Cara Membedakan Stik PS2/PS3 Ori Mesin, Ori Pabrik, ataupun KW

Jangan beli stik PS2 / PS3 KW, mending yang ORI aja
Jangan beli stik PS2 / PS3 KW, mending yang ORI aja!
Buat kamu yang saat ini sedang mencari stik PS2/PS3, saya sarankan untuk lebih teliti dulu sebelum membeli. Tujuannya apa, biar nggak kena tipu seperti saya yang waktu itu sedang ngidam ingin nostalgia mainin game PS2.

Oleh karena itu, lebih baik kalian baca dulu tips dalam Membedakan Stik PS2/PS3 Ori Mesin, Ori Pabrik, ataupun KW (palsu)

Cerita singkat beli stik PS2 KW

Kalo boleh cerita nih ya, kemarin baru saja saya membeli stik PS3 di grup jual beli FB di daerah terdekat. Nah yang bikin jengkel adalah, si penjual ini bilang bahwa stik yang dia jual itu katanya 100% ORI.

Nah singkat cerita, langsung lah saya cod untuk menuju ke lokasi si penjual. Alasannya, karena harganya murah 80rban. (stik yang benar2 ori masih sekitaran 150 - 200rb an)

Dann coba tebak apa yang terjadi... ๐Ÿ˜ฃ ๐Ÿ˜ฅ Yap, stik yang dijual ternyata KW, alias tiruan dan sekedar numpang naruh merk "SONY" disana.

Kalo di kalangan penjual PS veteran, stik jenis ini dinamai stik "ori pabrik" ๐Ÿ˜‘ entah darimana kata "ori pabrik" ini di dapat, padahal stik tersebut bukan buatan asli dari pabrikan SONY. Jadi menurut saya seharusnya kata "ori pabrik" ini sebenarnya kurang tepat!

Udah jauh-jauh dateng ketempat cod, ternyata malah stiknya KW! (kalo gitu mending beli online, hrga lebih murah + gratis ongkir pula di Shopee)

Kalo dipikir2, ini orang sepertinya penjual baru yang mencoba peruntungan rental PS (sekalian jualan stik jg) Dan si penjual tersebut sepertinya memang blm terlalu tau bahwa stik yang ada embel2nya kata "ori pabrik" itu sebenarnya adalah KW jg.

Cara membedakan stik PS2 Original, atau KW

Jika dilihat secara sekilas, ternyata ada beberapa ciri yang terlihat jelas pada stik tersebut. Beberapa diantaranya adalah...

1. Warna stik

Untuk stik yang benar2 original, biasanya berwarna gelap agak kearah doff. Sedangkan stik KW, memiliki warna yang agak mengkilap.

2. Tulisan merk "SONY"

Nah pada bagian tulisan merk SONY ini memiliki warna putih agak kearah silver. Sedangkan yang KW, berwarna putih biasa dominan warna putih terang.

3. Bagian analog

Bagian analog, stik PS2 original terasa halus + empuk jika digerakan atas/bawah/kiri/kanan. Sedangkan yang KW, jika digerakan agak keras, jadi butuh sedikit tenaga tambahan jika melakukan perintah atas/bawah/kiri/kanan.

4. Barcode

Info ini saya temukan dari blog tetangga, http://ricardoharyogi.blogspot.com
Bagian barcode
Bagian barcode
Poin nomor 4 ini saya dapatkan dari bekas screenshot ketika nyari info tentang stik PS2, dan sepertinya memang bisa menjadi referensi tambahan untuk pertimbangan membeli stik PS2 ataupun PS3.

5. Panjang kabel

Stik kabel ori, lebih kuat dan lebih panjang. Stik KW, lebih pendek dan terasa tipis mudah terkelupas jika terlipat.

6. Berat stik

Tentu saja, stik ori lebih berat dikarenakan terdapat 2 motor untuk getaran di dalam stik. Sedangkan yang KW, cuma ada 1 motor saja. (terkadang bahkan tidak ada sama sekali, untuk hemat budget produksi)

Stik KW memiliki tingkatan!


Ada info tambahan gaes... Ternyata stik KW itu memiliki tingkatan dari segi kualitas. Jadi urutannya itu seperti ini:

KW ->> Ori Pabrik ->> Ori Mesin (ori bawaan SONY)

KW = entah siapa yang buat (perusahaan kecil2an, kualitas alakadarnya)
Ori pabrik = skala pabrik sudah cukup besar + berpengalaman (hasil cukup bagus)
Ori mesin = benar2 ori buatan perusahaan SONY (kualitas nomor 1)

Seperti itu kira-kira...

Tambahan...

Artikel ini sangat cocok untuk kamu yang menuliskan info mengenai:

  • cara memilih stik ps2 yang bagus
  • harga stik ps2 ori
  • merk stik ps2 yang bagus
  • stik ps2 elite
  • harga stik ps2 termurah
  • stik ps2 ori mesin
  • harga stik ps2 tanpa kabel
  • macam macam stik ps2

Oke, itu saja...

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri yah. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan siapapun kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Membedakan Stik PS2/PS3 Ori Mesin, Ori Pabrik, ataupun KW. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”