Main GTA 5 di Komputer (Laptop) RAM 2GB saja, Bisa Gak?

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Main GTA 5 di Komputer RAM 2GB saja, Bisa Gak?
Bisa kok, bisa meleduk!!! (becanda)
Dulu saya pernah mengunggah video amatir tentang sebuah komputer jadul yang berjuang keras memainkan game raksasa dari Rockstar Games, yaitu Grand Theft Auto 5 atau yang biasa di singkat GTA 5.

Awalnya saya hanya coba-coba (suara di samarkan) ketika mengunggah sebuah video gameplay GTA 5 di komputer jadul tersebut. Dan itu pun bisa di bilang video pertama/awal yang saya unggah di Youtube.

Nah dari video amatir gameplay GTA 5 yang saya unggah di youtube tersebut, ternyata banyak sekali komentar gamer-gamer low budget lain yang terheran-heran. Kok bisa ya, komputer jadul begitu memainkan game Grand Theft Auto 5?

Spesifikasi Komputer Jadul...

Bagi kalian yang belum tahu, sejadul apa sih komputer yang saya gunakan tersebut? Maka dari itu, di bawah ini telah saya tuliskan spesifikasi komputer jadul yang saya gunakan untuk mencoba memainkan game Grand Theft Auto 5 PC.
  • Intel Core 2 Duo 2.2 Ghz
  • Nvidia GT520 1GB
  • HDD 320GB
  • RAM 2GB
Intel Core 2 Duo 2.2 Ghz | Nvidia GT520 1GB

Intel Core 2 Duo 2.2 Ghz | Nvidia GT520 1GB jadul
Intel Core 2 Duo 2.2 Ghz | Nvidia GT520 1GB

Dengan sepesifikasi komputer yang bisa di bilang sangat jadul tersebut, saya bisa memainkan game Grand Theft Auto 5 dengan konsekuensi, Frame Rate yang kurang memuaskan. (seadanya)

Gimana Caranya?

Tidak ada trik-trik khusus agar bisa memainkan game Grand Theft Auto 5 pada spesifikasi jadul di atas. Yang saya lakukan hanya mengunduh gamenya, menginstall, kemudian tinggal membuka game GTA 5 PC pada komputer jadul tersebut.

Saya sarankan agar menutup semua aplikasi tidak terpakai yang aktif di latar belakang komputer/laptop yang kalian gunakan. Hal tersebut di maksudkan agar pada bagian software sudah berjalan dengan optimal dan tentunya dalam peforma semaksimal mungkin. (sesuai kemampuan komputer)

Bagi kalian yang belum mengetahui bagaimana cara optimasi komputer/laptop pada bagian software yang saya maksud tadi, kalian bisa membacanya melalui artikel saya berjudul Tips Rahasia Bisa Memainkan GTA V Di Komputer Jadul.

Gameplay Grand Theft Auto 5 – Core 2 Duo | GT520 | 2GB RAM


Untuk memberikan referensi kepada gamer low budget lainnya yang masih belum yakin apakah komputer/laptopnya bisa memainkan GTA 5 atau tidak, pernah juga saya unggah video gameplay GTA 5 pada spesifikasi low lainnya.

Berbeda dengan video sebelumnya yang menampilakan gameplay GTA 5 pada sebuah "komputer". Pada video yang saya unggah berikutnya menampilkan video gameplay GTA 5 pada sebuah “Laptop” yang tentunya dengan RAM 2GB juga.

Spesifikasi Laptop Jadul...

Sekilas spesifikasi pada laptop ini tidak jauh berbeda dengan komputer yang saya gunakan sebelumnya. Perbedaannya hanya terletak pada processornya yang sudah lebih baru, yaitu Intel Core i3.
  • Intel Core i3 2.2 Ghz
  • Nvidia GT520m
  • HDD 320GB
  • RAM 2GB

Gameplay Grand Theft Auto 5 - Intel i3 | GT520m | 2GB RAM


Frame Rate Grand Theft Auto 5 pada laptop lebih unggul di bandingkan dengan Frame rate yang di dapat pada komputer (Core 2 Duo). Menurut saya pribadi, hal tersebut di karenakan processor pada laptop sudah menggunakan Intel Core i3.

Menurut informasi yang saya dapatkan melalui pembahasan mengenai dunia gaming, bahwa game-game jenis “Open World” misalnya GTA5, Watchdogs, Mafia III, dll tersebut lebih mengutamakan kinerja dari CPU.

Istilah kerennya dari persoalan tersebut yaitu “CPU Bound”. Kalian bisa memahami lebih mendalami lagi tentang CPU Bound dan GPU Bound melalui Channel “Tangan Belang”, “Gaptek.id”, atau pun “Jagat Review”.

Silahkan kunjungi chanel-channel tersebut untuk menambah wawasan kalian tentang dunia teknologi.

Tambahan...

Ada beberapa trik agar frame rate yang kalian dapatkan ketika memainkan GTA 5 di PC Jadul bisa lebih maksimal lagi, caranya yaitu dengan menambahkan MOD bernama “GTA 5 for Super Low PC's FPS Lag Patch”

Kalian bisa mendapatkan MOD “GTA 5 for Super Low PC's FPS Lag Patch” tersebut secara gratis melalui link ini.

Dan di bawah ini merupakan tampilan GTA 5 PC yang telah di pasang MOD “GTA 5 for Super Low PC's FPS Lag Patch”.
GTA 5 dengan Low Patch FPS

GTA 5 dengan grafik seadanya
GTA 5 dengan grafik seadanya

GTA 5 dengan grafik seadanya ps2
GTA 5 dengan grafik seadanya

Jujur saya tidak menyukai MOD Low Patch di atas karena akan menurunkan kualitas grafis yang signifikan. Memang benar FPS bisa bertambah, akan tetapi kualitas gambar akan menurun sangat ekstrim. (benar-benar ekstrim)

Oleh karena itu, saya tidak menganjurkan kalian untuk menggunakan MOD Low Patch ini apabila kalian tidak ingin kehilangan “sensasi” yang sebenarnya ketika memainkan game besar bernama “Grand Theft Auto 5” tersebut.

Sebelum itu, kamu harus cek dulu spesifikasi (minimum & rekomended) PC/Laptop yang kamu gunakan sebelum mencoba GTA5 PC ini. Dan jangan sampai ada pertanyaan "main gta5 di windows 32bit bisa nggak?" (sudah ada artikelnya)

Kesimpulan...

Dengan menggunakan komputer atau pun laptop yang hanya memiliki RAM 2GB, tidak menutup kemungkinan kalian untuk bisa memainkan Grand Theft Auto 5 ini.

Kalian tetap bisa mencicipi game ini walaupun hanya memiliki RAM 2GB. Namun tetap saja, untuk mendapatkan pengalaman gaming yang sebenarnya, kalian di anjurkan untuk mematuhi “spesifikasi minimum” dari game tersebut.

Sekian...

Semoga tulisan saya di atas bisa menjadi referensi bagi kalian yang masih belum tahu/yakin mengenai bisa atau tidaknya komputer/laptop jadul memainkan game fenomenal (GTA 5), terutama bagi pengguna komputer/laptop yang hanya di lengkapi dengan 2GB RAM saja.

Sampai disini dulu untuk artikel kali ini,

Terima kasih...
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”