4 Resiko & Bahaya Menggunakan OS Windows BAJAKAN (tercyduk)

Memakai Windows Bajakan, Bahaya Gak Sih?
Software versi TANI, alias BAJAKAN
Masih ingatkah kalian dengan artikel yang saya tulis beberapa hari yang lalu mengenai penggunaan software bajakan, sama saja dengan mencuri? Jika kalian belum membacanya, silahkan baca terlebih dahulu artikel pencuri software bajakan.

Kembali ke topik pembahasan, mungkin dari kalian yang saat ini masih memakai software bajakan muncul pertanyaan di benak kalian,
"Sebenarnya bahaya gak sih menggunakan Windows bajakan?"
"Apa dampak negatif ketika menggunakan Windows bajakan?"
Punya pertanyaan seperti itu?

Menurut beberapa blog lain...

Pembahasan tentang bahayanya menggunakan software bajakan telah di sampaikan oleh blog-blog lain (cukup banyak). Dan dari poin-poin yang di bahas pada blog lain tersebut, meyebutkan dampak Windows bajakan itu seperti di bawah ini.

1. Rentan Terhadap Virus?

Windows bajakan rentan virus
Apakah 100% benar sistem operasi (Windows) hasil dari "membajak" itu "lebih rentan" dari virus?

Menurut saya...

Hal tersebut memang "cukup" benar. Namun, menurut saya pribadi, biarpun Windows itu "Asli/ORI" ataupun "Bajakan", tetap saja Windows tersebut secara teknis "sama", alias keduanya sama-sama "bisa" rentan terhadap virus juga.

Seberapa amankah Windows yang sedang di gunakan itu lebih tergantung kepada si pemakai komputer Windows itu sendiri. Jika si pemakai Windows itu "tahu/megerti" apa yang sedang ia lakukan, maka kemungkinan besar keadaan Windows akan aman-aman saja.

Perbedaan mendasar mengapa Windows asli/ORI itu di katakan "lebih aman" terhadap virus di karenakan Windows ORI ini mendapat update langsung dari Microsoft.

Berbeda dengan Windows hasi "membajak". Mereka (pengguna bajakan) harus mematikan fitur update melalui pengaturan Windows. Jika tidak, maka Windows hasil "membajak" tersebut akan terdeteksi oleh Microsoft ketika si pengguna "bajakan" itu sedang online.

Mungkin karena itulah kebanyakan orang mengatakan bahwa Windows asli/ORI tersebut "lebih aman" dari virus. Namun, apakah hanya dengan bergantung kepada update dari Microsoft bisa membuat keadaan Windows 100% aman dari "Virus Jahat"?

Semua itu lebih tergantung pada si pengguna dan tergantung pula dengan "sikon". (situasi dan kondisi)

2. Kinerja PC/Laptop yang Buruk?

Kinerja yang semakin buruk
Beberapa orang menganggap bahwa Windows Bajakan dengan Windows ORI itu berbeda dalam hal peforma. Benarkah seperti itu?

Menurut saya...

Bagi saya, peforma yang di hasilkan oleh Windows bajakan maupun yang ORI itu tidak ada bedanya alias "sama".

Malahan ketika kalian membeli sebuah laptop yang bundling dengan Windows ORI, keadaan Windows ORI tersebut sudah terinstall banyak aplikasi bawaan vendor (merk) tertentu yang justru memberatkan sistem karena aplikasi bawaan tersebut aktif di latar belakang.

Jadi, peforma komputer yang buruk bukan 100% dampak dari Windows hasil dari membajak. Windows dengan gelar "Original" pun punya resiko peforma menurun yang sama.

3. Tempat Berkembang Biaknya Virus?

Tempat berkembangnya virus
Untuk poin ini kemungkinan besar benar, karena memang Windows bajakan tidak mendapat lindungan Microsoft melalui update-updatenya.

Namun sekali lagi, hal ini juga tergantung dari si pengguna perangkat komputer itu sendiri.

Walaupun Windows yang di pakai ORI, namun bila si pengguna tidak tahu menahu tentang seluk-beluk komputer, maka tetap saja virus akan mudah bersarang pada komputer tersebut, biarpunn OS Windows yang di pakai ORI.

Dampak positif maupun negatif masih tetap ada.

4. Pendapat Kalian?

Punya pendapat lain?
Menurut kalian, apakah Windows bajakan dengan ORI itu memiliki perbedaan dalam hal peforma atau pun kerentanan terhadap virus?

Ataukah kalian memiliki pendapat lain tentang Windows Bajakan maupun ORI?

Catatan...

Perlu kalian ketahui bahwa poin-poin di atas merupakan opini dari saya ketika menanggapi bahaya atau tidaknya menggunakan Windows bajakan. Terutama dalam hal perbebedaan peforma maupun kerentanan terhadap virus.

Tidak ada niatan untuk melebih-lebihkan dalam hal penggunaan Windows Bajakan.

Kesimpulan...

Kesimpulannya, biarpun Windows yang di gunakan itu bajakan atau pun ORI, tetap saja resiko serangan terhadap virus tetap ada. Semua itu tergantung pada si pengguna perangkat komputer tersebut.

Sekian...

Itulah artikel mengenai 4 Resiko & Bahaya Menggunakan OS Windows BAJAKAN (tercyduk). Semoga yang saya sampaikan di atas bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.

Sampai jumpa di lain kesempatan,
Terima kasih.