Arti Penunjuk Arah: Ngalor, Ngidul, Ngetan, Ngulon di Bahasa Jawa

Ngalor, Ngidul, Ngetan, Ngulon dalam Bahasa Jawa
Ngalor, Ngidul, Ngetan, Ngulon dalam Bahasa Jawa...
Bagi yang bukan asli orang jawa, mungkin akan bingung dengan maksud penunjuk arah Ngalor, Ngidul, Ngetan dan Ngulon dari Bahasa Jawa. Bahkan orang asli jawa pun terkadang bingung dengan istilah penunjuk arah ini. (ngomongin diri sendiri)

Oleh karena itu, disini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat mengenai pengertian dan maksud dari istilah Ngalor, Ngidul, Ngetan dan Ngulon tersebut.

Baca: Kualitas sinetron Indonesia saat ini gimana, jelek?

Arti Petunjuk Arah...

Compass
Compass - pixbay.com
Jika di ubah ke Bahasa Indonesia, artinya itu seperti ini...

  • Istilah Ngalor, berarti Utara
  • Istilah Ngidul, berarti Selatan
  • Istilah Ngetan, berarti Timur
  • Istilah Ngulon, berarti Barat

Kira-kira sepeti itulah arti dari Ngalor, Ngidul, Ngetan dan Ngulon. Jadi mulai sekarang jangan sampai bingung lagi. (lagi-lagi ngomongin diri sendiri)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Arti Penunjuk Arah: Ngalor, Ngidul, Ngetan, Ngulon di Bahasa Jawa. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”