Cara Setting Aether SX2 agar Lancar + Anti LAG (Preset 60fps)

Preset khusus untuk HP spesifikasi Low End (Aether SX2)
Preset khusus untuk HP spesifikasi Low End (Aether SX2)
Cuy, di postingan kali ini aku mau membagikan sebuah trik sederhana agar emulator PS2 yang bernama Aether SX2 yang kalian gunakan itu bisa lancar 60fps tanpa LAG.

Karena sejauh ini emulator terbaik yang memiliki peforma yang masuk akal, ya cuma Aether SX2 ini. (untuk saat ini)

Beberapa pesaing yang udah muncul duluan seperti Damon PS2 bisa di bilang ketinggalan jauh. Bahkan dari segi tampilan dan peforma, masih kalah dengan emulator Aether SX2. (padahal Damon PS2 itu berbayar.

Tips: Cara Perbaiki Aether SX2 Gagal Import BIOS di HP Xiaomi (MIUI)

Persiapan penggunaan Aether SX2 (android)

Okelah langsung saja, beberapa tips ini bisa kamu coba jika ingin menambah potensi peforma di HP android kalian saat menggunakan emulator Aether SX2.

Tapi sebelum menuju tips, kamu baca dulu beberapa poin dibawah.

1. Pahami spesifikasi di HP yang kamu gunakan.

Hal pertama yang paling awal, kamu harus tau dulu sejauh mana harware yang saat ini kalian gunakan. Harus tau dulu, si hardware itu mampunya seberapa.

Karena nggak lucu jadinya kalo kamu mengingkan lompatan peforma yang signifikan, tapi spesifikasi yang di pakai terlampai low end.

Jadi pahami dulu spesifikasi yang kamu gunakan. Speknya segini, ya harus realistis juga kira-kira lompatan peformanya nanti bakal seberapa.

2. Pastikan OS android dalam kondisi terbaiknya.

Sebagian besar pengguna OS android tidak memperhatikan bagaimana kondisi OS yang saat itu mereka gunakan.

Jadi spesifikasi hardware yang merka pakai udah termasuk medium keatas, namun peformanya malah mirip-mirip seperti HP kelas bawah. Bahkan adapula yang LAG parah hingga tidak bisa dimainkan.

Yang bikin jengkel, beberapa dari mereka malah menyalahkan merk/chipset yang di pakai. Padahal masalah utamanya ada di bagian OS android yang "kurang sehat" akibat kurangnya perawatan.

Beberapa hal yang bisa memperlambat OS android seperti

  • Aplikasi tidak penting yang aktif di background
  • Virus iklan yang terlanjur Aktif
  • Dan permasalah software lainnya

Semakin lama penggunaan/umur dari OS itu dipakai, maka besar kemungkinan OS android tersebut berada dalam kondisi yang kurang baik.

3. Cukup, itu aja dulu...

Sejauh ini hanya itu saja, lain kali akan aku tambahkan...

Setting sederhana penggunaan Aether SX2

Beberapa tips untuk penggunaan Aether SX2

1. Download langsung di Google Playstore

Jangan sekali-kali menginstall Aether SX2 versi modifikasi di pencarian google. Bisa jadi itu berisi iklan, virus, dll yang justru membuat HPmu tidak 100% kompatibel.

2. Kurangi aplikasi tidak penting yang aktif di background.

Siapkan dulu OS androidmu. Sebisa mungkin kurangi aplikasi yang tidak kamu gunakan. Hapus juga beberapa aplikasi tidak jelas yang terinstall di HPmu.

Kamu bisa mengeceknya di bagian Setting->>Semua Aplikasi

3. Setting/Preset Aether SX2

Setelah persiapan sudah, maka buka aplikasi Aether SX2.

App Setting  - Aether SX2
App Setting  - Aether SX2
Disini kamu pergi ke menu "App Setting", kemudian di bagian "System" ubah settingan dibawah ini:

SYSTEM

  • EE Cycle Rate jadi 75%
  • EE Cycle Skip jadi "Moderate Underclock (2)
  • Enable Fastmem
  • Enable Affinity Control

GRAPHICS

  • Enable Widescreen Patches
  • Aspek Ratio "Stretch" (optional)
  • Blending Accuracy "Basic"
  • Enable Preload Textures
  • Software Rendering 6 Thread

Beberapa setting mungkin bisa dirubah-rubah seiring adanya update dari developer aplikasinya.

4. Saat hendak buka game, pilih "game properties"

Properties  - Aether SX2
Properties  - Aether SX2
Dibagian menu properties ini kamu pergi ke "System Setting", kemudian pilih "Set fast/unsafe preset".

Fastest/Unsafe  - Aether SX2
Fastest/Unsafe  - Aether SX2
Settingan tersebut adalah preset bawaan bagi kamu yang tidak ingin repot-repot setting satu persatu. Namun kamu tetap bisa setting ulang sesuai kebutuhan setelah menekan tombol ini.

Sebagai contoh, spek yang saya pakai menggunaan CPU Snapdragon 720G. Dengan spek ini sebenarnya masih mampu menjalankan resolusi nativ 2x. Jadi secara manual di ubah lagi, alias tidak harus mengikuti preset yang ada.

5. Cari game versi RIP saja.

Beberapa game PS2 ada yang sudah di pangkas hingga menjadi ukuran kecil. Beberapa komponen yang di pangkas biasanya di bagian movies, texture (jarang), dan komponen penting lain yang dirasa tidak digunakan oleh sebagian besar pemain PS2.

Nah kalau yang ini kalian mau tidak mau harus unduh di pencarian google. Silahkan unduh di website populer yang menyediakan ROM games console.

Kesimpulan...

Aether SX2 sebenarnya sudah memiliki peforma yang baik jika dibandingkan dengan DamonPS2. Namun untuk beberapa game perlu dilakukan setting manual agar bisa jalan stabil 60fps dan bisa masuk kedalam kategori playable.

Dan untuk pengguna HP yang spek-nya PAS-PASan, jangan terlalu berekspektasi berlebihan.  Sebuah preset tidak serta merta membuat gamenya PASTI langsung bisa lancar. Karena yang paling berpengaruh tetap ada di bagain hardware apa yang di pakai.

Jika segala cara sudah dilakukan dan belum berhasil, mungkin memang spesifikasi yang di gunakan terlampau jadu dan udah waktunya untuk di ganti.


Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Setting Aether SX2 agar Lancar + Anti LAG (Preset 60fps). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”