advanced web statistics 6 Cara Mengatasi Game PS3 yang tidak Bisa Dibuka (100% fix) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email...?

6 Cara Mengatasi Game PS3 yang tidak Bisa Dibuka (100% fix)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Game PS3 tiba-tiba tidak bisa dibuka?
Game PS3 tiba-tiba tidak bisa dibuka?
Tips ini sebenarnya bisa juga kamu gunakan pada PS3 seri lain, mulai dari PS3 Fat, Slim dan Super Slim intinya sama aja. Paling cuma berbeda di bagian tipe software/firmware apa yang sedang dipakai. (CFW, HFW atau OFW)

Nah kejadian game PS3 tidak bisa dibuka ini biasanya sering terjadi pada firmware yang sudah di modifikasi, yaitu tipe CFW dan juga HFW/HEN. (hanya berdasarkan pengalaman saya saja, belum tentu semua begitu)

Sedangkan tipe firmware OFW jarang terjadi error, tinggal masukan BD original, tunggu, setelah itu buka gamenya 90% pasti jalan. (tergantung kondisi optic dan BlueRay Disk)

Gimana cara ngatasinya?

Oke, bagi kamu yang udah terlanjur mengalami game PS3 tidak bisa dibuka, nggak ada salahnya untuk mencoba cara sederhana ini.

Tapi sebelum menuju ke gimana ngatasinnya, ada baiknya kamu ketahui dulu tipe firmware PS3 apa yang kamu gunakan.

Oke, yang pertama adalah...

1. Tipe OFW (original firmware)

Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas tadi, bahwa hal yang memungkinkan game PS3 tidak bisa di buka yaitu hanyalah di bagian kondisi optic & BD. Ya walaupun tidak menutup kemungkinan sisi software/firmware menjadi penyebab juga.

Tapi yang sering terjadi jika kamu masih menggunakan PS3 OFW yaitu cek lah kondisi optic, ataupun kondisi BD / kaset original PS3 kamu. (pastikan bersih dan tidak ada debu disana)

Jika sudah yakin bahwa 2 bagian ini tidak bermasalah, barulah untuk mencoba perbaiki di bagian software/firmware. Orang-orang biasanya melakukan reset pabrik, update software, rebuild database si PS3.

Pengguna PS3 firmware ori / OFW tentu bukanlah hal yang menakutkan dalam melakukan update software.

2. Tipe CFW (custom firmware)

Jika PS3 kamu jenis CFW, maka kemungkinan besar yang bermasalah yaitu di bagian software yang tidak sengaja terupdate, sehingga menyebabkan aplikasi multiman tidak bisa berkerja lagi di sistem OS PS3 yang sudah terupdate tadi.

Solusinya yaitu dengan cara downgrade firmware, atau jika memungkinkan cobalah untuk re-install ulang firmware CFW tersebut. Kamu bisa cari info install CFW ini di youtube atau dimana pun, intinya pastikan langkah 100% benar!

Selain bagian software, bisa jadi ada kerusakan bad sector di bagian hardisk. Alasannya, karena data game di PS3 CWF 100% berada di hardisk. Jadi jika hardisk sudah mulai error, maka data game tidak akan bisa terbaca dengan benar. (tidak bisa dibuka)

3. Tipe HFW (semi CFW/HEN)

Sebuah tipe firmwre yang cukup baru, sebab firmware ini baru saja di temukan pada tahun 2019 lalu oleh ps3exploit. Kelebihan HFW ini yaitu firmware sebenarnya masih dalam kondisi OFW, namun di dalamnya sudah terdapat aplikasi multiman.

Nah aplikasi multiman ini dulu hanya bisa di install jika firmware PS3 yang digunakan berjenis CFW, namun sekarang sudah bisa di install juga pada firmware OFW. (lebih tepatnya PS3 HFW / PS3 HEN)

Namun sejauh ini yang saya alami, yaitu game terkadang freeze dan juga tidak bisa di buka dengan tampilan "blackscreen" pada saat boot awal game. Kejadian ini sangat-sangat random dan tidak bisa di tebak kapan terjadinya.

Setelah beberapa minggu uji coba ini dan itu, ternyata hal tersebut di akibatkan aplikasi Multiman dan Webman yang konflik. Jadi ketika 2 aplikasi ini terinstall bersamaan, maka blackcreen / freeze kemungkinan akan terjadi.

Blackscreen / terkadang freeze ini saya alami pada PS3 Super Slim seri CECH-4006C. Dan ketika saya tanyakan pada grup FB PS3 Indonesia, mereka bilang error blackscreen/freeze ini akibat multiman &webman terinstall keduanya.

Dan ada info tambahan lagi, bahwa error freeze/blackscreen akibat multiman ini tidak terjadi di semua console/PS3. (hanya beberapa pengguna saja)

Btw, tips mengatasi PS3 blackscreen/freeze sudah pernah saya tulis di blog ini.

4. Tipe ODE (optic MOD)

PS3 ODE masih menggunakan optic disk
PS3 ODE masih menggunakan optic disk
PS3 yang sudah di modifikasi agar bisa membaca game PS3 bajakan dalam bentuk disk. Nah dikarenakan masih menggunakan optic, kemungkinan yang rusak adalah bagian optic tersebut yang sudah mulai lemah/rusak, jadi tidak bisa membaca game dengan benar.

Belum ada solusi yang 100% work, jika kamu pengguna awam seperti saya. Mending minta bantuan ama teknisi PS3 langsung, jika kerusakan ada di bagian hardware seperi ini.

5. Tipe OFW HAN (.pkg)

Hampir mirip seperi poin nomor 3 tadi, yaitu firmware yang digunakan masih berupa software asli dari website SONY. Bedanya, hanya terletak di bagian XMB yang sudah terpasang script agar muncul sebuah menu baru, yaitu "Install Package".

Nah menu "Install Package" ini bisa kamu gunakan untuk isi game PS3 ber-ekstensi ".pkg"

Dan permasalahan umum yang sering terjadi jika game tidak bisa terbuka pada PS3 HAN adalah, kemungkinan besar file game PKG yang kamu download tadi corrupt/tidak ter-download dengan sempurna.

Jika file/part game tidak lengkap, maka kemungkinan besar game tidak akan terbuka, freeze, blank bahkan tidak dapat di mainkan sama sekali.

6. Belum ada tambahan

Sejauh ini belum ada hal lain yang bisi saya tambahkan, lain kali akan di edit lagi.

Kesimpulan...

Ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan game PS3 tidak bisa di buka. Dan tiap firmware yang digunakan pun, memiliki cara penanganan yang berbeda-beda pula.

Ingat ya, saya hanya berbagi info PS3 berdasarkan apa yang pernah saya alami selama main game PS3. (hanya berbagi pengalaman, nggak ahli-ahli amat) ๐Ÿ˜Œ

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 6 Cara Mengatasi Game PS3 yang tidak Bisa Dibuka (100% fix). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Jika ada hal penting yang mau ditanyakan, silahkan PM saya di media sosial / halaman about. ๐Ÿค Ingin kerjasama??? Silahkan contact admin reza.nauma@gmail.com ✅

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi...
๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘☕☕☕☕