advanced web statistics 5 Penyebab & Solusi PS3 sering Freeze, Blackscreen & Hang (fix) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email...?

5 Penyebab & Solusi PS3 sering Freeze, Blackscreen & Hang (fix)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Sering ngalamin PS3 terkadang freeze
Sering ngalamin PS3 terkadang freeze? Coba cara ini aja!
Halo gaes selamat pagi, selamat malam, selamat apapun dan dimanapun kamu berada. Sesuai judul artikel di atas lah ya, saya akan memberikan sebuah trik sederhana dalam mengatasi PS3 yang terkadang mengalami freeze, hang, macet, dll. (masih banyak lagi sebenarnya)

Entah itu PS3 seri FAT, SLIM ataupun SUPER Slim bisa kamu gunakan cara yang sama persis, asalkan bukan PS4 atau malah PC. (kalo yang itu jelas udah kejauhan, beda jalur)

Ketahui dulu, apa penyebab PS3 sering freeze!

Oke sebelum melangkah ke solusinya, ada baiknya kamu ketahui dulu beberapa penyebab yang bisa memungkinkan si PS3 ini bisa freeze. (seperti yang saya alami kemarin pada PS3 Super Slim OFW)

Dan menurut pengalaman pribadi, beberapa hal sepele yang bisa memungkinkan PS3 terkadang jadi freeze itu adalah.

1. BD game rusak / corrupt

Contoh: game God of War Ascension pkg (bajakan)
Hal paling mendasar jika kamu masih menggunakan BlueRay Disk original yaitu software dari game-nya itu sendiri yang telah mengalami file corrupt yang menyebabkan si mesin PS3 tidak bisa membaca game tersebut dengan benar.

Nah jika sudah seperti ini, maka akan menyebabkan pada saat gameplay terkadang kejadian glitch, infinite loading, freeze dan beberapa kemungkinan error lainnya.

Ada tapinya… proses read game yang gagal ini tidak melulu dikarenakan BD yang rusak/corrupt, bisa jadi malah optic PS3nya yang sudah lemah, jadi tidak bisa membaca file game dengan benar. Atau, bisa juga akibat kerusakan pada komponen hardware PS3 bagian lain.

Ada info tambahan lagi:

Game corrupt ini sebenarnya sangat-sangat jarang terjadi, jika menggunakan BD original.

Beda cerita jika menggunakan game PS3 bajakan yang hasil download di internet! Kejadian seperti game corrupt, missing texture, dan error lainnya menurut saya ya wajar jika menggunakan game gratisan CFW, HFW, dll)

UPDATE: game hasil download resmi dari PSN juga bisa corrupt! (jika koneksi tidak stabil)

2. Hardisk udah lemah / bad sector

Hardisk PS3 yang ada di dalam PS3 (sama seperti laptop 2,5 inch)
Hampir berkaitan dengan poin nomor 1 tadi, hardisk yang udah terlalu tua biasanya udah rentan yang namanya bad sector.

Nah kondisi hardisk yang sudah bad sector ini, menyebabkan file yang tersimpan di dalamnya tidak bisa terbaca dengan sempurna (atau bahkan tidak terbaca sama sekali), sehingga menyebabkan PS3 jadi freeze, blank, macet di tengah jalan.

3. Terlalu banyak user account

Poin nomor 3 ini kemungkinannya agak kecil sih... Tapi jika user account di PS3 kamu udah terlalu banyak, mending di hapus aja beberapa yang udah nggak terpakai.

Sebab, data account yang terlalu banyak ini bisa menyebabkan freeze juga... Apalagi jika sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Selain itu, pernah juga saya mengalami error pada saat loading trophy gara-gara user accont yang saya gunakan. (setelah di delete ganti account, auto normal)

4. Aplikasi multiman & webman konflik

Kejadian inilah yang saya alami pada PS3 Super Slim ketika menggunakan firmware HFW "HEN" yang kemudian di install Multiman & Webman sekaligus. PS3 jadi sering random freeze di bagian XMB dan juga ketika awal load/startup game.

Setelah beberapa minggu testing dan ujicoba berbagai cara, akhirnya ketemulah sebuah kesimpulan bahwa freeze ini hanya terjadi jika saya menginstall Webman dan Multiman keduanya sekaligus. (bersamaan)

Catatan: kemungkinan yang satu ini KHUSUS bagi pengguna PS3 yang menggunakan firmware HFW 4.84 / 4.85. Dan itu pun tidak semua PS3 mengalaminya. (hanya beberapa PS3 saja)

5. Belum ada tambahan...


Sejauh ini belum ada hal lain yang bisa saya tambahkan. (belum 100% fix)
Nah dengan banyaknya kemungkinan ini, tentunya nanti akan berdampak pada bagian solusinya yang berbeda-beda pula.

Sekarang lanjut ke bagian SOLUSI...

Beberapa trik sederhana mengatasi PS3 / Playstation 3 yang freeze ini saya tulis berdasarkan urutan dari poin di atas tadi.

Silahkan baca sampai tuntas!

#1. BD / Software game corrupt

Jika menggunakan BD PS3 ori, kemungkinan corrupt sangat kecil. (jarang terjadi)

Jika menggunakan game bajakan CFW / PKG, pastikan proses download sudah berjalan dengan sempurna. (jangan sampai ada file yang kurang / gagal download)

Cek juga kondisi optic PS3 kamu, apa masih normal??

#2. Hardisk bed sector?

Coba dengarkan bagian hardisk PS3 kamu. Jika ada bunyi "cetek-cetek" ketika dinyalakan / saat sedang gameplay, kemungkinan hardisk udah hampir rusak.

Kalo mau sih ya, gantilah dengan hardisk seken / bekas dari copotan laptop / netbook. (harganya udah sangat murah, minimal 320gb/500gb)

#3. Terlalu banyak user account?

Hapus beberapa user account yang sudah tidak di gunakan.

Kalo saya, maksimal 2 aja. (pemakaian pribadi)

#4. Freeze akibat multiman & webman?

Sejauh ini, solusi yang saya dapatkan yaitu dengan cara uninstall salah satu dari 2 aplikasi tersebut.

Saran saya mending install yang webman aja, karena bagi saya webman itu SANGAT penting untuk bagian fungsi cek suhu & atur speed kipas. (install game bisa lewat file PKG aja udah cukup)

Kesimpulan...

Ada banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan PS3 mengalami kejadian random freeze! Agak susah juga kalo cuma ngira-ngira / nggak di cek secara langsung.

Catatan...

Haduh, capek juga nulis sebanyak ini...

Udah dulu ya gan...

Dan kalo ada yang mau di tanyakan, silahkan langsung komen aja!

Sekian...

Itulah artikel mengenai beberapa penyebab & solusi PS3 tiba-tiba Freeze, blackscreen & Hang. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Jika ada hal penting yang mau ditanyakan, silahkan PM saya di media sosial / halaman about. ๐Ÿค Ingin kerjasama??? Silahkan contact admin reza.nauma@gmail.com ✅

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi...
๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘☕☕☕☕