advanced web statistics Cara Mengatasi "Data Corruption" ketika Download pakai IDM (99% fix) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email...?

Cara Mengatasi "Data Corruption" ketika Download pakai IDM (99% fix)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
proses download IDM mengulang dari awal akibat "data corruption".
Proses download IDM mengulang dari awal akibat "data corruption".
Pernahkah kamu mengalami ketika men-download sebuah file, namun selalu gagal ngulang dari awal akibat "data corruption" yang ada di pemberitahuan IDM. Lebih jelasnya, mending kamu lihat kejadian data corruption seperti gambar di bawah ini:
proses download IDM gagal akibat data corruption
proses download IDM gagal akibat data corruption
Pesan error IDM tersebut sering saya alami ketika download file dari Mediafire, dan untuk server lain sejauh ini belum pernah. (hanya berdasarkan pengalaman pribadi)

Hal tersebut tentu sangat menjengkelkan dikarenakan HARUS mengulang lagi dari awal. Dan lebih lucunya lagi, kejadian ini biasanya terjadi di angka 99%. (seolah-olah si IDM ini emang lagi ngePRANK dan iseng ama kita 😑)

Apalagi jika file yang sedang di download itu berukuran "gajah", tentu membutuhkan waktu dan effort yang lebih tinggi lagi. (sekaligus memicu pecahnya ledakan kemarahan😤)

Proses download mengalami "data corruption"

Belum lama ini telah saya temukan sebuah cara dalam mengatasi proses download file dari IDM yang sering gagal/muncul "data corruption", ataupun error lain bertuliskan "idm started to download the file from the beginning since data was corrupted".

Sebab, langkah yang saya tuliskan di bawah ini tujuannya hampir sama. (berkaitan dengan file corruption tadi)

Mengatasi "data corruption"

Langsung aja ya, ini dia caranya...
  1. Ketika download terhenti dan disertai error "data corruption", klik saja "NO" pada pilihan IDM. (lihat gambar dibawah)
    klik "NO" saja
  2. Setelah kamu klik "NO", maka proses download akan otomatis mengulang dari awal. Kejadian ini akan berulang terus menerus tanpa henti. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah klik "NO" (langkah no 1.) kemudian lakukan PAUSE pada proses download. (lihat gambar dibawah)
    proses download sedang di PAUSE
  3. Selanjutnya klik refresh download address, kemudian tekan OK. Maka akan otomatis membuka halaman download dari file.
    klik OK
  4. Silahkan lakukan klik link unduh file kamu tadi. (IDM sedang menunggu address baru)
    cari link unduhan file terkait
  5. Setelah klik ulang link unduh, maka address sudah otomatis ter-update. (klik OK)
    address sudah terupdate (boleh lakukan resume dengan aman)
  6. Terakhir, lakukan RESUME pada daftar file unduhan di IDM.
    lakukan RESUME / START
Langkah di atas tujuannya untuk memastikan bahwa link / alamat address dari file yang sedang di download sudah dalam kondisi paling up to date / expired.

Setelah address sudah terbaharui, silahkan lanjut klik "RESUME" atau "START" pada IDM. (proses download sudah bisa di lanjutkan)

Tambahan: setting IDM (optional)

Setelah melakukan tips di atas, lakukan juga settingan IDM seperti gambar di bawah:
Intinya, mengubah jumlah koneksi maksimal yg bisa di terima
Intinya, mengubah jumlah koneksi maksimal yg bisa di terima
Buka IDM, klik "Option", klik "Connection", dst...

Jika sudah selesai, ubah settingan ke kondisi default. (kalo saya, max connection 16)

Catatan...

Perlu saya ingatkan, bahwa tips di atas tidak 100% "pasti" berhasil. Sebab, beberapa server file yang kamu unduh mungkin saja memang sudah rusak dari sananya, hingga menyebabkan proses transfer file mengalami error ketika proses penggabungan dari antrian part-part yang akan di download.

Kalo ingin mencobanya ya silahkan, kalo mau cari link di website lain juga nggak masalah... (mending cari link dari Google Drive saja)

Oke, itu saja...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi "Data Corruption" ketika Download pakai IDM (fix). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.