Cara Mengatasi Gagal Import BIOS Aether SX2 di HP Xiaomi (fix)

Tidak bisa import BIOS/Game di emulator AetherSX2
Tidak bisa import BIOS/Game di emulator AetherSX2?? Pakai cara ini aja
Seperti judul di atas, gagal proses import BIOS ini sering terjadi pada ponsel yang menggunakan OS android ROM MIUI. Jadi apapun merk ponselnya, jika ROM/CUSROM yang kalian gunakan base-nya dari MIUI, kemungkinan bisa mengalami error ini pada AetherSX2.

Seperti yang udah sering aku alami beberapa bulan belakangan ini semenjak rilisnya emulator Aether SX2 di Playstore. Pada saat melakukan import BIOS ataupun import game pada menu Aether SX2, si emulator ini malah tidak merespon apa-apa.

Harusnya setelah import muncul daftar game/bios (tapi malah tetep kosong)
Harusnya setelah import muncul daftar game/bios (tapi malah tetep kosong)

Padahal perijinan akses file udah di setting "boleh", file BIOS/ISO tidak ada yang rusak, dll udah di testing semuanya. Tidak ada yang bermasalah pada file.

Fitur Optimisasi MIUI, ini Penyebabnya!!

Ternyada di dalam Xiaomi kalau kalian sering oprek ponsel android, pasti pernah sekilas melihat menu ini. Lokasi Optimisasi MIUI ini ada di Setting->>Setelan Tambahan->>Opsi Pengembang->>Optimisasi MIUI.

Fitur Optimisasi MIUI pada HP Xiaomi, jadi penyebab error!
Fitur Optimisasi MIUI pada HP Xiaomi, jadi penyebab error!

Nah setting ini ternyata yang jadi permasalahan!! Emulator Aether SX2 tidak akan bekerja dengan semestinya jika fitur Optimisasi MIUI dalam keadaan aktif/enable/ON.

Sama halnya dengan Vanced Manager. Didalam aplikasi tersebut juga menyarankan untuk disable Optimisasi MIUI jika henda menggunakan Vanced Manager.

Jadi solusinya gimana?

Ya simpel aja, kamu cukup menuju ke opsi pengembang, lalu matikan fitur Optimisasi MIUI pada saat henda menambahkan game/import BIOS pada emulator Aether SX2.

Disable fitur Optimisasi MIUI
Disable fitur Optimisasi MIUI
Cukup disable pada saat proses import saja udah cukup. Jika BIOS & Game udah berhasil terbaca dengan sempurna, kamu boleh mematikan Optimisasi MIUI lagi seperti semula.

Gameplay game "God Hand" berjalan dengan normal di Redmi 9 Pro
Gameplay game "God Hand" berjalan dengan normal di Redmi 9 Pro

Dan sejauh ini belum ada masalah lagi yang mencul pada saat gameplay dengan kondisi Optimisasi MIUI aktif.

Info Tambahan...

Menurut beberapa testing dan uji coba di beberapa ponsel yang saya miliki. Produk ponsel Xiaomi keluaran terbaru terkadang memang memiliki permasalahan ini jika OS yang di gunakan sudah menggunakan android 11 keatas.

Ini hanya kesimpulan sementara berdasarkan ponsel yang saat ini masih saya gunakan saja. 

Di tipe HP Xiaomi yang lain ada juga yang normal, walaupun tipe baru.

Tapi yang jelas, error gagal import BIOS/Games di AetherSX ini gara-gara Optimisasi MIUI yang aktif.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Gagal Import BIOS Aether SX2 di HP Xiaomi (MIUI). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih

“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”