Cara Mengatasi Bully : Anniversary Edition Sering Keluar Sendiri, Force Close!

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Cara Mengatasi Bully : Anniversary Edition Sering Keluar Sendiri, Force Close!
Sayangnya aplikasi telah berhenti... Force Close!!!
Melanjutkan lagi artikel yang sudah saya tulis kemarin, sekarang saya akan membagikan tips sederhana yaitu cara mengatasi game Bully : Anniversary Edition yang sering keluar sendiri atau biasa juga di sebut Force Close.

Tips : Bully : Anniversary Edition Tidak Compatible, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Langkah sederhana yang saya tuliskan ini di tujukan untuk kamu yang saat ini menggunakan HP dengan spesifikasi pas-pasan, sekaligus juga yang sangat sering mengalami force close saat memainkan Bully : Anniversary Edition.

Mengatasi game force close...

Jika kamu mengetikan kata kunci “cara mengatasi game force close” pada mesin pencari Google, maka akan banyak sekali blog-blog yang sudah membahas sekaligus penyelesaian dari permasalahan tersebut.

Ada juga blog yang lebih spesifik yang dalam arti, si pemilik blog tersebut benar-benar membahas cara mengatasi force close pada game secara khusus untuk Bully : Anniversary Edition.

Namun, untuk langkah sederhana yang saya tuliskan di bawah ini bukanlah hanya untuk game Bully : Anniversary Edition saja. Kamu bisa melakukannya untuk mengoptimalkan di berbagai game android. (Bukan cuma Bully)

Silahkan baca baik-baik,

1. Kurangi aplikasi yang aktif di background...

Contoh aplikasi yang aktif di latar belakang
Contoh aplikasi yang aktif di latar belakang
Percayalah, permasalahan yang paling mendasar mengapa HP yang kamu gunakan tersebut bisa sering forces close, itu di karenakan terlalu banyaknya aplikasi yang aktif di latar belakang/background.

Misalnya HP kamu hanya mempunyai RAM 1 GB. Nah jika aplikasi yang aktif di background HP kamu itu terlalu banyak, maka sisa ruang kosong (space) yang ada di memori kamu itu akan minim/terbatas.

Sedangkan, game Bully : Anniversary Edition ini merupakan game open world yang cukup “raksasa” untuk seukuran ponsel. Oleh karena itu, sumber daya memori yang di butuhkan juga pasti cukup besar.

Dengan hanya tersedianya memori yang minim tersebut, maka secara otomatis sistem operasi android kamu itu akan mengatasi permasalahan “krisis memori” tersebut dengan cara menutup aplikasi aktif yang berjalan.

Nah, suatu tindakan “otomatis” yang di lakukan oleh sistem android ini tentu saja terkadang tidak berjalan dengan sempurna. Keadaan di mana aplikasi crash, hang, force close, dan permasalahan umum lainnya, tetap masih bisa terjadi.

Oleh karena itu, kurangilah aplikasi yang aktif di latar belakang HP kamu untuk mencegah atau pun mengurangi kemungkinan force close tersebut.

2. Hapus aplikasi antivirus...

Hapus antivirus kamu!
Hapus antivirus kamu!
Jika di HP android kamu terdapat aplikasi antivirus atau pun aplikasi keamanan firewall yang serupa, saya sarankan untuk menghapus saja aplikasi tersebut.

Mengapa?

Sebab menurut saya pribadi, sistem operasi android untuk saat ini virus-virus yang ada tergolong masih sedikit. Dan kalau pun ada, itu hanya berupa virus iklan yang tidak terlalu berbahanya.

Penggunaan antivirus pada HP android bagi saya hanya memberatkan sistem android saja. Jadi, menurut saya pribadi, antivirus pada android saat ini tidak/belum diperlukan. Berbeda dengan OS Windows dekstop yang memang harus tersedianya antivirus.

Cukup dengan pilih-pilih dalam menginstall aplikasi dari luar Playstore sekaligus berhati-hati ketika menjelajah internet, maka HP android kamu akan tetap aman terkendali.

3. Menggunakan GL Tools...

Bully : Anniversary Edition
Bully : Anniversary Edition
Bagi kamu yang belum tahu apa itu GL Tools, akan saya coba jelaskan secara singkat.

GL Tools merupakan aplikasi HP android yang memungkinkan kamu untuk bisa memanipulasi hardware perangkat ponsel android yang kamu gunakan. Fitur manipulasi hardware antara lain fake CPU, fake GPU, fake RAM, dll.

Bukan hanya memanipulasi hardware, GL Tools ini juga menyediakan fitur untuk mereduce/mengurangi kualitas visual pada sebuah game. Beberapa komponen game yang di reduce seperti anti aliasing, texture, shader, dll.

Sebagai catatan, jika kalian menggunakan aplikasi GL Tools ini, maka kualitas grafis pada game yang kamu mainkan akan mengalami penurunan yang cukup signifikan. (Tergantung preset kamu pada GL Tools)

Jadi, pilihan ada di tangan kalian, ingin memakai aplikasi GL Tools atau tidak.

4. Saran kalian...

Jika kalian memiliki tips sederhana lain dalam mengatasi game Bully : Anniversary Edition yang sering keluar sendiri/force close, maka tidak ada salahnya untuk menambahkannya pada poin nomor 4 ini dengan cara menuliskannya melalui komentar.

Komentar kamu sangat saya apresiasi.

Review gameplay pada HP murah...

Di bawah ini merupakan gameplay singkat Bully : Anniversary Edition yang di mainkan pada Lenovo A1000 dengan preset High + Recording.


Kesimpulan...

Inti dari artikel kali ini adalah, sebisa mungkin kurangi aplikasi yang tidak berguna yang justru malah memberatkan sistem android kesayangan kamu tersebut.

Sebagai tambahan, kamu bisa menggunakan software lain untuk mengatasi permasalahan umum android, yaitu menggunakan aplikasi GL Tools.

Catatan...

Artikel yang saya tuliskan di atas bermaksud untuk membantu para pengguna HP low budget yang mempunyai spesifikasi yang pas-pasan. Karena saya sendiri saat ini juga hanya menggunakan ponsel murah meriah dari Lenovo.

"Lenovo A1000 Black"

Sekian...

Itulah artikel mengenai Tips Sederhana dalam mengatasi Bully : Anniversary Edition yang sering force close. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih
Mendukung kerja keras para developer