Cara Mengatasi Windows 11 LAG saat Dragging File Explorer (fix)

Window Dragging Lag: Windows11 bug fix
Window Dragging Lag: Windows11
Hai, udah lama nggak nulis lagi. Jadi di artikel kali ini aku mau memberikan sebuah solusi dari permasalahan yang hampir di alami oleh semua pengguna Windows 11 untuk saat ini. (21 Oktober 2021)

Yaitu pada saat kita melakukan dragging atau bahasa Indonesianya itu menggeser-geser suatu window/jendela , maka peforma Windows 11 pada proses menggeser tadi tiba-tiba jadi LAG PARAHH!!

Saking ngeLAGnya pada saat bug ini berlangsung, maka si OS Windows 11 akan setengah blank, setengah tidak. Pokoknya bikin jengkel parah.

SOLUSI: Mengatasi bug dragging lag

Jadi aku baru aja menemukan sebuah cara yang bisa kamu lakukan jika menemui permsalahan bug pada Windows 11 ini. Yaitu dengan cara disable fitur Efek Transparansi pada Windows 11.

Fitur transparasi ini sebenarnya udah ada sejak Windows 10. Namun pada Windows 11, Microsoft telah melakukan redesign. Sehingga tampilannya lebih baru, lebih glassy ala Windows 7 yang dulu.

Tampilannya emang lebih bagus jika dibandingkan dengan Windows 10. (menurutku) Tapi ternyata ada bug yang bener-bener konyol dan membagongkan!!

Oke langsung aja... Cukup lakukan langkah ini agar kamu terbebas dari bug LAG parah saat dragging file explorer pada Wndows 11.

    Setting pada OS Windows 11 dragging lag
    Setting pada OS Windows 11 - Accessibility ->> Visual Effects
  1. Pertama kamu buka dulu Setting, kemudian menuju ke Accessibility ->> Visual Effects ->> Transparency Effects
  2. Pada menu tersebut, kamu klik aja disable/nonaktif
  3. Lakukan restart/log out jika di perlukan
  4. Uji coba drag window

Nah dengan melakukan langkah diatas, maka bug dragging yang super lag pada Windows 11 akan hilang. Paling tidak, cara ini berhasil pada PC yang aku gunakan.

Ngomong-ngomong soal PC, spek yang aku gunakan pada kasus kali ini yaitu:

  • CPU: AMD Ryzen 5 2600 OC'ed @ 3.9GHz (1,3v)
  • GPU: GIGABYTE AMD Radeon RX 570 (4GB)
  • PSU: Enermax NAXN 500W 80+ Bronze
  • RAM: Kingston HyperX 2x8GB (OC'ed 3000MHz)
  • SSD: Kingston A400 240GB 2.5 SATA III
  • HDD: 2TB WD + 1TB Seagate (7200RPM)
  • Motherboard: MSI B450M Pro-VDH v2
  • OS: Windows 11 Pro 21H2 (64-Bit)

Buat kalian yang pakai CPU/GPU AMD, besar kemungkinan pasti mengalami hal ini. Jadi kalo mau coba tips sederhana diatas, silahkan aja. Semoga membantu!!

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat beberapa hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sedangkan bagi kamu yang tidak sengaja kesasar di blog ini, saran saya JANGAN langsung keluar. Mending liat-liat dulu Daftar Isi dari kumpulan artikel yang telah saya tulis blog sederhana ini.

Bisa jadi, kamu akan menemukan artikel terkait lainnya.

Itu saja sarannya...

Sekian...

Itulah artikel mengenai Cara Mengatasi Windows 11 LAG saat Dragging File Explorer (fix). Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Mohon maaf jika ada salah kata,

Sampai jumpa di lain waktu.

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”