advanced web statistics 8 Cara Mengatasi PUBG Mobile yang Sering LAG Ketika di Mainkan - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

8 Cara Mengatasi PUBG Mobile yang Sering LAG Ketika di Mainkan

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Cara tergolong ampuh dalam mengatasi PUBG Mobile sering LAG
Cara tergolong ampuh dalam mengatasi PUBG Mobile sering LAG.
Bisa di bilang game PUBG Mobile ini memang memiliki jumlah pemain yang cukup banyak di banyak kalangan masyarakat. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, kebanyakan dari mereka mungkin sudah mencoba game ini.

Dan karena saking banyaknya para pemain tersebut, kemudian barulah sebagian ada yang merasakan masalah klasik bahwa game ini kok ngelag sih, lambat, sering disconnect, dan masalah lainnya.

Nah karena itulah...

Di sini saya akan mencoba memberikan beberapa tips sederhana dalam upaya mengatasi PUBG Mobile yang sering mengalami lag, lambat, dan permasalahan lainnya yang saat ini kamu rasakan.

Dan caranya pun tergolong mudah, ATAU mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahuinya.

Mengatasi PUBG Mobile / Playerunknown’s Battlegrounds LAG

Di bawah ini sudah saya jelaskan secara singkat dan sederhana mengenai apa saja sih yang bisa membuat PUBG Mobile / Playerunknown’s Battlegrounds bisa mengalami LAG saat di mainkan.

Dengan mengetahui beberapa poin di bawah, mungkin bisa membuatmu mengerti dalam apa saja yang harus kamu lakukan.

Yang pertama adalah...

1. Memori (RAM) FULL

Kemungkinan pertama yang bisa menyebabkan PUBG Mobile menjadi lag adalah di karenakan keadaan memori RAM yang sudah hampir penuh dan hanya tersisa sedikit saja di tampilan menu pengaturan.

Jika keadaan memori RAM yang penuh ini di biarkan, maka biasanya game akan keluar dengan sendirinya. Namun sebelum itu, akan muncul tanda-tanda bahwa gamenya sering lag dan shuttering.

Biasanya seperti itu...

SOLUSInya adalah, disable beberapa program pemakan RAM yang di rasa tidak penting melalui pengaturan “Setting” pada ponsel android.

2. Terlalu banyak app di background

Poin nomor 2 ini hampir berkaitan dengan yang pertama tadi, bahwa terlalu banyaknya aplikasi tidak penting yang aktif di latar belakang tentu akan mempengaruhi peforma dari suatu game.

Jadi SOLUSI yang bisa kamu ambil ialah dengan menghapus atau disable beberapa program APK yang di rasa memang tidak penting dan jarang di gunakan.

3. Koneksi internet tidak stabil

PUBG Mobile merupakan game online yang mengharuskan setiap pemainnya untuk memiliki jangkauan koneksi yang baik, agar game ini dapat berjalan dengan optimal tanpa adanya error lag atau delay saat gameplay.

4. Game kamu, mungkin versi MOD

Saya sarankan untuk tidak menggunakan file APK versi modifikasi. Karena APK versi MOD biasanya gampang error dan banyak BUG di dalamnya.

Jika terdapat banyak error pada APK, maka kemungkinan akan berdampak pada peforma game yang di hasilkan menjadi tidak sebagus APK versi original.

5. Memori (internal) kondisi full

Pastikan bahwa sisa ruang pada memori internalmu itu berkisar 20% storage. Hal ini dengan tujuan memberikan ruang bernafas bagi flash memori dalam menyimpan file temporari yang di hasilkan suatu aplikasi.

6. Keadaan ponsel terlalu panas, overheat

Sebaiknya perhatikanlah kondisi suhu pada ponsel android yang kamu gunakan. Jika suhunya terlalu panas, maka sebaiknya kamu istirahatkan dulu sejenak untuk mengembalikan suhunya ke normal lagi.

Keadaan overheat ini tidak hanya membuat suatu app atau game menjadi tidak optimal, TAPI juga memungkinkan untuk membuat HP kamu jadi rusak.

7. Spesifikasi ponsel kurang memadai

Cek juga spesifikasi minimum dari game PUBG Mobile dengan HP android yang sedang kamu gunakan.

Jangan sampai spesifikasinya di bawah minimum requirment yang di anjurkan oleh developer gamenya. Paling tidak, siapkan ponsel android dengan CPU Quadcore dan dengan ditunjang RAM sebesar 1GB. (2GB lebih baik)

8. Belum ada tambahan...

Sejauh ini belum ada hal lain yang menjadi kemungkinan muncul LAG pada game PUBG Mobile (yang saya ketahui). Kedepannya mungkin akan di tambahkan secepatnya. (jika memang ada)

Tambahan...

Ada sedikit tambahan untukmu dalam mengatasi PUBG Mobile agar tidak lag, yaitu dengan cara:

  1. Download dan install aplikasi Root Explorer di Play Store.
  2. Selanjutnya buka Root Explorer, kemudian pilih Internal Storage.
  3. Selanjutnya pilih folder Android/ Data/ com.tencent.tmgp.pu.
  4. Kemudian buka folder Files/ UE4Game/ ShadowTrackerExtra/ ShadowTrackerExtra (ada 2)/ Saved/ Config/ Android/ UserCustom.ini.

Sentuh/tahan pada GameUserSettings.ini dengan teks editor Root Explorer, kemudian ganti settingan atau konfigurasinya menjadi seperti dibawah ini:

  • Sg. ResolutionQuality=100
  • Sg. ViewDistanceQuality=3
  • Sg. AntiAliasingQuality=10
  • Sg. ShadowQuality=0
  • Sg. PostProcessQuality=0
  • Sg. TextureQuality=5
  • Sg. EffectQuality=3
  • Sg. FoliageQuality=1
  • Sg. TrueSkyQuality=1
  • Sg. GroundClutterQuality=1
  • Sg. IBLQualuty=0
  • Sg. PUBGQualutyLv1=0

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

#Update April 2018

Mengatasi PUBG Mobile Network Error solusi
Mengatasi PUBG Mobile Network Error
Bagi yang mengalami permasalahan Network Error ketika memainkan PUBG Mobile, kalian bisa mencoba cara di bawah ini.

  • Unduh aplikasi Opera Free VPN di Playstore.
  • Install, Buka, kemudian klik Connect pada aplikasi VPN tadi.
  • Minimize aplikasi VPN, kemudian buka game PUBG Mobile.
  • Tunggu hingga proses loading / login.
  • Selesai.

Dengan melakukan cara di atas, maka permasalahan Network Error yang kalian alami akan segera teratasi.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 8 Cara Mengatasi PUBG Mobile yang Sering LAG Ketika di Mainkan. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

4 Komentar

  1. waktu awal2 main dulu bisa lancar dan normal, tapi entah kenapa skarang sring mncul "Network Error" terus -_-

    solusinya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake bantuan aplikasi VPN.
      (download di playstore)

      Hapus
  2. Pake vpn pingnya jadi gede, lag dan tetap kena disconect jga. Ad cara lain lgi bro?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, sejauh ini belum ada...

      coz, pake cara di atas udh work di HH yg ane pakai...

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.