5 Cara AMPUH Menghilangkan Tanda Silang pada Baterai Laptop (fix)

Cara Paling Mudah Menghilangkan Tanda Silang pada Baterai Laptop Kamu!
Punya masalah laptop muncul tanda silang merah di indikator baterai?
Pernahkah kamu mengalami keadaan di mana icon pada baterai laptop kesayangan kamu tersebut tiba-tiba muncul tanda silang merah di sertai dengan tulisan “consider replacing your battery”?

Jika saat ini kamu sedang mengalami masalah tersebut, tidak usah khawatir atau pun ingin cepat-cepat membuang laptop kamu itu. Sebab, masalah tersebut ternyata sangat mudah dalam penyelesaiannya.

Kamu tidak perlu menggunakan software pihak ketiga atau pun alat-alat tambahan lainnya dalam mengatasi munculnya tanda silang pada baterai laptop ini.

Persiapan mental...

Biarpun tadi saya mengatakan bahwa kamu tidak membutuhkan alat-alat tambahan apapun, namun tentu saja untuk memulainya kamu tetap harus mempersiapkan diri kamu.

Persiapannya cuma satu kok, yaitu Keyakinan Diri.

Maksudnya adalah, kamu harus mempersiapkan diri kamu, termasuk juga keyakinan bahwa kamu bisa menyelesaikan permasalahan baterai laptop ini.

Udah, itu aja.

Barulah saatnya, menghilangkan tanda silang baterai...

Tanpa basa-basi lagi, silahkan kamu ikuti langkah demi langkah yang sederhana ini. Ayo di mulai...

1. Charge baterai laptop kamu hingga penuh (99-100%)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi daya baterai hingga benar-benar penuh. Jika baterai sudah penuh, matikan laptop kamu tersebut dengan cara seperti biasanya ketika kamu sedang mematikan laptop.

Pada tahap mematikan laptop ini, keadaan charger masih terpasang.

2. Kemudian, masuk ke BIOS laptop

Setelah laptop tadi kamu matikan, selanjutnya masuklah ke mode BIOS. Caranya, tekan tombol power pada laptop kalian, nah ketika logo Brand Merk laptop sudah muncul, tekan tombol F2/Del/dll hingga tampilan BIOS muncul.

Tombol untuk masuk ke Mode BIOS biasanya berbeda-beda. Tergantung dari laptop apa yang kamu gunakan. (Umumnya menggunakan tombol F2/Del)

Untuk lebih jelasnya dalam masuk ke Mode BIOS laptop kalian, silahkan cari referensinya di Mbah Google untuk setiap tipe laptop yang kamu miliki.

3. Sudah masuk BIOS? Tunggu hingga mati sendiri

Maksudnya adalah, ketika laptop kamu sudah berhasil masuk ke Mode BIOS, silahkan tunggu saja hingga laptop kamu tersebut mati sendiri karena kehabisan daya baterai.

Langkah tersebut untuk memastikan bahwa daya baterai laptop kamu benar-benar habis 0%. (Kalibrasi)

4. Setelah laptop mati sendiri, pasangkan lagi chargernya

Jika keadaan baterai laptop tadi sudah benar-benar habis, selanjutnya pasangkan kembali charger laptop kamu. Setelah itu, hidupkan (lagi) laptop kamu seperti biasanya.

Ingat, keadaan charger sudah terpasang kembali.

5. Sambil menunggu, tidak ada salahnya sambil berdoa

Nah, apabila langkah-langkah sederhana di atas sudah kamu lakukan dengan benar, maka seharusnya tanda silang merah aneh yang di icon baterai laptop kamu tersebut akan hilang.

Oleh karena itu, silahkan berdoa agar usaha yang kalian lakukan dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan.

Jika tidak berhasil, apa yang harus saya lakukan?

Nah, apabila kamu telah melakukan langkah-langkah di atas dengan BENAR namun tetap saja tanda silang merah tersebut selalu muncul, jangan khawatir! Kamu bisa coba melakukan beberapa tips tambahan di bawah ini...

Yang pertama adalah...

1. Install UPDATE Service Pack 1

Unduh di website resmi Microsoft
Unduh di website resmi Microsoft
Langkah lanjutan dalam upaya menghilangkan tanda silang pada baterai laptop, yaitu dengan cara melakukan install update Service Pack 1 pada OS Windows 7 yang kalian gunakan. Cara ini saya dapatkan infonya dari blog Mastekno.com

Untuk cara pemasangan file updatenya cukup lakukan download update offline installer, kemudian install seperti biasa. Lebih jelasnya, silahkan baca langkah install update service Pack 1 pada artikel milik blog MasTekno.com

2. Hilangkan tanda checkbox...

Warn me if my battery may need repleacement
Warn me if my battery may need repleacement
Kamu bisa menyembunyikan peringatan silang merah tersebut dengan cara menghilangkan tanda checkbox yang bertuliskan “Warn me if my battery may need repleacement”.

Dengan menghilangkan tanda checkbox tersebut, maka peringatan silang merah akan di sembunyikan oleh sistem Windows.

3. Pinjam baterai teman yang satu tipe...

Jika kamu mempunyai teman yang memiliki jenis laptop yang sama, kamu bisa meminjamnya sementara untuk mengetahui apakah baterai laptop kamu tersebut benar-benar bermasalah atau tidak.

Hanya sementara, untuk testing.

4. Membeli baterai baru...

Untuk tips nomor 3 ini saya tujukan kepada kamu yang memiliki uang berlebih dan juga yang tidak terlalu mempermasalahkan biaya. Sebab, bagi sebagian besar orang, baterai laptop tergolong sangat mahal.

Jadi sekali lagi, pilihan ada di tangan kalian.

5. Belum ada lagi...

Hingga artikel ini di tulis, sepertinya hanya itu saja yang bisa kamu lakukan agar peringatan tanda silang merah pada baterai tersebut bisa hilang/di sembunyikan.

Jika kalian memiliki pendapat lain, silahkan tuliskan di komentar.

Catatan...

Perlu kamu ketahui pula, bahwa tanda silang tersebut merupakan pemberitahuan kepada kamu (pengguna laptop) untuk segera mengganti baterai laptop tersebut.

Mengapa bisa begitu?

Sebab, baterai laptop yang kamu gunakan kemungkinan besar sudah bocor/drop dan sistem Windows tersebut merekomendasikan kamu untuk segera mengganti baterai laptop yang lain/baru.

Akan tetapi, biasanya pemberitahuan dari sistem Windows ini juga tidak sepenuhnya akurat dengan keadaan baterai yang sebenarnya.

Jadi, tentu saja hal tersebut menjadi optional. (pilihan ada di tangan kalian)

Kesimpulan...

Semua barang elektronik hasil ciptaan manusia pasti memiliki kekurangan di dalamnya. Sebagai contoh, munculnya permasalahan tanda silang merah pada baterai laptop. (Sering terjadi pada Windows 7)

Info tambahan...

Btw, pelajari juga ciri-ciri baterai laptop yang mulai rusak di blog Palu Computer. Disana telah dijelaskan secara detail mengenai ciri fisik & non fisik sebuah baterai yang hampir rusak. Artikel tersebut merupakan "pelengkap" dari artikel yang saya tulis diatas...

Sekian...

Itulah artikel mengenai cara paling mudah dalam mengatasi munculnya tanda silang merah pada indikator baterai laptop. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih
Tolong bagikan ke teman kamu jika menurut kamu ini bermanfaat