar (dalam arti yang lebih baru juga) pasti lebih cepat kinerjanya :D

      Hapus
    3. Smakin baru, otomatis akan mengarah lg pd kecepatan "baca/tulis" HDD...

      Read/write...

      Hapus
  52. Core 2 duo memang pas kalo buat jajal os yg ada sekarang ini, memang jadul, tpi untuk performa masih bisa ngikutin os terbaru... Pasang ram 4 giga lmyn ngebut... Windows 10 emang ringan, tpi setelah cba nemuin delay dmna2, klo win 7 masi banyak yg pake karena ui nya paling mudah, win 8 ringan buat tpi agak ribet dlam penggunaan... Kalo kejar performa emang win 8 yg paling pas... Contoh copy file lebih cepat pake win 8...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 8 respon dri perintah jg trgolong cepat...

      Beda ama windows 10... (Delay)

      Hapus
  53. - WIN 7 | cuma buat dapet main game dan software biar update dikit ngikutin jaman
    - WIN XP | lancar pada masanya RAM 1GB 2GB lancar aja, jarang instal ulang
    - WIN 8 | belum coba
    - WIN 8.1 | coba punya temen agak ribet dikit (kebiasaan pake WIN 7)
    - WIN 10 | pas masih uji coba lancar sana sini pas update beberapa bulan di instal malah dapet delay
    - WIN 98 | jaya pada masanya, lancar sana sini, ram 500mb, hdd 80gb juga cukup dah wkwkw, bertahun tahun ngga instal ulang wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain Windows 8.0 aja gan...

      sdngkan Windows 10 pun, untuk yg sekarang udh smakin mmbaik...

      Hapus
    2. win 8.0 cocok kah untuk pc? :3
      win 10 yang terbaru mungkin iya membaik jika disanding kan dengan mobo dan hardware terbaru, kalo pc tahun 2012 2013 kayaknya stay di win 7 sama xp... XD alternatifnya windows yang versi lite atau linux

      Hapus
    3. Windows 8.0 cocok2 aja buat PC. (asalkan udh trbiasa ama UInya)

      Yg pnting pforma dpt yg trbaik 👍

      Hapus
  54. pke linux lebih ringan ... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat main game tp nggk cocok 😣

      Hapus
    2. gua pake linux juga main gamenya di steam :D mantep dah

      Hapus
  55. Mantap ni Mon, Terimakasih Blognya Sangat Membantu Newbie seperti saya.. Lanjutkan karyanya bang

    BalasHapus
  56. Gan cocok windows apa ya buat warnet diskless cyberindo? Biar performa gamingnya lebih lancar walaupun spek medium

    BalasHapus
  57. apa aja yg bikin pc yg katanya agan termasuk low tpi bisa buat main game berat? selain windows 8 dan mati in service?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - kurangi app tdk pnting yg aktif di latar blkng
      - pastikan keadaan OS "sehat". (bebas virus iklan, dll)

      Hapus
  58. Siang gan..
    Net sy diskless dengan spek campur aduk ( athlon x2 250-270 , intel haswell , dan APU A4 series ) ram 4gb rata vga 2gb ddr5..

    Sy sdh coba pk win 10 64bit..
    Sdh jd image lalu selang beberapa jam kemudian eror semua gt..

    Jd balik ke win 7 🤣

    Jd pengen cb win 8.0
    Apa signifikan lebih baik ya ??
    Mohon pencerahannya gan.

    Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. windows 10 nya error, mungkin krna blm nemu driver yg cocok.

      Windows 8.0 peforma "pure" ny lbih bagus di bnding win 7 & 10. (untuk saat ini)

      yg jdi mslah di win8 cuma di tampilannya aja yg mmbuat org tidak trbiasa. (UI trlalu condong ke touchscreen, tmbol start hilang, dll)

      Hapus
  59. Loh menurut saya windows 2000 kebawah kaya ME,98,95 malah yang lebih berat dari windows 10/8.1/8/7. soalnya waktu di tes pake virtual box lama banget loadingnya, terus kerasa banget gak smoothnya perpindahan cursor, buka tutup aplikasi, transisi antar aplikasi bener bener masih kasar, padahal kalo tes win xp di virtual box lebih ringan dari 98/95..

    BalasHapus
    Balasan
    1. windows 2000 kebawah itu "compatibilitas" nya trhadap hardware modern sangat2 buruk... (bahkan ada yg sama skli tdk bisa jalan)

      jadi ya gitu, seolah2 terasa berat, loading lama, tdk smooth, dll... Pdhal sudah JELAS, software2 jadul minimum requierment nya gk akan tinggi2 amat. (mnyesuaikan kmampuan hardware pada zaman itu)

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.