advanced web statistics Cara Mempercepat Download IDM dengan "setting" yang Optimal 100% - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Mempercepat Download IDM dengan "setting" yang Optimal 100%

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Dengan melakukan cara ini, maka potensi  kecepatan unduh IDM bisa meningkat
Dengan melakukan cara ini, maka potensi  kecepatan unduh IDM bisa meningkat

Kali ini saya akan berbagi sebuah tips sederhana dalam memaksimalkan peforma ketika mengunduh menggunakan aplikasi OS Windows bernama Internet Download manager atau yang biasa di singkat IDM saja.

Baca: Cara Mengatasi Download IDM Tidak Muncul Otomatis di Youtube

Aplikasi ini sudah sangat populer di kalangan para downloader di seluruh dunia, dan pastinya kamu sudah kenal dan familiar dengan aplikasi pengunduh file hebat yang satu ini.

Nah sekarang yang akan jadi pembahasan, adalah bagaimana cara setting yang paling tepat dan benar agar proses download pada IDM bisa berjalan lebih cepat dan maksimal. Sebab, sebagian orang mungkin tidak menyadari hal sepele ini.

Hal sepele apa yang saya maksud? Yaitu melakukan "setting" sederhana pada IDM, sebelum melakukan sebuah download file di internet.

Dan caranya pun mudah untuk di lakukan, cukup lakukan beberapa langkah yang akan saya tuliskan di bawah ini.

Setting memepercepat IDM agar Optimized


Cara ini tidak mengharuskan untuk memakai aplikasi tambahan
Cara ini tidak mengharuskan untuk memakai aplikasi tambahan
Pada langkah tips ini kalian tidak memerlukan file tambahan dan file tweak khusus untuk bisa memaksimalkan peforma mengunduh menggunakan IDM. Yang perlu kalian lakukan hanyalah mengubah "setting default" yang ada pada IDM.

Berikut adalah tips sederhananya, silahkan di simak baik-baik.

  1. Pertama,buka terlebih dahulu IDM kalian.
    Buka terlebih dahulu aplikasi IDM yang ada di PC Laptop kalian
    Buka terlebih dahulu IDM
  2. Kemudian masuk ke menu “Options”, setelah itu pilih tab “Connections”. Agar lebih jelas lihat gambar di bawah ini.
    Lakukan setting IDM persis seperti yang ada pada gambar
    Lakukan langkah sesuai dengan di gambar
  3. Lalu, ubah “Connection Type” menjadi “High Speed” dan “Max Connection” menjadi 16.
    pilih setting sesuai pada gambar IDM
    Ubah "Connection Speed" dan "Max Connection"
  4. Klik OK, selesai.

Dengan melakukan langkah di atas, maka kalian akan memperbesar maksimal kecepatan mengunduh. Sehingga secara teknis akan memberikan potensi mengunduh yang lebih cepat di banding pengaturan default IDM tersebut.

Info tambahan...

Jenis provider internet yang di pakai juga mempengaruhi kecepatan IDM
Jenis provider internet yang di pakai juga mempengaruhi kecepatan IDM
Langkah di atas sudah saya lakukan pada pengaturan IDM yang terinstall pada perangkat laptop yang biasa saya gunakan. Dan terbukti, kecepatan IDM yang awalnya hanya mentok di 1 - 2mb saja ketika download, kini berpotensi menjadi 5mb kdang lebih.

Walaupun tidak sepenuhnya bertahan di 5mb, alias selalu naik turun.

Untuk persentasenya, tergantung dari kecepatan unduh dari provider masing-masing.

Jika proveider kartu yang kalian gunakan hanya mengijinkan untuk kecepatan tertentu, maka cara ini mengkin kurang / bahkan tidak berhasil.

SOLUSI lainnya bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama IDM Optimizer.

Catatan...

Perlu di ingat bahwa cara ini tidak serta-merta akan menambah kecepatan mengunduh secara signifikan. Sebab, kecepatan mengunduh sangat bergantung pada kondisi geografis dan kualitas koneksi internet kalian.

Selain itu, jenis paket provider pada kartu internet yang kalian pakai juga bisa mempengaruhi kecepatan saat mengunduh yang bisa kalian dapat.

Jadi, cara di atas hanyalah membuka gerbang dalam mengijinkan IDM untuk melakukan proses unduh yang lebih cepat, apalagi jika di tunjang dengan provider internet yang sama-sama cepat juga.

Sudah saya jelaskan di atas tadi.

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mempercepat Download IDM dengan "setting" yang Optimal 100%. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.