advanced web statistics Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome dibanding Mozilla Firefox - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome dibanding Mozilla Firefox

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Tampilan (UI) Google Chrome terbaru, terlihat minimalis dan bersih dan cepat
Tampilan (UI) Google Chrome terbaru, terlihat minimalis dan bersih
Ini menurut pendapat pribadi sih, bahwa Google Chrome merupakan browser terbaik, paling ringan, dan paling responsif untuk sebuah aplikasi penjelajah internet pada perangkat komputer dan laptop.

Banyak sekali kelebihan yang di dapat jika menggunakan Google Chrome. Salah satunya yang paling saya sukai pada Google Chrome adalah keunggulan dalam hal peforma.

Bukan hanya itu saja.

Moto Google yang mengutamakan "kesederhanaan" juga di perlihatkan pada produk browser dari Google Inc ini. Hal itu terbukti pada User Interface dari Google Chrome terlihat minimalis dan bersih.

Sederhana, namun menyimpan "kemampuan" yang dapat di andalkan.

Browser terbaik, dari yang terbaik (menurut saya)

Beberapa waktu yang lalu, saya telah coba berbagai jenis browser gratis yang bertebaran di internet. Dan setelah melalui  uji coba sederhana, ternyata memang browser Chrome adalah pilihan yang paling tepat.

Untuk informasi tambahan, beberapa browser terbaik yang mampu di kalahkan oleh Google Chrome, sudah saya tuliskan pada artikel lain yang berjudul: 15 Posisi Browser Internet dari yang Terberat, Hingga yang Paling Ringan

Fitur unggulan Google Chrome (umum)

Seperti layaknya pada browser pada umumnya, Google Chrome tentu juga membawa fitur-fitur dasar yang cukup membantu. Beberapa di antaranya seperti:

  • Fitur pengolah tab yang lengkap
  • Search box yang simpel
  • Bookmark sync
  • Build in flash player (flash player bawaan)
  • Kemampuan membaca dokumen PDF
  • Incognito mode (mode penyamaran)
  • Pengelola tab dengan drag-drop.
  • Bookmark sync dengan akun Google.
  • Ekstensi yang lengkap dan banyak.
  • Browser profile.
  • Task manager.
  • Didukung Chromecast.
  • Cloud printing.
  • Dan lain-lain

Selain fitur fitur yang telah saya sebutkan di atas, tentu masih ada fitur tersembunyi yang lain yang tentu juga bermanfaat.

Kekurangan pada browser Google Chrome

Biar pun Google Chrome mendapat peringkat 1 (di dunia) dalam hal browser internet terbaik, namun bukan berarti browser ini sudah "sempurna" sebagai sebuah browser. (ciptaan manusia)

Dalam penggunaan sehari-hari, ada beberapa kelemahan yang saya rasakan pada Google Chrome. Beberapa di antaranya, sudah saya tuliskan di bawah...

1. Penggunaan RAM lebih besar

Dulu, penggunaan RAM pada Google Chrome aslinnya lebih kecil di banding Mozilla Firefox. Akan tetapi, lambat laun namun pasti, untuk Google Chrome yang "sekarang" ternyata memakan RAM yang cukup tinggi.

Tapi tunggu dulu, Jangan salah...

Biarpun penggunaan RAM Google Chrome relatif lebih besar di banding pesaingnya (Mozilla Firefox). Namun hal aneh yang terjadi malah, Google Chrome justru terasa lebih ringan dan responsif terhadap respon perintah.

Bukan bermaksud untuk terlalu mengagung-agungkan Google Chrome. Tapi memang hal itulah yang saya rasakan ketika membandingkan Google Chrome vs Mozilla Firefox.

Beda orang, mungkin akan beda rasa. Kalau menurutmu, gimana?

Mana browser yang lebih cepat?

Chrome, atau Firefox?

2. Proses penerjemahan bahasa kurang baik

Google Chrome telah menyediakan fitur penerjemah bahasa yang sebenarnya sudah cukup lengkap dan sangat membantu.

Meski demikian, tata bahasa yang dihasilkan oleh Google Translate ini masih tergolong berantakan, sehingga membuat kalimatnya menjadi agak aneh, dan justru malah mengundang tawa bagi pembacanya.

3. Masih ditemukannya BUG

Beberapa pakar ahli IT confidence mengungkapkan, bahwa pada Google Chrome sebenarnya masih terdapat sejumlah “benang merah” atau BUG.

Hal tersebut akan memungkinkan sewaktu-waktu terjadinya crash, ketika membuka halaman website.

4. Masih belum ada...

Hingga saat ini, masih belum ada kelemahan lain yang saya temukan pada Google Chrome, atau lebih tepatnya “belum pantas” untuk di tuliskan dalam artikel ini. (belum layak di tulis)

Download Google Chrome Standalone Full Offline Installer

Bagi kamu yang sedang mencari Installer Google Chrome versi Offline, dibawah ini sudah saya siapkan (file exe) yang siap di unduh. Tinggal pilih saja, sesuai spesifikasi komputermu.



File installer (exe) Google Chrome yang telah kalian download diatas dapat digunakan pada PC/laptop dengan sistem operasi Windows 10, Windows 7, Windows 8.1, dan Windows 8. (Windows XP juga masih bisa)

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel mengenai Kelebihan dan Kekurangan Google Chrome dibanding Mozilla Firefox. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih

“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

4 Komentar

  1. Google Chrome juga desainnya minimalis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hampir semua browser sekarang berlomba-lomba untuk tampil "sederhana"

      Hapus
  2. RAM menurut ane malah lebih besar firefox dibanding chrome

    BalasHapus
  3. saya merasa firefox lebih memakan RAM di banding chrome

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.