5 Langkah Proses Rekrutmen yang Efektif Bagi Perusahaan

Langkah Rekrutmen yang Benar dan Efektif Bagi Perusahaan?
Langkah Rekrutmen yang Benar dan Efektif Bagi Perusahaan?
Kunci utama dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang profesional terletak pada proses rekrutmen kandidat pekerja. 

Pasalnya, tidak mudah untuk menemukan calon karyawan yang profesional dan berkualifikasi tinggi. Oleh sebab itu, suatu perusahaan perlu mengadakan rekrutmen dan seleksi yang ketat.

Rekrutmen adalah proses seleksi/penyaringan untuk menentukan kelayakan calon karyawan. 

Tujuannya, tentu saja untuk menemukan individu-individu berkualitas yang sejalan dengan visi misi perusahaan, serta dianggap mampu memberikan kontribusi dan mengemban tanggung jawab jabatan atau posisi.

Langkah Langkah Melakukan Proses Rekrutmen

Semua perusahaan butuh prosedur rekrutmen yang efektif dalam rangka memenuhi kebutuhan akan SDM kompeten. Hal ini juga dilakukan demi meningkatkan citra perusahaan agar semakin dinamis dan berkualitas.

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat dijadikan panduan dalam melakukan rekrutmen:

1. Melakukan Analisis Kebutuhan Posisi

Misalnya, karyawan lama pada suatu posisi membutuhkan bantuan atau partner sebab peningkatan beban kerja. Selain itu, perekrutan juga bisa dikarenakan pembukaan departemen baru di perusahaan.

2. Merencanakan Proses Rekrutmen

Perusahaan mempersiapkan rencana untuk posisi yang diperlukan. Jangan lupa, tulis deskripsi pekerjaan, kualifikasi, dan pengalaman kandidat. 

Perusahaan juga harus memikirkan tempat akan memasang iklan lowongan kerja, seperti media cetak ataupun media sosial online yang sedang pupuler. (Facebook, Twitter, Instagram, dll)

3. Pasang Iklan Lowongan Kerja

Tim pengembangan SDM bisa melakukan publikasi internal mengenai lowongan kerja yang baru dibuka untuk mendapatkan rekomendasi dari karyawan perusahaan. 

Selain itu juga bisa menerbitkan iklan lowongan kerja melalui berbagai media cetak dan online.

4. Memproses Lamaran Kerja yang Masuk dan Melakukan Wawancara

Pemasangan iklan yang tepat dan efektif akan menarik perhatian para pencari kerja, dan lamaran kerja dari kandidat pasti mulai berdatangan. 

Selanjutnya, tim recruiter melakukan seleksi untuk mendapatkan kandidat potensial dan mulai menjadwalkan wawancara.

5. Pilih Kandidat Potensial & Berikan Kesempatan untuk Bekerja

Setelah semua prosedur di atas dilakukan, tahap terakhir adalah memilih kandidat yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik dari segi keterampilan, pengalaman, maupun pendidikan. 

Setelah itu, siapkan penawaran serta kontrak kerja sesuai jabatan.
Proses Pencarian dan Rekrutmen Kandidat Terbaik Menjadi Lebih Mudah dengan Shortlyst
Menyelenggarakan rekrutmen untuk mencari pekerja saja sudah memakan waktu, tenaga, dan pikiran. Belum lagi harus melakukan seleksi mulai puluhan hingga ribuan kandidat untuk mendapatkan individu yang memenuhi kriteria perusahaan. 

Prosesnya pasti akan memakan waktu yang cukup lama.

Bagaimana jika perusahaan sedang urgent membutuhkan tenaga profesional untuk posisi tertentu? Jangan panik, karena sekarang kamu bisa menggunakan bantuan Shortlyst sebagai solusi hiring paling mudah, cepat, dan efisien. 

Jadi, proses pencarian kandidat terbaik bisa diselesaikan dalam waktu yang lebih singkat.

Apa Itu Shortlyst dan Keunggulannya?

Shortlyst adalah tools canggih yang bisa dijadikan solusi mempermudah proses rekrutmen guna membantu perusahaan mendapatkan calon karyawan potensial.

Berikut adalah beberapa keunggulan Shortlyst yang bisa kamu dijadikan bahan referensi, sebelum memutuskan menggunakan tools ini:
  1. Mengusung sistem Al canggih yang cerdas dan efisien.
  2. Bisa mengakses 600 juta lebih profil kandidat dari berbagai belahan dunia.
  3. Terintegrasi dengan berbagai platform, seperti LinkedIn, Slack, WhatsApp, Email, dsb.
  4. Dilengkapi berbagai fitur mendukung, seperti proses perekrutan selayaknya kerja dengan tim, memungkinkan kandidat dan recruiter saling tag, dsb.
  5. Harga terjangkau, mulai dari 23 USD, atau sekitar 5% dari software LinkedIn.
Penerapan proses rekrutmen sesuai prosedur yang baik dan benar akan jadi jauh lebih mudah jika menggunakan tools Shortlyst. Pasalnya, perusahaan bisa menemukan kandidat terbaik secara cepat. ๐Ÿ™‚
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”