advanced web statistics 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer/Laptop Terkena Virus (shortcut) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

10 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer/Laptop Terkena Virus (shortcut)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
ini adalah alasan masuk akal, mengapa komputer kamu yang sangat bagus itu bisa terkena serangan virus wannacry, agar kamu paham
Sebuah Laptop yang terkena virus Ransomeware Wannacry, awas jangan sampai ikut cry!!!
Yang namanya virus komputer, tentu saja berbeda dengan virus yang berada pada tubuh manusia. Jangan sekali-kali kamu menyamakan antara virus komputer dengan virus manusia. (itu suatu hal yang berbeda)

Virus komputer dengan virus manusia memang berbeda, namun memiliki cara kerja “jahat” yang hampir sama. Jika kamu perhatikan, virus yang berada pada tubuh manusia itu seperti gambar di bawah ini.
jangan di samakan antara virus yang berada pada tubuh manusia berbeda dengan yang ada pada komputer pc laptop
Virus dalam tubuh manusia - source: Google.com
Sedangkan untuk virus komputer itu bisa berupa program aplikasi (algoritma jahat), yang tujuannya lebih dominan ke pencurian data, merusak sistem OS, dan tindakan merugikan lainnya.

Bentuk fisik sederhananya kira-kira akan seperti ini.
virus yang berada pada tubuh manusia berbeda dengan yang ada pada komputer harus di cegah agar tidak memperburuk keadaan komputermu
Virus komputer berupa algoritma jahat - source: Google.com
Bentuk virus yang kamu lihat di atas hanyalah sebuah “gambaran” yang saya temukan dari beberapa sumber di internet. Yap, kurang lebih, bentuknya seperti itu, program berisi sekumpulan algoritma “jahat”. (bisa berupa aplikasi/game)

Sama, tapi berbeda...

Lalu, mengapa kedua hal tersebut memiliki istilah yang sama? (Virus)

Sebab seperti yang sudah saya katakan di awal-awal tadi, bahwa cara kerja virus yang ada pada komputer & manusia itu hampir sama. Yaitu sebuah benda asing yang menyusup pada suatu sistem.

Sistem, bisa berupa OS atau pun sistem Tubuh Manusia yang menjadi target penyusupan oleh virus. Tujuan dari si virus ini bisa untuk kebaikan atau bisa juga malah membawa dampak keburukan. Tergantung.

Benda asing dari luar yang berusaha masuk ke “dalam”, akan lebih mudah jika istilahnya di samakan dengan yang sudah ada saja, yaitu “Virus”. (Biarpun itu hanya pendapat pribadi saya sih)

10 penyebab, komputer bisa terkena serangan virus...

Di bawah ini sudah saya tuliskan beberapa penyebab yang memungkinkan komputer ataupun laptop kesayangan yang kamu gunakan tersebut bisa terkena/terinfeksi virus. (terutama untuk OS Windows)

Silahkan baca dengan teliti...

1. Sering cabut/pasang flashdisk

Memang, sering cabut/pasang media penyimpanan melalui perangkat USB merupakan tindakan yang sulit untuk di hilangkan. (saya juga termasuk yang hobi dan sering melakukan hal ini, karena kebutuhan)

Dengan semakin seringnya perangkat luar terhubung dengan PC/laptop, maka akan seiring juga dengan meningkatnya “resiko” kemungkinan adanya penyusup yang masuk. (serangan benda asing, virus)

Benda asing dari luar ini akan masuk melalui jalur USB, kemudian akan “aktif” ketika si pemakai membuka program jahat tersebut. Jadi, berhati-hatilah dalam membuka program aplikasi. (program apapun itu)

Terutama jika kamu sering melakukan cabut/pasang media penyimpanan seperti flashdisk, hardisk external, dan lain sebagainya.

2. Mengunduh file tidak jelas sembarangan

Biasanya, di saat kamu sedang asik-asiknya berselancar di dunia maya, sebenarnya ada bahaya yang sedang mengintai kesehatan Operating System yang sedang kamu gunakan. (OS Windows tentunya)

File-file yang kamu unduh bisa saja mengandung/disisipi sebuah virus yang berbahaya, terutama pada jenis file program aneh yang berekstensi “exe”. (program aneh “exe” patut di curigai)

Jadi, berhati-hatilah dalam mengunduh suatu file, atau paling tidak kamu harus paham akan fungsi dan file apa yang sedang kamu unduh tersebut.

Satu lagi, saya sarankan jika ingin mengunduh software aplikasi, unduhlah langsung dari website resminya saja. (alasannya, tentunya lebih aman)

3. Install program sembarangan

Sebelum menginstall suatu program aplikasi, saya sarankan untuk mengecek terlebih dahulu aplikasi tersebut. (apakah masih sehat, atau malah sudah terinfeksi oleh virus)

Untuk program-program tertentu, biasanya sudah secara otomatis di deteksi oleh antivirus. Itu pun kalau antivirus kamu yang terpasang sudah bisa  mengenalinya. (agar lebih yakin, scan secara manual juga bisa)

Maka dari itu, lakukanlah update database antivirus yang kamu gunakan agar dia (antivirus) bisa mengenali virus-virus baru. (contohnya, virus yang sedang gempar saat artikel ini di tulis, yaitu Ransomeware WannaCry)

4. Asal ikut tutorial, padahal tidak paham

Jika kamu belum/nggak paham dengan apa yang kamu lakukan saat mengikuti suatu tutorial, maka saran saya adalah, urungkan lagi niatmu untuk melakukan langkah tutorial tersebut. (jika belum yakin/setengah2)

Lebih baik pahami dulu dan yakinkan dirimu bahwa kamu Bisa & Paham betul dengan apa yang sedang kamu lakukan dalam mengikuti langkah-langkah tutorial. (misal, mengubah registy, services, system32, dll)

Seperti kata pepatah:
”Lebih baik pelan-pelan, asalkan berjalan sesuai harapan.”
(Tanpa harus terjadinya kerusakan konyol yang seharusnya tidak perlu)

5. Tidak memakai/pasang antivirus

Perlu kamu ketahui, bahwa antivirus itu PENTING!

Sangat-sangat di anjurkan jika saat ini kamu masih menggunakan OS Jadul. Misalnya saja Windows XP, Windows Vista dan Windows 7. Ketiga OS tersebut alangkah baiknya jika di lengkapi dengan antivirus tambahan.

Sedangkan jika kamu sudah menggunakan Windows 10, tidak perlu lagi menggunakan antivirus dari pihak luar. Lebih baik kamu gunakan antivirus bawaan (Defender) namun dalam kondisi tetap terUPDATE.

Perlu diketahui, biarpun kamu sudah menginstall antivirus paling baru sekalipun, sebenarnya kemungkinan untuk terserang virus itu tetap masih ada. (tidak ada suatu sistem yang aman, alias selalu ada celah)

Itu semua tergatung pada “user” yang memakai, dan juga seberapa “hebat” si pembuat virus (cr*cker) itu tadi.

6. Jarang/tidak pernah perbarui antivirus

Fungsi dari memperbarui antivirus itu cukup banyak.

Salah satu kegunaannya yang paling penting yaitu bisa meningkatkan jumlah database virus apa saja yang bisa di kenali sebagai program “berbahaya”.

Nah, jika antivirus kamu jarang di perbarui/update, maka kemungkinan besar ia (antivirus) tidak akan mengenali virus-virus baru yang seiring waktu terus meningkat. (Contohnya tadi, virus baru Ransomeware WannaCry)

Jika si antivirus itu tidak dapat mengenali apakah program yang di simpan itu tergolong jahat atau tidak, maka bisa di pastikan si antivirus tadi itu akan mengabaikan program “jahat” untuk mengutak-atik sistem komputer.

Dia (antivirus) akan diam saja dan mengira bahwa Everythings Gonna Be Alright. Padahal, ada ancaman tersembunyi dari program jahat yang telah di abaikan oleh antivirus yang “kurang update” tersebut.

7. Memakai/install software bajakan

Jangan salah, memakai software bajakan juga memiliki resiko serangan VIRUS!

Para Cr*cker yang cerdik, memanfaatkan situasi ini untuk menyebarkan virus-virus ciptaan mereka melalui P*atch, K*ygen, dan file tidak jelas lainnya untuk mengelabui pengguna komputer awam yang minim pengetahuan.

Tanpa kamu sadari, bahwa P*tch & Cr*ck yang telah kamu gunakan untuk membajak software milik orang lain, ternyata memiliki tugas “sampingan” yang tugasnya itu pun belum kamu ketahui. (misterius)

Walaupun tidak semuanya sih.

Mending kamu baca artikel ini: Memakai Windows Bajakan, Bahaya Gak Sih?

8. Memakai/install game bajakan

Hampi sama dengan nomor 7 tadi, bahwa game-game bajakan yang menggunakan P*atch, K*ygen, dan file tidak jelas lainnya juga memiliki resiko terjangkit virus yang sama. (di sisipi virus pada suatu P*tch/K*ygen)

Menggunakan aplikasi atau game bajakan akan menimbulkan resiko keamanan & perasaan bersalah akibat menggunakan barang orang lain tanpa seijin dari si pemilik. (developer)

Kalau bisa nih ya, cobalah untuk menghentikan kelakuan membajak software. Jangan sampai hal itu menjadi ladang dosa “unlimited” untukmu. Paling tidak, kurangilah penggunaan software bajakan secara bertahap.

Dengan cara tersebut, mungkin akan terasa lebih mudah.

Itu pun kalau kamu masih punya hati nurani.

9. Disable Firewall & Windows updates

Windows Firewall & Windows update tak luput menjadi incaran beberapa services OS Windows yang sering di “disable” demi menunjang peforma gaming yang benar-benar maksimal. (dulu, saya juga melakukannya)

Seperti yang sudah saya tuliskan pada artikel lain yang berjudul 20 Services Windows yang Aman untuk di Hentikan!

Pada artikel tersebut telah saya tuliskan beberapa services Windows mana yang aman di matikan demi menunjang peforma Windows yang paling gahar, optimal, dan maksimal.

Namun sebenarnya, ada beberapa services yang cukup penting dalam menjaga keamanan OS Windows dalam menghadapi serangan virus di masa mendatang. Salah satunya (ada 2) Firewall & Windows update.

10. Kurangnya pengetahuan perkembangan teknologi

Untuk yang satu ini, lebih tepatnya mencakup keseluruhan 9 daftar di atas tadi, yaitu kurangnya pengetahuan terhadap perkembangan dunia teknologi.

Dengan adanya ilmu pengetahuan, tentu saja akan mengurangi/menghindari/mencegah kesalahan-kesalahan konyol yang seharusnya tidak perlu terjadi. (hanya buang-buang waktu)

Kamu boleh-boleh saja tidak menggunakan antivirus apapun (misal seperti itu), namun tentunya kamu harus mengetahui juga beberapa resiko & tantangan yang akan kamu temui kedepannya.
Seberapa “aman” sebuah sistem operasi, itu tergantung pada seberapa “cerdas” si pemakainya.
Kiri-kira seperti itu.

Masuk akal?

Cara pencegahannya gimana?

Jika kamu ingin melakukan pencegahan terhadap serangan suatu virus komputer, mudah saja. Cukup lakukan “kebalikan” dari 10 alasan yang sudah saya tuliskan di atas tadi. (atau, lebih tepatnya 9 Alasan saja)

Yap, mudah kan?

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, Mencegah virus itu lebih baik dari pada harus menghapus virus. (ngomong apa sih)

Cukup singkat, padat, dan tidak jelas.

Tambahan...

Ada satu hal lagi yang ingin saya sampaikan...

Dengan membaca poin-poin penting tulisan di atas, saya harap saat ini kalian benar-benar paham bagaimana cara menghindar, mengatasi, dan mengetahui apa yang boleh & tidak boleh di lakukan. (virus)

Dan, alangkah senangnya hati ini jika kamu mau meluangkan waktunya untuk membagikan (share) tulisan sederhana saya ini ke sosial media (FB, Twitter, dll). Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 10 Penyebab dan Cara Mengatasi Komputer/Laptop Terkena Virus. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih

Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

8 Komentar

  1. Mantab , kapan virus bakalan ilang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. entahlah, sprtinya akan sulit hilang...

      Kalo ada positif, pasti akan di iringi juga dgn negatif.

      Hapus
  2. karena sudah tahu kudu hati hati nih...thanks infonya om.

    BalasHapus
  3. Wah jadi bisa lebih hati hati lagi nih pastinya ..
    makasih broo

    BalasHapus
  4. kalo saya sih pake windows defender aja udah cukup gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq baru2 ini juga begitu gan. (pakai Defender aja)

      udah cukup :-d

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.