20 Services Windows (7, 8, 10) yang Aman untuk di Hentikan (disable)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
20 Services Windows yang Aman untuk di Hentikan!
20 Services Windows yang Aman untuk di Hentikan!
Bagi beberapa pengguna umum komputer maupun laptop windows, tentunya masih banyak yang belum mereka ketahui tentang sistem dari OS Windows itu sendiri. Terutama dalam hal services manakah yang aman untuk di hentikan.

Misalnya kemarin, saya pernah mencoba game Grand Theft Auto 5 pada sebuah laptop dengan spesifikasi Intel Core i3, Nvidia GT520m, dan RAM sebesar 2GB saja, game tersebut sudah bisa berjalan 20 – 29 FPS. (bagi saya itu cukup playable dan layak untuk di mainkan)

Nah kemudian, beberapa waktu berikutnya ada teman facebook saya yang menanyakan “Mengapa laptopnya hanya bisa mendapatkan FPS yang rendah?” Ada juga yang bahkan tidak bisa memainkan game Grand Theft Auto 5 tersebut padahal spesifikasi laptopnya sama persis dengan saya.

Mengapa bisa berbeda padahal sama?

Mengapa bisa begitu?

Jawabannya adalah...

Hampir seluruh pertanyaan tersebut saya jawab dengan “kurangi aplikasi tidak penting yang aktif di latar belakang”. Aplikasi yang saya maksud itu misalnya IDM, Yahoo Messanger, Connectify, Bluestack, dll.

Nah aplikasi tersebut secara default memang aktif di latar belakang. Bahkan aplikasi antivirus seperti Smadav pun alangkah baiknya kalian “hentikan” demi kebutuhan memaksimalkan peforma komputer/laptop yang kalian gunakan.

Tapi, bukan hanya aplikasi yang aktif di latar belakang saja yang perlu kalian perhatikan. Ada suatu hal lain yang juga tidak kalah penting untuk kalian perhatikan.

Apakah itu?

Windows Services...

Menurut saya pribadi, pengertian “services” pada Windows yaitu sebuah aplikasi tidak terlihat yang aktif di latar belakang dan tentunya services ini juga membutuhkan sumber daya komputer seperti memori, processor, bahkan data bandwidth internet kalian.

Di karenakan services juga memerlukan suatu sumber daya dari komputer kalian, maka sebaiknya kalian menghentikan services yang tidak di butuhkan tersebut demi memaksimalkan peforma dalam kegiatan gaming kalian.

Cara Membuka Services...

Sebelum itu, agar bisa menghentikan beberapa services yang saya maksud tadi, tentu saja kalian harus tahu cara membuka daftar services tersebut. Jika kalian belum mengetahui caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Tekan Windows + R

Pada Keyboard komputer atau laptop kalian, silahkan tekan tombol Windows + R. Setelah menekan tombol tersebut, maka akan keluar jendela seperti pada gambar di bawah ini.
Tekan tombol "Windows + R"

2. Ketik “services.msc”

Setelah jendela “Windows + R” tadi keluar, selanjutnya ketiklah kata “services.msc”, kemudian tekan “Enter”. Maka daftar services Windows akan muncul.
Selanjutnya ketik "services.msc"

20 Services Windows Aman di Hentikan...

Sesuai dengan judul di atas, maka tibalah saatnya saya akan memberikan referensi tentang manakah services Windows yang cukup aman jika di hentikan. (jika kalian mengetahui fungsi dari services itu sendiri)

1. Diagnostic Policy Service

Service ini berguna untuk mendiagnosa secara otomatis suatu error atau kesalahan yang sedang terjadi pada suatu komputer/laptop. Fitur ini jarang di gunakan oleh pengguna “Advanced” komputer.

Mengapa?

Karena biasanya jika ada suatu error ataupun masalah umum komputer, akan dengan mudah di atasi oleh si pengguna itu sendiri. 

Dan apabila error tersbut masih belum berhasil teratasi, pengguna masih bisa mencari solusinya untuk mengatasi masalah (umum) tersebut melalui internet.

Kalian tahu maksudnya kan?

2. IP Helper

Menurut informasi yang saya dapat, IP Helper hanya di pakai dalam konektifitas tunneling Ipv6.

3. Office Software Protection

Services ini akan muncul ketika kalian sudah menginstall aplikasi bernama Microsoft Office pada laptop/komputer kalian. Jadi sudah jelas, komputer kalian masih bisa berjalan baik tanpa adanya services yang satu ini.

4. Offline Files

Cara kerja dari Offline Files hampir sama seperti offline chache pada sebuah browser (Mozilla, Chrome, Opera, dll)

5. Plug and Play

Fitur Plug and Play berguna untuk menjalankan suatu file multimedia seperti music dan video secara otomatis. Bahkan aplikasi jenis “exe” pun bisa berjalan otomatis jika services “Plug and Play” kalian dalam keadaan aktif.

Jadi, berhati-hatilah jika Flashdisk atau pun Disc yang kalian masukan ke komputer kalian tersebut mengandung file virus. (Virus akan langsung aktif tanpa membuka drive yang baru saja di masukan)

6. Performance Logs & Alerts

Berfungsi untuk mencatat log peforma komputer yang kalian gunakan. (hanya mencatat berupa log)
Menurut kalian, penting gak sih?

7. Print Spooler

Apabila kalian sering melakukan aktifitas “print” pada komputer yang kalian gunakan, maka services ini sangat di butuhkan oleh komputer. Jika tidak, silahkan hentikan saja services bernama “Print Spooler” ini.

8. Program Compatibility Assistant Service

Services ini berfungsi untuk menjalankan program yang membutuhkan mode “Compatibility”. Jika menurut kalian program ini tidak di butuhkan, silahkan hentikan saja.

Kalian sudah tahu kan, apa itu Compatibility Mode?

9. Remote Desktop Service

Services ini berguna untuk mengatur perijinan pengguna lain dalam mengakses desktop komputer kita dari jarak jauh. Biasanya fitur ini di gunakan dalam “Team Work” pada suatu perusahaan.

Apa kalian membutuhkannya?

10. Remote Registry

Fungsi services yang satu ini hampir sama dengan “Remote Desktop”. Perbedaannya terletak pada penggunaannya. Pada Remote Registry berguna hanya untuk mengatur “Registry” dalam jarak jauh.

11. Secondary Logon

Secondary Logon di gunakan untuk Log On alternatif ketika komputer maupun laptop yang kalian gunakan mengalami “Hang” atau pun masalah lainnya.

12. Smart Card

Smart Card ini berfungsi untuk mengakses suatu kartu yang biasanya hanya di gunakan oleh perusahaan besar.

13. System Event Notification Services

Services ini berfungsi untuk memberikan pemberitahuan mengenai jaringan dan maintenence.

14. Task Scheduler

Silahkan hentikan services ini apabila kalian tidak berniat untukmenjalankan “task” secara rutin/terjadwal.

15. Windows Event Log

Fungsi dari services ini yaitu untuk merekam semua event atau kejadian yang pernah di lakukan oleh komputer/laptop yang kalian gunakan. Jika menurut kalian services ini tidak terlalu penting, silahkan hentikan saja.

16. Windows Error Reporting

Fungsi dari Windows Error Reprting yaitu membuat log program yang error. Jadi, apabila ada error pada suatu program, maka di sinilah tugas dari Windows Error Reporting untuk menampilkan pesan error tersebut.

17. Windows image Acquisition (WIA)

Apabila kalian sering menggunakan scanner atau pun kamera, services ini cukup penting. Namun jika kalian jarang sekali menggunakan scanner/kamera, maka hentikan saja services ini.

18. Windows Search

Services Windows Search ini berfungsi untuk indexing pada file-file yang ada pada komputer kalian. Jadi, proses pencarian file akan berlangsung lebih cepat, namun akan berdampak mengurangi peforma pada komputer low end.

Menurut saya pribadi, Windows Search itu tidak terlalu penting!

Kalau kalian?

19. Windows Time

Bertugas untuk sinkronisasi waktu sistem dengan waktu di internet. Kalian bisa menghentikan services ini jika tidak membutuhkannya.

20. Windows Update

Menghentikan services Windows Update sangat cocok untuk...


Tambahan...

Dari 20 daftar services di atas merupakan services yang menurut saya tidak terlalu penting dan tentu saja aman untuk di hentikan.

Apabila kalian ingin menambahkan atau bahkan memiliki daftar services tersendiri, mari kita diskusikan melalui kolom komentar di bawah.

Kesimpulan...

Sistem Operasi Windows memang menyajikan banyak fitur bagi penggunanya. Namun dari sekian banyaknya fitur tersebut, tidak seluruhnya kita butuhkan. Setiap manusia memiliki perbedaan dan kebutuhan masing-masing.

Catatan...

Saran dari saya, disable beberapa services yang memang BENAR-BENAR TIDAK KAMU BUTUHKAN fungsinya saja. Jadi tidak semua poin di atas HARUS kamu ikuti. Sebab, kebutuhan penggunaan fitur/fungsi dari tiap user itu berbeda-beda.

Sebagai contoh, ada beberapa yang masih membutuhkan "print spooler" bagi yang kesehariannya menggunakan perangkat printer, sebagian lagi ada yang TIDAK BUTUH.

Jadi ya begitulah... Tinggal di sesuaikan, sesuai kebutuhan masing-masing...
Poin-poin di atas, saya tulis berdasarkan apa yang tidak saya butuhkan!

Sekian...

Cukup sekian dulu untuk artikel mengenai 20 Services Windows yang Aman untuk di Matikan. Semoga artikel yang saya tuliskan di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sampai di sini dulu,

Terima kasih