Cara Mengatasi USB Flashdisk Unknown Capacity (100% BERHASIL)

Cara mengatasi flasdisk rusak tidak bisa di format dan unknown capacity
Punya masalah flashdisk tiba-tiba unknown capasity?
Jadi gini, beberapa waktu yang lalu, saya baru saja mengalami suatu keadaan yang kurang begitu menyenangkan.

Yap betul sekali (seperti judul di atas), flashdisk kesayangan pemberian di masa sekolah tiba-tiba "unknown capacity". (sekaligus tidak bisa di format, merk Toshiba)

Perasaan marah, kesal, jengkel, sekaligus konyol, semuanya campur aduk.

Lho kok bisa ada konyolnya?

Sebab, semenjak menggunakan flashdisk tersebut saya telah ‘yakin’ bahwa penggunaanya pun sudah baik dengan semestinya (tidak pernah terbentur, kena ujan, panas, dingin, dan lain sebagainya)

Hampir tidak ada kesalahan fatal yang saya lakukan hingga akan memungkinkan rusaknya sebuah media penyimpanan flashdisk miliki saya tersebut.

Lalu, kenapa bisa rusak? (unknown capacity)

Nah itu dia masalah utamanya...

Sekedar info: flashdisk tersebut jarang saya gunakan (hanya beberapa kali penggunaan), apalagi sering pasang-cabut. Biasanya hanya saya gunakan untuk kebutuhan bootable Windows saja.

Terakhir penggunaan...

Kalau di ingat-ingat, ketika itu terakhir kali flashdisk tersebut saya gunakan untuk membuat sebuah bootable OS ‘Windows 7 Lite’ yang saya unduh dari website GetintoPC. (kamu hobi unduh, file pasti tahu website tersebut)

Sesudahnya proses unduh selesai, langsung saja saya buat bootable menggunakan flashdisk ‘malang’ saya tersebut.

Nah setelah itu...

BOOMM!!!

Keesokan harinya 'tiba-tiba' flashdisk tersebut muncul tulisan seperti di bawah ini.

- Unable to format this drive
- Unknown capacity
- Unknown devices
- Flashdrive cannot formated
- Formated not completed
- Failed format flashdrive
- Dan lain-lain...

Setelah melakukan proses bootable, hal buruk malah menimpa flashdisk saya tersebut.

Entah karena dampak 'membuat bootable Windows 7 Lite' tersebut, atau di sebabkan masalah lain, saya juga kurang begitu yakin.

Intinya saya sudah menemukan cara mengatasi permasalahan flashdisk 'unknown capacity' tersebut. (walaupun sudah saya biarkan berbulan-bulan)

Mengatasi permasalahan...

Kala itu, sengaja saya ‘berpasrah’ diri dalam menanggapi rusaknya flashdisk tersebut. Saya sengaja tidak melakukan apa-apa, kerena memang saya kira flashdisk tersebut memang ‘benar-benar’ sudah waktunya rusak. (kembali ke asalnya)

Akan tetapi, entah mimpi apa semalam tanpa sengaja saya 'nyasar' ke sebuah tutorial singkat dari blog milik orang lain, yang memberikan masukan dalam mangatasi flashdisk yang ‘unknown capacity’ sekaligus tidak bisa di format.

(Ini dia blog tempat saya kesasar tersebut: Fadhil Amadan)

Dibawah ini adalah langkah singkat (saya) dalam mengatsi flashdisk ‘unknown capacity’ yang sekaligus tidak bisa di lakukan format tersebut.

  1. Masukan terlebih dahulu USB Flashdisk ke PC/Laptop.
  2. Jalankan CMD/Command Prompt sebagai ‘Administrator’.
  3. Ketik DISKPART pada CMD, kemudian Enter.
  4. Selanjutnya ketik LIST DISK, kemudian Enter lagi.

    Catatan:
    Perhatikan, disana ada Disk 0, Disk 1, dan lainnya. Pastikan bahwa kamu tidak salah dalam memilih Drive (Flashdisk). Biasanya Disk 0 adalah Hard Disk Primary, sedangkan yang lainnya adalah perangkat tambahan external (kemungkinan adalah Flashdiskmu)

  5. Jika sudah yakin nomor berapakah ‘Flashdisk’ kamu, selanjutnya ketik SELECT DISK 1 kemudian Enter (Jika USB Flashdisk kalian terdaftar sebagai Disk 1. Namun jika sebagai Disk 2, maka yang harus kamu ketik adalah SELECT DISK 2)
  6. Ketik CLEAN kemudian Enter.
  7. Ketik CREATE PARTITION PRIMARY kemudian Enter lagi.
  8. Ketik SELECT PARTITION 1 kemudian Enter (lagi)
  9. Ketik ASSIGN kemudian Enter (lagi)

Setelah itu maka Windowsmu akan mendeteksi keberadaan disk baru (flashdisk), dan siap untuk di kamu Format ulang.

Tambahan...

Jika langkah-langkah yang kamu lakukan sudah sesuai, maka kemungkinan besar prosesnya pun akan berhasi. (Saya pun sudah melakukannya sendiri, 100% berhasil)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai Pengalaman Memperbaiki Flashdisk 'Unknown Capacity'. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat