Windows 32 Bit vs 64 Bit, Mana yang Lebih Baik untuk GAMING & EDITOR?

Windows 32 Bit VS 64 Bit, Mana yang Benar-benar Lebih Baik?
Windows 32 Bit vs 64 Bit, mana yang paing cocok untuk GAMING & EDITOR?
Bukan menjadi hal yang rahasia lagi bahwa Microsoft Windows saat ini menjadi Sistem Operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Mulai dari seorang pelajar, guru, maupun pengusaha, banyak dari mereka yang menggunakan Sistem Operasi Windows.

Namun tahukah kalian bahwa sistem operasi Windows tersebut terbagi menjadi 2 jenis yang berbeda. Yaitu Windows 32 Bit dengan Windows 64 Bit.

Menurut kalian, mengapa software-software berat misalnya Adobe Premiere, After Effect, dan juga game berat seperti Grand Theft Auto V mengharuskan kalian untuk menggunakan Windows 64 Bit?

Apa sih perbedaan antara Windows 32 Bit dengan Windows 64 Bit?

Perbedaan Umum...

Sebelum membahas mengenai perbedaan antara Windows 32 Bit dengan Windows 64 Bit, terlebih dahulu kalian harus mengetahui beberapa kelebihan maupun kekurangan yang ada pada Sistem Operasi tersebut.

Kelebihan Windows 32 Bit

  • Bisa menjalankan software jadul berbasis 16 Bit
  • Lebih optimal pada komputer/laptop dengan RAM 2GB, yang artinya juga cocok untuk komputer/laptop jadul.

Kekurangan Windows 32 Bit

  • Jumlah maksimal RAM hanya 4GB saja. (tidak bisa lebih)
  • Tidak bisa menjalankan software terbaru seperti Adobe Premiere CC 2017, After Effect CC 2017, maupun juga game fenomenal "Grand Theft Auto V". (kebanyakan software saat ini mengharuskan basis 64 Bit)

Kelebihan Windows 64 Bit

  • Jumlah maksimal RAM yang di pakai bisa lebih dari 4GB. (64GB atau 128GB OK)
  • Dapat menjalankan software basis 32 Bit maupun 64 Bit.
  • Sangat cocok untuk menjalankan software dan game jenis terbaru. (Premiere CC, After Effect CC, Grand Theft Auto V)

Kekurangan Windows 64 Bit

  • Tidak cocok untuk komputer/laptop jadul

Nah setelah kalian membaca perbandingan di atas, paling tidak kalian sudah mengetahui perbedaan umum antara Windows 32 Bit dengan Windows 64 Bit.

Manakah yang Paling Cepat?

Apabila kalian menggunakan Windows jenis 64 Bit, tentu saja hal tersebut berpotensi akan membuka batasan-batasan yang tidak di miliki oleh Windows jenis 32 Bit.

Apa sajakah batasan-batasan tersebut?

1. Jumlah Maksimal RAM

Perbedaan paling mencolok sekaligus yang sudah banyak di ketahui sebagian pengguna Windows adalah batasan jumlah RAM. Pada Windows 32 Bit, maksimal jumlah RAM yang dapat terbaca yaitu di bawah 4GB. Sedangkan Windows 64 Bit dapat membaca jumlah RAM lebih dari 4GB.

2. Peforma...

Teknologi processor 64 Bit merupakan jenis prosesor yang tergolong baru yang bisa di pastikan memiliki kemampuan di atas processor 32 Bit. Jadi, apabila kalian ingin mendapatkan peforma terbaik dalam proses editing ataupun gaming, Windows 64 Bit merupakan pilihan yang tepat.

3. Kecepatan Memproses Data

Angka 32 Bit dengan 64 Bit sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat di proses dalam sekali perintah. Jadi, secara teknis Windows 64 bisa melakukan suatu proses yang lebih cepat di bandingkan Windows 32 bit.

4. Kompatibilitas...

Pada Windows berbasis 64 Bit mampu menjalankan software 32 Bit maupun 64 Bit. Berbeda dengan Windows 32 Bit yang hanya mampu menjalankan software 32 Bit saja.

Kesimpulan...

Windows berbasis 64 Bit memang lebih unggul di bandingkan dengan Windows 32 Bit. Akan tetapi, Seberapa cepat suatu perangkat komputer tentu saja bukan hanya karena jenis Windows yang di gunakan (32 Bit atau 64 Bit).

Tetap saja bagian hardware merupakan yang paling utama.

Pertanyaan...

Jadi, kalian mau pilih OS Windows yang mana? Versi 32 Bit atau 64 Bit?

Kalian Editor Film?

Kalian Gamer?

Youtuber?

Sekian...

Semoga artikel yang saya tuliskan di atas bisa bermanfaat bagi kalian yang membaca. Terutama yang masih belum begitu mengerti tentang Windows 32 Bit ataupun Windows 64 Bit.

Sekian dulu untuk artikel kali ini,

Terima kasih...