advanced web statistics Cara Mengatasi Bully : Anniversary Edition Sering Keluar Sendiri, Force Close! - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

Cara Mengatasi Bully : Anniversary Edition Sering Keluar Sendiri, Force Close!

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Melanjutkan lagi artikel yang sudah saya tulis kemarin, sekarang saya akan membagikan tips sederhana yaitu cara mengatasi game Bully : Anniversary Edition yang sering keluar sendiri atau biasa juga di sebut Force Close.

Tips : Bully : Anniversary Edition Tidak Compatible, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Langkah sederhana yang saya tuliskan ini di tujukan untuk kamu yang saat ini menggunakan HP dengan spesifikasi pas-pasan, sekaligus juga yang sangat sering mengalami force close saat memainkan Bully : Anniversary Edition.

Mengatasi game force close...

Cara Mengatasi Bully : Anniversary Edition Sering Keluar Sendiri, Force Close!
Sayangnya aplikasi telah berhenti... Force Close!!!
Jika kamu mengetikan kata kunci “cara mengatasi game force close” pada mesin pencari Google, maka akan banyak sekali blog-blog yang sudah membahas sekaligus penyelesaian dari permasalahan tersebut.

Ada juga blog yang lebih spesifik yang dalam arti, si pemilik blog tersebut benar-benar membahas cara mengatasi force close pada game secara khusus untuk Bully : Anniversary Edition.

Namun, untuk langkah sederhana yang saya tuliskan di bawah ini bukanlah hanya untuk game Bully : Anniversary Edition saja. Kamu bisa melakukannya untuk mengoptimalkan di berbagai game android. (Bukan cuma Bully)

Silahkan baca baik-baik,

1. Kurangi aplikasi yang aktif di background...

Contoh aplikasi yang aktif di latar belakang
Contoh aplikasi yang aktif di latar belakang
Percayalah, permasalahan yang paling mendasar mengapa HP yang kamu gunakan tersebut bisa sering forces close, itu di karenakan terlalu banyaknya aplikasi yang aktif di latar belakang/background.

Misalnya HP kamu hanya mempunyai RAM 1 GB. Nah jika aplikasi yang aktif di background HP kamu itu terlalu banyak, maka sisa ruang kosong (space) yang ada di memori kamu itu akan minim/terbatas.

Sedangkan, game Bully : Anniversary Edition ini merupakan game open world yang cukup “raksasa” untuk seukuran ponsel. Oleh karena itu, sumber daya memori yang di butuhkan juga pasti cukup besar.

Dengan hanya tersedianya memori yang minim tersebut, maka secara otomatis sistem operasi android kamu itu akan mengatasi permasalahan “krisis memori” tersebut dengan cara menutup aplikasi aktif yang berjalan.

Nah, suatu tindakan “otomatis” yang di lakukan oleh sistem android ini tentu saja terkadang tidak berjalan dengan sempurna. Keadaan di mana aplikasi crash, hang, force close, dan permasalahan umum lainnya, tetap masih bisa terjadi.

Oleh karena itu, kurangilah aplikasi yang aktif di latar belakang HP kamu untuk mencegah atau pun mengurangi kemungkinan force close tersebut.

2. Hapus aplikasi antivirus...

Hapus antivirus kamu!
Hapus antivirus kamu!
Jika di HP android kamu terdapat aplikasi antivirus atau pun aplikasi keamanan firewall yang serupa, saya sarankan untuk menghapus saja aplikasi tersebut.

Mengapa?

Sebab menurut saya pribadi, sistem operasi android untuk saat ini virus-virus yang ada tergolong masih sedikit. Dan kalau pun ada, itu hanya berupa virus iklan yang tidak terlalu berbahanya.

Penggunaan antivirus pada HP android bagi saya hanya memberatkan sistem android saja. Jadi, menurut saya pribadi, antivirus pada android saat ini tidak/belum diperlukan. Berbeda dengan OS Windows dekstop yang memang harus tersedianya antivirus.

Cukup dengan pilih-pilih dalam menginstall aplikasi dari luar Playstore sekaligus berhati-hati ketika menjelajah internet, maka HP android kamu akan tetap aman terkendali.

3. Menggunakan GL Tools...

Bully : Anniversary Edition
Bully : Anniversary Edition
Bagi kamu yang belum tahu apa itu GL Tools, akan saya coba jelaskan secara singkat.

GL Tools merupakan aplikasi HP android yang memungkinkan kamu untuk bisa memanipulasi hardware perangkat ponsel android yang kamu gunakan. Fitur manipulasi hardware antara lain fake CPU, fake GPU, fake RAM, dll.

Bukan hanya memanipulasi hardware, GL Tools ini juga menyediakan fitur untuk mereduce/mengurangi kualitas visual pada sebuah game. Beberapa komponen game yang di reduce seperti anti aliasing, texture, shader, dll.

Sebagai catatan, jika kalian menggunakan aplikasi GL Tools ini, maka kualitas grafis pada game yang kamu mainkan akan mengalami penurunan yang cukup signifikan. (Tergantung preset kamu pada GL Tools)

Jadi, pilihan ada di tangan kalian, ingin memakai aplikasi GL Tools atau tidak.

4. Saran kalian...

Jika kalian memiliki tips sederhana lain dalam mengatasi game Bully : Anniversary Edition yang sering keluar sendiri/force close, maka tidak ada salahnya untuk menambahkannya pada poin nomor 4 ini dengan cara menuliskannya melalui komentar.

Komentar kamu sangat saya apresiasi.

Review gameplay pada HP murah...

Di bawah ini merupakan gameplay singkat Bully : Anniversary Edition yang di mainkan pada Lenovo A1000 dengan preset High + Recording.


Kesimpulan...

Inti dari artikel kali ini adalah, sebisa mungkin kurangi aplikasi yang tidak berguna yang justru malah memberatkan sistem android kesayangan kamu tersebut.

Sebagai tambahan, kamu bisa menggunakan software lain untuk mengatasi permasalahan umum android, yaitu menggunakan aplikasi GL Tools.

Catatan...

Artikel yang saya tuliskan di atas bermaksud untuk membantu para pengguna HP low budget yang mempunyai spesifikasi yang pas-pasan. Karena saya sendiri saat ini juga hanya menggunakan ponsel murah meriah dari Lenovo.

"Lenovo A1000 Black"

Sekian...

Itulah artikel mengenai Tips Sederhana dalam mengatasi Bully : Anniversary Edition yang sering force close. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih

Mendukung kerja keras para developer

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

68 Komentar

  1. wah thx gan infonya, nanti saya coba.
    kebetulan punya saya type lama nih.. lg d690, spec hampir sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di coba dulu gan...

      smoga berhasil...

      Hapus
  2. Gan mau tanya hp gw asus zen 5 android kitkat 4.4.2 ram 2gb,pas abis donlot bully dibukak kok pas mau masuk sayangnya bully telah berhenti. Itu napa ya? Mohon pencerahannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, saya sendiri belum pernah coba di Z5...

      tp klo di lihat dari speknya Z5, seharusnya bisa gan...

      walaupun kmungkinan ada masalah "misisng texture"...

      Hapus
  3. Gan koq saya di hp zenfone 6 versi 4.4.2 gak bisa ya, pas loading force close

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm pernah coba di z6 gan...

      tp sepertinya pengguna Zenfone (Intel Atom) memang selalu brmasalah pada game2 Rockstar...

      sharusnya bisa...

      Hapus
  4. kak reza saya main di samsung galaxy tab 3v bisa kah tapi kok di pertehgahan game sering force close yang saya tau gara-gara banya pedestrian padahal sudah saya kurangi latar belakang yang berkerja lalu sudah hapus antivirus tapi kok masih force close di pertengahan game?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo spekmu udah mumpuni, sharusnya gak aan ada masalah sprti itu gan...

      mungkin kondisi "sistem android"mu ada yang "gak beres...

      bersihkan semua "hal/sesuatu" yg kmungkinan bisa menghambat kinerja tabletmu (galaxy tab 3v)...

      Hapus
  5. kak reza saya main di samsung galaxy tab 3v bisa kah tapi kok di pertehgahan game sering force close yang saya tau gara-gara banya pedestrian padahal sudah saya kurangi latar belakang yang berkerja lalu sudah hapus antivirus tapi kok masih force close di pertengahan game?

    BalasHapus
  6. Kak reza saya main di samsung galaxy tab 3v tapi kok di pertengahan game kok force close padahal sudah saya kurang kerja latar belakang tapi kok masih force close di pertengahan game tapi saya tau gara gara banyaknya pejalan kaki

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyaknya jumlah "object" memang bisa mmperberat suatu game gan...

      tpi klo speknya udah "mumpuni", itu bukanlah masalah yg berarti... (seharusnya)

      Hapus
  7. Gan kok di hp saya (Alcatel Onetouch Flash) versi 4.4.2 pas main misi di Bully selalu Force Close ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. game Bully memang tergolong lbih berat gan Iqbal, dibanding dgn GTA SA yg udah hampir "sempurna"...

      kurangi app latar belakang...

      Hapus
  8. Gan.punya ane lg g3 stylus. Main lancar kaga lag. Tapi tiba" keluar sendiri kan. Ga ada tulisan force close nya. Gmna itu gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabar baiknya, agan tidak sendirian....

      banyak pengguna lain yang mengalami hal sprti itu, pdhal spek udah lumayan...

      saran, kurangi app aktif di atar belakang...

      Hapus
  9. Sy punya saran agar game bully nya gak kluar sendiri ketika di main kan... cara nya tekan map bagian atas dan klik setting lalu centang kualitas high menjadi low setelah itu kembali dan lihat hasil nya :) semoga berhasil buat kalian yg beruntung heheee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran yg sangat masuk akal gan Arief Couster...

      "Set Low aja"

      terima kasih banyak...

      Hapus
  10. Sy punya saran agar game bully nya gak kluar sendiri ketika di main kan... cara nya tekan map bagian atas dan klik setting lalu centang kualitas high menjadi low setelah itu kembali dan lihat hasil nya :) semoga berhasil buat kalian yg beruntung heheee...

    BalasHapus
  11. Balasan
    1. sip,

      terima kasih sudah menyempatkan diri untuk berkomentar...

      Hapus
  12. Gan Gimana nih Gue punya Zenfone 2 laser Ram 2gb Kok main bully leg patah2 sih,Klo di setting low malah hitam putih jadinya, malu nih ama temen yg hpnya cuma ram 1gb,Mohon Gan Penjelasannya...Gpu saya qualcomm snapdragon 400/410 1.21 Ghz

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngapain hrus malu sgla gan...

      kurangi app yg aktif di latar belakang...

      uninstall aplikasi yg tidak penting...

      klo msih kayak gitu, brrti ada yg salah dgn HP agan...

      cba lakukan flashing aja (kalo mau + tau caranya)

      Hapus
  13. Gan Gimana nih Gue punya Zenfone 2 laser Ram 2gb Kok main bully leg patah2 sih,Klo di setting low malah hitam putih jadinya, malu nih ama temen yg hpnya cuma ram 1gb,Mohon Gan Penjelasannya...Gpu saya qualcomm snapdragon 400/410 1.21 Ghz

    BalasHapus
  14. Gan Gimana nih Gue punya Zenfone 2 laser Ram 2gb Kok main bully leg patah2 sih,Klo di setting low malah hitam putih jadinya, malu nih ama temen yg hpnya cuma ram 1gb,Mohon Gan Penjelasannya...Gpu saya qualcomm snapdragon 400/410 1.21 Ghz

    BalasHapus
  15. Gan saya mau nanya...kenapa pada waktu misi carnival date, control tidak bisa di gerakan pada tantangan tiap game, jadi gak bisa nyelesaikan misi, minta sarannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm pernah mngalami itu gan...

      coba ulangi misinya aja...

      Hapus
  16. Gan aq di Xiaomi redmi 2 prime kok waktu loading for close y , mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek "kesehatan" OS androidmu gan...mngkin ada yg gak sesuai...

      cek juga data2 game, apakah ada yg corupt, dll...

      Hapus
  17. gan ko gltools diane ga bisa ya.. padahal udh diroot hpnya.. hp ane sama kyk ente

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak perlu GLtools...

      Lenovo A1000 tnggal install, and play udah work 100%...

      udah saya coba sndiri + record gameplay... (ada di artikel)

      Hapus
  18. Kenapa permanan bully saya macet bagai mana cara mengatasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka ulang game nya...

      kurangi app tidak penting yang aktif di latar belakang...

      Hapus
  19. Main bully di hp advan s5m lancar high quality ramnya 1gb,tpi giliran main di hp asus zenfone c pas loading mau masuk langsung fc padahal ram sama" 1gb hadeh asus memang sering kasus

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin jenis processor nya "kurang" compatible dengan game2 dari Rockstar gan... (mungkin)

      Hapus
  20. Gan kenapa ya setelah di pake gl toolnya di game bully ga ada jam sama malam hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaturan yg di GLTools nya mungkin ada yg gak sesuai... (mungkin)

      Hapus
  21. Di asus zenfone c z007 bisa gak om,ram 1gb,power vr,kitkat
    Waktu itu sih udh saya coba eh malah force close

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Android yg pake CPU Intel Atom emng agak susah gan... (harus pake trik2 khusus)

      Hapus
  22. Di asus zenfone c z007 bisa gak om, ram 1gb,powervr,kitkat
    Waktu itu udh saya coba eh malah force close

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cari di youtube, mungkin udah ada orang yg bisa fix di Zenfone C agar tdk "force close" (intel atom)

      Intel Atom emng sering bermasalah pd game2 milik "RockstarGames"

      Hapus
  23. Mastah tolong kenpa bully saya hitam putih gambarnya

    BalasHapus
  24. Kenapa gambar bully zaya hitam putih mastah tolong bantuannya

    BalasHapus
  25. Gan saya pake hp samsung j2 kenapa selalu keluar tiba"
    mohon bantuanya gan?

    BalasHapus
  26. Gan ane hp oppo neo5 ram 1Gb memori 3 gb tersedia trus ane maen bully ane mau ke kota eh force close awal nya lag solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurangi app latar belakang ang akfit

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. bang punya saya samsung G531Y gpu vivante. pas pertengahan mau main kok selalu fc ya plis kasih solusi

    BalasHapus
  29. bang kok dihp samsung g531y kok pas dipertengahan mau main kok selalu fc plis,kasih solusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara paling mudah...

      lakukan reset pabrik HP, kemudian install kembali game nya.

      (backup trlbih dahulu)

      Hapus
  30. bang kok dihp samsung g531y kok pas dipertengahan mau main kok selalu fc plis,kasih solusi

    BalasHapus
  31. HP Saya redmi 4a saya lihat di youtube bisa buat main bully tapi saya coba kok tidak kompatible di hp saya tolongin dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. download lwat google (APK + OBB), kmudian install manual...

      Hapus
  32. Gan mau tanya pas di main festival gk ada kontrol nya trus di bagian gym ke2 gk bisa keluar dari instruksi,udah 2x ulang dari awal instal ulang tetep gk mau ada solusi gk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi game nya error/corrupt.

      Atau...

      Menjalankan misimu yg kurang tepat ssuai perintah gamenya.

      Hapus
  33. Gan HP saya vivo v5s ram 4 internal 64 pas dibuka langsung force close Cara mengatasinya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan game yg kmu download nggk corrupt.

      Coba jg reset pabrik 👍

      Hapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.