advanced web statistics Cara Mengatasi Tencent Gaming Buddy Failed to Start/was not Properly Closed - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Mengatasi Tencent Gaming Buddy Failed to Start/was not Properly Closed

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Tencent Gaming Buddy Failed to Start/was not Properly Closed
Serius, bener-bener nggak ngerti ama nih game... Baru saja sekitar 2 hari yang lalu selesai download sekitar/hampir 2GB, game ini mampu berjalan dengan semestinya alias 100% NORMAL. (walaupun harus menunggu download selama berjam-jam dahulu)

Di hari kedua, game ini juga sempat saya mainkan dalam beberapa match di mode Squad. Semua normal, tidak ada gejala aneh saat dimainkan. Dan saya pun tidak mengutak-atik system dari file-file yang ada pada folder Tencent Gaming Buddy ini.

Nah ini dia, dihari ketiga game PUBG Mobile PC versi Tencent Gaming Buddy ini tiba-tiba tidak bisa di buka, alias error!

Jadi tiap di klik Play pada tampilan awal emulator, yang muncul hanyalah persenan yang berhenti di 54% yang kemudian dilanjutkan dengan muncul error dengan tulisan seperti di bawah ini:
tencent gaming buddy failed to start
the emulator the emulator was not properly closed
Jujur, saya agak emosi dibuatnya...

Sebab, di hari sebelumnya saya sudah download selama berjam-jam hanya untuk menyelesaikan proses download game ini di PC dengan koneksi internet yang PAS-PASan. Belum lagi saat proses download, saya harus tetap siaga menekan tombol “Retry” di saat koneksi sedang terputus.

Sekedar info, jika tidak menyadari/lupa menekan retry maka proses download tidak akan berjalan (sudah jelas), jadi kegiatan menunggu selama berjam-jam itu nggak guna 😒

Oleh karena itulah, disaat sedang proses download saya harus memastikan bahwa “progres” download-nya harus masih terus berjalan. Jangan sampai tidak menyadari/lupa menekan tombol Retry saat koneksi sedang tidak stabil.

Si emulator Tencent Gaming Buddy ini tidak bisa otomatis PAUSE ataupun otomatis resume. Jika koneksi tidak stabil, auto muncul tombol Retry dan HARUS di pencet. (walaupun koneksi sudah kembali stabil, proses download tidak otomatis berlanjut, HARUS klik manual)

Mangatsasi PUBG Mobile Failed to Start

was not Properly Closed

Waktu sudah berlalu, akhirnya saya telah menemukan sebuah cara dalam mengatasi Tencent Gaming Buddy (PUBG Mobile) yang muncul error

Langkahnya agak merepotkan memang... Sebab jika gagal, maka kamu harus men-download ulang data game dari PUBG Mobile dari awal lagi. (di mulai dari 0%)

Cara ini hanya iseng-iseng saja saya coba lakukan, dan ternyata memang work!
  1. Pertama, lakukan backup terlebih dahulu data game (APK + Data) dari PUBG Mobile. Lokasi data gamenya ada di C:\Temp\TxGameDownload\MobileGamePCShared
    Simpan file backup di tempat aman. (kalo saya, biasanya di desktop)
    Simpan file backup di tempat aman. (kalo saya, biasanya di desktop)
  2. Setelah itu uninstall Tencent Gaming Buddy sampai bersih. (pastikan di Program Files sudah tidak ada lagi file sisa-sisa)
    Folder program file sudah kosong
    Folder program file sudah kosong
  3. Jika sudah di uninstall, restart PC/Laptop.
    PC sedang melakukan restart...
    PC sedang melakukan restart...
  4. Selanjutnya, install kembali PUBG Mobile menggunakan installer yang bisa di dapatkan di website resmi Tencent Gaming Buddy.
    File installer Tencent Gaming Buddy
    File installer Tencent Gaming Buddy
  5. Lakukan install seperti biasa, selanjutnya installer akan mengunduh file Engine dari emulator. Biarkan installer mengunduh + pasang file engine emulatornya dulu. (ukurannya kecil)
    Proses install + download Engine (emulator)
    Proses install + download Engine (emulator)
  6. Selanjutnya akan muncul tampilan emulator Tencent Gaming Buddy yang sedang mendownload data file dari game PUBG Mobile. Nah, proses download bagian inilah yang ukurang file game-nya cukup besar.
    Proses download data game PUBG Mobile
    Proses download data game PUBG Mobile
    Jadi yang perlu kalian lakukan hanyalah menutup/close  emulator yang sedang men-download tersebut melalui Task Manager.

  7. Setelah engine emulator tertutup, lakukan pemindahan data file game yang sudah di amankan tadi ke lokasi pada poin Pertama. (C:\Temp\TxGameDownload\MobileGamePCShared)
    Paste file backup ke tempat semula
    Copy/paste file backup ke tempat semula
  8. Setelah file backup tadi di pindahkan, silahkan buka kembali emulator Tencent Gaming Buddy, maka proses sync akan segera berlangsung.
    Proses sync + install
    Proses sync + install
  9. Tunggu proses sampai selesai...

Dengan melakukan langkah di atas, maka kamu tidak perlu lagi mengunduh data file game PUBG Mobile dari awal. Cara tersebut sudah pernah saya coba dan ternyata berhasil. (proses download sangat cepat, tidak sampai berjam-jam)

Alasannya mungkin data file game sudah ada, jadi si emulator tidak perlu mendownload lagi dari 0%, namun justru akan dilakukan pengecekan ulang oleh emulator dengan file-file yang kemungkinan sudah ada. (jadi hanya melanjutkan)

Tambahan...

Perlu di ketahui, dikarenakan pihak Tencent Buddy & PUBGM sering melakukan update, maka besar kemungkinan susunan file dari gamenya akan berbeda dari versi game sebelumnya.

Dampaknya, jika sewaktu-waktu muncul update terbaru, maka kamu tetap HARUS melakukan download mulai dari 0% lagi. Hal ini baru saja saya alami ketika muncul PUBG Mobile update terbaru versi 0.9.0.

File backup harus memiliki versi yang sama juga dengan versi yang sedang berlaku saat itu juga.

Sedangkan untuk masalah lain seperti:

  • error code 1, error code 3
  • Tencent Buddy not working
  • network error login failed/error
  • stuck on loading screen
  • failed to initialize rendering engine

Sejauh ini saya belum bisa, bahkan belum pernah mengalaminya sama sekali. Dilain waktu, mungkin akan saya tambahkan. (jika memang sudah pernah mengalami langsung)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Tencent Gaming Buddy Failed to Start/was not Properly Closed. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.