Windows 7 vs Windows 8.1 vs Windows 10! Manakah yang Paling Ringan?

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
mana yang lebih bagus, Windows 10 cocok untuk main game?
Manakah OS Windows yang paling ringan? Mari kita pecahkan!!!
Sebuah pertanyaan "klasik" yang sering di tanyakan oleh beberapa pengguna komputer & laptop di seluruh pelosok bumi ini, yaitu Windows 7 VS Windows 8.1 VS Windows 10, mana sih di antaranya yang paling RINGAN???


Yap memang benar, hingga artikel ini di tulis pun, tak terpungkiri lagi bahwa pasti masih ada saja orang baru/awam (newbie) yang menanyakan hal tersebut.

Tidak ada yang salah dengan pertanyaan ini, hal itu wajar, karena memang tidak semua orang itu pengetahuannya sama persis. (sudah pasti berbeda-beda, dan akan selalu muncul pertanyaan yang sama berulang-ulang)

Setuju??? (saya anggap kalian setuju semua)

Jawaban dari para master...

Jika kamu pernah menanyakan hal tersebut di media sosial, misalnya saja yang paling umum adalah Group Facebook. Di antara mereka (anggota group) yang berkomentar pasti ada yang menjawab seperti ini:
Setiap sistem operasi itu punya kelebihan & kekurangannya masing-masing masbro!”
Iya, itu memang benar sih masbro. Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan. (saya sangat setuju, sebab Ciptaan manusia)

Tapi ayolah... Agar semakin "menantang", mari kita coba pelajari & selidiki dengan cara yang sederhana saja, mengenai pertanyaan yang cukup "pasaran" di Lautan Informasi ini. (Internet)

Sebenarnya mana sih OS Windows yang saat ini terbilang paling CEPAT, RINGAN, dan tentunya POWERFULL untuk komputasi biasa maupun aktifitas gaming???
Apakah benar Windows 7 yang paling ringan buat gaming???
Windows 10 gimana peformanya, kan udah ada DirectX 12???
Lalu, Windows 8 gimana???
Mana nih OS yang paling ringan???
Sabar sabar...

Saya yang juga sebagai "pengguna biasa" akan mencoba menjawab & berbagi pengalaman ketika menggunakan OS Windows 7, 8, dan yang terbaru Windows 10. Biarpun tidak bisa 100% menjawab pertanyaan kalian...

Paling tidak saya sudah "berusaha" untuk membuat kalian merasa puas, dengan cara memberikan jawaban-jawaban "sederhana" dalam bentuk artikel di blog ini.

Silahkan lanjut baca sampai TUNTAS!!!

Kebiasaan "aneh", sering gonta-ganti OS...

Sebelum itu (kawan), saya ingin bercerita sedikit mengenai suatu hal... Suatu hal yang (bagi saya) agak lucu dan membingungkan.

Jujur, saya ini memiliki hobi yang agak aneh, yaitu suatu perasaan yang ingin selalu gonta-ganti OS dengan alasan yang cukup sepele.

Sepele... Apa itu bang??? (seolah-olah kalian ingin tau, padahal tidak) 😫

Iya sepele, alasan utamanya hanya bertujuan untuk mencicipi “sensasi” baru dari sebuah sistem operasi itu sendiri. Perasaan "aneh" itu biasanya muncul, ketika mengetahui ada OS jenis terbaru yang belum pernah saya coba langsung.

Mulai dari OS Desktop seperti Windows, Ubuntu, Zorin, Hackintosh & OS dari Mobile seperti Remix, Phoenix, Android, Bla bla bla... hampir selalu saya coba ketika versi terbaru dari OS tersebut muncul lagi dan lagi...

Konyol memang...

Hingga pernah juga saya buatkan sebuah artikel khusus yang berjudul, Review RemixOS: Sistem Berbasis Android Rasa Komputer Dekstop! (Mohon maaf, kualitas artikelnya masih kurang GREGET!)

Intinya, hampir semua tindakan saya yang sering gonta-ganti OS tersebut hanya di karenakan “rasa ingin mencicipi”. Itu saja!!! Nggak lebih...

Suatu kebiasaan yang aneh!!! dan, nggak penting sama sekali gitu lho...

Adakah di antara kamu yang memiliki kebiasaan (aneh) yg sama GILAnya???

Lanjut ke pembahasan, manakah yang paling ringan?

Jika kamu belum mengetahui, manakah yang paling ringan di antara 3 OS Windows tadi itu, maka di bawah ini telah saya tuliskan beberapa kelebihan dan kekurangan yang di miliki masing-masing OS Windows.

(uji coba sederhana & pengalaman pribadi semasa menggunakan)

Poin-poin di bawah ini merupakan penilaian pribadi (saya sendiri) ketika mencobanya secara langsung di sebuah PC/Komputer. Sekali lagi saya ingatkan, ini adalah 99% murni pendapat pribadi dari hati yang terdalam!!!

Jika kamu KEPO, mending baca lagi lanjutannya di bawah...

1. Windows 7 Ultimate (64 bit)

Windows 7 Ultimate (64 bit)
Windows 7 Ultimate (64 bit)
Yang pertama yaitu Windows 7 Ultimate. (64 bit)

Skor Tampilan : 78 (lumayan)

Ini menurut saya lho ya, jenis OS Windows dengan tampilan yang paling familiar (mirip Win XP), keren, elegan, indah (nyaman di pandang) di antara keseluruhan versi Windows adalah Windows 7 Ultimate.

(sudah pasti, tidak semua orang sependapat dengan hal ini)

Bagi saya, salah satu fitur yang membuat Windows 7 terlihat sangat elegan dan cantik adalah tersedianya kemampuan Window (Jendela) yang bisa transparan. (bahasa kerennya itu Aero Glass)

Fitur tersebut membuat hampir keseluruhan lingkungan “area kerja” Windows 7 Ultimate terasa mewah, enak di pandang (indah) & tidak membuat cepat bosan. (terlihat keren & ganteng maksimal)

Tapi perlu kamu ketahui, bahwa fitur Aero Glass (transparan) yang ada di Windows 7 ini tergolong “sangat berat”. Itulah mengapa fitur Aero Glass tersebut kemudian di hilangkan pada Windows keluaran terbaru. (8.1 & 10)

Skor Penggunaan Umum : 80 (bagus)

Setelah mencoba peforma dari Windows 7 selama beberapa hari, dapat saya katakan bahwa Windows 7 memang memiliki peforma yang powerfull dalam menjalankan tugas komputasi yang umum.

Hampir semua proses standart/umum seperti proses copy file, membuka program aplikasi, & desain/editing “seolah-olah” sangat WHUZZ-WHUZZ! dan Powerfull ketika menggunakan Windows 7 Ultimate. (Tidak ada delay/jeda/hal aneh lain)

Semua berjalan normal tanpa adanya kejadian yang terasa "janggal".

Nah, tapi...

Seperti yang sudah saya katakan di atas, bahwa peforma yang WHUZZ-WHUZZ! & Powerfull ini hanya bisa kamu rasakan ketika dalam keadaan aktifitas penggunaan komputasi yang biasa/umum. (Office, editing, desain, browsing, facebook, dll)

Nah ini dia, justru pada saat Windows 7 tersebut kamu gunakan untuk kegiatan gaming, peforma yang di hasilkan dari Windows 7 tersebut "ternyata" sangat-sangat berantakan! (jika di bandingkan dengan Windows 8.1 dan 10)

Beberapa judul game yang di buka pada Windows 7 terasa kurang "Optimized" dalam menggunakan seluruh kemampuan hardware, terutama pada PC/Laptop kelas bawah/Low Spec)

Skor Gaming : 70 (kurang)

Waktu itu pernah saya mencoba (game populer), yaitu PES 2017 yang pada awalnya berjalan MULUS di komputer jadul dengan menggunakan OS Windows 8.1/10, namun kini menjadi LAG/Patah-patah ketika di coba mainkan pada OS Windows 7 Ultimate.

Lain halnya jika menggunakan Windows versi terbaru (Win 8.1 & 10). Peforma yang di hasilkan benar-benar terasa berbeda. PES 2017 yang awalnya LAG pada Windows 7, kini dapat berjalan cukup "playable" . (FPS yang di dapat bertambah di banding sebelumnya)

Adapun game populer lain yang pernah saya coba, seperti Grand Theft Auto V, Naruto Ultimate Ninja Storm 4, Rise of The Tomb Rider, bisa saya katakan mengalami peningkatan FPS ketika menggunakan OS Windows 8.1/10.

Jika ingin melihat bagaimanakah "sepak terjang" sebuah PC/Laptop Jadul yang memainkan game "GAJAH" tersebut, bisa lihat langsung di Channel Youtube "Reza Nauma". Di sana, biasanya saya sering upload beberapa uji coba game "GAJAH" pada sebuah PC Jadul.

Biar lebih GANTENG, ini adalah "salah satu" contoh video yang saya unggah...


Btw, konten video yang saya upload tergolong sangat-sangat kurang berkualitas, jika di bandingkan dengan Youtuber Indonesia yang lain, misal Reza Oktovian, ChandraLiow, Agung Hapsah, TaraArts, ChristopherDevin, apa lagi dengan PewDiePie. (Jauhh, jadi mohon maaf)

Oke lanjut! (obrolan mulai ngelantur)

Intinya adalah, menurut saya pribadi, Windows 7 memang kurang cocok untuk aktifitas gaming. Terutama bagi pengguna komputer/laptop yang memiliki spesifikasi yang pas-pasan.

Catatan Kecil
Jika komputer/laptop yang kamu gunakan dasarnya sudah "low spec", maka saya jamin kemungkinan besar kamu akan merasakan "perbedaan peforma" pada Windows 7 di banding dengan Windows 8.1/10.

Lain halnya jika perangkatmu (PC/Laptop) sudah tergolong "high end" (spek dewa). Jelas sekali, kamu akan kesulitan merasakan "perbedaan peforma" tersebut. (Menggunakan OS manapun /apapun akan terasa sama saja)

Biarpun OSnya tergolong sangat berat sekalipun, misal Windows Vista.

Spek dewa, wajar.

Ingat, itu kalau spesifikasi PC/Laptopmu sudah tergolong "sultan".

Masuk akal???

Saran saya jika memang terpaksa menggunakan Windows 7 di karenakan compatibilitas hardware (misalnya netbook dengan resolusi hanya 1024 x 600 + RAM 2GB), maka pilihan terbaiknya yaitu memakai Windows 7 versi Starter saja. (jenis 32bit)

Sekedar informasi tambahan saja, jika kalian ingin mempunyai PC / laptop spesifikasi DEWA namun dengan harga murah, salah satu caranya yaitu membeli laptop dalam keadaan bekas/second yang sudah saya tulis pada artikel lainnya. (buka daftar isi)


2. Windows 8.1 Professional (64 bit)

Windows 8.1 Professional (64 bit)
Windows 8.1 Professional (64 bit)
Selanjutnya, beralih ke pembahasan Kelebihan & Kekurangan yang di miliki OS Windows 8.1. (Sekedar info, versi yang saya gunakan adalah Professional)

Skor Tampilan : 75 (kurang, jika di bandingkan dengan Windows 7)

Windows 8.1 memiliki tampilan yang benar-benar baru dan berbeda dari versi Windows yang sebelumnya. Ia membawa sensasi baru dengan tambahan Windows Modern App. (Tersedianya aplikasi khas bergaya kotak-kotak)

Akan tetapi, sayangnya pada tampilan bentuk window (jendela) pada versi Windows 8.1 ini menurut saya tidak lebih baik dari Windows 7 yang sebelumnya. (kurang cantik gimana gitu)

Bukan karena fitur Windows Glassnya yang di hilangkan, akan tetapi lebih kepada “bentuk/desain” tampilan window/jendelanya saja yang kesannya kurang GREGET! Terkesan terlalu DATAR dan bikin cepat bosan bagi "sebagian" orang.

Agak susah menjelaskannya, pokoknya desain window (jendela) nya saja yang (menurut saya) terasa kurang "Premium" & "High Quality" (jika di banding dengan Windows 7)

Skor Penggunaan Umum : 79 (hampir bagus, 1 poin di bawah Windows 7)

Untuk penggunaan umum seperti MultiTask biasa, office, editing, dll memiliki peforma yang hampir sama seperti Windows 7. (Berjalan dengan semestinya dan tidak ada delay sedikit pun)

Akan tetapi ada sedikit hal aneh yang menjadi minus dari Windows 8.1 ini. Proses copy file cenderung terasa lebih lama jika di bandingkan dengan Windows 7. (Mungkin tidak semua orang merasakannya)

Hanya itu saja, (menurut saya) keseluruhan sudah cukup bagus.

Skor Gaming : 80 (bagus)

Untuk hal gaming, saya akui memang ada peningkatan frame rate ketika menggunakan Windows 8.1. Game seperti PES 2017 & GTA 5 mengalami "kenaikan" frame rate, terutaman pada game PES 2017, Basara 3 Utage, dll.

Memang benar, belum semua game telah saya cek ketika menggunakan Windows 8.1 ini.

Saya beranggapan bahwa, mungkin akan sama halnya dengan game-game lain (akan mengalami peningkatan peforma), walaupun tidak semua game. Sebab, kebutuhan source power suatu game pastinya berbeda-beda.

3. Windows 10 Professional (64 bit)

Windows 10 Professional (64 bit)
Windows 10 Professional (64 bit)
Mungkin, inilah kalimat yang paling tepat untuk Microsoft,
Microsoft terlalu terburu-buru...
Belum lama umur dari sang pendahulunya yaitu Windows 8.1, Microsoft kembali meluncurkan versi paling baru yang di beri nama Windows 10.

Kenapa dia (Microsoft) tidak memperbaiki si Windows 8.1 saja dengan berupa adanya update besar-besaran, hingga namanya mungkin akan berubah menjadi Windows 8.2, 8.3 atau 8.4 saja misalnya.

Perbaiki segala kekurangan Windows 8.1 hingga akhirnya akan mendekati tampilan Windows 10.

Ada satu hal ciri khas yang benar-benar sama antara Windows 8.1 dengan Windows 10, yaitu sama-sama membawa kesan tampilan "FLAT atau DATAR".

Skor Tampilan : 76 (kurang, namun lebih baik dibanding Windows 8.1)

Di karenakan tampilan dasar dari Windows 10 ini hampir sama seperti Windows 8.1, maka skor yang saya berikan dalam hal tampilan pun tentunya hampir sama/mendekati, yaitu 76. (beda 1 poin dengan Windows 8.1)

Windows 10 membawa konsep dasar Modern App (aplikasi kotak-kotak) memang bukanlah hal yang asing lagi, karena memang sudah pernah ada di versi Windows 8.1 sebelumnya.

Perbedaannya yang paling mencolok hanya terletak pada sistem penggunaannya saja, yaitu kembalinya tombol “Start” Windows 7 dengan “Start Screen” Windows 8 yang kini di gabungkan menjadi satu. (Oke, itu memang keren)

Dari segi tampilan Modern App memang sangat mirip. Akan tetapi, pada Windows 10 telah di sempurnakan sehingga lebih mudah dalam penggunaannya. (Modern App tidak harus selalu mode fullscreen)

Skor Penggunaan Umum : 65 (cukup buruk, untuk saat ini)

Inilah yang menjadi kendala utama sekaligus paling menjengkelkan di Windows 10. (yang saya rasakan)

Yap, peforma pada saat penggunaan biasa justru terasa lemot, berat, delay di mana-mana, proses copy file terasa lebih lama, dan penggunaa CPU sering menyentuh angka 80 - 90%. (padahal cuma buka aplikasi ringan)

Saya ingatkan kembali, bahwa keadaan delay, lemot, dkk tersebut tidak akan kamu rasakan jika spesifikasi PC/Laptop yang kamu gunakan tersebut pada dasarnya memiliki spesifikasi DEWA! (misal i3, i5, dan i7 + VGA External)

Peforma yang lemot dan delay tersebut akan sangat terasa jika kamu menggunakan spesifikasi yang low - medium.

Itulah mengapa saya mengatakan bahwa antara Windows 10 dengan Windows sebelumnya (7/8.1) memang ada “PERBEDAAN” peforma di dalamnya.

Bukan bermaksud menjelek-jelekan Windows 10, tapi pada kenyataannya memang ada sedikit “PERBEDAAN” peforma. (lebih berat/kurang optimize jika di bandingkan dengan versi Windows yang sebelumnya)

Hanya ada satu hal yang paling membuat saya jengkel pada OS satu ini... Windows 10 itu boros kuota!!! (walaupun sudah disable sana-sini... tetap saja penggunaan kuota "relatif" lebih banyak di banding Windows 7/8)

Untuk saat ini, Windows 10 memang masih belum sempurna. Dan kedepannya semoga jauh menjadi lebih baik lagi dengan terus adanya perbaikan berkala berupa update. (tapi cukup memaksa untuk menyedot kuota internet berlebih)

Skor Gaming : 85 (sangat bagus, sejauh ini)

Bagian inilah yang menjadi kelebihan dari Windows 10, GAMING!

Windows 10 justru memberikan peforma yang “lebih” maksimal ketika di gunakan untuk memainkan beberapa judul game. (sudah saya sebutkan di awal tadi)

Di tambah lagi dengan terus di kembangkannya DirectX 12 yang pastinya akan memberikan gebrakan baru untuk game-game yang akan di rilis di masa mendatang.
OS Gaming???
Windows 10 jawabannya!!!
Selain itu, ada caranya kok agar Windows 10 dapat berjalan lebih optimal pada spesifikasi rendah. Beberapa langkahnya sudah saya tuliskan pada artikel ini: 25 Cara Mengatasi peforma Windows 10 yang lemot, lambat dan delay.

Jadi, manakah yang paling ringan?

Setelah mencoba membandingkannya secara langsung dengan spesifikasi komputer yang sama persis (Intel Core2Duo, 2GB, GT520). (PC Jadul)

Bisa saya katakan bahwa peforma Windows 7 memang “cukup bagus” jika di gunakan untuk komputasi biasa (Office, editing, desain, dll). Akan tetapi terasa “kurang optimize” jika di gunakan dalam hal GAMING!!!

Kebalikannya dengan Windows 10 yang justru terasa lambat jika di gunakan komputasi biasa (delay dimana-mana), namun akan terasa powerfull jika di gunakan untuk bermain game. (Peningkatan Frame Rate)

Oleh karena itu, sudah terungkap bahwa OS Windows 8.1 maupun Windows 10 dapat lebih di andalkan dalam membantu mendorong seluruh POTENSI GAMING hardware komputer kamu, walaupun JADUL sekalipun.


Salah satu video "pembanding", Windows 8 vs Windows 10

Silahkan di nikmati saja kelebihan & kekurangan masing-masing ketiga OS tersebut.

Jika kalian ingin lebih tahu, manakah OS Windows yang paling ringan? Jawabannya sudah saya tulis di artikel ini: 10 Posisi OS Windows dari yang Terberat Hingga yang Paling Ringan!

Kesimpulan...

Windows 7 memiliki keunggulan peforma HANYA ketika di gunakan untuk kegiatan komputasi biasa seperti perkantoran, desain/editing, dan membuka aplikasi-aplikasi ringan lainnya.

Sedangkan untuk gaming, Windows 7 memiliki peforma yang buruk apabila telah memasuki lingkup dunia gaming. KECUALI, komputer yang kamu gunakan itu pada dasarnya mempunyai spesifikasi DEWA. (Semua OS akan terasa sama saja)

Jadi, untuk masalah gaming, OS Windows 8.1 & Windows 10 adalah pilihan yang tepat. (Untuk saat ini)

Catatan...

Perbandingan dari ke 3 OS Windows tersebut merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jika dari kalian ada yang kurang setuju dan memiliki pandangan lain terhadap ke 3 OS tersebut, itu hal yang wajar.

Memang begitulah sistem dunia!

Paham maksudnya kan?

UPDATE 27 Juli 2018

Ada pemberitahuan baru bos!!!

Peforma Windows 10 sudah tidak lagi delay ataupun lemot PARAH seperti yang dulu. Hal ini akan kamu rasakan jika menggunakan Windows 10 pada built yang paling baru "saat ini". Maka dari itu, silahkan lakukan update pada OS Windows 10 kalian.

Selain itu, lakukan juga tutorial di artikel saya yang lain dalam mempercepat KINERJA Windows 10 agar peformanya makin maksimal dan tidak lemot lagi. Silahkan di baca ya bos...

Dan kalau mau tanya-tanya, langsung komen aja...

Fans pages masih sepi...

1 buah jempol (like) darimu, sangat berarti.


Sebagai penambah semangat...

Sekian...

Itulah artikel mengenai perbandingan antara Windows 7 VS Windows 8.1 VS Windows 10. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih (Diperbaharui 31/08/2018)
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurut kamu ini bermanfaat”