advanced web statistics 12 Penyebab Baterai Android Boros, Cepat Panas dan Melembung (drop) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

12 Penyebab Baterai Android Boros, Cepat Panas dan Melembung (drop)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
7 Alasan Serius, Penyebab Mengapa Baterai HP Kamu Bisa Boros!
Ketahanan baterai HPmu mulai berkurang / boros?
Yang namanya baterai, sudah pasti peforma ketahanannya akan semakin melemah berbanding lurus dengan umur baterai HP tersebut. Semakin tua umur dari baterai, maka semakin melemah pula kemampuan menyimpan daya. (drop)

Alias, tidak sama seperti waktu pertama kali baterai HP itu kamu beli baru.

Sebenarnya ada beberapa faktor utama yang menyebabkan seberapa lama umur dari baterai dapat bertahan lama dalam kondisi "prima/normal". Beberapa di antaranya, sudah saya tuliskan di bawah ini. (sekaligus juga solusi)

Yok, mari di simak yok...

12 penyebab baterai android boros / melembung

Baterai merupakan komponen yang sangat penting!
Di karenakan baterai merupakan komponen yang sangat “vital” pada suatu perangkat HP, maka sudah sepatutnya kita menjaga dan merawat baterai HP kesayangan kita tersebut.

1. Charging terlalu lama (Overcharger)

Memang kebanyakan pada HP keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi fitur memutus proses charge secara otomatis. Biarpun begitu, melakukan proses charging yang berlebihan tetap saja memiliki resiko negatif yang mampu menurunkan kualitas dan umur baterai kamu.

“Segala hal yang terlalu berlebihan itu tidak baik”

2. Disimpan terlalu lama...

Pada saat perangkat HP kamu tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, daya baterainya akan berkurang secara bertahap. Penurunan kapasitas daya pada baterai Li-Ion, rata-rata akan menyusut sebesar 8% setiap bulan.

Dan apabila daya baterai tadi hanya tersisa kurang dari 20%, maka baterai tersebut akan memasuki fase “Deep Discharge”. Suatu keadaan dimana baterai tersebut dalam kondisi minim daya.

Itulah mengapa kamu di anjurkan mengisi daya baterai hingga penuh sebelum di simpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan yang tidak kalah penting, lepaskan baterai dari ponsel sebelum di simpan.

3. Suhu yang terlalu panas...

Keadaan di sekitar yang terlalu panas juga dapat meningkatkan suhu pada baterai HP kamu. Dalam keadaan tersebut, baterai akan menimbulkan reaksi kimia yang tentu saja memicu baterai akan melepaskan daya di dalamnya sehingga berdampak pada ketahanan baterai.

4. Suhu yang terlalu rendah...

Jangan kira suhu yang terlalu rendah tidak akan berdampak negatif pada daya tahan baterai. Baterai itu sangat rentan mengalami kerusakan apabila berada pada suhu di bawah 0 derajat.

Saya ada pertanyaan untuk kalian mengenai kaitannya antara suhu rendah dengan daya tahan baterai.

Banyak sekali blog-blog yang menyarankan memasukan sebuah baterai yang “Drop” kedalam sebuah lemari es (freezer), dengan tujuan untuk memperbaiki masalah baterai “Drop” tersebut.

Menurut kalian, benarkah cara tersebut bisa mengatasi baterai yang drop?

Saya tidak mengatakan bahwa cara tersebut benar atau salah, karena saya pun belum mencobanya.

Bagi kalian yang sudah pernah melakukan hal tersebut (memasukan baterai kedalam freezer), apakah cara tersebut terbukti berhasil?

Silahkan berbagi pengalaman tersebut melalui diskusi komentar nanti.

5. Pernah mengalami benturan keras...

Apabila baterai HP yang kalian gunakan sudah pernah mengalami benturan keras, besar kemungkinan baterai tersebut akan mengalami masalah.

Sebenarnya bukan hanya benturan saja. Tindakan seperti menusuk atau membengkokan suatu baterai pun juga dapat berdampak negatif pada kualitas ketahanan baterai tersebut.

6. HP kamu terlalu banyak aplikasi aktif...

Apabila HP yang kamu gunakan memiliki aplikasi yang aktif terlalu banyak, hal tersebut tentu saja akan membutuhkan daya baterai yang lebih banyak dari yang biasanya.

Dengan kebutuhan daya yang berlebih secara terus-menerus dalam jangka waktu yang cukup lama, maka pasti akan berdampak pada berapa lamanya umur baterai yang kamu gunakan tersebut.

7. Sering lakukan oprek

Kegiatan modding ataupun oprek ponsel android memang mengasikan dan seru. Akan tetapi, disi lain kegiatan tersebut juga akan memiliki resiko dan dampak negatif dari masa pakai dari suatu perangkat.

Dikarenakan penggunaan sehari-hari bisa di bilang "ekstrem" dibanding pengguna android "biasa" yang paling hanya digunakan untuk SMS, Telepon dan Internet saja.

8. Baterai sudah usang (waktunya ganti)

Tidak ada di dunia ini yang abadi. Semua hal pasti ada batasnya, ada batas masa pakainya, intinya semua itu limited. 

Semakin berumur dari suatu benda, maka kemampuannya tidak akan prima seperti pertama kali beli. Termasuk juga baterai, suatu saat akan tiba saatnya untuk istirahat. (minta di ganti)

9. Sering memakai charger tidak original

Janganlah kamu berfikir bahwa pemakaian charger sembarangan itu tidak berdampak buruk pada baterai ponselmu.

Alasannya sederhana! Sebab, tidak semua charger yang di konter-konter itu memiliki kemampuan konversi arus listrik yang baik. (merk tidak jelas)

Jika memang terpaksa harus menggunakan charger lain yang bukan berasal bawaan HPmu, saran saya lebih baik gunakan charger "beda merk" namun asli dari pabrik vendor ponsel (bukan replika / KW)

Misal ponselmu merk Xiaomi, namun charger yang kamu gunakan adalah merk Samsung (original) saja. Itu lebih baik, dari pada menggunakan charger sama-sama merk Xiaomi, namun statusnya abal-abal / KW.

10. Terlalu banyak aplikasi background

Terlalu banyaknya aplikasi latar belakang (background) yang aktif, dapat menimbulkan borosnya suatu baterai. Sebab, aplikasi-aplikasi yang "selalu aktif" ini tentu membutuhkan asupan daya listrik juga.

Jika penyerapan daya baterai berlebih ini terus berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka besar kemungkinan akan mempercepat umur dari baterai ponselmu. (hingga akhirnya rusak, drop, boros, melembung, tidak mau mengisi, dan lain-lain.

11. Terlalu banyak koneksi aktif (GPS, Sync, dll)

Biasanya, kebanyakan orang lupa menonaktifkan fitur ini di kala tidak di gunakan. Padahal, kondisi seperti ini sebaiknya jangan di remehkan. Sebab, penggunaan yang berlebihan justru akan semakin menguras daya batereai.

Hanya gunakan fitur-fitur ini pada saat di butuhkan saja. Jika sudah, lebih baik di nonaktifkan/disable saja. (hamat beterai)

12. Ada tambahan lain?

Menurut kalian, perilaku apa lagi yang bisa membuat Baterai HP yang kamu gunakan tersebut bisa boros dalam jangka waktu yang singkat?

Jika kalian memiliki pengalaman lain tentang alasan mengapa baterai bisa mengalami penurunan kualitas (boros), tidak ada salahnya untuk menambahkannya pada poin nomor 7 ini.

“Masih ada banyak hal yang belum kita ketahui”

Catatan...

Poin-poin di atas adalah hasil rangkuman dari artikel website yang pernah saya baca di JalanTikus.com dan sekaligus juga merupakan gabungan pengalaman pribadi saya dalam mennggunakan suatu HP/Ponsel.

Kesimpulan...

Segala sesuatu hasil ciptaan manusia pasti tidaklah sempurna. Termasuk juga dalam hal baterai pada HP/Ponsel.

Rawatlah suatu karya seni yang rapuh tersebut

Sekian...

Itulah beberapa alasan serius, mengapa baterai HP kamu bisa menjadi boros dalam jangka waktu yang tergolong singkat. Jika kalian memiliki pendapat lain mengenai alasan mengapa baterai bisa boros, silahkan tulis di komentar.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih.

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

14 Komentar

  1. Ane juga rada kurang percaya yg dimasukin ke freezer.
    Btw, kayak nya kurang 1 hal lagi gan, brightness layar itu lumayan makan resource batre

    BalasHapus
    Balasan
    1. entahlah gan, ane "kurang" percaya karena memang pas dulu mncoba cara tersebut trnyata gak ada prbedaan yg bgitu terasa pada baterai ane...

      iya, brighness jg bisa di bilang ckup memakan daya brlebih. tpi klo di gunakan secukupnya ya gk akan mslah...

      Hapus
  2. Yang ditulis itu bener semua poin nya. Hape jaman sekarang harusnya sih sudah ada smart charging, kalau udah 100% off sendiri. Jadi gak overcharged.

    Naah yang paling banyak ngabisin yaaa aplikasi yang berjalan di hape. Kudu sering di clear recent app. Boost juga. :D

    BalasHapus
  3. wahhh... berarti hp dcas terus ditinggal semalaman jg berbahaya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi gan Muhid...

      ssuatu yang berlebihan itu tidak baik...

      Hapus
  4. artikel yng bermanfaat , hp saya yang tiap malem dicharge ditinggal tidur jadinya drop ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. HP adik saya juga pernah smalaman di caz lngsung "hamil" gan...

      mka dari itu...

      Hapus
  5. nge'charge sambil internetan bikin boros baterai juga

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.