advanced web statistics Cara Mengatasi Brightness yang Tidak Berfungsi Windows 7, 8 dan 10 - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Mengatasi Brightness yang Tidak Berfungsi Windows 7, 8 dan 10

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Cara Mengatasi Brightness yang Tidak Berfungsi Windows 7, 8 dan 10
Mudah saja Mengatasi Brightness yang Tidak Berfungsi Windows 7, 8 dan 10
Pernahkah kamu mengalami brighness pada PC / Laptop yang kamu gunakan tiba-tiba tidak berfungsi, tidak bisa di redupkan, bahkan malah pengaturan yang ada justru menghilang?

Jika memang betul kamu mengalami hal tersebut, maka kamu telah berada pada artikel yang tepat. Karena di bawah nanti akan saya jelaskan secara singat, bagaimana cara mengatasi permasalahan Brightness yang Tidak Berfungsi pada Windows 7, 8 dan 10.

Oke, silahkan baca sampai tuntas...

Penyebab brightness tidak berfungsi

Sebelum menyangkut ke pembahasan mengenai cara mengatasi brighness tidak berfungsi, ada baiknya kamu ketahui dahulu beberapa penyebab yang memungkinkan brightness menjadi tidak berfungsi.

Penyebab yang pertama adalah...

1. Driver belum terinstall dengan benar

Bisa saja PC / Laptop yang kamu gunakan software driver-nya belum terinstall. ATAU, bisa juga sudah terinstall, namun driver yang ada itu sebenarnya tidak cocok / compatible dengan OS Windows yang di pakai.

Contoh, driver yang di khususkan untuk Windows 7, kemungkinan besar tidak akan bisa di gunakan pada Windows 10. (perbedaannya terbilang jauh)

Namun jika driver Windows 7 di intall pada OS Windows 8 / 8.1, ada beberapa jenis laptop yang masih bisa menggunakan versi driver yang tidak harus KHUSUS.

2. Pengaturan devices manager ada yang salah

Penyebab kedua, kemungkinan ada yang salah dengan pengaturan pada Devices Manager pada OS Windows yang kamu gunakan.

Yang saya maksud pengaturan yang salah ini adalah, ada beberapa komponen hardware yang tidak sengaja dalam mode “disable”.

Sedangkan komponen devices manager itu bisa berupa Network Adapter, Display Adapter, dan lain sebagainya.

3. Laptop terkena virus

Kemungkinan yang ketiga, bisa jadi terdapat sejumlah virus yang aktif pada OS Windows.

Si virus yang aktif ini, kemungkinan telah merusak file driver yang berkaitan dengan system display hingga membuat beberapa komponen driver yang fungsinya mengolah data file UI menjadi rusak / corrupt.

4. Dan lain-lain

Selain 3 hal yang saya sebutkan di atas, sejauh ini belum ada beberapa hal lain yang bisa menjadi penyebab brighness menjadi tidak berfungsi.

Mengatasi brightness tidak berfungsi

Berikutnya, akan saya lanjutkan pembahasan singkat mengenai cara mengatasi brighness tidak berfungsi pada PC / Laptop.

Cara di bawah ini sebenarnya pengalaman pribadi saya sendiri ketika mengalami hal yang serupa.

Sekedar info tambahan, bahwa langkah ini bisa kamu lakukan pada Windows 7, 8 dan juga Windows 10. (pada intinya sama saja)

Silahkan di baca SOLUSI di bawah ini...

1. SOLUSI Driver belum terinstall

Untuk mengetahui OS Windows yang sudah terinstall driver atau belum sebenarnya cukup mudah. Tinggal lihat saja pada perintah ketika sedang mematikan perangkat PC / Laptop yang kamu gunakan.

Jika hanya terdapat 2 pilihan Shutdown dan Restart saja, maka bisa di indikasikan driver VGA pada perangkat tersebut BELUM terinstall.

Ciri yang kedua jika driver belum terinstall adalah, pada saat klik kanan pada tampilan desktop. Maka tidak akan ada menu tambahan kaitannya dengan Control center dari Intel / AMD / Nvidia.

PC / laptop yang sudah terinstall driver VGA biasanya akan menampilkan properties / control panel pada perangat GPU yang terpasang pada perangkat. (Intel, AMD, Nvidia)

Nah sekarang SOLUSInya adalah...

Cari CD / DVD yang tersedia bersamaan saat pembelian PC / Laptop yang ada di dalam kardus. (umumnya laptop harusnya ada)

Jika yang kamu gunakan adalah PC / komputer, alternatifnya yaitu dengan cara mengunduhnya langsung di website resmi penyedia driver VGA.

Sesuaikan jenisnya, Intel, AMD, atau Nvidia.

Download, kemudian install.

2. Pengaturan devices manager ada yang salah

Nah pada poin yang nomor 2 ini juga pernah saya alami ketika menggunakan Windows 8.

Singkat ceritanya seperti ini...

Laptop Samsung yang saya gunakan entah kenapa sering mengalami brighness yang tidak bisa di redupkan pada waktu-waktu tertentu.

Hal tersebut jadi semakin ANEH, karena memang saya sudah 100% yakin bahwa driver yang di install sudah terpasang dengan baik.

Tutorial demi tutorial yang ada di blog-blog orang sudah saya jelajahi, namun sayangnya belum ada satu pun yang mempunyai inti permasalahan yang sama dengan laptop yang saya gunakan.

Kebanyakan dari mereka (blog diluar) menyarankan menyelesaikan permasalahan brighness yang tidak berfungsi dengan cara cek driver, reinstall driver, dan hal mendekati yang lainnya.

Setelah selang beberapa hari menerima keadaan brighness yang tidak bisa di atur tersebut, akhirnya saya “tidak sengaja” menemukan sebuah inti permasalahan yang membuat laptop yang saya gunakan brighness-nya tidak berfungsi.

Masalah utama yang terjadi pada laptop saya kala itu cukup sederhana dan sepele, yaitu akibat adanya devices manager yang berstatus “disabled”.

Nah yang membuat saya heran, komponen yang ter-disable tersebut BUKAN pada Display Adaptor. Melainkan pada Monitor, lebih tepatnya pada bagian Generic PnP Monitor.

Lebih jelasnya, lihat gambar di bawah...
Generic PnP Monitor dalam keadaan disabled
Generic PnP Monitor dalam keadaan disabled
Pantas saa bisa terlewatkan, karena bagian Generic PnP Monitor merupakan bagian komponen yang jarang sekali terjadi semenjak pengalaman saya dalam oprek-oprek komputer di sekolah dulu.

(biasanya yang sering bermasalah hanya di bagian VGA Adapter saja)

SOLUSInya pun sederhana, cukup klik kanan pada Generic PnP Monitor, kemudian pilih Enabled.

3. SOLUSI jika tidak berfungsi akibat virus

Poin nomor 3 ini kemungkinan besar banyak orang yang sudah tahu.

Cukup lakukan full scanning menggunakan antivirus terupdate, maka virus akan segera di atasi oleh antivirus.

Saran saya lebih baik gunakan Avast, ATAU Windows Defender bawaan Windows 10 saja. (jangan lupa di update)

Namun jika setelah di scan ternyata masih belum berhasil menyelesaikan permasalahan, maka install ulang OS mungkin adalah pilihan terbaik.

4. Belum ada tambahan...

Sejauh ini belum ada SOLUSI lain yang bisa saya tambahkan dalam mengatasi brighness tidak berfungsi. Lain kali, mungkin akan saya tambahkan jika memang harus di tambahkan.

Kesimpulan...

Jadi kesimpulannya adalah, permasalahan yang bisa menimbulkan brightness tidak berfungsi yaitu:

  • Driver tidak compatible
  • Divices keadaan disabled
  • Dan lain-lain

SOLUSInya...

  • Install / reinstall driver
  • Enabled pada devies manager
  • Dan lain-lain

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Brightness yang Tidak Berfungsi Windows 7, 8 dan 10. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

2 Komentar

  1. min ada gak link buat brighness nya itu. soalnya seperti nya laptop saya tidak menginstal drivernya for brighness itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Driver VGA mu blm terinstall/cocok... (mungkin)

      Pake aja driverpack...

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.