advanced web statistics 10 Cara Mengatasi Garena Free Fire Keluar Sendiri, Force Close, lag - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

10 Cara Mengatasi Garena Free Fire Keluar Sendiri, Force Close, lag

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Jika mengalami Garena Free Fire error, force close, lag/lemot
Jika mengalami Garena Free Fire error, force close, lag/lemot 
Berhubung game satu ini sangat populer, maka saya akan mencoba memberikan sebuah tips sederhana dalam mengatasi Garena Free Fire agar tidak error keluar sediri atau yang biasa juga di sebut sebagai force close.

Namun sebelum menuju ke SOLUSI-nya, perlu kamu ketahui bahwa cara ini sebenarnya bisa juga kamu coba/praktikan dalam uji coba mengatasi error terkait lainnya, diantaranya yaitu:

  • Terasa lag/lemot saat dimainkan (fix)
  • Jaringan sering disconnect/tidak stabil (ping)
  • Garena Free Fire Sayangnya aplikasi berhenti
  • Garena Free Fire has stopped working

Dan bagi kamu yang memiliki pertanyaan:
Garena Free Fire di HP dengan RAM 512MB saja nggak?
Hmm... Jawabannya "bisa aja", tapi ya dengan konsekueni banyak kendala error seperti yang saya sebutkan di atas tadi.

Tapi apakah RAM dengan RAM 512MB saja bisa? Saya tekankan lagi, jawabannya BISA! (namun harus persiapkan mental yang kuat untuk menghadapi permasalahan lag, force close, dll)

Oke, sekarang lanjut ke...

Mengatasi Garena Free Fire error/lag/force close

Kamu bisa mencobanya satu persatu, atau bisa juga SEMUANYA dengan penyesuaian error mana saja yang kamu rasakan. Misalnya jika masalahnya ada di jaringan tidak stabil, ya tinggal di sesuaikan dengan tips yang berkaitan dengan koneksi/jaringan.

Baiklah, ini dia caranya...

1. Cari kualitas koneksi yang BAGUS

Garena Free Fire merupakan game online multi-player, jadi sudah pasti membutuhkan koneksi internet yang stabil dan cepat agar gameplay bisa terasa adil dan coperatif.

Intinya, pastikan kualitas jaringan di HPmu sudah yakin mendapatkan sinyal yang bagus. Jika di daerahmu provider "biru" lebih bagus, ya gunakan yang itu saja. Namun jika si "merah" yang memiliki kualitas sinyal yang OKE, ya mending pakai itu saja.

2. Kurangi aplikasi aktif di background (penting)

Sebisa mungkin untuk mengurangi beberapa aplikasi tidak penting yang aktifi di latar belakang/background. Hal ini bertujuan untuk memeberikan ruang kosong bagi memori/RAM agar bisa di gunakan aplikasi/program yang benar-benar membutuhkannya.

3. Jangan sampai HP/ponsel overheat

Pastikan juga keadaan ponsel tidak terlalu panas atau biasa di sebut juga overheat. Sebab, keadaan overheat tersebut akan otomatis membuat si hardware untuk menurunkan peformanya, agar tidak terjadi kerusakan fatal pada hardware itu tadi.

4. Lebih baik unduh di Google Playstore saja

Saya sarankan untuk mengunduh file APK dari Google Playstore saja. Hal ini bermaksud untuk memberikan jaminan bahwa file yang di download sudah 100% work dan juga AMAN dari virus.

5. Bersihkan file sampah, cache, temporary

Kamu bisa meminta bantuan pada aplikasi pihak ketiga seperti Clean Master untuk membersihkan file-file sampah/temporary secara otomatis. ATAU jika ponselmu merk Xiaomi, maka sudah ada aplikasi bawaan yang bisa kamu pakai langsung.

6. Coba lakukan reset pabrik / factory reset

Jika semua cara di atas masih belum berhasil, kemungkinan yang bermasalah ada di bagian software / OS-nya yang sudah error/corrupt. Jadi SOLUSI awal yang bisa kamu coba yaitu dengan meREST ulang OS tersebut ke mode semua / bawaan pabrik.

Dan jika masih bermasalah, silahkan coba cara nomor 7.

7. Coba lakuakan Flash ulang / Flashing

Melakukan flash ulang hampir sama seperti reset pabrik/factory reset, yaitu sama-sama mengembalikan OS ke mode semula bawaan pabrik. Perbedaannya hanya terletak di "proses" pengembalian si OS-nya saja.

Dimana pada flashing ulang, si OS akan di kembalikan semula dengan cara "install ualng" si OS dengan file-file baru/eksternal di luar storage ponsel. Jadi proses flashing akan menjamin bahwa tidak ada file yang corrupt & 100% file lengkap/sempurna.

Nah jika reset pabrik, biasanya akan ada app/file yang tidak ter-restore ulang, di karenakan file system tersebut sudah terhapus oleh si pengguna yang sudah melakukan rooting. (contoh: aplikasi email bawaan yang sudah di hapus melalui root eksplore tidak akan kembali)

8. Gunakan GL Tools

Fungsi dari GL Tools disini sebagai configurator grafis agar tampilan yang di proses oleh si GPU tidak terlalu besar. (menurunkan kualitas gambar) Kamu bisa cari langkah-langkahnya di Google dengan kata kunci "cara gunakan gltools".

9. Cek spesifikasi ponselmu

Spesifikasi minimum Garena Free Fire itu seperti ini:

  • CPU = Quad Core
  • GPU = Integrated (mengikuti CPU)
  • RAM = 1GB atau lebih

Jika spesifikasi ponselmu di bawah itu, sebenarnya masih bisa jalan/running. (sudah saya beritahu di awal-awal tadi) TAPI, dengan konsekuensi adanya kejadian seperti lag, terkadang FC, ataupun error lainnya.

10. Belum ada tambahan...

Sejauh ini belum ada hal lain yang bisa saya tambahkan dalam upaya Mengatasi Garena Free Fire sering Keluar Sendiri / Force Close. Kemungkinan kedepannya akan saya tambahkan, jika memang di butuhkan. (sebagai pelengkap)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai 10 Cara Mengatasi Garena Free Fire Keluar Sendiri, Force Close, lag. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.