10 Ciri, Penyebab, dan Solusi IC eMMC HP Android yang Lemah/Rusak

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Ciri dan Penyebab sebuah eMMC akan segera RUSAK!!! cara fix
Ciri dan Penyebab sebuah eMMC akan segera RUSAK!!!
Beberapa topik obrolan yang akan saya bahas kali ini yaitu ciri dari IC eMMC mulai rusak/lemah, kemudian di lanjutkan dengan penyebab umum mengapa eMMC pada sebuah ponsel android bisa RUSAK!!! (solusi)

Artikel ini mungkin sangat cocok untuk kamu-kamu yang mempunyai pertanyaan terkait IC eMMC seperti di bawah ini:
“Apa sih penyebab hp android berhenti di logo?”
“HP android saya stuck di logo, gimana nih?”
“Benerin HP bootloop gimana?”
“Cara atasinya gimana?”
Saya usahakan, akan menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui poin-poin penting yang telah saya tulis di bawah.

Silahkan dibaca...

Ciri-ciri eMMC mulai lemah/rusak

Sebelum itu, kamu perlu kamu ketahui dulu beberapa ciri ATAU pertanda sebuah eMMC pada ponsel android akan segera rusak/lemah.

Coba di ingat-ingat, apakah kamu mengalami gejala seperti seperti di bawah ini???

1. Proses WIPE atau Factory Reset selalu gagal

Pertama, ketika kamu hendak melakukan pengaturan awal ponsel (reset pabrik), hal yang terjadi malah proses WIPE tersebut selalu gagal.

Dan kalau pun sempat bisa sampai 100% Complete, ketika ponsel dinyalakan tidak akan kembali ke kondisi “reset”. (alias, tidak terjadi apa-apa)

Kondisi tersebut menandakan bahwa eMMC sudah mulai lemah. (namun ponsel masih bisa hidup)

2. Proses Flashing juga selalu gagal

Padahal sudah yakin bahwa langkah-langkah dari proses Flashing sudah benar, namun yang terjadi malah prosesnya selalu GAGAL. Maka kemungkinan besar memori internal (eMMC) pada ponsel sudah rusak/lemah.

Solusi terbaiknya, silahkan di cek kembali langkah proses flashing... Jika tetap tidak bisa, ganti eMMC merupakan pilihan yang mungkin harus di ambil.

3. Upgrade firmware selalu gagal

Proses upgrade firmware yang saya maksud disini adalah ketika ponsel di “upgrade” menggunakan software update bawaan pada ponsel.

Jika memang eMMC sudah mulai lemah/rusak, maka proses (update software) ini tidak akan berjalan dengan semestinya. Bahkan setelah update biasanya malah bisa bikin HP Bootloop!!!

4. Instalasi aplikasi baru selalu gagal

Keadaan ponsel masih bisa hidup, namun ketika memasang aplikasi baru pada ponsel, maka akan SELALU GAGAL. (Playstore, maupun diluar Playstore)

Kejadian ini merupakan salah satu pertanda bahwa eMMC sudah mulai lemah. (suatu saat akan SEGERA rusak)

5. Sering mengalami Hang!

Padahal aplikasi yang terinstal hanya sedikit, penggunaan RAM juga normal, namun ponsel sering mengalami HANG yang tidak jelas. (bukan di sebabkan karena membuka aplikasi yang terlalu berat)

Hal tersebut di sebabkan oleh eMMC yang sudah “tidak mampu” melakukan read/write dengan baik lagi.

6. Ponsel sering alami “reboot sendiri”

Hampir berkaitan dengan kondisi HANG tadi...

Biasanya ponsel akan HANG terlebih dahulu, kemudian otomatis melakukan reboot sendiri. (bisa juga langsung reboot, tanpa hang)

7. Sering muncul notif “sayangnya aplikasi berhenti”

Ketika ponselmu memunculkan notif seperti ini:
”Sayang...”
”Sayangnya aplikasi telah berhenti”
Hal itu bisa disebabkan kerusakan pada “software” saja (kesalahan saat oprek, aplikasi penting terhapus), ATAU bisa juga di karenakan kerusakan pada “hardware” pada si ponsel. (eMMC)

Jika kerusakan hanya pada software, maka lakukan Flashing saja sudah cukup. Namun jika hardware (eMMC), tentu akan lebih sulit lagi. (harus ganti eMMC)

8. Proses copy paste selalu gagal/error

Selain itu, proses copy & paste yang biasa kamu lakukan pada ponsel android sering terjadi GAGAL, atau terkadang file yang di copy jadi corrupt.

Juga bisa menandakan bahwa eMMC sudah mulai agak “error”.

9. Logo baterai naiki/turun tidak muncul saat di charge

Ketika ponsel dalam keadaan mati/off dan hendak di charger, maka tidak muncul logo apa-apa. Biasanya hanya menampilan lampu led, namun proses “naik/turun” pada baterai tidak ada.

Karena umumnya android akan memberikan tanda “sedang mengisi” pada saat ponsel di charge. (keadaan mati/off)

10. Ada tambahan lain?

Jika kamu punya tambahan lain, atau bisa juga pengalaman saat terjadinya kerusakan eMMC, bisa kamu tuliskan melalui komentar di bawah.

Mungkin akan bermanfaat bagi yang lain...

Penyebab utama eMMC bisa rusak...

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab rusaknya sebuah eMMC pada ponsel android. Umumnya di sebabkan karena kelalaian dari si pengguna ponsel itu sendiri. (kebanyakan seperti itu)

Di bawah ini sudah saya tuliskan beberapa penyebabnya:

1. Terlalu lama charging (overcharge)

Biarpun ponsel Zaman Now (sekarang) memiliki fitur otomatis memutus aliran daya saat charging. Bukan berarti kamu “bebas” dan bisa seenak jidat dalam melakukan proses charge. (ngeces hp)

Lebih baik tetap “berusaha” untuk melakukan dengan secukupnya saja. Karena segala susuatu yang berlebihan itu tentu tidak baik.

2. Sering oprek. (gonta-ganti ROM)

Tidak semua ROM/Firmware/Custom Firmware yang bertebaran di internet itu kompatibel dengan ponsel android yang kamu gunakan.

Mengapa?

Sebab ada beberapa cusrom yang “seolah-olah” smooth, adem, dll yang justru sebenarnya malah MERUSAK!!! Dikarenakan ketidak cocokan antara firmware dengan partisi yang asli. (ilmu cocoklogi)

Efek oprek formware yang “tidak cocok” tersebut biasanya akan terasa dampaknya setelah 2-3 bulan dalam penggunaan sehari-hari. (kegiatan oprek paksa firmware, ilmu cocoklogi)

3. Sering mematikan ponsel secara PAKSA

Akibat seringnya mencopot baterai paksa, tanpa mematikan ponsel terlebih dahulu (secara halus) juga bisa memperpendek umur eMMC dalam waktu jangka kedepannya.

Silahkan matikan ponsel terlebih dahulu, kemudian di lanjutkan dengan copot baterai, sim, atau pun memori eksternal pada ponsel.

4. Terlalu sering lakukan flashing

Lakukanlah proses flashing jika memang SANGAT PERLU dan HARUS dilakukan. Proses flashing hanya boleh di lakukan jika ponsel android mengalami kerusakan atau error saja.

Sebab, melakukan proses flashing terus menerus akan berdampak rentannya eMMC menjadi mudah rusak/error dalam jangka panjangnya.

Tapi itu terserah kamu, pilihan ada di tanganmu...

5. Lain kali akan di tambahkan...

Sejauh ini belum ada lagi tambahan penyebab eMMC yang bisa MERUSAK!!! Jika punya pendapat lain yang dirasa “berguna”, nggak ada salahnya untuk menuliskannya di komentar.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 10 Ciri dan Penyebab eMMC HP Android Mulai Lemah atau Rusak! Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat