advanced web statistics Cara Mengatasi PUBG Mobile: Gagal Memulai Emulator, Coba Lagi Nanti - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Mengatasi PUBG Mobile: Gagal Memulai Emulator, Coba Lagi Nanti

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
PUBG Mobile: Gagal Memulai Emulator, Coba Lagi Nanti
PUBG Mobile: Gagal Memulai Emulator, Coba Lagi Nanti
Jika sebelumnya saya mengalami PUBG Mobile: Gagal Memulai Emulator, maka sekarang saatnya saya memberikan sebuah SOLUSI dari permasalahan tersebut, yaitu bagaimana Mengatasi PUBG Mobile: Gagal Memulai Emulator, Coba Lagi Nanti. (100% work)

Cara ini baru saja saya temukan sekitar 5 menit yang lalu, dan langsung saja saya posting ketika BERHASIL saya coba.

Persiapan: Mengatasi PUBG Mobile error / gagal memuat emulator

Hal pertama yang harus kamu persiapkan itu adalah:

  • File backup (PUBG Mobile data game)
  • Koneksi Internet (untuk synchronize + update)

Akan saya jelaskan satu per satu, bagaimana LANGKAH & Cara Mendapatkan file "persiapan" yang saya tulis diatas. Silahkan di baca & pahami pelan-pelan...

1. File backup (PUBG Mobile data game)

File backup (game) ini bisa kamu dapatkan di folder C:\Program Files\TxGameAssistant\AOW_Rootfs. (copy folder AOW_Rootfs, kemudian letakan di tempat lain yang aman. misalnya di Desktop)
C:\Program Files\TxGameAssistant\AOW_Rootfs
Sedangkan jika kamu bertanya, file ini FUNGSINYA BUAT APA ya???

Jawabannya: Untuk sekedar jaga-jaga, agar nanti pada saat proses "synchronize", kalian tidak perlu men-download ulang data game dari PUBG Mobile. Sebab, yang RUSAK pada kasus ini adalah emulatornya, sedangkan data/file game masih utuh.
Engine dari emulator tidak bisa memulai dengan semestinya. (rusak, error, dll)
Engine dari emulator tidak bisa memulai dengan semestinya, alias RUSAK.
Bisa kalian lihat pada gambar di atas, bahwa yang bermasalah itu ada di bagian "engine" dari emulator-nya. Entah itu corrupt, konflik dengan aplikasi lain, atau kemungkinan lain. Intinya adalah, si emulator "Tencent Gaming Buddy" tidak dapat booting/memulai/sejenisnya.

Nah karena pemikiran "sederhana" itulah, saya mencoba untuk mengganti engine dari emulator tersebut dengan yang baru.

TAPI perlu di ingat! langkah ini hanya berlaku jika file data game yang kalian punya itu versinya sudah COCOK dengan versi PUBG Mobile yang ADA / TERBARU "saat ini". Jika versi game yang kalian miliki sudah LAWAS, ya berarti kalian sama aja harus download ulang dari awal.

2. Lakukan Full Uninstall: Tencent Gaming Buddy

Setelah data file game PUBG Mobile sudah kalian backup, selanjutnya lakukan full uninstall terlebih dahulu.

Dan jika proses full uninstall sudah selesai, maka install kembali Tencent Gaming Buddy + sembil menunggu "proses" download engine, masukan data file game yang sebelumnya sudah di amankan tadi ke folder C:\Program Files\TxGameAssistant\disini.
hanya download angine emulator-nya saja
hanya download angine emulator-nya saja
Dengan melakukan trik di atas, kalian tidak perlu download ulang data file game DARI AWAL. (dengan syarat: versi game harus COCOK + belum ada update terbaru dari developer)

Info tambahan...

Sebelum melakukan cara/langkah di atas, ada beberapa upaya SEBELUMNYA yang telah saya coba lakukan NAMUN tidak berhasil. (PUBG Mobile masih error, tidak bisa dibuka)

Upaya yang saya maksud tersebut antara lain:

  • Restart Emulator, PC/komputer sudah dilakukan. (hasilnya sama saja, tetap error)
  • Mencoba clear cache/data pada Menu Pengaturan emulator
  • Dan lain-lain...

Hingga akhirnya, saya menumukan sebuah trik agar PUBG Mobile bisa terbuka kembali, yaitu dengan cara backup gamenya terlebih dahulu, kemudian reinstall emulator (Tencent Gaming Buddy), selanjutnya tinggal overwrite data game yang sudah di backup tadi.

3. Uji Coba PUBG Mobile: Play!

Coba klik "Play" pada game PUBG Mobile
Coba klik "Play" pada game PUBG Mobile
Jika semua proses sudah perjalan sesuai "rencana" awal, maka tinggal mengujinya dengan cara klik "Play". Dan pastikan proses "synchronize" tampil disana agar tidak perlu download game dari awal + bisa berjalan sesuai harapan.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan untuk kamu-kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, mending JANGAN langsung keluar. Lebih baik liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi PUBG Mobile: Gagal Memulai Emulator, Coba Lagi Nanti. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.