advanced web statistics Windows 7 vs Windows 8.1 vs Windows 10! Manakah yang Paling Ringan? - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Windows 7 vs Windows 8.1 vs Windows 10! Manakah yang Paling Ringan?

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
mana yang lebih bagus, Windows 10 cocok untuk main game?
Manakah OS Windows yang paling ringan? Mari kita pecahkan!!!
Sebuah pertanyaan "klasik" yang sering di tanyakan oleh beberapa pengguna komputer & laptop di seluruh pelosok bumi ini, yaitu Windows 7 VS Windows 8.1 VS Windows 10, mana sih di antaranya yang paling RINGAN???


Yap memang benar, hingga artikel ini di tulis pun, tak terpungkiri lagi bahwa pasti masih ada saja orang baru/awam (newbie) yang menanyakan hal tersebut.

Tidak ada yang salah dengan pertanyaan ini, hal itu wajar, karena memang tidak semua orang itu pengetahuannya sama persis. (sudah pasti berbeda-beda, dan akan selalu muncul pertanyaan yang sama berulang-ulang)

Setuju??? (saya anggap kalian setuju semua)

Jawaban dari para master...

Jika kamu pernah menanyakan hal tersebut di media sosial, misalnya saja yang paling umum adalah Group Facebook. Di antara mereka (anggota group) yang berkomentar pasti ada yang menjawab seperti ini:
Setiap sistem operasi itu punya kelebihan & kekurangannya masing-masing masbro!”
Iya, itu memang benar sih masbro. Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan. (saya sangat setuju, sebab Ciptaan manusia)

Tapi ayolah... Agar semakin "menantang", mari kita coba pelajari & selidiki dengan cara yang sederhana saja, mengenai pertanyaan yang cukup "pasaran" di Lautan Informasi ini. (Internet)

Sebenarnya mana sih OS Windows yang saat ini terbilang paling CEPAT, RINGAN, dan tentunya POWERFULL untuk komputasi biasa maupun aktifitas gaming???
Apakah benar Windows 7 yang paling ringan buat gaming???
Windows 10 gimana peformanya, kan udah ada DirectX 12???
Lalu, Windows 8 gimana???
Mana nih OS yang paling ringan???
Sabar sabar...

Saya yang juga sebagai "pengguna biasa" akan mencoba menjawab & berbagi pengalaman ketika menggunakan OS Windows 7, 8, dan yang terbaru Windows 10. Biarpun tidak bisa 100% menjawab pertanyaan kalian...

Paling tidak saya sudah "berusaha" untuk membuat kalian merasa puas, dengan cara memberikan jawaban-jawaban "sederhana" dalam bentuk artikel di blog ini.

Silahkan lanjut baca sampai TUNTAS!!!

Kebiasaan "aneh", sering gonta-ganti OS...

Sebelum itu (kawan), saya ingin bercerita sedikit mengenai suatu hal... Suatu hal yang (bagi saya) agak lucu dan membingungkan.

Jujur, saya ini memiliki hobi yang agak aneh, yaitu suatu perasaan yang ingin selalu gonta-ganti OS dengan alasan yang cukup sepele.

Sepele... Apa itu bang??? (seolah-olah kalian ingin tau, padahal tidak) 😫

Iya sepele, alasan utamanya hanya bertujuan untuk mencicipi “sensasi” baru dari sebuah sistem operasi itu sendiri. Perasaan "aneh" itu biasanya muncul, ketika mengetahui ada OS jenis terbaru yang belum pernah saya coba langsung.

Mulai dari OS Desktop seperti Windows, Ubuntu, Zorin, Hackintosh & OS dari Mobile seperti Remix, Phoenix, Android, Bla bla bla... hampir selalu saya coba ketika versi terbaru dari OS tersebut muncul lagi dan lagi...

Konyol memang...

Hingga pernah juga saya buatkan sebuah artikel khusus yang berjudul, Review RemixOS: Sistem Berbasis Android Rasa Komputer Dekstop! (Mohon maaf, kualitas artikelnya masih kurang GREGET!)

Intinya, hampir semua tindakan saya yang sering gonta-ganti OS tersebut hanya di karenakan “rasa ingin mencicipi”. Itu saja!!! Nggak lebih...

Suatu kebiasaan yang aneh!!! dan, nggak penting sama sekali gitu lho...

Adakah di antara kamu yang memiliki kebiasaan (aneh) yg sama GILAnya???

Lanjut ke pembahasan, manakah yang paling ringan?

Jika kamu belum mengetahui, manakah yang paling ringan di antara 3 OS Windows tadi itu, maka di bawah ini telah saya tuliskan beberapa kelebihan dan kekurangan yang di miliki masing-masing OS Windows.

(uji coba sederhana & pengalaman pribadi semasa menggunakan)

Poin-poin di bawah ini merupakan penilaian pribadi (saya sendiri) ketika mencobanya secara langsung di sebuah PC/Komputer. Sekali lagi saya ingatkan, ini adalah 99% murni pendapat pribadi dari hati yang terdalam!!!

Jika kamu KEPO, mending baca lagi lanjutannya di bawah...

1. Windows 7 Ultimate (64 bit)

Windows 7 Ultimate (64 bit)
Windows 7 Ultimate (64 bit)
Yang pertama yaitu Windows 7 Ultimate. (64 bit)

Skor Tampilan : 78 (lumayan)

Ini menurut saya lho ya, jenis OS Windows dengan tampilan yang paling familiar (mirip Win XP), keren, elegan, indah (nyaman di pandang) di antara keseluruhan versi Windows adalah Windows 7 Ultimate.

(sudah pasti, tidak semua orang sependapat dengan hal ini)

Bagi saya, salah satu fitur yang membuat Windows 7 terlihat sangat elegan dan cantik adalah tersedianya kemampuan Window (Jendela) yang bisa transparan. (bahasa kerennya itu Aero Glass)

Fitur tersebut membuat hampir keseluruhan lingkungan “area kerja” Windows 7 Ultimate terasa mewah, enak di pandang (indah) & tidak membuat cepat bosan. (terlihat keren & ganteng maksimal)

Tapi perlu kamu ketahui, bahwa fitur Aero Glass (transparan) yang ada di Windows 7 ini tergolong “sangat berat”. Itulah mengapa fitur Aero Glass tersebut kemudian di hilangkan pada Windows keluaran terbaru. (8.1 & 10)

Skor Penggunaan Umum : 80 (bagus)

Setelah mencoba peforma dari Windows 7 selama beberapa hari, dapat saya katakan bahwa Windows 7 memang memiliki peforma yang powerfull dalam menjalankan tugas komputasi yang umum.

Hampir semua proses standart/umum seperti proses copy file, membuka program aplikasi, & desain/editing “seolah-olah” sangat WHUZZ-WHUZZ! dan Powerfull ketika menggunakan Windows 7 Ultimate. (Tidak ada delay/jeda/hal aneh lain)

Semua berjalan normal tanpa adanya kejadian yang terasa "janggal".

Nah, tapi...

Seperti yang sudah saya katakan di atas, bahwa peforma yang WHUZZ-WHUZZ! & Powerfull ini hanya bisa kamu rasakan ketika dalam keadaan aktifitas penggunaan komputasi yang biasa/umum. (Office, editing, desain, browsing, facebook, dll)

Nah ini dia, justru pada saat Windows 7 tersebut kamu gunakan untuk kegiatan gaming, peforma yang di hasilkan dari Windows 7 tersebut "ternyata" sangat-sangat berantakan! (jika di bandingkan dengan Windows 8.1 dan 10)

Beberapa judul game yang di buka pada Windows 7 terasa kurang "Optimized" dalam menggunakan seluruh kemampuan hardware, terutama pada PC/Laptop kelas bawah/Low Spec)

Skor Gaming : 70 (kurang)

Waktu itu pernah saya mencoba (game populer), yaitu PES 2017 yang pada awalnya berjalan MULUS di komputer jadul dengan menggunakan OS Windows 8.1/10, namun kini menjadi LAG/Patah-patah ketika di coba mainkan pada OS Windows 7 Ultimate.

Lain halnya jika menggunakan Windows versi terbaru (Win 8.1 & 10). Peforma yang di hasilkan benar-benar terasa berbeda. PES 2017 yang awalnya LAG pada Windows 7, kini dapat berjalan cukup "playable" . (FPS yang di dapat bertambah di banding sebelumnya)

Adapun game populer lain yang pernah saya coba, seperti Grand Theft Auto V, Naruto Ultimate Ninja Storm 4, Rise of The Tomb Rider, bisa saya katakan mengalami peningkatan FPS ketika menggunakan OS Windows 8.1/10.

Jika ingin melihat bagaimanakah "sepak terjang" sebuah PC/Laptop Jadul yang memainkan game "GAJAH" tersebut, bisa lihat langsung di Channel Youtube "Reza Nauma". Di sana, biasanya saya sering upload beberapa uji coba game "GAJAH" pada sebuah PC Jadul.

Biar lebih GANTENG, ini adalah "salah satu" contoh video yang saya unggah...


Btw, konten video yang saya upload tergolong sangat-sangat kurang berkualitas, jika di bandingkan dengan Youtuber Indonesia yang lain, misal Reza Oktovian, ChandraLiow, Agung Hapsah, TaraArts, ChristopherDevin, apa lagi dengan PewDiePie. (Jauhh, jadi mohon maaf)

Oke lanjut! (obrolan mulai ngelantur)

Intinya adalah, menurut saya pribadi, Windows 7 memang kurang cocok untuk aktifitas gaming. Terutama bagi pengguna komputer/laptop yang memiliki spesifikasi yang pas-pasan.

Catatan Kecil
Jika komputer/laptop yang kamu gunakan dasarnya sudah "low spec", maka saya jamin kemungkinan besar kamu akan merasakan "perbedaan peforma" pada Windows 7 di banding dengan Windows 8.1/10.

Lain halnya jika perangkatmu (PC/Laptop) sudah tergolong "high end" (spek dewa). Jelas sekali, kamu akan kesulitan merasakan "perbedaan peforma" tersebut. (Menggunakan OS manapun /apapun akan terasa sama saja)

Biarpun OSnya tergolong sangat berat sekalipun, misal Windows Vista.

Spek dewa, wajar.

Ingat, itu kalau spesifikasi PC/Laptopmu sudah tergolong "sultan".

Masuk akal???

Sekedar informasi tambahan saja, jika kalian ingin mempunyai PC / laptop spesifikasi DEWA namun dengan harga murah, salah satu caranya yaitu membeli laptop dalam keadaan bekas/second yang sudah saya tulis pada artikel lainnya. (buka daftar isi)


2. Windows 8.1 Professional (64 bit)

Windows 8.1 Professional (64 bit)
Windows 8.1 Professional (64 bit)
Selanjutnya, beralih ke pembahasan Kelebihan & Kekurangan yang di miliki OS Windows 8.1. (Sekedar info, versi yang saya gunakan adalah Professional)

Skor Tampilan : 75 (kurang, jika di bandingkan dengan Windows 7)

Windows 8.1 memiliki tampilan yang benar-benar baru dan berbeda dari versi Windows yang sebelumnya. Ia membawa sensasi baru dengan tambahan Windows Modern App. (Tersedianya aplikasi khas bergaya kotak-kotak)

Akan tetapi, sayangnya pada tampilan bentuk window (jendela) pada versi Windows 8.1 ini menurut saya tidak lebih baik dari Windows 7 yang sebelumnya. (kurang cantik gimana gitu)

Bukan karena fitur Windows Glassnya yang di hilangkan, akan tetapi lebih kepada “bentuk/desain” tampilan window/jendelanya saja yang kesannya kurang GREGET! Terkesan terlalu DATAR dan bikin cepat bosan bagi "sebagian" orang.

Agak susah menjelaskannya, pokoknya desain window (jendela) nya saja yang (menurut saya) terasa kurang "Premium" & "High Quality" (jika di banding dengan Windows 7)

Skor Penggunaan Umum : 79 (hampir bagus, 1 poin di bawah Windows 7)

Untuk penggunaan umum seperti MultiTask biasa, office, editing, dll memiliki peforma yang hampir sama seperti Windows 7. (Berjalan dengan semestinya dan tidak ada delay sedikit pun)

Akan tetapi ada sedikit hal aneh yang menjadi minus dari Windows 8.1 ini. Proses copy file cenderung terasa lebih lama jika di bandingkan dengan Windows 7. (Mungkin tidak semua orang merasakannya)

Hanya itu saja, (menurut saya) keseluruhan sudah cukup bagus.

Skor Gaming : 80 (bagus)

Untuk hal gaming, saya akui memang ada peningkatan frame rate ketika menggunakan Windows 8.1. Game seperti PES 2017 & GTA 5 mengalami "kenaikan" frame rate, terutaman pada game PES 2017, Basara 3 Utage, dll.

Memang benar, belum semua game telah saya cek ketika menggunakan Windows 8.1 ini.

Saya beranggapan bahwa, mungkin akan sama halnya dengan game-game lain (akan mengalami peningkatan peforma), walaupun tidak semua game. Sebab, kebutuhan source power suatu game pastinya berbeda-beda.

3. Windows 10 Professional (64 bit)

Windows 10 Professional (64 bit)
Windows 10 Professional (64 bit)
Mungkin, inilah kalimat yang paling tepat untuk Microsoft,
Microsoft terlalu terburu-buru...
Belum lama umur dari sang pendahulunya yaitu Windows 8.1, Microsoft kembali meluncurkan versi paling baru yang di beri nama Windows 10.

Kenapa dia (Microsoft) tidak memperbaiki si Windows 8.1 saja dengan berupa adanya update besar-besaran, hingga namanya mungkin akan berubah menjadi Windows 8.2, 8.3 atau 8.4 saja misalnya.

Perbaiki segala kekurangan Windows 8.1 hingga akhirnya akan mendekati tampilan Windows 10.

Ada satu hal ciri khas yang benar-benar sama antara Windows 8.1 dengan Windows 10, yaitu sama-sama membawa kesan tampilan "FLAT atau DATAR".

Skor Tampilan : 76 (kurang, namun lebih baik dibanding Windows 8.1)

Di karenakan tampilan dasar dari Windows 10 ini hampir sama seperti Windows 8.1, maka skor yang saya berikan dalam hal tampilan pun tentunya hampir sama/mendekati, yaitu 76. (beda 1 poin dengan Windows 8.1)

Windows 10 membawa konsep dasar Modern App (aplikasi kotak-kotak) memang bukanlah hal yang asing lagi, karena memang sudah pernah ada di versi Windows 8.1 sebelumnya.

Perbedaannya yang paling mencolok hanya terletak pada sistem penggunaannya saja, yaitu kembalinya tombol “Start” Windows 7 dengan “Start Screen” Windows 8 yang kini di gabungkan menjadi satu. (Oke, itu memang keren)

Dari segi tampilan Modern App memang sangat mirip. Akan tetapi, pada Windows 10 telah di sempurnakan sehingga lebih mudah dalam penggunaannya. (Modern App tidak harus selalu mode fullscreen)

Skor Penggunaan Umum : 65 (cukup buruk, untuk saat ini)

Inilah yang menjadi kendala utama sekaligus paling menjengkelkan di Windows 10. (yang saya rasakan)

Yap, peforma pada saat penggunaan biasa justru terasa lemot, berat, delay di mana-mana, proses copy file terasa lebih lama, dan penggunaa CPU sering menyentuh angka 80 - 90%. (padahal cuma buka aplikasi ringan)

Saya ingatkan kembali, bahwa keadaan delay, lemot, dkk tersebut tidak akan kamu rasakan jika spesifikasi PC/Laptop yang kamu gunakan tersebut pada dasarnya memiliki spesifikasi DEWA! (misal i3, i5, dan i7 + VGA External)

Peforma yang lemot dan delay tersebut akan sangat terasa jika kamu menggunakan spesifikasi yang low - medium.

Itulah mengapa saya mengatakan bahwa antara Windows 10 dengan Windows sebelumnya (7/8.1) memang ada “PERBEDAAN” peforma di dalamnya.

Bukan bermaksud menjelek-jelekan Windows 10, tapi pada kenyataannya memang ada sedikit “PERBEDAAN” peforma. (lebih berat/kurang optimize jika di bandingkan dengan versi Windows yang sebelumnya)

Hanya ada satu hal yang paling membuat saya jengkel pada OS satu ini... Windows 10 itu boros kuota!!! (walaupun sudah disable sana-sini... tetap saja penggunaan kuota "relatif" lebih banyak di banding Windows 7/8)

Untuk saat ini, Windows 10 memang masih belum sempurna. Dan kedepannya semoga jauh menjadi lebih baik lagi dengan terus adanya perbaikan berkala berupa update. (tapi cukup memaksa untuk menyedot kuota internet berlebih)

Skor Gaming : 85 (sangat bagus, sejauh ini)

Bagian inilah yang menjadi kelebihan dari Windows 10, GAMING!

Windows 10 justru memberikan peforma yang “lebih” maksimal ketika di gunakan untuk memainkan beberapa judul game. (sudah saya sebutkan di awal tadi)

Di tambah lagi dengan terus di kembangkannya DirectX 12 yang pastinya akan memberikan gebrakan baru untuk game-game yang akan di rilis di masa mendatang.
OS Gaming???
Windows 10 jawabannya!!!
Selain itu, ada caranya kok agar Windows 10 dapat berjalan lebih optimal pada spesifikasi rendah. Beberapa langkahnya sudah saya tuliskan pada artikel ini: 25 Cara Mengatasi peforma Windows 10 yang lemot, lambat dan delay.

Jadi, manakah yang paling ringan?

Setelah mencoba membandingkannya secara langsung dengan spesifikasi komputer yang sama persis (Intel Core2Duo, 2GB, GT520). (PC Jadul)

Bisa saya katakan bahwa peforma Windows 7 memang “cukup bagus” jika di gunakan untuk komputasi biasa (Office, editing, desain, dll). Akan tetapi terasa “kurang optimize” jika di gunakan dalam hal GAMING!!!

Kebalikannya dengan Windows 10 yang justru terasa lambat jika di gunakan komputasi biasa (delay dimana-mana), namun akan terasa powerfull jika di gunakan untuk bermain game. (Peningkatan Frame Rate)

Oleh karena itu, sudah terungkap bahwa OS Windows 8.1 maupun Windows 10 dapat lebih di andalkan dalam membantu mendorong seluruh POTENSI GAMING hardware komputer kamu, walaupun JADUL sekalipun.


Salah satu video "pembanding", Windows 8 vs Windows 10

Silahkan di nikmati saja kelebihan & kekurangan masing-masing ketiga OS tersebut.

Jika kalian ingin lebih tahu, manakah OS Windows yang paling ringan? Jawabannya sudah saya tulis di artikel ini: 10 Posisi OS Windows dari yang Terberat Hingga yang Paling Ringan!

Kesimpulan...

Windows 7 memiliki keunggulan peforma HANYA ketika di gunakan untuk kegiatan komputasi biasa seperti perkantoran, desain/editing, dan membuka aplikasi-aplikasi ringan lainnya.

Sedangkan untuk gaming, Windows 7 memiliki peforma yang buruk apabila telah memasuki lingkup dunia gaming. KECUALI, komputer yang kamu gunakan itu pada dasarnya mempunyai spesifikasi DEWA. (Semua OS akan terasa sama saja)

Jadi, untuk masalah gaming, OS Windows 8.1 & Windows 10 adalah pilihan yang tepat. (Untuk saat ini)

Catatan...

Perbandingan dari ke 3 OS Windows tersebut merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jika dari kalian ada yang kurang setuju dan memiliki pandangan lain terhadap ke 3 OS tersebut, itu hal yang wajar.

Memang begitulah sistem dunia!

Paham maksudnya kan?

Fans pages masih sepi...

1 buah jempol (like) darimu, sangat berarti.


Sebagai penambah semangat...

Sekian...

Itulah artikel mengenai perbandingan antara Windows 7 VS Windows 8.1 VS Windows 10. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurut kamu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

278 Komentar

  1. klo menurut ane windows 10 gan fitur2nya juga lengkap

    BalasHapus
  2. Semua tergantung spesifikasi laptop za, Semua iku ono kelebihan kekurangan E dwe2,.? Tax tunggu artikel selanjut E

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang kan... (ciptaan manusia) :D

      Artikel selanjutnya kapan2... :D

      "suatu kebanggaan, teman sendiri bisa mengunjungi blogku"

      Hapus
  3. Semua tergantung spesifikasi laptop za, Semua iku ono kelebihan kekurangan E dwe2,.? Tax tunggu artikel selanjut E

    BalasHapus
  4. Dari penjelasan ente,malah ane jadi tambah bimbang,karna kebutuhan ane itu antara Produktivitas dan Gaming,Apa perlu dualboot sekalian ? :V btw Nice Post gan pengulasannya lengkap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dualboot sepertinya memang pilihan yg "cukup" tepat gan... (untuk saat ini)

      tnggal mnyiapkan "ruang" memori saja...

      Hapus
  5. thanks gan sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  6. Mantap gan... jadi tambah bingung saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggk usah bngung...

      tnggal pilih aja yg mnurutmu "bagus"...

      Hapus
  7. Klo upgrade dari win 10 32 bit ke win 10 64 bit bisa gak ? Masih awam hehe

    Sebelumnya udah saya cek klo laptop saya mendukung 64 bit.



    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja bisa gan...

      mau ganti ke 64??? tnggal install OS versi 64 nya aja...

      sesimpel itu...

      Hapus
  8. Dell vostro 3450, aneh kalo menggunkan windows 10 booting lemot/lama... Padahal spek core i5, vga amd hd 7650m 1giga, ram 8giga, udah gitu salah instal driver langsung error, taskbar gak dapat diklik, padahal blm instal apa2, start up lambat kalo pas sampe desktop di klik kanan langsung hang... Mesti didiemin dl... Terlalu sensitive kalo menurut sy w10, saya utama pake w7.. Dual OS

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau menurut saya malah Windows 8.0 yg (saat ini) paling oke...

      mungkin app di latar belakang PC/Laptopmu terlalu banyak?

      (mungkin)

      Hapus
  9. masih setia dengan window 7 Ultimate gan saya sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggk apa2 gan...

      itu pilihanmu, maka itulah yg terbaik...

      Hapus
  10. mungkin spying windows 10 agan belum dimatiin jadi lemot :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. jauh2 hari sblum nulis artikel ini, tntu udah saya coba oprek2 pngaturan hingga bagian "terdalam" yg bisa saya lakukan gan...

      metered connection?

      services???

      windows update???

      dan pngaturan on/off lainnya...

      Hapus
  11. Gatau kenapa buat daily driver, ane lebih prefer pake windows 7 deh, dan rasanya enak aja ringan buat ngerjain kerjaan atau editing sehari", game paling cuman Dota 2 doang. Btw, nice review gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 7 klo di pake untuk kgiatan shari-hari (office, browser, dll) emang gitu gan... (pforma ckup bagus)

      tp klo untuk gaming, mnding Win 8 / 10...

      trims telah berkunjung...

      Hapus
  12. NUmpang Komeng ya gan, Laptop ane core i3, VGA 1GB 920M Ram 4gb, HDD 1TB. Sudah berapa kali ganti OS WIN 10 Beda Versi masalahnya cuma 1, itu HDD nyampe 100% dan kinerja berat banget, udah matiin sana sini, sampe gak sadar defendernya ikut di matiin, cortana, dispatch dll semua di matiin, kalau saja lampu laptopnya bisa dimatiin ane matiin juga :D tapi disk performance tetap masuk 90-100% akhirnya ane putuskan install lagi win 7 walaupun kewalahan nyari drivernya karna laptop ane Asus X540L cuma support WIN 10 64. GPP lah yang penting ane lancar Kerjanya gak ngadat2. dan informasi tambahan ane skrng masih pake WIN 7 dengan tingkat kecepatan akses yang lumayan cepat. CUma minusnya sampe skarang touchpadnya gak kebaca, jadi pake mouse external aja...
    Pesan untuk yang mau pake WIN 10 64. Kalau RAM Cuma 2Gb jangan coba2 pake WIN 10 :D kepotong sama systemnya bakal HABIS tuh RAMnya :D. Mending tetap setia di WIN 7 asal laptopnya bisa aktif semua drivernya. >> Sekian dan Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin agan pake build awal yg belum stabil., ane pake win10 64 lancar jaya., padahal cuma amd c50 1ghz dual core. ram 2gb. build 10240

      Hapus
    2. setuju sama ente gan pakai 8.1 x64 sama 10 64 disk selalu diatas 90% padahal cuma buat browsing load beberapa tap bareng langsung disk 100%.. kalau idle sih aman2 aja.. ga tau masalah driver atau apa

      Hapus
  13. punten gan mo nanya kalo spek nya AMD E2 3800 ram 4gb VGA AMD radeon HD 8280, kuat nya pake OS yg mana ya? udh gitu pake 32bit/64bit

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mnurut sy nih y gan, mnding pakai Windows 8 aja... coz, AMD E2 itu tergolong "lambat"...

      (mlhan lebih lambat di bnding core2duo nya Intel)

      Hapus
  14. gan kalau laptop lenovo g470 ram 2 gb prosesor intelcoreduo cock OS mana ya cos aku dah pakai 7 ultimate trs ke windows ten ttp aja corrupt gtu , apa krna ga rutin update ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut ane ya gan, mending pake win 8.1 yang 32Bit, dan jangan lupa beli yang original ya

      Hapus
  15. Klo upgrade dari win 10 32 bit ke win 10 64 bit bisa gak ?
    Soalnya laptop sya mnggunkan 32 bit pngen upgrade ke 64 bit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sih bisa
      Teegantung speaifikasi laptop aja
      Klo boleh tau spek laptopnya ??

      Hapus
    2. Bisa" aja sih gan.. tapi kenapa mau pindah? mau upgrad ram atau cuman biar 64bit aja? itu yang penting

      Hapus
    3. Bisa" aja sih gan.. emng knpa mau pindah, mau upgrade ram atau cuman biar 64 aja? itu yang penting

      Hapus
    4. bisa gan (Ipul Latif)...

      tinggal lakukan inul (install ulang) pake ISO Windows versi 64 bit... BERES...

      (CPU harus mndukung 64bit jg)

      Hapus
  16. Mau nanya Gan
    Laptop adek saya acer 4730z (tua, jadul , bangkotan lagi . . . )
    Klo itu cocoknya dipakein win brp ya ??

    Btw adek saya seneng juga nge-game
    Tpi gamenya ya masih kelas kroco kyk NFSU2 , SRS gitu 😂😂😂
    Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai Windows 7 atau Windows 8.0 aja gan... (win 8 recomended)

      Hapus
  17. saya mau tanya gan...
    kan laptop saya speknya lumayan lah..
    lenovo idepad 110-14AST AMD A9 ram 4gb..
    kan saya dapet sudah terinstal win 10.Tapi kk serasa kurang smooth ya..
    direkomendasikan teman sih pakai win 8.1
    apa bener gan win 8.1 lebih ringan..
    kira-kira windows yang cocok untuk di operasikan di laptop saya apa y gan ????
    minta sarannya ya mastah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo spekmu udah trmasuk "lumayan", sharusnya pake Windows 10 pun nggak akan jadi masalah gan... (prbedaan nggk akan begitu terasa, jika udh "high end")

      Hapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. saya mau tanya gan...
    kan laptop saya speknya lumayan lah..
    lenovo idepad 110-14AST AMD A9 ram 4gb..
    kan saya dapet sudah terinstal win 10.Tapi kk serasa kurang smooth ya..
    direkomendasikan teman sih pakai win 8.1
    apa bener gan win 8.1 lebih ringan..
    kira-kira windows yang cocok untuk di operasikan di laptop saya apa y gan ????
    minta sarannya ya mastah!

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Bos xp paling bagus tau gk mana yg 1paling bagus ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows XP versi terakhir (SP3)

      Hapus
  25. Laptop ane dibekali processor Intel Core i3 + nVIDIA geForce 820M..
    ane di posisi OS Win 8.1 (x64)..

    kendala yg sering ditemukan adalah ketika Browsing (Chrome maupun Firefox), sering "not responding" atau sering menanyakan soal "plug-in" gitu, layar sering m-beku putih kontras, tampilan cursor jd "busy" & kadang klo digerakan cursor-a sering 'lagging', Browser akan kembali normal paling lama setelah 5 menit..

    kalo m-jalankan Office biasa-biasa saja..
    AutoCAD juga biasa-biasa saja..
    paling kadang sedikit lambat m-baca perintah ketikan..

    klo proses transferring data (copy-paste file) lancar saja..

    klo buat editing photo sekelas ACDSee lancar saja, tp klo sekelas Adobe Photoshop sering 'lagging' bahkan lama..

    utk nge-Game sekelas PES 2017 & Hitman Absolution masih lancar saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kejadian seperti "sering not responding", sering menanyakan soal "plug-in", sering m-beku putih kontras, tampilan cursor jd "busy" & kadang klo digerakan cursor-a sering 'lagging... Itu semua "seharusnya/normalnya" nggk akan agan rasakan...

      mngingat spek lptop agan udh trgolong "cukup baru" (i3 + VGA Nvidia 820m... (browser / photoshop nggk akan segitu banget LAGnya)

      Nah beda lagi klo spek agan msih jadul, misal Pentium 4/dualcore + HD family... kjadian not respond & lag itu ckup wajar saat mnjalankan aplikasi jaman sekarang...

      kmungkinan besar lptop agan lg trkena VIRUS atau program jahat yg selalu aktif di "latar belakang"...

      SOLUSI:

      kurangi app tidak pnting di background, kmudian SCAN pkai antivir TERUPDATE...

      klo pngen hasil yg MAKSIMAL, klo sy mnding install ulang aja gan... (kalo saya)

      Hapus
  26. windows & pro 64bit lebih ringan dari windows 10,8

    BalasHapus
    Balasan
    1. OS Windows "sebelumnya" itu blm tntu/pasti lbih ringan di bnding OS yg "terbaru/slanjutnya"...

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. gan mau tanya laptop ane kan rog gl552jx kalo pake win 7 perfoma gameingnya menurun tdk? trs apa compatible juga?
    btw nice artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo spek udah DEWA, mau pake OS Windows versi manapun gak masalah gan... (pforma ttap msih OK2 aja)

      Win 7 8 10 (compatible)

      Hapus
  30. Dear admin..

    Ente salah, saya peguna windows 7, 8, 10 sejak lama. tapi yang paling tahan banting ya windows 7. jika digunakan gaming lebih baik menggunkana windows 7 ketibang windows 8,10. Ringan klo menurut ane windows 7 itu dibanding windows 8,10. windows 10 adalah sistem operasi terberat setelah vista.

    Terimakasih,
    A-beat

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo spekmu udah trgolong DEWA, gak akan berasa "perbedaan pformanya" gan...

      smua vrsi OS akan terasa "SAMA AJA"...

      menurut agan, "pforma gaming" Windows 7 itu lbih baik dibnding Windows 10???

      pdhal, data2 pmbuktian/tsting udah ada brtebaran di internet kok gan... (Directx 12, Gaming mode, dll)

      mungkin krna agan udh "terSUGESTI" di dlm pkiran agan (masa2 indah brsma dgn Win 7), kmudian agan menganggap "seolah-olah" Windows 7 yg paling "powerfull gaming" + tahan banting...

      Hapus
  31. Gan kalo laptop ane speknya udh lumayan dewa Intel Core i5-5200U dgn ram 4gb ddr3 os ane win 7 tp kalo gaming semisal pes & nfsr kenapa terjadi overheat ya? Pdhl aplikasi banyak yg udh ane hapus gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagian besar laptop umumnya emang gitu gan, klo di pake gaming cepet panas... nah, kecuali klo jnis laptop "khusus" GAMING. (misal, ROG atau Predator)

      kdua jenis lptop GAMING trsebut sistem pndinginnya udah di "optimalkan" sbaik yg bisa di lakukan...

      SOLUSI buat agan, pake pndingin/kipas tambahan aja, mngkin bisa mengurangi overheat (kalo mau)

      btw, suhu di lingkungan skitar jg bisa mmpengaruhi...

      Hapus
  32. dari dulu sampe sekarang selalu pake windows 7, pake windows yang lain malah kagak bisa. windows 7 aku padamu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skedar info:

      PC/Laptop yang dri awal udah bisa OS Win 7, sharusnya kmungkinan besar juga "BISA" menjalankan OS Win 8/10... :-?

      Hapus
  33. klau spek segini bagus nya pakai os apa ya keperluan gaming sorry spek jadul
    proci amd a4 6300
    vga gta 220
    ram 4gb

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnding Windows 8.0 (kalo saya) (o)

      Hapus
  34. klau untuk gaming buat spek jadul kgak gini enak nya pakai os apa ya
    procie amd a4 6300
    vga gt 220
    ram 4gb
    sekalian mimin pakai os apa sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya:

      PC = Windows 8.0
      Laptop = Windows 7 / WIndows 10 Creator

      Hapus
  35. Gan spek pc ane i5(3,4) ; vga 4gb ; ram 8gb
    Itu lebih cocok pake os apa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai Windows 7 / 8 / 10 nggk akan jadi masalah itu gan (c)

      Hapus
  36. Gan spek i5(3,4) ; ram4gb ; vga4gb itu lebih cocok windows apa ya? Apa spek segitu semua os jd sama saja?
    (masih noob soal itu :v )

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai OS Windows 10 spek segitu masih OK2 aja gan...

      tinggal pilih... (paling baru rlatif lebih baik)

      Hapus
    2. pakai OS Windows 10 spek segitu masih OK2 aja gan...

      tinggal pilih... (paling baru rlatif lebih baik)

      Hapus
  37. kalo ane sama,, kaya agan gk mau betah d 1 os rasanya ad yg kurang gitu kalo sebulan gk install ulang,, sampe" d bikin dual boot nih laptop (lebih tepat ny nootbook sih :v) nah mau nanya nih kalo speek ane
    prossesor intel inside celeron cpu 874 1.10GHz
    ram 4 GB
    x64-based processor

    lebih enakan yg mana y gan menurut ente ?? sekarang posisi os ane d windosw 10 dual boot sm linux 17.0 antisipasi virus wanecry xD tapi berasa kurang gitu, oh iya artikel ny bagus jadi pengen nyobain os yg d tulis di nih artikel remix dan kawan" tanks itu aj pertanyaan ny

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah wah, ternyata aq nggak sendirian yg punya kebiasaan "aneh" tersebut :>)

      Saran:

      Menurut saya ini ya, klo processor agan masih di bawah i3/i5/i7 mending pakai Windows 7 atau 8 aja...

      tpi klo mau FPS lbih "optimized" ketika main game, rekomendasi pake Windows 8.0 aja. (kalo saya)

      Hapus
  38. Min. laptop ane setelah ganti OS ke windows 10, kalo di restart malah jadi ga nyala lagi (hitam terus) tapi mesin tetep jalan. Kalo mau nyala, harus di matiin dulu. Mohon bantuannya dong min..
    Btw spek laptop ane Asus S46C core I7 , VGA Nvidia 740M, Ram 8Gb (upgrade)

    BalasHapus
    Balasan
    1. OS Windows nya mungkin ada komponen file yg rusak/corrupt...

      agak susah emng mncari letak "masalah"nya di mana...

      lbih gmpangnya coba di instal ulang aja OSnya... [-(

      Hapus
    2. Gan ane asus laptop processor dual core b960 OS asli windows 7 x64. Sekarang pakai windows 10 pro creator update. Namun, kok penggunaan sebentar kaya nya kerja processor berat ya? sering panas gitu? Penggunaan sih lancar2 aja krn cuma terinstal office sama browser aja. Perlu downgrade ke windows 7 lagi kah?

      Hapus
    3. spek sgitu sprtinya memang kurang cocok untuk windows 10...

      tp y trgantung agan sih, mau ttep di Win 10 jg sbenernya gk mslah...

      pilihan ada di tanganmu...

      Hapus
  39. Gan, laptop ane Lenovo S205 (IdeaPad)..
    CPU: AMD E-350 @1,6 GHz (dual core)
    RAM: 2GB DDR3
    VGA: Radeon HD 6310

    Bagusnya install OS mana ya gan? trims bgt gan..
    (mumpung lagi ada waktu buat instal2an nih)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sy, mnding Win 7 atau Win 8 aja... (recomended)

      tp klo pngen coba2 win 10 dulu y gk mslah... (p)

      Hapus
    2. Win 8nya yang 8.0 apa 8.1 gan?
      Terus processor ane rupanya uda dukung 64bit.. bagusnya ntar win nya yg 64 apa tetep 32 aja?
      Thx gan, maap banyak nanya, masi nubi..

      Hapus
    3. Win 8.0 atau 8.1 pforma hmpir sama. kelebihan di Win 8.1 itu app "modern"nya bisa support lebih banyak app & game.

      pilih OS 64 bit aja... (c)

      Hapus
  40. gan laptob saya toshiba
    RAM :2GB
    PROCESSOR : INTEL CORE i3
    CPU : 2.5 GHz
    Bagusnya Pakai OS yang mana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake Windows 10 jg gak mslah. (klo pengen "banget" coba)

      tapi "untuk saat ini", bagi sy rekomendasi masih Windows 8...

      Hapus
  41. Gan laptob ane Toshiba
    Ram 2gb
    Procesor intel core i3
    cpu 2.5 ghz
    bagusnya instal os yg mana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 10 msih OK, trgntung pemakai/perawatan OSnya aja (o)

      Hapus
  42. Gan kok ane pake windows 10 pro 64 bit berat ya
    Ini spek lepi ane :
    Tipe Lenovo E10-30
    Prosesor Intel Celeron N2830 2.16 GHz
    RAM 2GB DDR3
    Harddisk 320 GB HDD
    Grafis Intel HD Graphics

    BalasHapus
    Balasan
    1. processor Celeron emng gitu gan (agak lambat), apalagi klo pke Windows 10. (bkal lebih berat lagi tugasnya sbgai CPU low end)

      Hapus
    2. jadi mending pake os apa gan?

      Hapus
    3. mnding pakai Windows 8/8.1 aja. (kalo saya) (p)

      Hapus
  43. laptop saya lenovo G40-45 AMD-E1 Ram 2 udh d upgrade jdi 4 sering ngelag ketika buka aplikasi lambat dan ketika nonton video tiba ngelag kira-kira OS yg tepat untuk laptop saya apa ya min sekrang saya pake win 10 tapi berat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. AMD E1/E2 mnding pake Windows 8.1 aja (klo saya)

      coba pake pmutar video "Pot Player" (o)

      PENTING:

      - kurangi app yg aktif di latar belakang (startup, services, dll)

      Hapus
  44. Bang mau nanya Nih...
    aku baru lulusan smp ini, masuk jurusan multimedia di smk.. mau beli leptop enaknya pilih yg win 7,8,ato 10 ya? tau sendiri kan Anak multimedia suka browsing2 dan editing..
    mohon bantuannya Mastah �� x-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. OS manapun gak masalah gan, yg paling PENTING itu spesifikasinya. (klo bisa, i3/i5/i7 + VGA external AMD/Nvidia)

      klo spek udah "mumpuni", proses editing, browsing, gaming akan terasa lebih nyaman. (OS apapun terasa sama saja) (o)

      Hapus
  45. Mas dab, klo lenovo ip110-44id (i3-6006u, ram 4 gb) ente rekomendasiin pakai yg mana ya? Btw ane suka corel, photoshop. Game paling cm PES.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake Windows 10 build yg paling baru (saat ini),mungkin udah lbih baik. (delay udah berkurang)

      klo mau cari aman, spek IntelHD lbih baik pke Windows 7 / 8.1 aja. (kalo saya)

      pilihan ada di tanganmu gan...

      Hapus
  46. Sebenarnya sy nyari artikel yang mendetail soal perbedaan OS Win buat para Desainer (p).Pengalaman make win10 di buat program desainer itu awalnya memang stabil pada booting'a, Proses program'a & Rendering juga normal, namun setelah menjalani update win10 yang secara recommended terasa "beda" yang sebelumnya menjadi "stabil" sekarang jadi "labil" ;-( itupun win10 ori tanpa mengotak-atik settingan'a. Proses editing juga terasa kurang maksimum, beberapa program desain seperti AI,PS,Cdr,ID,VegasPro terasa berat, bahkan tools di PS tidak berfungsi dikarenakan GPU yang kurang dan juga saat program adobe yang lain juga terasa lagging saat menjalankan. Untuk Spek laptop saya bisa dikatakan mumpuni untuk program desain;
    ASUS X550V
    Processor :i7-6700HQ Nvidia GeForce GTX 950M
    CPU :2.59GHz
    Ram :8Gb

    1.Apa mungkin update'an win10 bisa semakin berat ?
    2.Bagaimana jika laptop sy di-downgrade win7,setelah itu apakah penggunaan software desain sy yang sebelumnya berat langsung menjadi ringan ?
    3.OS apa yang cocok buat editing
    Mohon pencerahanya yang mendetail :))

    #Nice Artikel (o) , klo bisa artikel diberikan link gan agar ada nilai plusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak atas apresiasi agan Ankoku Sekai...

      ------------------------------------------

      lngsung aja ke pertanyaan:


      1. Apa mungkin update'an win10 bisa semakin berat?

      jwban:

      update'an itu sbnernya bertujuan untuk mmperbaiki bug/error yg msih ada. Selain itu, terkadang juga di sertai "penambahan" fitur-fitur baru.

      dikrnakan adanya "penambahan" fitur baru inilah yg mnyebabkan OS Win 10 relatif lebih berat & smakin berat di bandingkan OS sebelumnya. (mungkin saja sprti itu)

      tntunya msih ada faktor lain, yg mnyebabkan Windows 10 terasa lbih berat.


      2. Bagaimana jika laptop sy di-downgrade win7,setelah itu apakah penggunaan software desain sy yang sebelumnya berat langsung menjadi ringan?

      Jwban:

      stlah install/reinstall, logikanya keadaan OS akan brstatus "sehat" sprti baru lagi. Nah, jika keadaan OS sudah "sehat", maka kgiatan komputasi apapun akan lbih optimal. (ringan)

      apalagi jika spesifikasi laptop udah trgolong mumpuni.

      Tambahan:

      tidak harus kembali ke Windows 7.

      reinstall ke Windows 10 lagi juga nggk pp...

      yg paling penting, kurangi app tidak penting yg aktif di latar belakang. Kmungkinan besar, lptop agan terasa "lambat" gara-gara hal trsebut. (app, services, startup, virus, dll)


      3. OS apa yang cocok buat editing?

      jwban:

      Jika spek udah "dewa", bagi sy smua OS akan cocok untuk kgiatan editing. (termasuk windows 10)

      TAPI jika harus salah satu, sprtinya sy akan pilih Windows 7 saja. Sprti kata agan, lebih stabil, di bnding win 10 yg "saat ini" msih labil.

      Win 10 msih terus dilakukan "perbaikan" melalui update2nya yg mengharuskan pengguna untuk memakai kuota intrnet yg berlebih. b-(

      --------------------------------------------

      begitulah jwban dri sy gan.

      Jika msih blm mrsa puas dgn jwban di atas, mungkin agan2 yg lain bisa menambahkan...

      Hapus
  47. Gan mau nanya,
    Laptop ane lenovo amd A6 ram 4gb,
    Sebenarnya os dual boot ngaruh gk sih sama performa laptop (selain kapasitas hardisk berkurang) rencananya ane mao nginstall dual boot windows 7 buat editing ama windows 10 buat gaming,

    BalasHapus
    Balasan
    1. peforma di setiap OS nggak ngaruh. Coz, penggunaan hardware nya di gunakan secara "bergantian"...

      akan brbeda ceritanya jika sbuah emulator. (p)

      Hapus
  48. gan mau nanya, saya penggila game, menurut agan dengan spek:
    intelcore i5, cpu m250 @2.40GHz, RAM 4GB, Intel HD Ghrapic, Laptopnya merk DELL Latitude E4310.
    mending pakai OS mana buat gaming gan?
    terimakasih agan ganteng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intel i5, mnding pke Windows 10 aja gan. (klo sy)

      kmungkinan besar, nggk akan jdi mslah.

      TAPI, trgntung si pemakai nya jg... (p)

      Hapus
    2. Tergantung si pemakai gimana maksudnya ya gan?

      Hapus
    3. pemakai (user) jg harus bisa merawat OS agar tetap dlm keadaan pforma terbaik. (app, services, startup, virus, dll)

      Hapus
  49. kalo ane masih betah di blankOn x tambora :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah pernah coba EndlessOS blm gan? :-?

      Hapus
  50. Daebakkk !!!!!!
    Ya saya juga merasakan perfome pada win10 saat gaming tph jika specnya bawahan punya sama aj windows apa pun kita pakai tetap aja lemot karna emang dri spef udah gak mendukung buat main game2 berat seperti GTA V dan PES18

    BalasHapus
  51. Misi gan mo nanya. Kalo laptop processor intel celeron N3350 ram 2 gb cocoknya pake windows apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lbih baik pake Windows 8.1 aja... (klo sy)

      atau, klo blm terbiasa, bisa pke Windows 7 aja msih lumayan oke buat spek trsebut (o)

      Hapus
  52. Gan saya mau bertanya,
    Spek Bisa dibilang very low/low end:)
    Intel celeron 1007 2mbCache(1.50ghz)
    Ram 2gb onboard (single channel)
    HDD:500gb
    Ssd:128Gb
    Intel hd graphic

    Kan saya bermain Point blank make windows 8.1 saya main nya lancar-lancar aja gan,tapi kalau main 8vs8 suka ada lagg/Freeze(sementara doank sih)nah kata temen saya mending downgrade ke win7,apakah harus di downgrade ke win7 atau win8.1 aja gan? Agar main Game ringan/online walaupun settingan low semua?
    Mohon Pencerahannya🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. pke Windows 7 justru akan rltif lbih berat, dibnding Win 8. (mnurut sy)

      Coba "reinstall" ke Win 8.1 aja lagi, kemudian perhatikan "aplikasi yg aktif di latar belakang"...

      jgn smpai ada program aktif yg "memberatkan" OS.

      cek jg "koneksi" internet.

      Hapus
  53. Gan saya mau bertanya,
    Spek Bisa dibilang very low/low end:)
    Intel celeron 1007 2mbCache(1.50ghz)
    Ram 2gb onboard (single channel)
    HDD:500gb
    Ssd:128Gb
    Intel hd graphic

    Kan saya bermain Point blank make windows 8.1 saya main nya lancar-lancar aja gan,tapi kalau main 8vs8 suka ada lagg/Freeze(sementara doank sih)nah kata temen saya mending downgrade ke win7,apakah harus di downgrade ke win7 atau win8.1 aja gan? Agar main Game ringan/online walaupun settingan low semua?
    Mohon Pencerahannya🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. install ulang lg ke OS yg sama. (Win 8.1)

      Hapus
  54. saya windows 10 nya malah sering error pada google chrome, itu salahnya dimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. google chrome nya unninstal, kemudian reinstall lagi. (di coba dulu)

      sblum itu, lakukan scan pke antivirus terupdate.

      Hapus
  55. Mas laptop ane lenovo z40-75 specifikasi yg digunakan Procie Amd a10 7300 ram 8gb(4*2)vga R6+R5 kenapa main watchdogs 2 tetep lag. Apakah pengaruh di os yg saya gunakan (windows 10 pro creator update juni 17).
    Dari review youtube laptop saya kuat memainkannya,di review trsbt menggunakan win7. Apakah saya harus downgrade ke win7 agar tidak lag untuk memainkan watchdogs2

    Upgrade driver sudah

    https://m.youtube.com/watch?v=r2GZvQtb1V0

    BalasHapus
    Balasan
    1. pindah OS, pngaruh/prbedaan pforma tidak akan trlalu besar prbedaannya gan. (hnya sdikit) (win 10 yg sekarang)

      yg paling penting, kurangi app tdk pnting yg aktif di latar belakang. (services, startup, dll)

      bagi sy, Windows 8 msih lbih baik. (pforma)

      Hapus
  56. Gan.. Saya pakai windows 8.1 kenapa ya pas mau start kok nunggu lama.. Gak kayak biasanya.. Apa karena windowsnya harus di update ?? Mohon pencerahan dan bantuannya.. Terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurangi app "startup" & app "background" yg aktif di latar belakang...

      Hapus
  57. Gan.. Saya pakai windows 8.1 kenapa ya pas mau start kok nunggu lama.. Gak kayak biasanya.. Apa karena windowsnya harus di update ?? Mohon pencerahan dan bantuannya.. Terimaksih

    BalasHapus
  58. untuk pemakaian gaming sama download lebih bagus os mana? ane pake i5 940mx,ane pke w10 keluhannya di downloadnya lama bgt ya di karenakan crack idm buat w10 blm adaa, coba minta sarannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. crack idm buat windows 10???

      win 7, 8, 10 itu crack yg di pakai buat idm "sama" aja...

      nggk ada yg khusus...

      smua bisa di pakai di 7 8 10

      Hapus
  59. win 10 sering-sering crash cortananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. update ke versi paling baru dulu... (udh fix)

      Hapus
  60. kak, maaf nih, saya tidak sependapat, menurut saya, windows 10 untuk gaming berat, karena ada fitur XBOX DVR yang menurut saya sangat tidak berguna, karena saya bukan youtuber yang selalu merekam layar ketika gaming, atau screenshot setiap gaming. ya memang ketika XBOX DVR dimatikan, game akan berjalan lancar seperti windows 7 atau 8.1, tetapi secara default, XBOX DVR dinyalakan, dan menurut pengalaman saya, laptop saya akan lebih panas dan lebih "laggy" ketika main game dengan XBOX DVR. mohon jawabannya jika kakak tidak setuju dengan saya, thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy baru kali ini dengar istilah "XBOX DVR" pada windows 10...

      lain kali akan sy pljari...

      Hapus
  61. Laptop ane specnya i3 vga nvidia 820 terus ram 6 trus cocoknya pake os apa ya posisi di os win7 malah buat gaming ancur

    BalasHapus
  62. Kami para gamers masih setia dengan Os Windows 7 ROG x64 Rampage Edition

    BalasHapus
    Balasan
    1. win 7 (bagi sy) lbih berat gan, di bnding 8 & 10.

      Hapus
  63. Untuk spek RAM 4GB, Intel Dual Core E5300(2.4Ghz), VGA Intel G41 Express Chipset mending pake OS mana untuk gaming biar lanjayyy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. recomended, pke Windows 8.0 aja...

      Hapus
  64. Gan Spek Laptop Ane Ram 1,5GB
    vGa Intel GMA 450 Processor 1,66 GHZ
    Buat Windows 8.1 Bisa Gak Untuk Gaming Spek Rendah 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo resolusi udah di atas "1024 x 768" msih ok buat win 8...

      di bawah itu, (misal x 600) gk recomended.

      Hapus
  65. bener mas reza ini bagus windows 8 kalo mau buat apk berat sama main games

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, ada sdikit "perbedaan" pforma... (trutama win 10)

      Hapus
  66. Klo agan pke win brp ??
    Btw , artikelnya bermanfaat ,thanks gan ane jdi nambh ilmu nih
    Di tunggu update'a gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini msih pake Win 8.1...

      TAPI trkadang juga "nyoba2" Win 10 (creator update) yg trbaru untuk ngeliat apakah udh ada "perbaikan"...

      skedar nyoba2 sbntar, bukan jd yg "utama"...

      Hapus
  67. Gan di win 10,game assassin's gk launch ya? + game yg berat juga ga mau

    BalasHapus
    Balasan
    1. assassins creed msih bisa di win 10...

      (game nya nggk jadul2 amat, hrus nya msih bisa)

      Hapus
  68. Gan kok pas ane mau main game kok gk bisa(0xc000007b) game assains4

    BalasHapus
    Balasan
    1. di google udh ada banyak tutor sderhana nya gan...

      keyword: "mengatasi error 0xc00007b"

      Hapus
  69. Gan saya mau tanya .. Laptop saya core i5 seri pertama vga radeon 5000 dedicated 512 mb dan ram 6 gb .. Lebih optimal pake win 8.1 pro atau 10 pro ?
    Saya suka desain seperti ps cs 6 atau cd x8 atau juga blender .. Kalo gaming paling pcsx2 (ps2)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk saat ini, OS paling ramah di "peforma" masih di pegang oleh Windows 8.0...

      tp klo pengen lbih "kekinian" + banyak fitur baru, pake Windows 10 jg gk mslah. (agak lbih berat, di bnding win 8) (o)

      Hapus
  70. Gan saya lagi bingung banget nih. Windows yg terbaik yg paling optimal untuk music production pake apa ya? Spek komputer kenengah lah.
    Terima kasih

    BalasHapus
  71. Kalo windows 10 ny bajakan sama gak performa nya?

    BalasHapus
  72. Dari atas ke bawah semua komen dijawab, hebat...
    Sukses terus mas Reza

    BalasHapus
  73. Win 10 mengerikan gan hardisknya selalu aja 100%, dicoba high perform(setingan batre laptop) emang agak nurun jadi 80-90an tapi cpunya yang naek [-( kalo gaming PES emang lancar gan, ane pake buat buka KOPlayer mengerikan patah"nya. BTW ane pake Dell 3421(jadul) spek cor 2 duo, ram 2gb. Dipake buat browsing pake Chrome, Mozila sering lag ampe touchpadnya mati :o apalagi chrome langsung crash. Ane bakalan coba di win 8.1 kembali gan btw dulu ane sempet coba win 8.0 tapi kagak dipake game sih. Thanks infonya gan (h)

    BalasHapus
    Balasan
    1. trima kasih kembali...

      smoga brmanfaat (o)

      Hapus
  74. kok sama ya dengan yang aku rasakan gan, cuma aku nggak bisa ungkapin, maklum buta huruf gan ...ga bisa nulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. artikel/tulisan di atas, awalnya jg jelek gan... cuma dri waktu ke waktu, terus sy kembangkan/perbarui hingga jadi yg "sekarang" ini... [-(

      proses, bertahap (p)

      Hapus
  75. Ane pake wind 10 buka file manager aja cpunya drastis 80-99 sedangkan main games 75 kgk nyampe itu yang buat ane bingung

    BalasHapus
  76. Ane pake wind 10 baru buka file manager aja cpunya 80-99 kalo main games 75 kgk nyampe kan bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 10 ada banyak fitur "tambahan" yg blm ada di OS sebelumnya. (7/8)

      Hapus
  77. Jdi lebih bagus w 8.0 ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi saya iya, (lbih bgus pformanya)...

      Hapus
  78. gan link download windows 8.0 ada??

    BalasHapus
  79. Laptop saya asus K40IN Spek nya prosesor: Core2Duo ram:2gb vga: gforce g102m 512mb.laptop jadul sih. Tapi klo instal os win10 kira2 gmn ya? Pengen nyicip juga. Soalnya kalo menurut saya tampilang win10 lebih simple. (kalo menurut saya ya ini mah) :-d

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnding lngsung di instal aja (o)

      kmudian rasakan "perbedaannya"... (beda org, beda rasa)

      Hapus
  80. Maaf gan mau tanya , tolong fast respond gan ya :) ini kan saya punya netbook acer spek ram 2gb hdd 1tb 2,17ghz cocoknya pake os windows yg brapa ya gan? , keperluan saya hanya untuk editing,umum,dan software" lain , apakah memakai win 10 kinerja nya udah mempununi?, mohon pencerahanya ya gan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk "sekarang", kinerja Windows 10 blm mumpuni... (bgi sy)

      klo agan pngen coba2 dulu pke win 10, gk mslah (o)

      Editing, mnding OS 64bit

      Hapus
  81. Saya Pake AMD A6 52k Bagus Nya Pake Apa ya :D

    BalasHapus
  82. Saya Pake AMD A6 52k Bagus Nya Pake apa ya :D
    SARAN DONG MAS :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. windows 8 aja (x64)

      klo pngn coba win 10 dulu jg gk mslah (o)

      Hapus
  83. Ibarat bapak dan anak, pun sama demikian halnya dengan OS, Si bapak dengan pengalamannya perlu membimbing si anak agar tidak terjerumus dan kalau bisa lebih baik lagi dari si bapak. Btw salam untuk bang Admin dari seseorang yg juga hoby "oprek" kompi

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam knal jg baang...

      sbnarnya sy jg msih pemula, yg modal nekat aja [-(

      alias, nggak seWAHH!!! sprti yg agan pikirkan...

      Hapus
  84. Windows 10 versi apa ya yang paling bagus untuk ngegame yang versi enterprise, home, atau pro ?

    BalasHapus
  85. Gan saya pumya laptop lumaya jadul ((kayaknya))
    acer aspire 4739
    spec
    core i3 ((generasi pertama))
    ram 2gb
    intel hd graphic

    saat ini saya masih menggunakan windows 10 32 bit ((creator update))

    saya berencana untuk update menjadi windows 10 64 bit dikarenakan beberapa game hanya compatible 64 bit. apakah laptop saya itu kuat tidak gan untuk up ke 64 bit soalnya selain untuk game saya pakai buar drawing gambar (( autocad ))
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. spek sgitu, rekomendasi emng pke 64bit aja

      Hapus
  86. laptop saya dell inspiron n4110 intel core i3 ram 4gb vga intel hd3000 cocoknya pake os apa pemakaian sehari-hari non gaming

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 7 / 8...

      klo cuma untuk pnggunaan "ringan" sprti office, nntn film, browsing, dll pke Windows 10 jg gk mslah sih gan...

      pngen fitur + tampilan kekinian, pke Windows 10... (klo mnurutmu pforma turun dikit gk mslah)

      Hapus
  87. Gan mau tanya kalo buat amd e1 7010 ram 2gb bagusnya pake windows berapa sama berapa bitya? Ane pake tuh buat belajar sama kadang ngegame

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows 7 / 8 32bit cukup...

      tp klo untuk bljr/krja editing video, lbih baik pke 64bit. (kalo butuh)

      Hapus
  88. menarik om eza, makasih udah share review nya, sekalian mau tanya, kalau windows yang bagus buat running VMWare kira" windows yg mana ya, aku uda coba pakek W7 Ultimate 64bit Core i3 3240 ram 8Gb VGA 2gb baru buat 1 Vm aja udah berat banget high cpu usage, maksimal 2 lah masih bisa runing. aku set ram nya masing" 2gb, tapi pas liat punya temenku spek sama make i3 3240 ram 8Gb VGA 2gb bisa run 3VM lancar gak lemot dan cpu usage nya dibawah 80% bedanya dimana ya om?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bedanya, OS Windows mu terlalu banyak aplikasi tidak pnting yg aktif di "latar belakng"...

      hapus/hentikan/disable aplikasi yg running di "latar belakang" tersebut...

      Hapus
  89. Gan saya mau nanya
    Laptop saya ASUS X453MA
    Spek :
    Processor : Intel(R) Celeron(R) CPU N2840 @2.16GHz (2CPUs), ~2.2GHz
    Memory : 2GB RAM
    VGA : Intel HD Graphic
    Cocoknya pakai Windows versi berapa ya?? :)
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  90. Kmren saya coba instal ulang ke win10 tp ya ampun lag nya lemot bgt. Spek nya yg ini gan asus K40IN prosesor: Core2Duo ram:2gb vga: gforce g102m 512mb.itu knp ya gan permasalahannya :(. #maaf gan nanya lg, siapa tau agan punya solusinya gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spek sgitu, di pake buat Windows 10 emng gak cocok. (bkal delay, lemot, dll)

      Windows 10 lbih optimal di proc Intel i3 keatas...

      SOLUSI:

      - kurangi app yang aktif di latar belakang

      Hapus
  91. gan laptop aneh acer aspire one 722 cpu amd-c50 gpu amd radeon hd 6250 ram 2gb.udh coba pake win 7/8.1/10 kurang cocok,pengen coba pake win xp tapi bingung cara instalnya katanya os harus ada sata drive.oh ya win xp untuk aktifitas sama gaming bagus gk ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Windows xp kurang cocok untuk gaming... (Mntok di directx 9)

      Klo pngen coba winXP... pngaturan hardiak di BIOS harus di ubah dulu ke mode "IDE/Compatible"...

      Hapus
  92. Gan, laptop merk acer aspire 4738z
    spek :
    intel pentium P6100
    HDD 320 GB
    Intel HD graphics
    RAM 4 GB (upgrade)
    cocoknya diinstal os apa ya gan ?

    BalasHapus
  93. Gan saya mau nanya
    Laptop saya ACER ASPIRE 4738Z
    Spek :
    Processor : Intel(R) Pentium(R) CPU P6100 2.0GHz
    Memory : 4GB RAM (upgrade)
    VGA : Intel HD Graphic
    Cocoknya pakai Windows versi berapa ya?? :)
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  94. Gan Laptop Saya HP 1000 1432-TU
    Prosesor: Intel(R) Celeron(R) CPU 1000M 1.80 GHz
    Ram : 2GB
    VGA : Intel HD Graphic (Intel Inside)
    kira2 cocoknya pake OS apa ya?

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.