Cara Menulis Artikel di Blogger Secara Offline (tanpa koneksi internet)

Open Live Writer : Software Pembuat Postingan di Blogger Secara Offline!
Nulis artikel blog secara offline, dengan bantuan Open Live Writer
Kendala paling umum yang di rasakan oleh seorang blogger pemula (awal-awal ngeblog) yaitu perasaan malas ketika hendak menulis suatu artikel di pengolah dokumen “Halaman Blogger”. (Tidak bisa mode Offline)

Yap malas, itulah yang saat ini saya rasakan ketika harus menulis suatu artikel di “Halaman Blogger”, harus Online!

Kita sebagai penulis di blog harus dalam keadaan Online yang cukup lama, karena harus menata ulang setiap teks & gambar dari artikel yang sebelumnya telah kita tulis di MS Office Word.

Kita tidak bisa langsung mengCOPY PASTE suatu teks & gambar yang ada di pengolah dokumen (misal : MS Office Word) tersebut langsung ke lembar kerja Halaman Blogger.
Lembar Kerja Halaman Blogger
Lembar Kerja Halaman Blogger
Jika hal ini di paksakan, sudah pasti Formatting Teks dan Peletakan Gambar yang sebelumnya telah di edit pada pengolah dokumen MS Office Word akan berantakan dan sangat berbeda dengan hasil Formating Teks yang ada di MS Office Word tadi.

Sudah paham maksudnya kan?

Akhirnya, datanglah sebuah solusi ampuh!

Baru-baru ini saya menemukan sebuah cara terbaik & mudah dalam membuat maupun memposting suatu artikel di blog, yaitu menggunakan aplikasi GRATIS yang bernama Open Live Writer.

Yap, dengan software Open Live Writer ini kamu bisa membuat suatu postingan artikel secara OFFLINE! (di rumah) Kemudian bisa mempublishnya kapan saja ketika laptop yang kamu gunakan sudah dalam keadaan ONLINE.

Software ini cocok untuk siapa?

Untuk beberapa pengguna yang terbilang sudah “mapan” di dunia blogging, mungkin software ini tidak cocok lagi bagi mereka yang sudah tidak mempermasalahkan ketersediaannya koneksi internet.

Akan tatapi, bagi kamu yang saat ini masih mengandalkan koneksi internet di Warnet atau pun WiFi Gratisan di rumah tetangga, software ini kemungkinan besar sangat cocok untuk kamu.

Kamu tidak perlu lagi tergesa-gesa dalam menulis suatu artikel karena was-was berpacu dengan “Jam Warnet” yang terus berjalan sehingga tagihan koneksi oleh sang operator warnet semakin MEMBENGKAK!

Bagaimana? Masuk akal bukan?

Fitur yang akan kamu dapatkan!

Satu hal yang membuat software ini sangat mengagumkan adalah, tampilan lembar kerja yang ada di aplikasi Open Live Writer ini sangat menyerupai tampilan dari templete yang di gunakan oleh halaman blog kamu.

Sebagai contoh, ini adalah tampilan dari lembar kerja Open Live Writer dengan akun Google/Blogger milik saya sendiri. (Reza Nauma)
Tampilan Editor Open Live Writer - Menyesuaikan Templete Blog Kamu!
Tampilan Halaman Editor Open Live Writer - Menyesuaikan Templete Blog Kamu!

Sedangkan di bawah ini merupakan tampilan dari halaman blog saya yang sebenarnya. (Tampilan di browser Chrome)
Tampilan Halaman Blog Milik Admin - Reza Nauma
Tampilan Halaman Blog Milik Admin - Reza Nauma

Bisa kamu lihat bahwa tampilan lembar kerja area tulis di Open Live Writer hampir menyerupai templete blog yang saya gunakan.

Mengapa bisa menyerupai templete blog?

Mungkin dari kamu ada yang bertanya seperti ini,

Lho kok area kerja di Open Live Writer ini memiliki tampilan yang sama dengan blog agan sih?
Kok bisa?

Jadi begini,

Ketika pertama kali membuka aplikasi Open Live Writer ini, kamu akan di tanyai Nama serta Alamat Blog yang kamu kelola. Bukan hanya itu, kamu juga bisa langsung login menggunakan akun Google agar semua data blog bisa otomatis sync.

Setelah melakukan tahap awal di atas, maka aplikasi Open Live Writer ini akan mengunduh data-data templete yang ada di blog kamu. Jadi karena itulah, tampilan lembar kerja dari Open Live Writer ini bisa menyerupai templete blog kamu.

Amazing!

Bagi saya pribadi, tersedianya fitur ini (login akun Google + Menyesuaikan Templete) memang sangat-sangat bagus dan cemerlang untuk menambah semangat dalam menulis artikel.

Software ini GRATIS!

Beberapa keunggulan yang saya rasakan ketika menggunakan Open Live Writer ini salah satunya adalah dalam hal kemudahan dan kenyamanan dalam mengoperasikannya. (Tampilan sangat sederhana)

Tapi bukan hanya itu saja, masih ada lagi.

  • Tampilan lembar kerja mengikuti templete blog
  • Peforma yang relatif maksimal
  • Dan yang paling penting, software ini GRATIS!

Yap, software Open Live Writer ini GRATIS!

Alias, kamu tidak perlu lagi memBAJAKnya terlebih dahulu untuk bisa menggunakan software yang sangat mengagumkan ini.

Jadi, tunggu apa lagi, silahkan langsung saja untuk mencoba sendiri & rasakan manfaatnya.

Unduh

Ingin mendapatkan software Open Live Writer?

Silahkan unduh langsung dari halaman website resminya di tautan di bawah ini.

Website Open Live Writer

Catatan...

Kamu tidak perlu khawatir jika data-data pribadi akun Google kamu di salah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebab, menurut informasi yang saya dapatkan, software ini pada awalnya merupakan aplikasi yang di kembangkan langsung oleh perusahaan besar Microsoft, yang kemudian di lanjutkan oleh NET Foundations.

Kedua perusahaan yang mengembangkan aplikasi Open Live Writer ini terbilang cukup terpercaya.

Semoga saja berjalan sesuai harapan”

Kesimpulan...

Mulai dari sekarang, proses menata ulang teks & gambar suatu artikel tidak harus di lakukan secara online atau melalui halaman editor halaman Blogger.

Kamu bisa menggunakan software Open Live Writer untuk menuliskan postingan artikel di Blogger secara Offline tanpa harus khawatir akan format tampilan teks & gambar artikel yang berantakan.
Tertarik mencobanya?

Cobalah suatu hal yang baru

Sekian...

Itulah artikel mengenai ulasan singkat Open Live Writer : Software pembuat postingan di Blogger secara offline. Semoga informasi yang saya tuliskan melalui artikel di atas bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membacanya.

Sampai jumpa di lain waktu,

Terima kasih

Tolong bagikan ke teman kamu jika menurut kamu ini bermanfaat