8 Cara Mengatasi PUBG Mobile yang Sering LAG Ketika di Mainkan

Cara tergolong ampuh dalam mengatasi PUBG Mobile sering LAG
Cara tergolong ampuh dalam mengatasi PUBG Mobile sering LAG.
Bisa di bilang game PUBG Mobile (LITE) ini memang memiliki jumlah pemain yang cukup banyak di banyak kalangan masyarakat. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, kebanyakan dari mereka mungkin sudah mencoba game ini. Mungkin karena hal itulah yang menyebabkan PUBG Mobile masuk kedalam daftar salah satu game online terbaik yang pernah saya tulis di artikel sebelumnya.

Baca: Main PUBG Mobile di PC / Laptop RAM 2GB Saja, Bisa Nggak?

Dan karena saking banyaknya para pemain tersebut, kemudian barulah sebagian ada yang merasakan masalah klasik bahwa game ini kok ngelag sih, lambat, sering disconnect, dan masalah lainnya.

Nah karena itulah...

Di sini saya akan mencoba memberikan beberapa tips sederhana dalam upaya mengatasi PUBG Mobile yang sering mengalami lag, lambat, dan permasalahan lainnya yang saat ini kamu rasakan.

Dan caranya pun tergolong mudah, ATAU mungkin sebagian dari kamu sudah mengetahuinya.

Mengatasi PUBG Mobile / Playerunknown’s Battlegrounds LAG

Di bawah ini sudah saya jelaskan secara singkat dan sederhana mengenai apa saja sih yang bisa membuat PUBG Mobile / Playerunknown’s Battlegrounds bisa mengalami LAG saat di mainkan.

Dengan mengetahui beberapa poin di bawah, mungkin bisa membuatmu mengerti dalam apa saja yang harus kamu lakukan.

Yang pertama adalah...

1. Memori (RAM) FULL

Kemungkinan pertama yang bisa menyebabkan PUBG Mobile menjadi lag adalah di karenakan keadaan memori RAM yang sudah hampir penuh dan hanya tersisa sedikit saja di tampilan menu pengaturan.

Jika keadaan memori RAM yang penuh ini di biarkan, maka biasanya game akan keluar dengan sendirinya. Kejadian ini sangat persis dengan yang apa pernah saya tulis di akibat memori RAM menipis, game android jadi keluar sendiri.

Namun sebelum itu, akan muncul tanda-tanda bahwa gamenya sering lag dan shuttering.

Biasanya seperti itu... Terutama untuk game yang memiliki gameplay yang hampir sama seperti PUBG Mobile, misalnya saja kejadian lag pada game Rules of Survival.

SOLUSInya adalah, disable beberapa program pemakan RAM yang di rasa tidak penting melalui pengaturan “Setting” pada ponsel android.

2. Terlalu banyak app di background

Poin nomor 2 ini hampir berkaitan dengan yang pertama tadi, bahwa terlalu banyaknya aplikasi tidak penting yang aktif di latar belakang tentu akan mempengaruhi peforma dari suatu game.

Jadi SOLUSI yang bisa kamu ambil ialah dengan uninstall atau disable beberapa program APK yang di rasa memang tidak penting dan jarang di gunakan.

3. Koneksi internet tidak stabil

PUBG Mobile merupakan salah satu game online terbaik yang mengharuskan setiap pemainnya untuk memiliki jangkauan koneksi yang baik, agar game ini dapat berjalan dengan optimal tanpa adanya error lag atau delay saat gameplay.

4. Game kamu, mungkin versi MOD

Saya sarankan untuk tidak menggunakan file APK versi modifikasi. Karena APK versi MOD biasanya gampang error dan banyak BUG di dalamnya.

Jika terdapat banyak error pada APK, maka kemungkinan akan berdampak pada peforma game yang di hasilkan menjadi tidak sebagus APK versi original.

5. Memori (internal) kondisi full

Pastikan bahwa sisa ruang pada memori internalmu itu berkisar 20% storage. Hal ini dengan tujuan memberikan ruang bernafas bagi flash memori dalam menyimpan file temporari yang di hasilkan suatu aplikasi.

Selain itu, manfaat lain dari merawat internal memori atau biasa di sebut ic emmc ini dapat membuatnya bertahan lebih lama, alias tidak cepat rusak.

6. Keadaan ponsel terlalu panas, overheat

Sebaiknya perhatikanlah kondisi suhu pada ponsel android yang kamu gunakan. Jika suhunya terlalu panas, maka sebaiknya kamu istirahatkan dulu sejenak untuk mengembalikan suhunya ke normal lagi.

Keadaan overheat ini tidak hanya membuat suatu app atau game menjadi tidak optimal, TAPI juga memungkinkan untuk membuat HP kamu jadi relatif lebih cepat rusak. Apalagi pada bagian baterai juga bisa rentan "melembung" akibat terlalu overheat/panas tadi.

7. Spesifikasi ponsel kurang memadai

Cek juga spesifikasi minimum dari game PUBG Mobile dengan HP android yang sedang kamu gunakan.

Jangan sampai spesifikasinya di bawah minimum requirment yang di anjurkan oleh developer gamenya. Paling tidak, siapkan ponsel android dengan CPU Quadcore dan dengan ditunjang RAM sebesar 1GB. (2GB lebih baik)

Kamu bisa mencoba ponsel murah Xiaomi Pocophone F1 yang baru saja di rilis tahun 2018 ini.

8. Belum ada tambahan...

Sejauh ini belum ada hal lain yang menjadi kemungkinan muncul LAG pada game PUBG Mobile (yang saya ketahui). Kedepannya mungkin akan di tambahkan secepatnya. (jika memang ada)

Tambahan...

Ada sedikit tambahan untukmu dalam mengatasi PUBG Mobile agar tidak lag, yaitu dengan cara:

  1. Download dan install aplikasi Root Explorer di Play Store.
  2. Selanjutnya buka Root Explorer, kemudian pilih Internal Storage.
  3. Selanjutnya pilih folder Android/ Data/ com.tencent.tmgp.pu.
  4. Kemudian buka folder Files/ UE4Game/ ShadowTrackerExtra/ ShadowTrackerExtra (ada 2)/ Saved/ Config/ Android/ UserCustom.ini.

Sentuh/tahan pada GameUserSettings.ini dengan teks editor Root Explorer, kemudian ganti settingan atau konfigurasinya menjadi seperti dibawah ini:

  • Sg. ResolutionQuality=100
  • Sg. ViewDistanceQuality=3
  • Sg. AntiAliasingQuality=10
  • Sg. ShadowQuality=0
  • Sg. PostProcessQuality=0
  • Sg. TextureQuality=5
  • Sg. EffectQuality=3
  • Sg. FoliageQuality=1
  • Sg. TrueSkyQuality=1
  • Sg. GroundClutterQuality=1
  • Sg. IBLQualuty=0
  • Sg. PUBGQualutyLv1=0

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

#Update April 2018

Mengatasi PUBG Mobile Network Error solusi
Mengatasi PUBG Mobile Network Error
Bagi yang mengalami permasalahan Network Error ketika memainkan PUBG Mobile, kalian bisa mencoba cara di bawah ini.

  • Unduh aplikasi Opera Free VPN di Playstore.
  • Install, Buka, kemudian klik Connect pada aplikasi VPN tadi.
  • Minimize aplikasi VPN, kemudian buka game PUBG Mobile.
  • Tunggu hingga proses loading / login.
  • Selesai.

Dengan melakukan cara di atas, maka permasalahan Network Error yang kalian alami akan segera teratasi.

Nyobain PUBG Mobile di AMD Ryzen 3 2200G: 60 fps cuy!!!

Game ini (PUBG Mobile) berjalan pada sebuah PC Budget, dan TERNYATA bisa dengan mudah menyentuh di angka 60 fps. Silahkan liat aja video-nya di bawah...


Ingin tau caranya??? Komen aja di bawah... (kalo mau)

Selain itu, bagi kalian yang saat ini memiliki laptop dengan RAM 2GB tidak usah khawatir. Mending kalian baca dulu cara sederhana agar bisa memainkan PUBG Mobile di laptop dengan RAM 2GB saja. (sudah di test)

Sekian...

Itulah artikel mengenai 8 Cara Mengatasi PUBG Mobile yang Sering LAG Ketika di Mainkan. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya. Selain itu ada juga artikel lanjutan yang membahas tentang mengatasi PUBG Mobile yang sering keluar sendiri. (silahkan di baca)

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”