10 Posisi OS Windows dari yang Terberat Hingga yang Paling Ringan!

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
10 Posisi OS Windows dari yang Terberat Hingga yang Paling Ringan!
Manakah OS Windows yang paling ringan?
Hingga saat ini (artikel ditulis), OS Windows merupakan sistem operasi desktop dengan pengguna yang paling banyak di seluruh dunia. Hampir seluruh kalangan masyarakat lebih dominan menggunakan OS dari Microsoft tersebut. (Jika di bandingkan dengan Mac & Linux)

Akan tetapi, pernahkah terlintas pertanyaan di benak kamu seperti di bawah ini?
Kira-kira, bagaimana sih URUTAN versi OS Windows dari yang terberat hingga yang paling ringan?”
Posisi OS Windows 10 ada di mana ya? Apakah yang paling ringan?”
Versi OS Windows yang paling cocok buat Gaming itu keberapa ya?"
Buat bisnis warnet, mending pake yang mana?" 
Kalo untuk netbook gimana nih?"
Kamu punya pertanyaan seperti itu?

Jika iya, mari lanjut baca sampai tuntas!

Perkiraan, 10 Posisi OS Windows...

Langsung saja, di bawah ini merupakan 10 posisi urutan versi OS Windows dari yang terberat hingga yang paling ringan, menurut opini dari saya sendiri. (Uji coba sederhana)

1. Windows Vista (Terasa Paling Berat)

Windows Vista (Paling Berat)
Windows Vista (Paling Berat)
Windows Vista merupakan OS update terbaru setelah hadirnya Windows XP. Dari segi tampilan, Windows Vista tampak lebih mewah & terlihat lebih canggih jika di bandingkan dengan Windows XP yang terdahulu. (kala itu)

Akan tetapi, desain tampilan yang mewah tersebut ternyata kurang/tidak di barengi juga dengan peforma yang lebih baik dari Windows XP yang justru sudah hadir lebih awal.

Oleh karena itu, beberapa pengguna Windows Vista yang merasa kecewa akan peforma yang tidak lebih baik dari pendahulunya (Windows XP) menganggap bahwa Windows Vista adalah “Produk Gagal

Saya sendiri setelah beberapa jam mencicipi Windows Vista memang merasa “tidak betah” dengan peforma maupun compatibilitasnya terhadap beberapa software.

Untuk aktifitas gaming tentu saja masih bisa, namun silahkan tanggung sendiri akibatnya. (kurang aptimal)

2. Windows 7 (berat, jika Aero Glass aktif)

Windows 7 (berat, jika Aero Glass aktif)
Windows 7 (berat, jika Aero Glass aktif)
Beberapa orang mengira bahwa Windows 7 adalah versi yang memiliki peforma paling "bagus" di banding dengan yang lainnya. Padahal, menurut saya itu kurang tepat (tidak sesuai dengan kenyataan).

Untuk Windows 7 ini, peforma sebenarnya memang “cukup bagus” jika fitur Aero Glass di non aktifkan. Akan tetapi, untuk penggunaan umum dari Windows 7 sendiri biasanya selalu mengaktifkan fitur Aero Glass ini. (transparan).

Belum lagi ketika di gunakan untuk aktifitas GAMING. Peforma dari Windows 7 terasa kurang begitu “Optimize” dalam memanfaatkan seluruh kemampuan yang di miliki suatu hardware komputer.

Jadi, untuk keseluruhan, menurut saya pribadi Windows 7 tergolong cukup berat jika di bandingkan dengan versi OS Windows lain yang akan saya tuliskan di bawah nanti.

Jadi, silahkan baca posisi berikutnya di bawah ini…

3. Windows 10 (ringan sih, tapi delay di mana-mana)

Windows 10 (ringan sih, tapi delay di mana-mana)
Windows 10 (ringan sih, tapi delay di mana-mana)
Setelah beberapa bulan mencoba & merasakan sendiri sensasi Windows 10, saya hanya bisa berkata...
“Peforma memang ringan, tapi justru sering delay saat penggunaan aktifitas komputasi biasa”
Maksudnya begini...

Misalnya kamu menekan tombol “Windows/Start”, maka munculnya tampilan “Windows/Start” ini seolah-olah ada jeda/delay. Hal ini sangat berbeda ketika menggunakan Windows 7 / Windows 8 yang memiliki respon yang cepat.

Perlu kamu ketahui juga bahwa yang saya maksud di sini bukan delay karena adanya transisi baru dari Windows 10 tersebut. Bukan itu! Lebih jelasnya sudah saya tuliskan pada artikel lain yang berjudul Saya Kira Windows 10 Lebih Cepat, Tapi Ternyata...

Itulah keluhan yang “saat ini” saya rasakan ketika menggunakan Windows 10. Semoga kedepannya Windows 10 bisa di perbaiki lagi dalam hal peforma yang delay ketika di gunakan untuk aktifitas biasa tersebut.

Akan tetapi beda lagi ceritanya ketika Windows 10 kamu gunakan untuk kegiatan GAMING. Peforma yang di hasilkan Windows 10 sejauh ini cukup baik dengan hadirnya DirectX 12.

Satu pertanyaan untuk kamu yang membaca poin ini.
Setujukah kamu dengan pendapat bahwa Windows 10 delay tersebut?”
Selebihnya, mending kamu baca dulu artikel ini: 11 Hal yang Membuat Windows 10 itu Jelek, Banget! Dan liat, bagaimana reaksimu...

4. Windows 8.1 (terjadi penurunan peforma di banding sebelumnya)

Windows 8.1 (terjadi penurunan peforma di banding sebelumnya)
Windows 8.1 (terjadi penurunan peforma di banding sebelumnya)
Menurut saya pribadi, versi OS Windows 8.1 ini memang sudah “cukup bagus” dalam hal peforma umum maupun untuk GAMING.

Akan tetapi, versi OS Windows yang sebelumnya (Windows 8.0) justru dapat memberikan peforma yang “sedikit” lebih baik jika di bandingkan dengan versi Windows yang sudah mendapat “UPDATE”. (Windows 8.1 Update)

Pada versi Windows 8.1 Update, sudah tersemat begitu banyak fitur sehingga kemungkinan besar justru akan memperlambat/memperberat kinerja komputer di kelas Low - Medium.

Saya ingatkan sekali lagi, bahwa ini merupakan pendapat pribadi dari penulis.

5. Windows 8.0 (cukup ringan, dan powerfull!)

Windows 8.0 (cukup ringan, dan powerfull!)
Windows 8.0 (cukup ringan, dan powerfull!)
Dari sekian versi Windows yang pernah saya coba, Windows 8.0 inilah yang paling ringan dalam hal keseluruhan. Mulai dari aktifitas komputasi umum, gaming, dll dapat berjalan dengan semestinya.

Hanya 1 keluhan yang sempat muncul dari pengguna Windows 8.0 yaitu karena “di hilangkannya” tombol “start” yang menjadi ciri khas Windows yang sebelumnya. Selain itu, tidak ada keluhan lain dalam hal tampilan & peforma.

Peforma ringan, sekaligus di gabungkan dengan Menghentikan 20 Services Windows yang Aman, maka terciptalah sebuah OS Windows gaming yang ideal. (menurut saya)

6. Windows XP (Peforma WHUZZ-WHUZZ, namun jadul!)

Windows XP (Peforma WHUZZ-WHUZZ, namun jadul!)
Windows XP (Peforma WHUZZ-WHUZZ, namun jadul!)
Bagi kamu yang menginginkan OS Windows dengan peforma yang paling maksimal, namun tetap “User Friendly”, Windows XP merupakan pilihan yang paling tepat. (Sangat-sangat ringan, untuk spesifikasi zaman sekarang)

Ketika menggunakan Windows XP untuk penggunaan komputasi umum, saya hampir tidak menemukan adanya delay, lambat, dan hal aneh lainnya. (Iya memang! OS Jadul!)

Nah, di karenakan OS Windows XP ini jadul, maka tentunya compatibilitas terhadap aplikasi dan game yang terbaru saat ini kurang menjamin akan berjalan sesuai harapan. (DirectX 9, dukungan driver kurang memadai, dll)

Windows XP ini sangat cocok untuk komputasi umum seperti pekerjaan office kantor, desain foto, dll. (NB : Untuk editing video kurang cocok)

7. Windows 2000 (Sederhana + Peforma luar biasa, "Lebih Jadul")

Windows 2000 (Tampilan sederhana + Peforma luar biasa, "Lebih Jadul")
Windows 2000 (Tampilan sederhana + Peforma luar biasa, "Lebih Jadul")
Windows 2000 memiliki tampilan yang sangat-sangat sederhana, dengan mengedepankan fungsi Produktifitasnya. Tergolong cocok untuk mengetik sebuah tulisan menggunakan Software Office.

Lebih baik kamu baca artikel ini juga: 12 Aplikasi Alternatif Pengganti Microsoft Office, Tentunya Ini Gratis! (rekomendasi aplikasi office gratis)

8. Windows 98 (Memang ringan, namun terlalu jadul!)

Windows 98 (Memang ringan, namun terlalu jadul!)
Windows 98 (Memang ringan, namun terlalu jadul!)
Windows 98 memiliki tampilan yang sangat-sangat sederhana dan terlihat lawas (Iya memang).
Dengan tampilan & fiturnya yang tergolong “simple” tersebut, tentunya tidak akan membutuhkan sumber daya hardware yang terlalu besar.

Tapi ingat, untuk zaman sekarang, OS yang satu ini mungkin sudah tidak layak lagi untuk menunjang segala aktifitas kantor atau pun GAMING!

9. Windows 95 (Paling ringan, namun sangat-sangat jadul!)

Windows 95 (Paling ringan, namun sangat-sangat jadul!)
Windows 95 (Paling ringan, namun sangat-sangat jadul!)
Windows 95 hampir tidak ada perbedaan dari segi peforma maupun tampilan jika di bandingkan dengan Windows 98. (Paling ringan, namun JADUL!)

Masih bisa di gunakan untuk office, namun pastinya tidak cocok untuk GAMING!

10. Windows NT – Kebawah (Windows Beta, 1.0, 3.0, dst)

Windows NT – Kebawah (Windows Beta, 1.0, 3.0, dst)
Windows NT – Kebawah (Windows Beta, 1.0, 3.0, dst) - Sumber : Wikipedia.org
Saya tidak mampu berkata banyak-banyak tentang OS yang satu ini.

Tambahan...

Dari beberapa (tidak semuanya) versi OS Windows tersebut, telah saya coba pada spesifikasi komputer di bawah ini.
  • Intel Core2Duo 2.2 Ghz
  • Nvidia GT520
  • 320GB HDD
  • 2GB RAM
“Low Spec? Memang!”

Kesimpulan...

Windows 10 memang dapat memberikan peforma GAMING yang cukup mengagumkan. Namun sepertinya, masih ada permasalahan lain yang saat ini masih turut hadir di versi Windows yang terbaru ini.
Masih ada delay di mana-mana”
Sedangkan untuk nominasi OS yang secara “KESELURUHAN” paling ringan untuk komputasi biasa maupun GAMING, saat ini di pegang oleh Windows 8.0. (OS paling ringan jika di bandingkan dengan Win 7 dan Win 10)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Fans pages masih sepi...

1 buah jempol (like) darimu, sangat berarti.


Sebagai penambah semangat...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 10 Posisi OS Windows dari yang Terberat Hingga yang Paling Ringan. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurut kamu ini bermanfaat”