advanced web statistics 7 Cara Ampuh Mengatasi GTA5 Sering LAG pada PC/Laptop Low - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

7 Cara Ampuh Mengatasi GTA5 Sering LAG pada PC/Laptop Low

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
7 Cara Ampuh Mengatasi GTA5 LAG pada PC/Laptop Low!
Beberapa langkah yang cukup ampuh, dalam meningkatkan fps gta5
Bagi kamu yang hingga saat ini masih memainkan game GTA5 pada PC/Laptop (spesifikasi low) jangan berkecil hati. Sebab, ada banyak cara/trik dalam rangka memaksimalkan peforma GTA5 pada Low Spec.

Dan cara maupun trik tersebut juga tergolong sederhana yang tentu saja mudah di mengerti oleh sebagian besar orang (masih awam sekalipun)

Mau tahu caranya?

Silahkan di baca hingga selesai.

Benarkah GTA5 itu game paling berat?

Baru saja kemarin (saat artikel ini di tulis), ada teman Facebook saya yang bertanya seperti ini,
“Gan, kok GTA5 yang berat gitu bisa kuat di PC Jadul agan sih?”
“Ukurannya aja sampai 60GB”
Dia mengira bahwa “ukuran/size” yang ada pada game, berbanding lurus dengan seberapa “berat/tidak”nya pada sebuah game.

Tentu saja dengan panjang lebar, saya berusaha untuk menjelaskan kepada dia bahwa “ukuran/size” itu tidaklah mengindikasikan “seberapa berat” suatu game. (Misalnya GTA5, 60GB = Super Berat = Salah)

Begitulah kira-kira...

7 Cara “lumayan” ampuh...

Bagi saya, ini cukup ampuh (saya sendiri juga melakukannya)
Bagi saya, ini cukup ampuh (saya sendiri juga melakukannya)
Beberapa trik di bawah ini mungkin bisa membantu mengatasi GTA5 LAG pada PC/Laptop yang kamu gunakan. (saya juga melakukannya)

Semoga berhasil.

1. Gunakan GTA5 Low Patch

Cobalah untuk menggunakan Patch GTA5 Low Spec pada game Grand Theft Auti 5 kamu. Cara memasangnya, sudah bertebaran di internet, terutama di Youtube. (Ada banyak tutorial di sana)

Dengan memasang patch tersebut, maka kualitas gambar pada game akan berkurang secara drastis. (mirip PS2)

Dan jangan lupa untuk “backup” sebelum memasang patch. (untuk cadangan bila terjadi kerusakan pada komponen file game)

2. Gunakan Game Booster

Fungsi dari Game Booster ini, adalah untuk me”manage” aplikasi/services mana saja yang seharusnya di tutup. Terutama pada aplikasi aktif latar belakang yang tidak penting bagi PC/Laptopmu.

Silahkan unduh di internet, GRATIS!

3. Main sambil di charge

Perlu kamu ketahui, bahwa saat proses charging berlangsung, itu di ibaratkan keadaan di mana Laptop yang kamu gunakan tersebut sedang memiliki “sumber daya” yang melimpah.

Nah dengan “sumber daya” yang melimpah ini, tentu saja si laptop tidak perlu susah-susah memikirkan bagaimana cara untuk “menghemat daya” yang ada. (Layaknya sebuah perangkat komputer desktop)

Oleh karena itu, peforma Laptop dengan menggunakan “daya baterai”, tentu akan berbeda dengan peforma laptop yang menggunakan “daya tambahan” dari sumber listrik. (sambil di charge tadi)

Atau, mungkin kamu sudah mengetahui hal tersebut?

4. Ubah power plan ke “High Peformance”

Hampir sama seperti poin nomor 3 tadi, bahwa Laptop dengan keadaan “charging”, maka pengaturan power plan pada laptop akan otomatis berganti ke mode “High Peformance”.

Penggunaan daya baterai akan semakin tinggi. (Oleh karena itu lebih baik sambil charging)

5. Turunkan resolusi ke paling rendah

Sudah jelas.

Menurunkan resolusi pada game akan menambah frame rate pada game, namun dengan konsekuensi menurunkan kualitas/detail gambar pada game yang sedang di mainkan.

Pilihan ada di tanganmu.

6. Ubah game jadi windowed

Pada poin ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada beberapa judul game. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Mungkin akan sangat berdampak bagi laptop yang kamu gunakan. (Mungkin)

7. Ubah preset ke rata kiri

Ini juga sudah jelas.

Menurunkan preset ke rata kiri (paling low) tentu saja akan menambah frame rate pada game, dengan konsekuensi menurunnya kualitas gambar pada game. (Yang penting Playable)

Menurutmu lebih penting mana, Frame Rate atau Kualitas Gambar?

Tulis jawabanmu di kolom komentar. (kalo mau)

Pertanyaan...

Saya ada pertanyaan untuk kamu. (bagi yang sudah memainkan game tersebut)
“Lebih berat mana, antara game Grand Theft Auto 5 (60GB) dengan No Man Sky (5GB)?”
Bagi kamu yang sudah memainkan game tersebut pasti tahu manakan game yang paling berat dan tidak “ramah spesifikasi”.

Tuliskan jawabanmu melalui komentar. (kalo mau)

Kesimpulan...

Pada awal-awal game Grand Theft Auto 5 (GTA5) rilis, memang spesifikasi yang di butuhkan tergolong “cukup lumayan agak” tinggi, PADA SAAT ITU.

Nah,hal tersebut sangat berbeda dengan sekarang.

Harga hardware CPU (4 Core) saat ini tergolong sudah murah dan pastinya sangat cukup untuk sekedar memainkan game Grand Theft Auto 5.

Saya sarankan, sebuah CPU (Intel) murah namun memiliki peforma yang cukup maksimal (sesuai harga) adalah Intel Pentium G4560.
Harga Intel Pentium G4560
Harga Intel Pentium G4560
Processor tersebut memiliki harga yang cukup murah, namun hampir sebanding dengan CPU Intel i3 6100 yang memiliki rentan harga yang terpaut cukup jauh. (Processor Kere Hore)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 7 Cara Ampuh Mengatasi GTA5 LAG pada PC/Laptop Low. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih

Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

2 Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.