advanced web statistics 8 Cara JITU Mengatasi Windows 10 Sering Not Responding / Delay - Reza Nauma - Solusi Komputer & Ponsel

Berlangganan Melalui Email?

8 Cara JITU Mengatasi Windows 10 Sering Not Responding / Delay

Baca juga: Pake software bajakan DOSA?
Cara ini bisa kamu lakukan jika mengalami "not responding" dan terkadang "delay" di Windows 10.
Cara ini bisa kamu lakukan jika mengalami "not responding" dan terkadang "delay" di Windows 10.
Pernahkan komputer atau pun laptop yang kalian gunakan tiba-tiba terasa lambat dan not responding saat di operasikan? Padahal, ada banyak hal penting yang harus segera di selesaikan, mulai dari tugas sekolah, kuliah, dan lain sebagainya.

Tentu melambatnya peforma secara tiba-tiba tersebut sangat menjengkelkan dan semua orang pasti tidak ingin merasakan peforma perangkat komputer kesayangannya tersebut menurun.

Lalu, sebenarnya apa sih yang menyebabkan keadaan yang sangat menjengkelkan tersebut?

Mengatasi Windows 10 Not Responding...

Masalah tersebut tentunya juga pernah di rasakan oleh sebagian besar pengguna perangkat komputer/laptop di dunia. Kalian tidak perlu merasa sedih, marah, jengkel, pusing, dll.

Lebih baik kita mencari referensi dan mempelajari permasalahan tersebut agar di temukannya solusi yang paling tepat.

Maka dari itu, di bawah ini akan saya tuliskan beberapa hal yang bisa memungkinkan komputer atau pun laptop yang kalian gunakan sehari-hari tersebut bisa "not responding" dan diiringi juga keadaan agak delay ketika melakukan suatu perintah di Windows 10.

Silahkan baca pelan-pelan dan pahami baik-baik.

1. Terlalu banyak program aktif di background

Menurut pengalaman saya dalam menangani sebuah perangkat komputer yang melambat, penyebab utamanya yaitu terlalu banyaknya program tidak penting yang aktif di background atau latar belakang.

Program yang umumnya aktif di latar belakang itu misalnya,

  • Yahoo Messanger
  • Adobe Update
  • One Drive
  • Smadav
  • Dan lain-lain...

Bagi saya, program-program di atas tidak terlalu di butuhkan dan pada umumnya program tersebut akan aktif secara default, sehingga justru akan berdampak mengurangi peforma komputer.

Yang harus kalian lakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini yaitu dengan cara mencopot beberapa aplikasi yang menurut kalian tidak terlalu penting melalui “Control Panel”.

2. Terlalu banyak program startup

Hal lain yang bisa memicu melambatnya peforma windows adalah karena adanya program “startup” yang melebihi batas kewajaran.

Kalian bisa mengecek berapa banyak program “startup” yang aktif melalui menu “msconfig”.

Caranya,

  • Pertama, tekan “Windows + R” kemudian ketik “msconfig”.
    windows R
    "Windows + R", ketik "msconfig"
  • Kedua, setelah kalian mengetik “msconfig”, maka akan muncul jendela baru. Pilih tab “startup”.
    8 Penyebab Utama, Komputer (Laptop) Menjadi Lambat, Lemot, Delay dan lag
    Pilih "startup"
  • Ketiga, silahkan hilangkan checkbox pada program yang ingin kalian hentikan pada proses startup program tersebut.
    8 Penyebab Utama, Komputer (Laptop) Menjadi Lambat, Lemot, Delay dan lag sering macet
    hilangkan checkbox pada program yang ingin di hentikan
  • Terakhir, klik “Apply”, kemudian “OK”
    8 Penyebab Utama, Komputer (Laptop) Menjadi Lambat, Lemot, Delay dan lag sering macet dan error
    Klik "Apply" kemudian "OK"

3. Jumlah services yang membludak!

Disable beberapa services windows yang tidak penting
Disable beberapa services windows yang tidak penting
Kata “membludak” itu maksudnya terlalu banyak, berlebihan, dan lain sebagainya.

Jumlah services yang aktif terlalu banyak tentu juga akan berdampak pada kualitas peforma komputer Windows yang kalian gunakan. Hentikan services yang tidak penting maupun services yang tidak jelas lainnya.

Untuk lebih jelasnya, silahkan cari referensi manakah services yang paling aman untuk di hentikan melalui artikel yang satu ini, 20 Services Windows yang Aman untuk di Hentikan!

4. Komputer kalian terkena Virus atau Malware

Bisa jadi komputermu terkena virus atau malware
Bisa jadi komputermu terkena virus atau malware
Untuk hal yang satu ini cukup sering terjadi bagi pengguna komputer windows, terutama bagi yang hobi berselancar di internet. Umumnya malware yang menyerang para pengguna laptop ini berupa virus iklan dan juga program-program tidak jelas yang justru memperlambat peforma komputer.

Cara mengatasinya, silahkan mengunduh program antivirus terpercaya kalian. Kalian bisa menggunakan program antivirus misalnya Avira, Avast, AVG, Norton, dan lain-lain.

Semua antivirus itu bagus walaupun gratisan sekalipun. Asalkan, kalian rutin memperbaharui definition virus pada program antivirus yang kalian gunakan tersebut.

Memakai 1 buah antivirus bawaan Windows pun sudah cukup. “Windows Defender

5. Komputer mengalami overheat

Laptop mengalami overheat / suhu terlalu panas
Laptop mengalami overheat / suhu terlalu panas
Yang di maksudkan komputer overheat ini adalah kondisi di mana suhu komputer yang kalian gunakan tersebut mengalami panas yang berlebih pada bagian komponen komputer.

Umumnya untuk komputer atau laptop terbaru saat ini bisa mengatasi masalah overheat dengan cara otomatis “shutdown” saat di gunakan. Itu pun sudah sangat jarang sekali terjadi, karena sudah ada fan yang tentunya sudah di sempurnakan untuk mencegah “overheat”.

6. Hardisk mengalami masalah

Hardisk mengalami kerusakan
Hardisk mengalami kerusakan
Short Story,

Pernah terjadi pada laptop teman sekolah saya yang tiba-tiba menjadi sangat-sangat lambat. Jika di lihat dari fisik laptop semuanya tampak normal karena memang kondisi masih baru (baru beli).

Namun karena peforma laptop tersebut sudah sangat lambat tidak wajar, kemudian di bawalah laptop tersebut ke tukang service.

Singkat cerita si tukang service tersebut memberitahukan bahwa hardisk pada bagian laptop tersebut mengalami masalah atau cacat pada saat produksi. Si tukang service menyarankan untuk minta garansi ke toko pembelian.

Tamat!

Salah satu komponen yang bernama “hardisk” ini akan meyebabkan peforma komputer yang kalian gunakan sangat-sangat lambat jika hardisk tersebut bermasalah.

Jadi, pastikan kondisi hardisk yang kalian gunakan dalam keadaan yang “sehat”.

7. Spesifikasi yang terlalu jadul

Untuk poin ini lebih mengacu pada bagian hardware komputer atau pun laptop kalian yang sudah terlalu jadul hingga tidak layak untuk di gunakan.

Menurut saya spesifikasi terendah untuk di gunakan di zaman sekarang yaitu Dual Core dengan RAM 2GB. Di bawah spesifikasi tersebut, sepertinya sudah tidak cocok lagi untuk aplikasi-aplikasi Windows yang sekarang.

8. Dan lain-lain...

Masih banyak kemungkinan error kecil lain yang bisa menyebabkan terjadinya not responding pada Windows 10. Kedepannya, mungkin akan saya tambahkan.

Jika kalian memiliki pendapat lain mengenai alasan bisa melambatnya sebuah perangkat komputer, jangan sungkan untuk menuliskannya melalui kolom komentar.

Kesimpulan...

Peforma komputer atau laptop yang melambat bisa terjadi karena beberapa faktor.

Dan pada umumnya, komputer atau laptop yang melambat di sebabkan karena adanya virus atau malware dan program-program tidak penting lainnya yang justru bisa memperlambat komputer itu sendiri.

Catatan...

Ingat, poin-poin yang saya tuliskan di atas merupakan pendapat pribadi dari saya sendiri. Jadi wajar saja jika terdapat hal yang tidak sesuai/sependapat dengan kamu-kamu yang sedang membaca artikel ini.

Sekian...

Itulah artikel tentang 8 Cara JITU Mengatasi Windows 10 Sering Not Responding / Delay. Sebenarnya masih ada banyak faktor lain yang tentunya bisa memperlambat komputer.

Namun, poin-poin di atas merupakan penyebab yang cukup sering terjadi pada pengguna umum perangkat komputer maupun laptop.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih
“Tolong bagikan ke teman kamu jika menurutmu ini bermanfaat”

Postingan terkait lainnya:

Kualitas kontenmu itu jauh lebih "Mengagumkan" kalau kamu membuatnya karena NIAT. Berbeda kalau kamu membuatnya karena alasan UANG (rezanauma.com)

6 Komentar

  1. Kebanyakan file nya, hehe, kalau kagak kena virus

    BalasHapus
    Balasan
    1. jumlah seberapa banyak file yang di simpan, bkn mnjadi hal "utama" sbuah OS jadi lambat...

      kalau virus?

      ya, bisa jadi... (o)

      Hapus
  2. Pantes lepi ane kadang lemot mungkin krn banyak progam yg aktif yah

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan mengenai artikel di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar. Kualitas komentarmu menandakan seberapa cerdas dirimu. Jadi, berikanlah komentar yang berkualitas sekaligus bermanfaat bagi yang lain.

Dan terima kasih pula pada kalian yang telah meluangkan waktunya untuk berkomentar dengan baik. Komentar kalian tersebut sangat saya apresiasi.