advanced web statistics Radeon RX 460 Gagal Install Driver error code 43 fix (bhs. Indonesia) - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email...?

Radeon RX 460 Gagal Install Driver error code 43 fix (bhs. Indonesia)

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Radeon RX 460 Gagal Install Driver error code 43 fix (bhs. Indonesia)
RX460 Gagal Install Driver error code 43 fix.
Seperti yang sudah tertulis pada judul diatas, kali ini saya akan berbagi hal mengenai cara mengatasi VGA AMD Radeon RX series yang gagal install driver. (muncul error code 43 di dxdiag)

Jadi ketika driver AMD selesai di install, di tampilan desktop akan bertuliskan "success". Akan tetapi, setelah PC / komputer di restart/reboot malah tidak terjadi apa2, alias driver display tetap saja tidak terinstall.

Hal tersebut ditandai dengan masih adanya tanda seru/kuning pada Devices Manager OS Windows. Lebih jelasnya, lihat gambar dibawah...
driver AMD belum terinstall / gagal install
driver AMD belum terinstall / gagal install
Sekarang pertanyaannya, gimana cara ngatasinnya???

Oke, lanjut...

Mengatasi driver AMD error code 43

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya pesan error 43 ketika selesai menginstall driver VGA AMD. (terutama di seri rx 460/470/480)

Jadi akan saya tuliskan beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya, berdasarkan pengaraman pribadi aja. Silahkan coba beberapa tips yang saya tuliskan dibawah ini...


1. File installer driver corrupt

file installer rusak/corrupt
file installer rusak/corrupt
Kemungkinan pertama yaitu bisa jadi file installer yang kamu gunakan rusak/corrupt. Hal ini bisa saja terjadi jika koneksi internet yang kamu gunakan tidak stabil, hingga menyebabkan proses download jadi terganggu. (putus nyambung)

Coba lakukan download ulang, pastikan filenya dalam keadaan sehat.

Dan kalau memungkinkan, cobalah untuk test di pc / laptop lain yang memiliki spesifikasi yang sama. (kalo ada)

2. Gunakan driver versi sebelumnya

Cara ini terkadang berhasil, jika driver dari hardware yang kamu gunakan tergolong baru aja rilis. Contohnya seperti AMD Ryzen 3 yang saya gunakan saat ini, terkadang driver display versi paling update justru membawa bug-bug baru. (padahal sebelumnya tidak ada bug tersebut.

Bug baru yang muncul setelah update driver pada Ryzen 3 (2200G) tersebut sudah saya tulis di artikel berjudul AMD Ryzen 3 2200G (Vega 8): Cursor Mouse Bagian Atas Hilang? (silahkan dibaca, kalo mau)

Singkat cerita, setelah downgrade ke versi sebelumnya, masalah/bug tersebut jadi hilang. (100% fix)

3. Disable driver signature

driver signature windows 10
driver signature windows 10
Beberapa driver terkadang tidak bisa terinstall pada Windows 10 jika driver signature dalam keadaan aktif. Dan tentunya driver signature ini bisa kamu disable melalui Advanced Boot (ketika PC/laptop dihidupkan, tekan F8, pilih advanced boot, pilih disable signature)

4. Flash BIOS VGA (mod)

proses flashing BIOS RX 460
proses flashing BIOS RX 460
Poin nomor 4 ini berlaku jika kamu baru saja membeli VGA bekas mining, ataupun bekas Unlock Shader. Alasannya apa???

Sebab, biasanya VGA tersebut sudah dilakukan yang namanya modifikasi BIOS, sehingga menyebabkan driver officialnya tidak bisa di install. (harus di pat*h)

Dan untuk mengatasi masalah ini, kamu harus melakukan flashing BIOS ori ke dalam VGA tersebut. Silahkan cari BIOS ori dari VGA masing2, atau bisa minta pada si penjual (kalo masih punya filenya)

Beberapa daftar BIOS dari AMD / Nvidia bisa kamu cari di https://www.techpowerup.com/vgabios/.

PERLU DIINGAT!!! Proses flash BIOS sangat beresiko merusak hardware jika file BIOS yang kamu gunakan tidak tepat. Saran saya lebih baik minta sama penjual dimana kamu membeli VGA tersbut. (tanyakan, apakah masih punya file backup)

5. Belum ada tambahan...

Sejauh ini belum ada tambahan...

Tambahan...

Artikel ini sangat cocok untuk kata kunci

  • RX 460 Device Code Error 43 On Crimson 17.4.4
  • AMD Error Code 43 di dxdiag (windows 7, 8.1)
  • AMD RX 470, 480 tidak bisa install driver
  • muncul tanda kuning di devices manager
  • Radeon rx 550, 560, 580, dll

Udah, itu saja...

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Radeon RX 460 Gagal Install Driver error code 43 fix (bhs. Indonesia). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Jika ada hal penting yang mau ditanyakan, silahkan PM saya di media sosial / halaman about. Dan terima kasih jg atas kunjungannya ke blog RezaNauma.com ๐Ÿ˜€๐Ÿ‘

Belum ada komentar

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi...
๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ˜ฌ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘☕☕☕☕