Cara Cepat!! Cek HP Android Sudah di Root atau Belum

Cek HP Android Sudah di Root atau Belum
Ciri HP android sudah pernah di Root!
Seperti biasa, kali ini aku bakal berikan sebuah tutorial yang mungkin sedang kalian cari-cari, yaitu gimana sih cara cek kondisi hp android, apakah sudah dalam keadaan root, atau belum.

Jika belum, apa aja ciri-cirinya. Sedangkan jika sudah, kayak gimana bentukan si ponsel android tersebut. Oke, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama kamu siapkan dulu koneksi internet. Boleh pakai kuota data, atau lebih bagus lagi menggunakan wifi.
  2. Setelah yakin koneksi siap, lanjut buka aplikasi di hpmu bernama “google play store”
  3. Di kolom pencarian, tulis kata kunci “root checker”, kemudian install.
  4. Jika sudah, buka aplikasinya. Lalu pilih “verify root”, maka proses scanning/checking akan berlangsung.
  5. Tunggu sebentar, dan boom!! Aplikasi root checker ini akan memberikanmu informasi mengenai kondisi root pada si ponsel yang saat ini sedang di pakai.

Sebenarnya ada banyak aplikasi sejenis yang mempunya fungsi yang sama. Namun yang paling terkenal dan sering digunakan ada “root checker”. Boleh-boleh aja uji coba menggunakan aplikasi lain, nggak ada masalah.

Cek Root, fungsinya buat apa?

Cara ini benar-benar cocok kalian lakukan ketika membeli sebuah HP android seken. Alasannya, karena si pemakai pertama mungkin aja sudah melakukan modifikasi terhadap hp tersebut. Entah itu root, custom room, dll.

Nah jadi kalo misalkan si HP udah keadaan root, perlu kamu waspadai dan lebih teliti lagi dalam pengecekan HP tersebut. Karena proses modifikasi oleh user-user yang hobi oprek android, biasanya rentan terjadi kesalahan yang bisa merusak sistem software/hardware. Walaupun nggak semuanya begitu.

Namun tetep aja, kalo aku nih ya, harus lebih waspada terhadap jenis orang seperti ini. (tukang ngoprek android)

Penjelasan tambahan...

Pada kasus hp yang sudah di root ini, beberapa ada yang terpampang jelas mengindikasikan kalau si hp sudah dalam kondisi di root. Hal ini ditandai dengan adanya aplikasi bernama “super user” ataupun juga “magisk manager”.

Nah masalahnya adalah, 2 aplikasi root ini terkadang di “hide” atau disembunyikan oleh pengguna sebelumnya. Jadi kita belum tau pasti nih, si hp dalam kondisi “root aktif” atau tidak.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cek HP Android Sudah di Root atau Belum. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”