advanced web statistics 25 Aplikasi PENTING HP Android yang WAJIB di Install Segera! - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

25 Aplikasi PENTING HP Android yang WAJIB di Install Segera!

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Beberapa aplikasi android yang harus di instal pada HP android
Beberapa aplikasi android yang harus di instal pada HP android
Artikel kali ini, saya hanya ingin berbagi saja sebuah informasi yang sebenarnya hanya iseng-iseng saja, namun tetap menarik dan bermanfaat untuk di bahas, yaitu aplikasi mana saja sih yang penting, bermanfaat dan wajib untuk di install?

Beberapa yang akan saya sebutkan nanti merupakan aplikasi yang bagi saya cukup penting dan memang seharusnya kamu install, demi melengkapinya potensi fitur-fitur yang memungkinan untuk bisa kamu rasakan manfaatnya secara maksimal.

Penasaran? Maka dari itu, silahkan baca sampai tuntas!

Aplikasi penting dan berguna HP android

10 Aplikasi Wajib Ponsel Android Setelah Melakukan Flashing (opini)
Aplikasi ini tergolong wajib di instal. (Bagi saya)
Aplikasi yang saya maksud penting / wajib ini adalah, suatu aplikasi yang memang harus ada dan tidak boleh di lewatkan oleh pengguna android.

Jika memang terpaksa untuk tidak menginstall aplikasi yang saya sebutkan ini, maka pengalaman dalam nenggunakan ponsel android akan terganggu dibuatnya, sekaligus terasa sayang jika di lewatkan.

Mungkin langsung saja ya gan, saya sebutkan satu-persatu...

Yang pertama adalah...

1. Google Chrome

Google Chrome
Google Chrome
Yang paling pertama dan utama adalah Google Chrome.

Aplikasi ini merupakan browser wajib yang harus di install pada ponsel yang biasa saya gunakan.

Pernah kala itu saya lupa backup aplikasi google Chrome ketika selesai melakukan flashing, hingga akhirnya saya terpaksa harus menggunakan browser bawaan yang sangat-sangat tidak saya sukai. (Karena tidak biasa)

kelebihan lain Google Chrome yang saya rasakan yaitu kemudahan dalam hal navigasi.

Google Chrome menawarkan navigasi dengan sistem sentuh dengan cara swipe, yang tentu akan mempermudah dalam melakukan suatu perintah tutup tab, new tab, dan perintah umum lainnya.

Belum lagi dengan kemampan download dan resume file secara realtime juga akan menambah kesempurnaan dari browser yang satu ini.

Ingin mencobanya? Silahkan unduh saja langsung melalui Google Playstore

2. WPS Office / Word

Microsoft Word
Microsoft Word
Selanjutnya adalah WPS Office atau Microsoft Word.

Software ini bagi saya sangat membantu dalam menulis catatan penting yang bisa saja keluar saat saya sedang beraktifitas di luar rumah. Jadi ketika tiba-tiba mendapat ide untuk di tulis, maka saya bisa langsung mencatatnya melalui WPS Office.

Kelebihan utama yang paling saya sukai adalah, aplikasi ini bisa melakukan syncronize langsung ke aplikasi WPS Office versi desktop yang ada di rumah.

Selain itu juga tampilannya memang sengaja di buat semirip mungkin dengan Microsoft Office, membuat WPS Office menjadi pilhan paling tepat dalam rangka mengurangi tingkat penggunaan software bajakan yang semakin meraja lela.

Belum punya software WPS Office? Silahkan unduh langsung melalui website resminya, GRATIS.

3. MX Player

MX Player
MX Player
Aplikasi yang satu ini menurut saya juga wajib harus dimiliki.

Memang pada aplikasi bawaan ponsel sudah di sediakan pemutar video yang cukup lengkap. Namun masalahnya adalah, saya sudah terlanjur nyaman dengan penempatan tool-tool yang ada pada MX Player.

Kelebihan dari MX Player di banding pemutar video yang lainnya juga terletak pada proses Codec dari jenis format 1 dengan lainnya terasa sangat smooth. Jarang sekali saya temukan aplikasi ini lagging atau macet saat di gunakan.

Sepertinya memang aplikasi ini sudah 99% sempurna yang di tandai dengan minimnya jumlah bug yang ada. (sejauh ini)

4. Al-Quran Indonesia

Al-Quran Indonesia
Al-Quran Indonesia
Dengan aplikasi ini, maka kamu tidak perlu repot-repot lagi membawa Alquran dalam bentuk fisik jika sedang bepergian jauh.

Cukup install aplikasi ini, maka kegiatan baca alquran tetap bisa berjalan nyaman dan tentram aman sentosa.

5. Share It

ShareIt
ShareIt
Shareit, sangat berguna ketika kita hendak kirim ataupun menerima file dalam jumlah dan ukuran yang cukup besar.

Aplikasi ini sangat-sangat membantu dalam keadaan genting kirim file dengan cepat dalam waktu singkat dan efisien.

6. My Telkomsel

My Telkomsel
My Telkomsel
Bagi saya ini adalah aplikasi wajib, karena memang kartu paket internet yang saya gunakan daru provider Telkomsel.

Daftar informasi yang di tampilkan sangat lengkap dan terlihat simple.

Tergolong penting bagi kamu yang pakai kartu Telkomsel.

7. USD x IDR

USD x IDR
USD x IDR
Aplikasi ini memang penting, tapi hanya untuk sebagian orang saja.

Bagi saya yang memang hampir setiap hari mengecek kurs Dollar ke Indo, aplikasi ini terasa sangat membantu. Jadi tidak perlu membuka browser lagi, hanya sekedar untuk melihat konversi mata uang.

Publisher adsense butuh aplikasi ini. (Menurut saya)

8. Anonytun

Anonytun
Anonytun
Hampir ada kaitannya dengan aplikasi My Telkomsel yang sudah saya sebutkan tadi.

Aplikasi ini berfungsi sebagai alat bantu dalam mengubah kuota Video Max, menjadi kuota Flash 24 Jam.

Telkomsel terlalu mahal? Maka aplikasi ini mungkin bisa membantu...

9. Kamus

Kamus
Kamus
Untuk seorang pelajar, aplikasi Kamus (bagi saya) cukup wajib.

Buku setebal dan seberat itu (kamus), bisa dengan mudah kamu rasakan manfaatnya dengan menggunakan bantuan aplikasi kamus. Selain itu, aplikas ini juga tergolong ringan dan tidak membutuhkan banyak ruang memori.

Downlaad saja di Playstore. (Gratis)

10. Google Maps

Google Maps
Google Maps
Sepertinya hampir semua orang butuh aplikasi ini, dketika hendak bepergian jauh.

Ya sebebarnya sih ini pilihan saja, boleh di instal boleh tidak. Namun bagi saya ini penting. (Biar nggak salah jalan)

11. Root Explorer

Root Explorer
Root Explorer
Root Explorer merupakan salah satu aplikasi yang menurut saya wajib dan memang harus di install pada android yang baru saja selesai di flashing.

Aplikasi ini sebenarnya berfungsi sebagai file manager biasa, namun menyimpan fungsi bermanfaat lain, yaitu managemen file hingga masuk ke dalam system, sehingga bisa dengan mudah dalam melakukan penghapusan aplikasi bawaan yang tidak penting.

Selain itu juga ukuran dari file ini sangat kecil, yaitu hanya sekitar 3MB saja, padahal fungsinya (bagi saya) hampir setara dengan Windows Explorer milik Microsoft pada OS Windows.

Kekurangan yang saya rasakan hanya 1, yaitu kamu harus bayar jika ingin mendapatkan versi PRO dari software ini.

Silahkan unduh do Google Playstore...

12. Titanium Backup

Titanium Backup
Titanium Backup
Aplikasi ini sangat penting dalam upaya melakukan penjagaan file penting pribadi berupa backup, jika sewaktu-waktu kita ingin mengembalikan aplikasi sekaligus data + cache yang sebelumnya pernah di gunakan.

Biasanya aplikasi ini saya gunakan sebagai backup obrolan Whatsapp, SMS, Setting, riwayat Browser, dan data-data penting lainnya yang sekiranya menyimpan sebuah “isi” yang berada dalam APK.

Kekurangannya pun Cuma 1, harus BAYAR... (nggak gratis)

13. AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder
AZ Screen Recorder
AZ Screen Recorder merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai screen recorder pada tampilan ponsel android. Jadi ketika aplikasi ini aktif, maka semua proses yang tertampil di layar, akan di simpan dalam bentuk video.

Aplikasi ini biasanya di gunakan beberapa orang untuk membuat sebuah tutorial, merekam gameplay dari game, dan kegiatan screen capture lainnya.

14. Clean Master

Clean Master
Clean Master
Saran saya, lebih baik gunakan aplikasi Clean Master pada versi awal-awal saja, karena semakin baru, aplikasi ini justru semakin berat + banyak iklan dan notifikasi yang mengganggu.

Sangat-sangat di sayangkan... Padahal fungsinya sangat bermanfaat dalam melakukan pembersihan file-file sampah yang tersimpan di dalam penyimpanan ponsel android yang telah lama di gunakan.

Versi Clean Master yang menurut saya masih tergolong ringan, yaitu versi 3.4.0.

15. Flashify

Flashify
Flashify
Flashify dapat di gunakan sebagai flasher suatu file ZIP, Recovery, IMG, dll kedalam system android. Lebih tepatnya hampir mirip seperti CWM / TWRP pada OS android.

Perbedaanya, Flashify berjalan hanya dalam bentuk software APK yang sederhana dan sangat mudah untuk di install seperi aplikasi APK biasa.

16. CPU Z

CPU Z
CPU Z
Aplikasi selanjutnya yaitu CPU Z...

CPU Z biasa saya gunakan ketika ingin mengecek spesifikasi apa yang di bawa pada ponsel android. Kelebihannya, ukuran dari aplikasi ini sangat kecil dan ringan.

17. Greenify

Greenify
Greenify
Jika kamu belum tahu, Greenify merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai Peng-hibernate aplikasi android yang terlalu sering aktif di latar belakang. (penghemat RAM)

Selebihnya, mungkin kamu bisa googling saja di internet mengenai cara kerja dari Greenify ini. Semakin baru, fiturnya pun tentu akan bertambah dan semakin bagus peforma penghematan RAM yang di hasilkan.

18. PPSSPP

PPSSPP
PPSSPP
Dilihat dari namanya, mungkin sudah kelihatan bahwa aplikasi ini adalah emulator dari Playstation Portable, atau yang biasa di singkat sebagai PSP.

Aplikasi ini menurut saya penting, karena memang kemampuannya dalam menjalankan setiap game PSP itu sudah mendekati sempurna.

Hampir seluruh game yang pernah saya coba dapat berjalan dengan mulus, walaupun dengan spesifikasi hardware yang tidak terlalu tinggi.

Lumayan lah, untuk menikmati game-game eksklusif PSP seperti God of War, Final Fantasy, Tekken 6, Burnout, Def Jam, harvest Moon, Need for Speed, dan game-game berkualitas lainnya yang pernah rilis di PSP.

19. ePSXe

ePSXe
ePSXe
Hampir mirip dengan emulator PPSSPP yang sebelumnya, bedanya hanya terletak dari game yang bisa di mainkan.

ePSXe memungkinkan kamu untk bisa memainkan game PS1 menggunakan ponsel android dengan sangat baik.

Dapat dipastikan semua judul game yang kamu coba akan berjalan lancar pada emulator ini tanpa adanya LAG berlebihan.

Untuk mengenang masa lalu, aplikasi ini sangat cocok untuk anak kelahiran tahun 90an.

20. Cymera

Cymera
Cymera
Hanya sebagai tambahan saja...

Jika kamu sering / menyukai pengeditan gambar menggunakan ponsel android, mungkin aplikasi Cymera ini sangat cocok untuk kamu gunakan.

Yang membuat aplikasi ini saya rekomendasikan adalah, karena tampilan dan tool yang di sediakan sangat sederhana namun tetap powerfull.

Powerfull dalam arti, kualitas hasil output-nya tergolong berkualitas dan tidak asal-asalan, walaupun menyandang gelar aplikasi GRATISan.

21. Aida64

CPU Z
CPU Z
Hampir mirip seperti CPU Z, namun memiliki fitur tambahan lain yang membuatnya semakin lengkap. Relatif penting, untuk pengguna HP baru. (baru beli)

22. WhatsApp

WhatsApp
WhatsApp
Jaman sekarang, aplikasi sosial media WhatsApp menurut saya "saat ini" memang wajib di install. Hampir semua kalangan masyarakat pengguna smartphone menggunakan aplikasi ini sebagai media komunikasi yang mudah dan tentunya lebih MURAHH.

23. Facebook Lite

Facebook Lite
Facebook Lite
Fungsi facebook lite, adalah sebagai cadangan di kala kuota yang kita miliki sudah mulai menipis, ATAU bahkan sudah kosong. Dengan menyiapkan aplikasi Facebook Lite, maka aktifitas facebook-an tetap bisa berjalan walaupun dengan kuota sangat minim.

24. Tokopedia, Shopee, dll

tokopedia, shopee, bukalapak
tokopedia, shopee, bukalapak
Aplikasi belanja seperti tokopedia, shopee, bukalapak (menurut saya) saat ini memang wajib di install. Hal ini sangat bermanfaat di kala kita tetap siaga dalam mengecek "flash sale" yang terkadang terdapat barang yang menarik perhatian untuk segera di BELI.

25. ShareIt

Shareit
Shareit
Fungsinya ya untuk jaga-jaga dikala kita hendak kirim / terima file dalam ukuran besar, namun dengan kecepatan transfer yang cukup kencang.

Catatan...

Dari daftar yang saya sebutkan di atas, merupakan aplikasi yang (bagi saya) wajib untuk di install pada perangkat ponsel yang saya miliki.

Sudah tentu, akan berbeda dengan kamu yang juga memakai ponsel android.

Sesuaikan saja dengan kebutuhanmu.

Sekian...

Mungkin cukup sampai disini dulu untuk artikel 25 Aplikasi PENTING HP Android yang WAJIB di Install Segera. Semoga apa yang saya tuliskan bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi kalian yang sedang bingung dalam pemilihan aplikasi mana saja yang wajib di instal.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih...
Bagikan, jika menurutmu artikel ini bermanfaat

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

4 Komentar

  1. Wow, this article is pleasant, my sister is analyzing these things, so I
    am going to tell her.

    BalasHapus
  2. Artikel yg sangat menarik,
    90% aplikasi diatas digunakan di hp saya jg.
    Mungkin hanya menambahkan aplikasi
    1. Instagram
    2. Snapseed (Photo editor dari google yang terbaik menurut saya).
    Ditunggu artikel yg menarik lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lain kali akan saya tambahkan 😉 terima kasih...

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.