advanced web statistics Cara Mengatasi BOOTMGR is Missing pada PC Laptop Windows 10 - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Mengatasi BOOTMGR is Missing pada PC Laptop Windows 10

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
biasanya sering terjadi pada Windows 7, 8 dan Windows 10
Punya masalah "boot mgr is mising" seperti di atas?
Munculnya error "boot mgr is mising" merupakan suatu peringatan kepada user (pengguna) bahwa Operating System tidak dapat menemukan (could't found) file penting yang di gunakan sebagai “boot system”.

Hilangnya file boot mgr ini bisa dikarenakan kerusakan software akibat virus, terhapus, corrupt dan lain sebgainya. Tetapi, tidak menutup kemungkinan juga bahwa penyebabnya dikarenakan kerusakan pada bagian hardware.

Beberapa peringatan error yang saya maksud, biasanya akan tampil seperti di bawah...
“BOOTMGR is missing Press Ctrl Alt Del to restart”
“BOOTMGR is missing Press any key to restart”
“Couldn’t find BOOTMGR”
Tampilan error yang paling sering muncul kira kira seperti di atas itulah. Apakah saat ini kamu sedang mengalaminya??? 😂

Jika iya, silahkan baca lanjut sampai tuntas...

Penyebab umum, terjadinya bootmgr mising

Sebelum itu, perlu kamu ketahui dahulu beberapa "kejadian" yang memungkinkan terjadinya error boot mgr is mising. Di antaranya, sudah saya tuliskan di bawah...

1. Terjadinya perubahan pada konfigurasi OS

Adanya perubahan pada kondigurasi/pengaturan yang ada pada urutan boot, cacat firmware, kesalahan config baca/tulis, dll.

2. Versi BIOS terlalu lawas

Bagian ini jarang terjadi...

Versi BIOS yang tidak "sesuai" akibat telah dilakukannya perubahan hardware/software, kemungkinan akan menimbulkan dampak negatif pula. (tidak bisa "sync" dengan baik,antara hardware dengan software)

3. Proses booting yang tidak sempurna dari flash drive

Ketika proses installasi di lakukan, ada beberapa komponen file yang tidak tersalin dengan sempurna. Hal tersebut memungkinakan bagian software error/cacat, sehinggal mengalami kerusakan "not found", error mgr, dll.

4. Bad sector pada hardisk

Bisa juga di karenakan kemampuan hardisk PC/Laptopmu yang sudah tak setangguh dulu lagi. Salah satunya yaitu bagian hardisk.  (Bagian inilah yang sering terjadinya kerusakan)

5. Terjadi gagal saat update OS

Jika update BIOS gagal, bukan hanya error yang di dapat. (Terkadang, bahkan juga bisa menyebabkan kerusakan berat mati total)

Jarang terjadi...

6. Kesalahan user, menghapus file penting

Hal sepele ini juga bisa saja terjadi.

Pengguna awam yang tidak/sengaja menghapus file “boot system”, hingga akhirnya muncul error bootmgr isi mising.

7. Ulah dari virus, menghapus file penting

Hampir sama seperti nomor 6, pebyebabnya bisa di karena serangan virus yang bersarang di laptopmu. (menghapus file system penting dalam OS)

Ini menurut pengalaman saya sendiri, beberapa "kesalahan" yang memungkinkan terjadinya error boot mgr is mising ya ada 7 itu tadi. (Kedepannya mungkin akan bertambah)

Nah untuk itu, saran saya lebih baik berhati-hatilah dalam mengutak-atik PC/Laptop yang kamu gunakan.

Jangan sampai kamu asal-asalan dalam konfigurasi, tanpa "memahami" maksud dan tujuan dari konfigurasi yang telah kamu ubah.

Hanya 4 Langkah atasi boot mgr is mising...

Setelah mengetahui beberapa hal yang "memungkinkan" terjadinya boot mgr mising, selanjutnya akan saya berikan beberapa "pengetahuan" penting, dalam mengatasi boot mgr is mising.

Langkahnya cukup mudah, jika kamu baca dengan teliti.

1. Cek dulu bagian hardware

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek seluruh komponen hardware. Mulai dari kabel Hardisk, kabel CD Room, dan kabel konektor lainnya. Pastikan semuanya kencang. (Tidak loggar)

Sudah di cek?

Jika sudah, sekarang pertanyaanya, apakah seluruh komponen hardware tadi sudah terbaca dengan baik pada menu BIOS??? (masuk BIOS)

Jika belum, segera kencangkan lagi (jangan sampai longgar) hingga semua hardware terbaca dengan normal. (Jika tidak, berarti ada yang bermasalah pada salah satu hardware)

Untuk beberapa kasus, setelah melakukan hal sederhana di atas, biasanya PC/Laptop akan kembali normal & mampu untuk booting dengan baik. (Jika masalah hanya pada hardware saja)

Untuk kamu yang masih error boot mgr mising??? (Padahal hardware sudah 100% normal)

Lakukan langkah tahap kedua!!!

2. Konfigurasi bagian software

Jika sudah di cek semua (hardware) namun tetap menampilkan boot mgr mising, maka besar kemungkinan permasalahannya ada pada "kerusakan" bagian software.

Kerusakan itu bisa karena ulah virus, kesalahan pengguna, corrupt, dll...

Intinya, kita harus perbaiki software yg sedang "cacat" ini.

Caranya gimana?
Pilih menu "Repair your computer"
Ikuti langkah di bawah...
  1. Pertama, lilakan booting dari Installer WINDOWS 7/8/10. (Gunakan DVD / USB Flashdisk)
  2. Selanjutnya, pilih Repair computer
  3. Kemudian, pilih tombol Cancel agar keluar dari repair wizard
  4. Setelah itu, barulah akan muncul tampilan "command prompt”, ”system restore”, “memory diagnostics”, dan sebagainya.
  5. Pilih “command prompt
  6. Selanjutnya, silahkan masuk ke drive DVD/USB Installer Win7/8/10. Misalkan ada di drive D, maka ketikkan saja “D:”, kemudian Enter.
  7. Kemudian, silakan copy file bootmgr ke drive dimana windows terinsall, umumnya secara default ada di drive C:. Silakan ketikkan “copy bootmgr c:” tanpa tanda petik kemudian Enter
  8. Tunggu proses copynya, jika sudah selesai ketikan saja "exit" kemudian tekan Enter
  9. Restart PC/Laptop seperti biasa.
  10. Pilihlah “start windows normally
  11. Tunggu proses booting kembali normal, hingga sampai ke tampilan desktop.

ATAU...


Bisa juga dengan cara langsung klik “automatic repair” yang ada di langkah “nomor 2”. (tidak selalu berhasil, saya lebih menyukai cara manual seperti di atas)

Langkah yang saya tuliskan diatas tadi tergolong "ampuh" dalam mengatasi error boot mgr is mising. Tapi ingat, langkah nya harus benar. (Jika salah, maka error mgr akan tetap muncul/tidak hilang)

3. Cobalah untuk Install Ulang OS

Jika memang proses "repair OS" melalui CD Installer belum berhasil, langkah yang mungkin "terpaksa" harus kamu lakukan adalah Install Ulang OS.

Di jamin juga ampuh. (kalo mau)

4. Terakhir, LEMBIRU (ganti hardware baru)

Sampai di langkah ini, jika belum berhasil dan masih menampilkan pesan error boot mgr is mising(padahal sudah reinstall OS dll), berarti memang ada yang "salah" pada komponen hardware PC/Laptopmu.

Pilihan terbaiknya adalah, ganti salah satu komponen dengan yang baru.

Biasanya yang sering menjadi penyebab error boot mgr itu ada di bagian Hardisk yang bad sector.

Tambahan...

Apabila masalah boot mgr masih tetap ada, salah satu cara yang "mungkin" akan memperbaiki error yaitu dengan memperbarui BIOS ke versi yang paling baru.

Hal tersebut juga dapat membantu "meningkatkan" stabilitas antara hardware dan software dari sebuah perangkat komputer.

Perlu di ingat, berhati-hati lah dalam proses update BIOS.

Tutor?

Silahkan googling lebih dalam lagi, kata kunci "cara update BIOS".

(tidak harus di lakukan)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 4 Langkah Mudah Perbaiki "bootmgr is mising" pada Windows 7, 8, 10. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih

Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.