advanced web statistics Bisnis KOTOR, Re-Upload Video Orang lain di Youtube (Kena Copyright) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Bisnis KOTOR, Re-Upload Video Orang lain di Youtube (Kena Copyright)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Bisnis Re-Upload Youtube: Konten Video SELOKAN di Youtube Trending Indonesia!
Siapa yang udah pernah coba-coba cara ini?
Baru-baru ini saya sering sekali melihat video-video tidak penting dari Youtube yang memiliki jutaan penonton hingga masuk trending. Yap, fenomena baru ini bernama Bisnis Re-Upload Video Youtube.

Masih mending kalau konten video yang masuk trending ini berkualitas. Hal sebenarnya yang terjadi, setelah video trending ini di tonton ternyata hanyalah video hasil unduhan dari luar yang di ubah nama & thumbnailnya kemudian di Re-Upload.

Lebih parahnya lagi, terkadang video-video ini tergolong semi-porno!

Benar-benar parah!

Sebenarnya, ini ulah siapa?

Nah sekarang pertanyaanya, ini ulah siapa sih?

Bagi kamu yang saat ini sedang bermain di dunia Youtube, pasti tahu betul bahwa di balik video-video hasil Re-Upload tersebut merupakan kelakuan dari segelintir manusia yang licik.

Mengapa saya katakan licik?

Sebab, mereka tersebut memanfaatkan video karya orang lain yang kemudian video tersebut di upload kembali dengan nama berbeda, sekaligus dengan thumnail yang berbeda pula.

Dan tujuan utama dari tindakan tersebut tentu saja karena alasan uang.

Jika video tersebut merupakan ciptaan orang lain yang kemudian di Re-Upload, tentu saja hal tersebut sudah melanggar Hak Cipta.

Nah berbeda lagi kalau sudah minta ijin kepada si pencipta video tersebut. Jika memang betul sudah ijin kepada si pemilik video, menurut saya pribadi itu bukan masalah.

Akan tetapi yang paling penting adalah, Jangan Sambil Menipu Lah!

Ciri-ciri video Youtube hasil Re-Upload...

Ciri-ciri video Youtube hasil Re-Upload
Ciri-ciri video Youtube hasil Re-Upload
Mengenai ciri-ciri dari video hasil Re-Upload tersebut relatif mudah untuk di kenali. Akan saya coba tunjukan, beberapa ciri video hasil Re-Upload yang sering saya temukan.

1. Judul yang Lebay seperti, Astaga! Gila! Aneh! Gempar!

Yang pertama adalah judul yang di gunakan tergolong sangat-sangat lebay. Mereka (pelaku Re-Upload) akan menggunakan judul yang menarik perhatian seperti, Astaga! Gempar! Gila! Aneh! Dan lain sebagainya.

Contohnya seperti pada gambar di bawah ini,
Judul video yang di beri embel-embel Astaga! Gempar! Gila! Aneh!

Mengherankan bukan?

Apabila di lihat sekilas, tentunya judul tersebut sangat menarik perhatian bukan? Dan kamu sebagai penonton kemungkinan besar akan terdorong hatinya untuk segera membuka video “tidak penting” tersebut.

2. Menggunakan thumbnail yang aneh & menarik perhatian

Menggunakan thumbnail yang aneh & menarik perhatian
Tukang Re-Upload video di atas, imaginasinya sangat tinggi! :D
Selanjutnya, video hasil Re-Upload ini biasanya menggunakan gambar yang cukup menarik perhatian. Bisa menggunakan foto sexy, ular raksasa, dan gambar aneh lain yang sekiranya bisa menarik perhatian.

Gambar yang di pamerkan di thumbnail sama sekali tidak ada di scene konten videonya. (berbeda)

3. Pada bagian thumbnail di beri lingkaran merah/panah

Pada bagian thumbnail di beri lingkaran merah/panah
Pada bagian thumbnail di beri lingkaran merah/panah
Biasanya pada thumbnail video tersebut juga di beri sebuah lingkaran merah/panah pada gambar objek tertentu. Menurut saya hal tersebut secara psikologis akan menarik perhatian kita ke objek yang di beri lingkaran merah.

Hingga akhirnya, kita seolah-olah akan terhipnotis untuk mengklik video hasil Re-Upload tersebut.

4. Mengandung unsur semi porno/gambar wanita sexy

Mengandung unsur semi porno/gambar wanita sexy - Bisa masuk trending
Mengandung unsur semi porno/gambar wanita sexy - Bisa masuk trending
Sebagai manusia biasa yang “normal”, tentunya kita akan tertarik dengan hal semacam ini, terutama kaum laki-laki yang masih JoTum. (Jomblo Ultimatum)

Hampir semua laki-laki JoTum akan langsung membuka video dengan thumbnail macam ini. Sebagai contoh, "Aura Kasih Jatuh dari Panggung saat Asyik Nyanyi, Pria ini Langsung Menengadahnya" saja bisa masuk trending!

Iya atau tidak?

Silahkan komentar di bawah jika kamu tidak setuju dengan pendapat saya yang satu ini.

"Jomblo Ultimatum"

5. Cuma itu saja...

Mungkin hanya itu saja ciri-ciri video hasil Re-Upload yang saya ketahui. Jika kalian memiliki tips lain mengenai cara mengetahui video hasil Re-Upload, silahkan tulis di kolom komentar.

Jadi, silahkan kemukakan pendapat kamu.

Langkah terbaik yang harus kamu lakukan!

Jangan sampai kebiasaan Re-Upload video di Youtube ini semakin menjamur di negara tercinta kita ini. Segera lakukan pencegahan sekaligus pembasmian konten-konten tidak penting hasil Re-Upload ini.

Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah,

1. Hentikan menonton video selokan tersebut...

Sangat terlihat jelas sekali bahwa video dengan tanda Lingkaran Merah di sertai judul yang Astaga! Gempar! Gila! Aneh! Dan lainnya tersebut merupakan video hasil Re-Upload.

Kamu tidak perlu terpancing lagi dengan gambar thumbnail perempuan cantik (bagi yang JoTum tadi) atau pun gambar aneh lainnya. Tidak perlu berkomentar debat kusir di video Re-Upload tersebut.

Jadi, hentikan mengklik video tidak bermutu itu!

Jangan di tonton!

2. Laporkan ke pihak Youtube...

Jika kamu sudah terlanjur menonton video Re-Upload tersebut, sempatkanlah untuk melaporkannya ke pihak Youtube. Kamu sebagai penonton juga memiliki hak untuk melaporkan video tidak layak tersebut untuk di “Lenyapkan”.

Caranya sangat mudah,

  • Pertama, klik tombol “More” di bawah video Youtube, kemudian pilih “Report/Lapor
    Klik tombol "Lebih Banyak" kemudian pilih "Laporkan"
    Klik tombol "Lebih Banyak" kemudian pilih "Laporkan"
  • Selanjutnya, isi data sesuai kategori video yang di Re-Upload
  • Terakhir, klik “Submit

3. Punya pendapat lain?

Sikap terbaik yang saat ini bisa saya berikan kepada kamu (pengguna Youtube) mungkin saat ini hanya 2 saja.

Jika kamu memilki pendapat atau pun saran lain dalam mencegah sekaligus menghadapi video tidak penting hasil Re-Upload tersebut, silahkan kemukakan melalui komentar.

Komentarmu sangat saya apresiasi.

Catatan...

Banyaknya video tidak penting yang malahan sampai masuk trending di Youtube Indonesia tersebut benar-benar membuat hati ini perihatin.

Jangan sampai situs Youtube tercinta kita ini di blokir oleh “pemerintah” di karenakan maraknya konten berbau porno dan tidak penting lainnya dari beberapa oknum yang melakukan Bisnis Re-Upload.

Jangan sampai terjadi!

Kesimpulan...

Kita ini memang butuh uang,

Tapi alangkah baiknya jika di lakukan dengan cara yang benar.

Buatlah konten video yang berkualitas dan tidak merugikan orang lain. Jangan hanya memanfaatkan video hasil karya orang lain yang di “Buat Ulang” kemudian di Re-Upload dengan Judul dan Thumbnail yang berbeda.

Judul & thumbnail yang “berbeda” dengan isi konten, menurut saya itu seolah-olah menipu penonton.

Belum lagi dengan jenis konten negatif lainnya.

Jangan biarkan anak-anak di racuni oleh konten video selokan hasil Re-Upload dari orang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Saran...

Buatlah konten video yang berkualitas, original dan yang paling penting bisa bermanfaat bagi orang lain. Agar, Youtube tidak penuh sesak dengan video sampah hasil Re-Upload yang tidak bermutu itu.

Penonton di Youtube tidak hanya orang dewasa saja.

Sumber inspirasi...

Tulisan saya di atas merupakan hasil referensi dari video “Eno Bening” sekaligus juga tambahan opini pribadi saya sendiri dalam menanggapi perilaku Bisnis Re-Upload Video Youtube yang semakin menjamur.

Terutama di negara tercinta ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai menjamurnya pelaku Bisnis Re-Upload video di Youtube. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih

Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

31 Komentar

  1. ane juga pengen sih, tp terkendala kuota gan

    BalasHapus
  2. Kalau nemuin copaser atau uploader mending langsung di report ke pihak developer, biar kapok :)

    BalasHapus
  3. Wah bahaya nih kalo di re-upload, nice info gan (y)

    BalasHapus
  4. pernah kepikir buat kaya gitu,tapi engga deh Percuma kalo ga berkah hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sampai meniru hal tersebut gan...

      kalo udah terlanjur ya, berhenti saja...

      Hapus
  5. Iya gan miris skarang youtube isinya kebanyakan itu doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih,

      smpe2 bisa masuk trending Youtube Indonesia segala...

      benar-benar miris...

      Hapus
  6. Bahkan yg lebih parah lagi ada yg di promosikan via adsense.
    Btw, tulisannya menarik...
    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mas Anangili...

      salam kenal balik,,,...

      Hapus
  7. Kesel banget emang sama yang reupload,, gak berkerja keras bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. btul sekali gan...

      mereka melakukan tindakan yg "agak licik"...

      nggk seharusnya di lakukan...

      Hapus
  8. nah kalau re uplod haram atau halal gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. trgantung, file yg di reupload udh mendapat prsetujuan ama si pemilik konten aslinya apa blm?

      kalo blm ya bisa di bilang "pndapatan"nya ya haram...

      menurut saya sih gitu gan...

      psti ada yg beda pndapat...

      Hapus
  9. Betul gan. Banyak video yang seperti itu. Sayangnya masih banyak yang menonton video tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk org awam ya memang mreka msih OKE2 aja nnton knten yg macam itu gan...

      1. nggk tau
      2. nggk ngrti
      3. nggk paham (copyright,dll)
      4. nggk peduli
      5. dll

      mungkin seperti itu.

      Hapus
  10. Ane juga banyak video reuploadnya gan hha peegi aja ke cannel ane...
    Tapi iti dulu, ane kurang srek main youtube, lebih suka main blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, namanya manusia psti klo ada ksmpatan "langsung"...

      godaan ada di mana-mana...

      Hapus
  11. Balasan
    1. sampai sekarang masih...

      dan mreka yg akunnya udah di banned, psti akan buat lagi dan buat lagi...

      Hapus
  12. video mereka menuh menuhin hardisk server gan harus dilenyapkan ditambah lagi pake narator robot dan cuma slide show. sampah banget

    BalasHapus
  13. Ahlaknya harus diperbaiki juga

    BalasHapus
  14. Sip lah auto lapor mang

    Bro btw mereka yang punya 1 email google truz akun youtube sampai punua 25 lah atau berapa pun itu masa bisa di salah gunakan untuk melaporkan video?padahal video yang di upload tidak melanggar aturan (MISALNYA)

    BalasHapus
    Balasan
    1. fitur laporkan akan brpengaruh, jika jumlahnya udah ratusan - ribuan mungkin... (klo skitar 25 msih di anggep wajar ama YT)

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.