Main Bully : Anniversary Edition di HP dengan RAM 512 MB, Masih Bisakah?

Main Bully : Anniversary Edition di HP dengan RAM 512 MB, Masih Bisakah?
HPmu hanya memiliki RAM 512mb saja?
Game android Bully : Anniversary Edition ini sudah rilis sejak seminggu yang lalu, namun hingga artikel ini di tulis pun tetap saja masih menjadi trending topik di beberapa grub sosial media seperti Facebook.

Tips : Bully  Anniversary Edition Tidak Compatible, Apa yang Harus Saya Lakukan?

Nah untuk kalian yang saat ini sudah bisa menikmati game Bully : Anniversary Edition dengan lancar alias tanpa kendala apapun, bersyukurlah! Sebab, di luar sana masih banyak pengguna ponsel lain yang hingga kini masih bermasalah.

Pertanyaan mengenai game Bully...

Ada beberapa pertanyaan baru yang sering sekali di tanyakan oleh gamer mobile pada grub-grub Facebook mengenai game Bully : Anniversary Edition.

Pertanyaan-pertanyaan yang sering saya lihat di grub Facebook tersebut adalah sebagai berikut :

  • HP saya cuma punya RAM 512MB, apakah masih bisa main Bully?
  • Kok gamenya sering sekali keluar sendiri atau Force Close?
  • Cara agar gamenya tidak LAG gimana ya?
  • HP saya merk “******” apakah bisa?
  • Spesifikasi minimumnya apa?

Itulah beberapa pertanyaan mengenai Bully : Anniversary Edition yang paling sering saya lihat pada grub Facebook. Karena itulah, kali ini akan saya coba menjawab semua pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Silahkan baca dan pahami,

1. HP dengan RAM 512 MB, apakah bisa?

Kapasitas RAM sangat kecil!
Kapasitas RAM sangat kecil!
Pada artikel yang sebelumnya, saya juga pernah membahas mengenai game Bully pada RAM 1GB. Namun kali ini agak berbeda dan tentunya lebih extreme.

Mereka menanyakan bisa atau tidaknya game Bully tersebut pada RAM 512MB saja, apakah bisa?

Jawabannya, BISA!

Jika ponsel yang kamu miliki hanya memiliki RAM yang kecil (512 MB), game Bully : Anniversary Edition ini ternyata masih bisa berjalan. Hal tersebut pernah di uji coba oleh pengguna HP dengan RAM 512MB, dan ternyata memang bisa.

Dengan kapasitas RAM yang kecil tersebut, tentu resiko terjadinya hal seperti Force Close, LAG, mising texture, dan masalah umum lainnya kemungkinan besar akan terjadi.

Namun kembali lagi ke topik pertanyaan, apakah bisa?

Ya bisa-bisa saja.

2. Mengapa game ini sering force close?

Ketika main game, sering force close!
Ketika main game, sering force close!
Bully : Anniversary Editon ini merupakan game hasil porting dari game konsol Playstation 2. Dengan sistem gameplay dunia open world-nya yang cukup besar tersebut, tentunya sumber daya hardware yang di butuhkan suatu ponsel akan ikut besar pula.

Di butuhkan ponsel yang “Sakti” agar bisa memainkan game ini dengan mulus. Tidak sembarang ponsel bisa memainkan game yang satu ini.

Permasalahan game Bully yang sering force close juga sudah di bahas pada artikel lain saya yang berjudul Cara Mengatasi Bully  Anniversary Edition Sering Keluar Sendiri, Force Close!

3. Gimana caranya agar tidak LAG?

Main game, sering LAG!
Main game, sering LAG!
Cara yang paling sederhana agar game yang kamu mainkan tersebut bisa berjalan pada peforma yang sesungguhnya adalah, “kurangi aplikasi tidak penting yang aktif di latar belakang” HP kamu.

Langkah di atas tidak serta merta mengubah game yang kamu mainkan tersebut menjadi 100% lancar atau tidak LAG. Namun, paling tidak cara tersebut bisa “mengurangi” keadaan LAG tersebut.

Ada 1 cara yang menurut saya paling ampuh agar game ini tidak LAG, yaitu dengan membeli HP baru. Cara ampuh ini hanya di tujukan untuk pengguna yang “beruang” saja, alias tidak harus di lakukan oleh semua orang.

Jadi, pilihan ada di tangan kalian.

4. Merk HP apa aja yang bisa main Bully?

Jangan lihat merk, tapi lihatlah spesifikasi!
Jangan lihat merk, tapi lihatlah spesifikasi!
Jika pertanyaan kalian merk HP apa saja yang bisa memainkan game Bully : Anniversary Edition, maka jawabannya merk apapun bisa. (Ada banyak)

Intinya jika spesifikasi minimum HP kalian tersebut sudah QuadCore atau lebih, RAM 1 GB atau lebih, layar 480 x 800 atau lebih, maka kemungkinan besar HP kalian tersebut sudah bisa memainkannya.

Yang harus di cek adalah spesifikasi, bukan merk HP tersebut.

5. Spesifikasi minimumnya apa?

Spesifikasi HP kamu!
Spesifikasi HP kamu!
Beberapa waktu yang lalu, saya sendiri sudah mencari informasi spesifikasi minimunya di berbagai sumber terpercaya. Namun, hingga saat ini Rockstar Games belum secara terang-terangan memberitahukan secara pasti spesifikasi minimum untuk Bully : Anniversary Edition ini.

Akan tetapi, menurut saya pribadi spesifikasi minimum dari Bully : Anniversary Edition ini hampir sama dengan game open world lain seperti GTA : SanAndreas, GTA : III, atau pun GTA : Vice City.

Game-game yang saya sebutkan di atas memiliki sistem gameplay dan grafis sekelas Playstation 2 yang mirip. Sama halnya dengan Bully : Anniversary Edition yang juga berasal dari game konsol Playstation 2.

Di bawah ini merupakan perkiraan spesifikasi minimum,

  • Processor Quad Core, atau lebih...
  • Screen 800 x 480 Pixel, atau lebih...
  • RAM 1 GB, atau lebih...
  • Multitouch...

Spesifikasi yang saya tuliskan di atas hanya sebuah perkiraan minimumnya. Alias, bukan spesifikasi minimum resmi dari developernya, yaitu Rockstar Games.

Jika kalian mempunyai informasi mengenai spesifikasi minimum resminya, tidak ada salahnya untuk menuliskannya melalui komentar.

Tambahan...

Bagi kalian yang belum sempat melihat HP murah yang berjuang keras untuk memainkan game Bully : Anniversary Edition ini, maka saya persilahkan untuk menontonnya pada video di bawah ini.


Video di atas merupakan gameplay dari Bully : Anniversary Edition yang di mainkan pada ponsel yang relatif murah, Lenovo A1000.

Catatan...

Segala hal yang saya tuliskan di atas merupakan murni opini pribadi dari dalam diri si penulis. Jadi, apabila ada kekeliruan atau pun hal lain yang tidak sependapat dengan kalian, maka itu adalah hal wajar.

Jika kalian memiliki opini lain atau pun pendapat pribadi mengenai permasalahan yang menyangkut Bully : Anniversary Edition, maka saya persilahkan untuk menuliskannya di komentar.

Komentarmu sangat saya apresiasi.

Kesimpulan...

Kesimpulan untuk artikel kali ini cukup singkat, bahwa HP dengan RAM 512 saja ternyata masih bisa merasakan game Bully : Anniversary Edition ini.

Namun, tentunya dengan konsekuensi LAG atau pun permasalahan lain juga akan semakin tinggi.

Sekian...

Itulah artikel mengenai pertanyaan umum Bully : Anniversary Edition yang paling sering di pertanyakan. Semoga informasi yang saya tuliskan di atas bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih
If you like, Buy It!