advanced web statistics Cara agar Proses Download Game Steam tidak Error Mengulang 0% - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara agar Proses Download Game Steam tidak Error Mengulang 0%

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Coba lakukan agar Proses Download Game Steam tidak Error Mengulang 0%
Coba lakukan agar Proses Download Game Steam tidak Error Mengulang 0%
Bagi orang yang sudah beralih dari game bajakan ke game original, tentunya sangat mengandalkan suatu aplikasi bernama Steam. Oleh karena itu, sudah sepatutnya para PC Gamer harus menginstal aplikasi Steam ini di PC Gaming kesayangan mereka.

Nah tapi ada masalahnya, biasanya pada saat proses download suatu game, si aplikasi Steam ini terkadang error. Error ini menyebabkan progress download yang misalnya sudah berjalan 60% atau 70% keatas, terkadang mengalami pengulangan kembali ke 0% lagi.

Tentu hal tersebut sangat-sangat "sakit" dan juga menjengkelkan, terutama bagi yang koneksi internetnya mengandalkan paket data terbatas.

Penyebab Steam Error Mengulang 0%

Dikarenakan saya juga baru saja mengalami hal tersebut ketika men-download DOTA 2, akan saya coba jelaskan & sebutkan beberapa penyebab yang memungkinkan terjadinya proses download mengulang lagi dari 0% ketika download di Steam.

Ini dia penyebabnya, yang pertama adalah...

1. Koneksi tidak stabil

Koneksi sedang tidak stabil
Koneksi sedang tidak stabil
Walaupun aplikasi Steam sudah memiliki fitur auto resume lebih baik dibandingkan IDM, namun tetap saja tindakan PAUSE, RESUME, PAUSE, RESUME terus-terusan secara berulang akan berdampak pada susunan file game yang "kemungkinan" akan rusak.

Lebih baik berusaha agar tindakan PAUSE/RESMUE itu di hindari, dan dilakukan jika memang SANGAT-SANGAT terpaksa saja.

Sudah pernah mendengar pepatah mengatakan "Mencegah lebih baik, dari pada mengobati" belum?

Yah biarpun sebenarnya nggak ada kaitannya sama sekali dengan game 😌

2. Game mendapat update rilis terbaru

DOTA 2 sering ada update dari developer-nya
DOTA 2 sering ada update dari developer-nya
Nah ini dia yang saya alami ketika men-download DOTA 2.

DOTA 2 dikenal sering melakukan update pada waktu-waktu tertentu. Biasanya dalam beberapa bulan, bahkan 1 minggu 1 update kecil-kecilan pun ada. Tapi untuk "sekarang", sudah tidak sesering dulu lagi.

Jika proses download-mu sudah berlangsung setengah jalan, dan ketika saat itu juga ada rilis update terbaru dari VALVE, maka proses download tersebut "biasanya" akan mengulang lagi dari awal. Jika file updatenya cukup besar, kamu diharuskan mengunduh data game baru tersebut semuanya lagi.

(sedangkan file lama akan di buang, ke laut)

3. Data file game di hardisk berpindah

Data game pindah lokasi/path
Data game pindah lokasi/path
Bisa jadi folder \steamapps\common yang ada di komputermu berpindah lokasinya. Hal tersebut tentunya akan membuat aplikasi Steam mengunduh lagi file game dari awal, jika directory game terdeteksi KOSONG.

4. Partisi lokasi game corrupt/error/dll

Pastikan hardisk-mu keadaannya "sehat" 100%
Pastikan hardisk-mu keadaannya "sehat" 100%
Hampir berkaitan dengan nomor 3 tadi, bedanya data game yang ada di folder \steamapps\common kemungkinan corrupt/error pada bagian hardisk. Hingga akhirnya menyebabkan aplikasi tidak dapat membaca file hardisk dengan benar.

5. Dan masih banyak lagi...

Masih banyak lagi kemungkinan lain yang menyebabkan aplikasi Steam mengalami error, terutama kejadian download yang mengulang dari awal 0%. Dan yang saya sebutkan di atas hanyalah menurut pengalaman / pendapat pribadi selama memakai aplikasi Steam.

Berlanjut ke...

Cara Menghindari...

Agar Proses Download di Steam tidak Mengulang 0%

Sebenarnya mudah saja, tinggal JANGAN lakukan apa yang sudah saya sebutkan di atas tadi... Misalnya seperti:

  • Sering PAUSE/RESUME ketika download✔
  • Mengutak-atik file directory \steamapps\common
  • Unduh di saat sudah ada versi rilis terbaru saja✔
  • Pastikan "kesehatan" Hardisk (HDD) normal.✔
  • Udah, itu saja...✔

Sejauh ini hanya itu saja tips agar agar Proses Download Game Steam tidak Error Mengulang 0%. Jika kamu memiliki pendapat lain ATAU mau menambahkan, silahkan komen aja. (Saya juga manusia biasa, bisa aja salah/khilaf) 😶

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, ✔usahakan tidak PAUSE/RESMU ketika download, ✔Mengutak-atik file directory \steamapps\common, ✔pastikan "kesehatan" Hardisk (HDD) normal.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara agar Proses Download Game Steam tidak Error Mengulang 0%. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

2 Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.