Cara Mengatasi HDD & Flashdisk "the parameter is incorrect" (100% fix)

Hardisk tidak terbaca parameter is incorrect? Pakai cara ini aja!
Hardisk tidak terbaca parameter is incorrect? Pakai cara ini aja!
Baru saja tadi sore, saya mengalami sebuah hardisk yang tiba-tiba tidak terbaca dan muncul pesan error "HDD not accessible. The parameter is incorrect". Pesan error tersebut selalu muncul, ketika hendak membukanya melalui file explorer Windows.

Nah yang saya ingat, kejadian ini muncul setelah melakukan cabut hardisk eksternal dengan cepat, TANPA melakukan eject terlebih dahulu.

Awalnya sekali dua kali masih gak masalah, alias si hardisk masih bisa terbaca dengan normal. Namun setelah berulang kali cabut, pasang, cabut, pasang tanpa melakukan eject, maka seperti itulah hasil akhirnya ๐Ÿ˜ฅ

Mengatasi HDD the parameter is incorrect!

Sebenarnya cara ini bukan hanya untuk hardisk saja, tapi berlaku juga pada media penyimpanan USB lainnya. Contohnya seperti Flashdisk, CardReader (berisi microSD), hardisk, SSD, dll.

Jadi sudah jelas kan, bagi pengguna USB lainnya bisa juga mencoba cara ini.

Oke langsung saja, ikuti langkah dibawah:

1. Menggunakan Command Prompt

Poin nomor 1 ini merupakan langkah awal PALING MUDAH yang harus kamu coba terlebih dahulu. Sebab, beberapa haridsk/flashdisk tidak terbaca yang memiliki kerusakan kategori ringan bisa teratasi cukup dengan cara ini saja.

Caranya gimana? Begini caranya...

  • Buka Command Prompt / CMD (as administrator)
    run as administrator, jangan lupa
    run as administrator, jangan lupa
  • Jika sudah terbuka, tulis "chkdsk E: /f /r", lalu Enter!
    tulis "chkdsk E: /f /r", lalu Enter!
    tulis "chkdsk E: /f /r", lalu Enter!
  • Tunggu proses checking (lumayan lama)
    proses checking (lumayan lama)
    proses checking (lumayan lama)
  • Selesai...

Dengan melakukan langkah di atas, hardisk yang sebelumnya "not accessible" akan bisa terbaca kembali. (mulai dari label, size, file2 akan terbuka dengan semestinya)

Bagi yang beruntung (kerusakan ringan), pakai cara ini saja sebenarnya masalah udah selesai. Dan bagi yang kurang beruntung ๐Ÿ˜ฅ, tidak ada salahnya mencoba cara kedua dibawah ini.

Catatan: jika hardisk-nya berada di D, maka penulisannya jadi "chkdsk D: /f /r"

2. Menggunakan metode "Quick Format"

Perlu diketahui bahwa hardisk/flashdisk yang error "parameter is incorrect", tentunya partisi hardisk masih bisa terbaca bukan? (walaupun tidak bisa di akses)

Nah partisi yang masih terbaca di Windows Explorer ini bisa kita lakukan klik kanan, kemudian pilih FORMAT!
NTFS dan Quick Format
NTFS dan Quick Format
Bagian setting kita ubah jadi NTFS dan Qucik Format di ceklis / centang.

Silahkan dicoba, dan semoga berhasil.

Catatan: Ada beberapa hardisk yang jika di klik kanan akan loading dulu sangat2 lama, dan bahkan ada juga yang tidak bisa di klik kanan sama sekali. (itu semua tergantung seberapa berat kerusakan/bad sector pada HDD)

3. Menggunakan metode "Low Level Format"

Masih belum bisa juga? Masih ada cara ketiga...

Tapi sayangnya, poin nomor 3 ini belum pernah saya coba sama sekali karena memang belum terlalu butuh.

Info melakukan metode "Low Level Format" ini saya peroleh dari baca2 saran dari berbagai website yang telah saya kunjungi.

Inti dari poin nomor 3 ini sebenarnya hampir mirip seperti melakukan "Quick Format" pada langkah nomor 2 tadi. Bedanya, sistem formating kali ini lebih deep dengan melakukan formating sampai keakar-akarnya bahkan sampai ketulang-tulang. (ngomong opo ๐Ÿ˜ช)

Saran saya, mending kalian pelajari dulu apa itu "Low Level Format", jika sudah yakin & pasrah, barulah untuk mencoba cara ini sambil ber-eksperimen. (kalo berhasil, bilang)

4. Cara terakhir, dari yang terakhir!

Terakhir, jika semua sudah dilakukan dan belum berhasil juga... maka terpaksa saya harus menyarankan untuk melakukan LEMBIRU!

Apa itu LEMBIRU?
"LEMpar, kemudian Beli yang baRU"
Nah, seperti itu...

Kesimpulan...

Jangan terlalu sering melakukan cabut paksa hardisk tanpa di awali prses eject!

Lakukan dulu langkah yang paing mudah melalui CMD.

UPDATE: beberapa jam kemudian...

Ternyata hardisk-nya balik lagi muncul "the parameter is incorrect" ketika diklik 2x. Sepertinya ini hardisk memang sudah terlalu old. (copotan hardisk laptop Samsung, udah 5 tahunan sejak pembelian thn 2015)

Gimana dengan kondisi hardisk eksternal milik kalian???

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi HDD & Flashdisk "the parameter is incorrect" (100% fix). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”